Tak Hanya Susu Saja, Ini 8 Makanan yang Dapat Membantu Memperkuat Tulang

Jumat 19 Juli 2024, 19:00 WIB
Ilustrasi Salmon  - Makanan sangat berpengaruh dalam membantu menjaga kesehatan tulang. (Sumber : pexels.com/Valeria Boltneva)

Ilustrasi Salmon - Makanan sangat berpengaruh dalam membantu menjaga kesehatan tulang. (Sumber : pexels.com/Valeria Boltneva)

SUKABUMIUPDATE.com - Menumbuhkan dan menjaga tulang yang sehat dan kuat sangatlah penting. Selain dengan olahraga dan aktivitas fisik, ada beberapa makanan yang membantu memperkuat tulang.

Pola makan kaya kalsium dan vitamin D sangat membantu untuk memperkuat tulang. Mengonsumsi banyak kalsium dan vitamin D dapat memperlambat penyakit dan mencegah patah tulang atau osteoporosis.

Kalsium adalah mineral yang mendukung struktur dan kekerasan tulang dan gigi Anda. Sekitar 98% kalsium dalam tubuh Anda dapat ditemukan di tulang. Sementara Vitamin D ditemukan secara alami dalam beberapa makanan, termasuk ikan dan jamur , tetapi sebagian besar ditemukan dalam makanan yang difortifikasi. 

Berikut ini ada beberapa makanan yang dapat membantu Anda untuk memperkuat tulang, dihimpun dari laman health.

1. Susu

Susu mengandung beberapa nutrisi 18 dari 22 nutrisi yang paling penting bagi kesehatan manusia, termasuk kalsium. Susu juga dianggap sebagai salah satu sumber kalsium alami terkaya. 

Menurut Dietary Guidelines for Americans, berbagai jenis susu mengandung kalsium dalam jumlah yang berbeda-beda. Beberapa contohnya meliputi:

  • 1 cangkir susu 1% : 305 miligram kalsium
  • 1 cangkir susu skim : 298 miligram kalsium
  • 1 cangkir buttermilk : 284 miligram kalsium

2. Yogurt

Sumber kalsium alami lainnya yang baik adalah yogurt. Yogurt bebas lemak dan rendah lemak yang terbuat dari susu dapat menyediakan antara 30% dan 45% dari nilai harian kalsium. 

Secara spesifik, 8 ons yogurt tawar rendah lemak atau tanpa lemak mengandung 448-488 miligram kalsium, sedangkan 8 ons yogurt Yunani tawar rendah lemak atau tanpa lemak mengandung 250-261 miligram kalsium.

Yogurt juga mengandung nutrisi lain, seperti Vitamin D (dalam versi yang diperkaya)

Magnesium, Vitamin B12, Riboflavin dan Yodium.

3. Keju

Anda mungkin senang mengetahui keju dapat menjadi sumber kalsium yang menyediakan mineral, vitamin, dan protein lainnya. Setiap jenis keju memiliki khasiat yang berbeda, jadi mari kita bahas satu per satu. 

4. Ikan Sarden

Ikan sarden terkadang mendapat reputasi buruk, tetapi hanya 3,75 ons ikan sarden kalengan mengandung 351 miligram kalsium dan 178 unit internasional vitamin D.

5. Ikan Salmon

Ikan salmon sering disebut sebagai "makanan super" karena memiliki banyak manfaat kesehatan, salah satunya adalah menjaga kesehatan tulang. Satu porsi ikan salmon matang seberat 3 ons mengandung sekitar 13 miligram kalsium tetapi mengandung 447 IU vitamin D.

Ikan salmon juga terkenal akan asam lemak omega-3-nya. Asam lemak omega-3 sangat penting untuk kesehatan jantung, mata, dan otak, serta menjaga tingkat energi Anda.

6. Kuning Telur

Kuning telur juga dapat membantu kesehatan tulang Anda. Satu kuning telur berukuran besar saja menyediakan 22 miligram kalsium dan 37 unit internasional vitamin D. Ditambah lagi, jika Anda memakan putih telurnya, Anda akan memperoleh sekitar 6 gram protein dari setiap telur berukuran besar.

7. Kacang Kedelai

Kacang kedelai, yang juga dikenal sebagai edamame, merupakan camilan atau makanan pembuka yang lezat dan bermanfaat untuk tulang Anda. USDA melaporkan bahwa satu cangkir kacang kedelai yang dimasak mengandung 175 miligram kalsium.

Menambahkan edamame ke sup dan salad Anda adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kalsium dan protein yang Anda dapatkan.

