Waktu Terbaik untuk Periksa Gula Darah Kapan Sih? Penderita Diabetes Yuk Simak

Rabu 17 Juli 2024, 21:00 WIB
Ilustrasi - Memeriksa kadar gula darah penting untuk memahami bagaimana rencana pengobatan diabetes Anda memengaruhi pengelolaan penyakit Anda. (Sumber : Freepik.com/@ rawpixel.com)

Ilustrasi - Memeriksa kadar gula darah penting untuk memahami bagaimana rencana pengobatan diabetes Anda memengaruhi pengelolaan penyakit Anda. (Sumber : Freepik.com/@ rawpixel.com)

SUKABUMIUPDATE.com - Bagi penderita diabetes, memeriksa gula darah dapat membantu mengelola kondisi kesehatan dengan lebih baik. Gula darah merupakan ukuran kadar glukosa (gula) dalam darah.

Penderita diabetes biasanya memiliki kadar gula darah tinggi, tetapi kadar gula darah juga bisa berisiko turun, yang menyebabkan hipoglikemia. Memeriksa kadar gula darah membantu Anda mempelajari bagaimana tubuh Anda merespons berbagai intervensi pengobatan, seperti perubahan pola makan, pengobatan, atau aktivitas fisik.

Mengapa Penting Memeriksa Gula Darah?

Mengutip laman Health, apabila Anda menderita diabetes, memeriksa kadar gula darah Anda sangat penting untuk memahami apa yang memengaruhi kadar gula darah dan bagaimana pengaruhnya.

Anda dapat mengetahui apakah kadar gula darah Anda terkontrol dengan baik atau jika Anda sering mengalami gula darah tinggi (hiperglikemia) atau gula darah rendah (hipoglikemia).

Memiliki pemahaman yang lebih mendalam tentang bagaimana kadar gula darah Anda berubah sebagai respons terhadap jumlah atau jenis makanan tertentu dapat mengajarkan Anda apa yang dapat atau tidak dapat ditoleransi oleh tubuh Anda. Selain itu, faktor-faktor lain seperti stres atau konsumsi alkohol mungkin terabaikan.

Memantau kadar gula darah Anda akan memberikan Anda umpan balik tentang bagaimana intervensi manajemen diabetes Anda bekerja, termasuk pengobatan. Hal ini penting tidak hanya untuk Anda, tetapi juga bagi penyedia layanan kesehatan Anda untuk mengetahui apakah perlu melakukan penyesuaian pada rencana perawatan Anda.

Dokter dapat menyesuaikan dosis obat Anda, termasuk insulin, atau menawarkan rekomendasi diet yang berbeda jika kadar gula darah Anda berada di luar kisaran target mereka untuk Anda.

Cara Memeriksa Gula Darah

Ada beberapa cara untuk memeriksa kadar gula darah Anda seperti monitor glukosa darah, monitor glukosa berkelanjutan, dan tes darah A1C. Tes A1C dilakukan setiap beberapa bulan di laboratorium, sedangkan monitor glukosa darah atau CGM digunakan secara teratur di rumah.

Lalu Kapan Waktu Terbaik untuk Memeriksa Gula Darah?

Meskipun sebaiknya Anda mengikuti anjuran dokter atau penyedia layanan kesehatan Anda tentang kapan harus memeriksa gula darah, ada waktu-waktu tertentu yang umumnya paling baik.

Seberapa sering Anda perlu memeriksa gula darah akan bergantung pada beberapa faktor, termasuk apakah Anda menggunakan insulin, seberapa terkontrol diabetes Anda, dan apakah Anda mencoba metode pengobatan baru.

Penderita diabetes tipe 1 atau tipe 2 yang mengonsumsi insulin umumnya perlu memeriksa gula darahnya setidaknya empat kali sehari yakni sebelum makan dan sebelum tidur. Sedangkan jika Anda memiliki diabetes tipe 2 yang terkontrol dengan baik dan tidak mengonsumsi insulin, Anda mungkin hanya perlu memeriksa gula darah sesekali.

