Lezat Kalo Dibikin Gorengan Atau Direbus, Ini 4 Manfaat Kesehatan dari Buah Sukun

Selasa 23 Juli 2024, 09:00 WIB
Ilustrasi - Buah sukun memiliki bentuk yang mirip dengan buah nangka, tetapi ukurannya lebih kecil. (Sumber : Pixabay.com/@JoshuaJCreative).

Ilustrasi - Buah sukun memiliki bentuk yang mirip dengan buah nangka, tetapi ukurannya lebih kecil. (Sumber : Pixabay.com/@JoshuaJCreative).

SUKABUMIUPDATE.com - Sukun, atau yang memiliki nama ilmiah Artocarpus altilis, adalah pohon berbunga yang termasuk dalam famili Moraceae bersama pohon nangka dan mulberry.

Berasal dari Amerika Selatan, tanaman yang sangat bergizi ini memiliki banyak manfaat kesehatan. Buah dan bijinya biasanya dimakan sebagai makanan, sedangkan akar dan daunnya digunakan untuk membuat obat.

Kandungan Gizi Buah Sukun

Sebagian besar kalori sukun berasal dari kandungan karbohidratnya, tetapi dianggap sebagai buah dengan indeks glikemik rendah. Artinya, hal ini tidak akan menyebabkan lonjakan cepat dalam kadar gula darah, tetapi justru memberikan aliran energi yang stabil.

Buah ini rendah lemak dan protein, tetapi mengandung sembilan asam amino esensial, yang membantu pembentukan protein dalam tubuh. Buah ini juga mengandung berbagai vitamin dan mineral, yang menyediakan sebagian besar Nilai Harian (DV) yang direkomendasikan bagi sebagian orang.

Satu cangkir sukun mentah (220 g) menyediakan:

  • Kalori: 227
  • Lemak: 0,5 g
  • Natrium: 4,4 miligram (mg)
  • Karbohidrat: 59,6 g
  • Serat: 10,8 g
  • Protein: 2,4 gram
  • Vitamin C: 63,8 mg, atau 71% dari DV
  • Kalium: 1.080 mg, atau 32% dari DV
  • Magnesium: 55 mg, atau 13% dari DV

Sukun memiliki bagian luar yang kasar dan berwarna hijau serta bagian dalam yang berserat putih. Buah ini kaya akan karbohidrat kompleks dan rendah lemak serta kolesterol, sehingga menjadikannya buah yang padat nutrisi.

Berbagai vitamin dan mineralnya menawarkan banyak manfaat kesehatan, termasuk mendukung kesehatan sendi dan mata serta efek antiradang dan antibakteri.

Berikut ini ada sederet manfaat kesehatan buah sukun bagi kesehatan yang dihimpun dari laman health.

1. Dapat Meredakan Nyeri Sendi dan Otot

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi sukun dapat mendukung kesehatan sendi dan meredakan nyeri otot. Sukun kaya akan senyawa fenolik prenilasi.senyawa, seperti flavonoid, yang membantu melawan peradangan yang terkait dengan nyeri rematik.

Nyeri rematik ditandai dengan peradangan sendi kronis dan biasanya merupakan akibat kerusakan jaringan antar sendi secara bertahap.

Meskipun pola makan saja tidak dapat menyembuhkan nyeri otot dan sendi, nutrisi dapat memainkan peran penting dalam meredakan gejala. Mengonsumsi makanan seperti sukun, yang kaya akan senyawa antiradang, dapat membantu mengatasi peradangan yang disebabkan oleh stres oksidatif.

2. Menyediakan Semua Asam Amino Esensial

Protein merupakan zat gizi makro yang dibutuhkan tubuh untuk memperbaiki dan menumbuhkan sel. Sementara makanan padat protein seperti daging cenderung menyediakan protein makanan paling banyak per sajian, penelitian telah menemukan bahwa sukun merupakan sumber asam amino yang berharga bahan penyusun protein.

Tubuh manusia dapat memproduksi sebagian besar asam amino selain sembilan asam amino esensial, yang berarti Anda perlu mendapatkannya melalui makanan. Sukun menyediakan kesembilan asam amino esensial dan khususnya kaya akan fenilalanin, leusin, isoleusin, dan valin.

Asam amino fenilalanin bertindak sebagai prekursor neurotransmiter yang berperan dalam pengaturan suasana hati dan fungsi kognitif, dan leusin, isoleusin, dan valin mendukung perbaikan otot.

Memasukkan sukun ke dalam pola makan seimbang dapat bermanfaat bagi orang yang mengikuti pola makan vegan atau vegetarian atau yang kebutuhan asam amino esensialnya tidak terpenuhi.

3. Dapat Mendukung Kesehatan Mata

Sukun merupakan sumber yang kaya akan karotenoid dan lutein, keduanya mendukung kesehatan mata. Buah ini secara khusus mengandung beta-karoten, prekursor vitamin A, nutrisi penting untuk fungsi dan kesehatan mata.

Misalnya, vitamin A diperlukan untuk produksi pigmen di retina dan kelembapan di seluruh mata. Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan rabun senja, di antara komplikasi penglihatan mata lainnya.

Menyertakan sukun dalam pola makan seimbang dapat membantu mencegah penyakit mata dan menjaga penglihatan dari waktu ke waktu. Namun, penelitian pada manusia masih terbatas. Dokter yang mengkhususkan diri dalam kesehatan mata, seperti dokter mata atau dokter mata, dapat memberikan panduan medis yang dipersonalisasi terkait faktor gaya hidup yang memengaruhi kesehatan mata.