8. Sayuran Berdaun Gelap

Beberapa orang tidak menyadari bahwa sayuran berdaun hijau tua seperti kangkung, sawi hijau, bayam dan sawi putih mengandung banyak kalsium untuk mendukung kesehatan tulang. Kandungan kalsium dalam sayuran berdaun hijau ini adalah sebagai berikut:

  • 1 cangkir kangkung matang : 177 miligram
  • 1 cangkir sawi hijau matang : 165 miligram
  • 1 cangkir sawi hijau yang dimasak : 268 miligram
  • 1 cangkir bayam matang : 245 miligram
  • 1 cangkir sawi hijau yang dimasak : 185 miligram

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Inspirasi08 September 2024, 09:00 WIB

Loker Marketing Manager di Jakarta Timur, Syarat: Mahir Ms. Office

Loker Marketing Manager di Jakarta Timur. Rekrutmen Pegawai Tetap masih dibuka hingga 5 November 2024 mendatang.
Loker Marketing Manager di Jakarta Timur, Syarat: Mahir Ms. Office (Sumber : Istimewa)
Food & Travel08 September 2024, 07:00 WIB

Resep Sup Durian Keju Mozzarella, Hidangan Pencuci Mulut yang Lezat!

Sup Durian Keju Mozzarella adalah perpaduan unik antara manisnya durian dan kelezatan keju, menciptakan hidangan penutup yang creamy dan meleleh di mulut.
Ilustrasi - Taman durian Hauma Ni Opung atau Hauma Ni Opung Farm and Plantation merupakan destinasi wisata yang harus dikunjungi oleh para penggemar buah durian (Sumber : iStock)
Science08 September 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 8 September 2024, Sukabumi Pagi Cerah Berawan dan Siang Potensi Hujan

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan pada 8 September 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan pada 8 September 2024. (Sumber : Freepik.com/@fanjianhua)
DPRD Kab. Sukabumi07 September 2024, 22:57 WIB

Sekretariat DPRD Sosialisasikan Peran Dewan Kepada Masyarakat di Sukabumi Expo 2024

Sekretariat DPRD menyuguhkan konsep yang berbeda pada pameran pembangunan di Sukabumi Expo tahun ini.
Stand Sekretariat DPRD Kabupaten Sukabumi di Sukabumi Expo 2024. (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi07 September 2024, 22:21 WIB

Niat Jemput Istri, Cerita di Balik Kecelakaan Maut Warga Sukabumi Akibat Motor Tersangkut Kabel

Berikut cerita di balik kecelakaan maut yang menimpa ayah anak di Cicurug Sukabumi akibat motor tersangkut kabel di Jalan Raya Sukabumi-Bogor.
Kecelakaan maut di jalan raya Sukabumi-Bogor, seorang anak tewas terlindas truk usai motor yang ditumpanginya terjatuh akibat tersangkut kabel internet. (Sumber : Istimewa)
Kecantikan07 September 2024, 21:00 WIB

5 Manfaat Masker Mentimun untuk Mengurangi Kantung Mata

Masker mentimun efektif untuk mengurangi kantung mata karena sifatnya yang menghidrasi, menenangkan, dan mendinginkan.
Ilustrasi. Menggunakan masker. Efek pendingin alami mentimun juga dapat membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan di area sekitar mata. (Sumber : Freepik/freepik)
Keuangan07 September 2024, 20:58 WIB

Perumda BPR Hadir di Sukabumi Expo 2024, Tawarkan Beragam Produk Tabungan dan Kredit

Tawarkan Beragam Produk Tabungan dan Kredit, Stand BPR Sukabumi disambut antusias pengunjung Sukabumi Expo 2024.
Stand Perumda BPR Sukabumi di Sukabumi Expo 2024, Lapang Canghegar Palabuhanratu. (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi07 September 2024, 20:34 WIB

Perahu Terbalik Dihantam Badai, Nelayan Sukabumi Selamatkan Diri dengan Berenang ke Tepian

Berikut kronologi perahu nelayan Sukabumi terbalik dihantam ombak dan angin kencang di perairan Tegalbuleud Sukabumi.
Kondisi perahu nelayan yang sempat terbaik dihantam badai di perairan Tegalbuleud Sukabumi dievakuasi usai mendarat di tepian. (Sumber Foto: Istimewa)
Life07 September 2024, 20:00 WIB

Sleep Training Hacks: 9 Cara Agar Anak Cepat Tidur di Malam Hari

Sleep Training Hacks: Ciptakan rutinitas yang menenangkan sebelum tidur. Aktivitas seperti membaca buku, mendengarkan cerita, mandi air hangat, atau bermain dengan mainan lembut bisa membuat anak rileks sebelum tidur.
Ilustrasi. Cara Agar Anak Cepat Tidur di Malam Hari, Parenting Hacks untuk Ayah Bunda! (Sumber : Freepik/pvproductions)
Sukabumi07 September 2024, 19:35 WIB

Kabel Menjuntai Picu Kecelakaan Maut di Sukabumi, Saksi sebut Akibat Tersangkut Truk Kontainer

Saksi ungkap penyebab kabel menjuntai di Jalan Raya Sukabumi-Bogor yang picu kecelakaan maut, anak tewas terlindas truk.
Polisi saat olah TKP kecelakaan maut di Jalan Raya Sukabumi-Bogor tepatnya di Cicurug Sukabumi. Serang anak tewas terlindas truk usai motor yang diboncengnya terjatuh akibat tersangkut kabel. (Sumber : Istimewa)