Namun, jika Anda baru saja mengganti obat, atau diabetes Anda tidak terkontrol dengan baik, maka Anda mungkin perlu memeriksanya lebih sering hingga Anda menemukan rencana pengobatan yang sesuai untuk Anda.

Waktu-waktu umum untuk memeriksa gula darah Anda meliputi:

1. Saat Anda bangun tidur

Memeriksa kadar gula darah Anda saat bangun tidur adalah cara untuk menguji kadar glukosa darah puasa Anda, yang merupakan kadar glukosa Anda setelah lama tidak makan atau minum.

2. Tepat sebelum makan

Ini membantu Anda menentukan dosis insulin dengan tepat jika Anda mengonsumsi insulin. Ini juga dapat membantu Anda menilai bagaimana makanan memengaruhi kadar gula darah Anda jika Anda memeriksa kadar gula darah Anda setelah makan.

3. Dua jam setelah makan

Karena makanan terutama karbohidrat menaikkan gula darah Anda, memeriksa gula darah Anda setelah makan membantu Anda dan penyedia layanan kesehatan Anda memahami bagaimana pilihan makanan Anda memengaruhi gula darah Anda. Ini juga dapat membantu menentukan apakah pengobatan atau rejimen insulin Anda perlu disesuaikan.

4. Bila Anda mengalami tanda-tanda hiperglikemia atau hipoglikemia

Tanda-tanda hiperglikemia (gula darah tinggi) meliputi rasa haus, lelah, atau lemah, sering buang air kecil, sakit kepala, dan penglihatan kabur. Tanda-tanda hipoglikemia (gula darah rendah) meliputi gemetar, berkeringat, gugup atau cemas, pusing, dan lapar.

Jika Anda mengalami gejala-gejala ini, memeriksa gula darah Anda dapat membantu Anda menentukan seberapa jauh kadar gula darah Anda berada di luar kisaran normal sehingga Anda dapat mengambil tindakan.

5. Sebelum dan sesudah berolahraga

Olahraga sering kali menyebabkan gula darah Anda turun, jadi memeriksa kadar gula darah Anda sebelum dan sesudahnya membantu Anda memahami jenis camilan apa yang mungkin Anda perlukan dan bagaimana jenis olahraga yang berbeda memengaruhi tubuh Anda.

Memahami Hasil Cek Gula Darah

Hasil gula darah Anda akan dinyatakan dalam satuan miligram per desiliter (mg/dL). Penyedia layanan kesehatan Anda mungkin menetapkan sasaran khusus untuk Anda berdasarkan riwayat medis, usia, perkembangan penyakit, dan lain-lain. Menurut American Diabetes Association (ADA), kisaran gula darah yang direkomendasikan adalah:

Sebelum makan: 80–130 mg/dL
1–2 jam setelah makan: kurang dari 180 mg/dL

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Inspirasi08 September 2024, 09:00 WIB

Loker Marketing Manager di Jakarta Timur, Syarat: Mahir Ms. Office

Loker Marketing Manager di Jakarta Timur. Rekrutmen Pegawai Tetap masih dibuka hingga 5 November 2024 mendatang.
Loker Marketing Manager di Jakarta Timur, Syarat: Mahir Ms. Office (Sumber : Istimewa)
Food & Travel08 September 2024, 07:00 WIB

Resep Sup Durian Keju Mozzarella, Hidangan Pencuci Mulut yang Lezat!