4. Dapat Mencegah Infeksi Bakteri

Selain efek antiradangnya, sukun dapat membantu melawan infeksi bakteri. Aktivitas antimikrobanya berasal dari banyaknya senyawa bioaktif. Buah tropis ini mengandung ekstrak etil asetat dan metanol, yang telah dikaitkan dengan aktivitas antibakteri.

Penelitian menunjukkan mengonsumsi sukun dapat membantu melindungi tubuh terhadap organisme patogen (penyebab penyakit), seperti Staphylococcus aureus, Pseudomonas aeruginosa, Streptococcus mutans, dan Enterococcus faecalis.

Masih diperlukan penelitian lebih lanjut tentang kemampuan sukun untuk melindungi tubuh dari infeksi bakteri. Namun, menambahkan sukun ke dalam pola makan yang seimbang dapat mendukung mekanisme pertahanan alami tubuh terhadap penyakit bawaan makanan, infeksi kulit, dan penyakit bakteri lainnya.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Inspirasi08 September 2024, 09:00 WIB

Loker Marketing Manager di Jakarta Timur, Syarat: Mahir Ms. Office

Loker Marketing Manager di Jakarta Timur. Rekrutmen Pegawai Tetap masih dibuka hingga 5 November 2024 mendatang.
Loker Marketing Manager di Jakarta Timur, Syarat: Mahir Ms. Office (Sumber : Istimewa)
Food & Travel08 September 2024, 07:00 WIB

Resep Sup Durian Keju Mozzarella, Hidangan Pencuci Mulut yang Lezat!

Sup Durian Keju Mozzarella adalah perpaduan unik antara manisnya durian dan kelezatan keju, menciptakan hidangan penutup yang creamy dan meleleh di mulut.
Ilustrasi - Taman durian Hauma Ni Opung atau Hauma Ni Opung Farm and Plantation merupakan destinasi wisata yang harus dikunjungi oleh para penggemar buah durian (Sumber : iStock)
Science08 September 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 8 September 2024, Sukabumi Pagi Cerah Berawan dan Siang Potensi Hujan

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan pada 8 September 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan pada 8 September 2024. (Sumber : Freepik.com/@fanjianhua)
DPRD Kab. Sukabumi07 September 2024, 22:57 WIB

Sekretariat DPRD Sosialisasikan Peran Dewan Kepada Masyarakat di Sukabumi Expo 2024

Sekretariat DPRD menyuguhkan konsep yang berbeda pada pameran pembangunan di Sukabumi Expo tahun ini.
Stand Sekretariat DPRD Kabupaten Sukabumi di Sukabumi Expo 2024. (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi07 September 2024, 22:21 WIB

Niat Jemput Istri, Cerita di Balik Kecelakaan Maut Warga Sukabumi Akibat Motor Tersangkut Kabel

Berikut cerita di balik kecelakaan maut yang menimpa ayah anak di Cicurug Sukabumi akibat motor tersangkut kabel di Jalan Raya Sukabumi-Bogor.
Kecelakaan maut di jalan raya Sukabumi-Bogor, seorang anak tewas terlindas truk usai motor yang ditumpanginya terjatuh akibat tersangkut kabel internet. (Sumber : Istimewa)
Kecantikan07 September 2024, 21:00 WIB

5 Manfaat Masker Mentimun untuk Mengurangi Kantung Mata

Masker mentimun efektif untuk mengurangi kantung mata karena sifatnya yang menghidrasi, menenangkan, dan mendinginkan.
Ilustrasi. Menggunakan masker. Efek pendingin alami mentimun juga dapat membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan di area sekitar mata. (Sumber : Freepik/freepik)
Keuangan07 September 2024, 20:58 WIB

Perumda BPR Hadir di Sukabumi Expo 2024, Tawarkan Beragam Produk Tabungan dan Kredit

Tawarkan Beragam Produk Tabungan dan Kredit, Stand BPR Sukabumi disambut antusias pengunjung Sukabumi Expo 2024.
Stand Perumda BPR Sukabumi di Sukabumi Expo 2024, Lapang Canghegar Palabuhanratu. (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi07 September 2024, 20:34 WIB

Perahu Terbalik Dihantam Badai, Nelayan Sukabumi Selamatkan Diri dengan Berenang ke Tepian

Berikut kronologi perahu nelayan Sukabumi terbalik dihantam ombak dan angin kencang di perairan Tegalbuleud Sukabumi.
Kondisi perahu nelayan yang sempat terbaik dihantam badai di perairan Tegalbuleud Sukabumi dievakuasi usai mendarat di tepian. (Sumber Foto: Istimewa)
Life07 September 2024, 20:00 WIB

Sleep Training Hacks: 9 Cara Agar Anak Cepat Tidur di Malam Hari

Sleep Training Hacks: Ciptakan rutinitas yang menenangkan sebelum tidur. Aktivitas seperti membaca buku, mendengarkan cerita, mandi air hangat, atau bermain dengan mainan lembut bisa membuat anak rileks sebelum tidur.
Ilustrasi. Cara Agar Anak Cepat Tidur di Malam Hari, Parenting Hacks untuk Ayah Bunda! (Sumber : Freepik/pvproductions)
Sukabumi07 September 2024, 19:35 WIB

Kabel Menjuntai Picu Kecelakaan Maut di Sukabumi, Saksi sebut Akibat Tersangkut Truk Kontainer

Saksi ungkap penyebab kabel menjuntai di Jalan Raya Sukabumi-Bogor yang picu kecelakaan maut, anak tewas terlindas truk.
Polisi saat olah TKP kecelakaan maut di Jalan Raya Sukabumi-Bogor tepatnya di Cicurug Sukabumi. Serang anak tewas terlindas truk usai motor yang diboncengnya terjatuh akibat tersangkut kabel. (Sumber : Istimewa)