Sup Durian Keju Mozzarella adalah perpaduan unik antara manisnya durian dan kelezatan keju, menciptakan hidangan penutup yang creamy dan meleleh di mulut.
Ilustrasi - Taman durian Hauma Ni Opung atau Hauma Ni Opung Farm and Plantation merupakan destinasi wisata yang harus dikunjungi oleh para penggemar buah durian (Sumber : iStock)
Science08 September 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 8 September 2024, Sukabumi Pagi Cerah Berawan dan Siang Potensi Hujan

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan pada 8 September 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan pada 8 September 2024. (Sumber : Freepik.com/@fanjianhua)
DPRD Kab. Sukabumi07 September 2024, 22:57 WIB

Sekretariat DPRD Sosialisasikan Peran Dewan Kepada Masyarakat di Sukabumi Expo 2024

Sekretariat DPRD menyuguhkan konsep yang berbeda pada pameran pembangunan di Sukabumi Expo tahun ini.
Stand Sekretariat DPRD Kabupaten Sukabumi di Sukabumi Expo 2024. (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi07 September 2024, 22:21 WIB

Niat Jemput Istri, Cerita di Balik Kecelakaan Maut Warga Sukabumi Akibat Motor Tersangkut Kabel

Berikut cerita di balik kecelakaan maut yang menimpa ayah anak di Cicurug Sukabumi akibat motor tersangkut kabel di Jalan Raya Sukabumi-Bogor.
Kecelakaan maut di jalan raya Sukabumi-Bogor, seorang anak tewas terlindas truk usai motor yang ditumpanginya terjatuh akibat tersangkut kabel internet. (Sumber : Istimewa)
Kecantikan07 September 2024, 21:00 WIB

5 Manfaat Masker Mentimun untuk Mengurangi Kantung Mata

Masker mentimun efektif untuk mengurangi kantung mata karena sifatnya yang menghidrasi, menenangkan, dan mendinginkan.
Ilustrasi. Menggunakan masker. Efek pendingin alami mentimun juga dapat membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan di area sekitar mata. (Sumber : Freepik/freepik)
Keuangan07 September 2024, 20:58 WIB

Perumda BPR Hadir di Sukabumi Expo 2024, Tawarkan Beragam Produk Tabungan dan Kredit

Tawarkan Beragam Produk Tabungan dan Kredit, Stand BPR Sukabumi disambut antusias pengunjung Sukabumi Expo 2024.
Stand Perumda BPR Sukabumi di Sukabumi Expo 2024, Lapang Canghegar Palabuhanratu. (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi07 September 2024, 20:34 WIB

Perahu Terbalik Dihantam Badai, Nelayan Sukabumi Selamatkan Diri dengan Berenang ke Tepian

Berikut kronologi perahu nelayan Sukabumi terbalik dihantam ombak dan angin kencang di perairan Tegalbuleud Sukabumi.
Kondisi perahu nelayan yang sempat terbaik dihantam badai di perairan Tegalbuleud Sukabumi dievakuasi usai mendarat di tepian. (Sumber Foto: Istimewa)
Life07 September 2024, 20:00 WIB

Sleep Training Hacks: 9 Cara Agar Anak Cepat Tidur di Malam Hari

Sleep Training Hacks: Ciptakan rutinitas yang menenangkan sebelum tidur. Aktivitas seperti membaca buku, mendengarkan cerita, mandi air hangat, atau bermain dengan mainan lembut bisa membuat anak rileks sebelum tidur.
Ilustrasi. Cara Agar Anak Cepat Tidur di Malam Hari, Parenting Hacks untuk Ayah Bunda! (Sumber : Freepik/pvproductions)
Sukabumi07 September 2024, 19:35 WIB

Kabel Menjuntai Picu Kecelakaan Maut di Sukabumi, Saksi sebut Akibat Tersangkut Truk Kontainer

Saksi ungkap penyebab kabel menjuntai di Jalan Raya Sukabumi-Bogor yang picu kecelakaan maut, anak tewas terlindas truk.
Polisi saat olah TKP kecelakaan maut di Jalan Raya Sukabumi-Bogor tepatnya di Cicurug Sukabumi. Serang anak tewas terlindas truk usai motor yang diboncengnya terjatuh akibat tersangkut kabel. (Sumber : Istimewa)