10 Manfaat Mengonsumsi Kopi Hitam Tanpa Gula untuk Kesehatan

Rabu 17 Juli 2024, 09:00 WIB
Ilustrasi - Kopi hitam menawarkan berbagai manfaat kesehatan potensial. | Foto: Pixabay/juliopablo

Ilustrasi - Kopi hitam menawarkan berbagai manfaat kesehatan potensial. | Foto: Pixabay/juliopablo

SUKABUMIUPDATE.com - Tak dipungkiri, banyak sekali orang yang sangat menyukai kopi. Minuman ini biasanya dikonsumsi setelah bangun tidur di pagi hari atau untuk menjaga fokus bekerja.

Namun, sebagian orang tidak menyukai kopi hitam karena rasa pahitnya. Namun, kopi hitam memiliki sejumlah manfaat kesehatan jika Anda mengonsumsinya dengan cara yang tepat.

Kopi hitam merupakan campuran air matang dan satu sendok makan kopi tanpa tambahan susu atau gula. Bagi orang yang tidak toleran terhadap laktosa, kopi hitam sangat cocok karena tidak memerlukan susu untuk membuatnya.

Minuman ini mengandung kafein yang tinggi. Oleh karenanya, harus dikonsumsi dengan bijak untuk menghindari efek kafein yang berpotensi membahayakan kesehatan.

Fakta Gizi Kopi Hitam Tanpa Gula

Kopi secara alami kaya akan vitamin B-2, vitamin B-3, magnesium, kalium, dan berbagai senyawa fenolik. Selain itu, karena merupakan kopi hitam dan bebas susu atau gula, kopi ini mengandung 0% lemak dan karbohidrat atau protein.

Secangkir kopi hitam juga merupakan sumber zat gizi mikro lainnya seperti mangan, natrium, riboflavin, dan Niacin. Manfaat kopi hitam sebelum rutinitas berasal dari kandungan kafein dan juga kopi secara alami kaya akan antioksidan termasuk melanoidin.

Dihimpun dari laman pharmaesy, berikut ini ada beberapa manfaat mengonsumsi kopi hitam tanpa gula.

Manfaat Kopi Hitam Tanpa Gula Bagi Kesehatan

1. Dapat Mengurangi Berat Badan

Kopi hitam adalah minuman bebas kalori yang dapat membantu menjaga berat badan tetap sehat. Kopi hitam mengandung banyak kafein, yang dapat merangsang metabolisme dan meningkatkan tingkat energi, sehingga mengurangi rasa lapar.

Kopi hitam juga mengandung asam klorogenat, ini dapat membantu memperlambat produksi glukosa. Oleh karena itu, jika Anda minum kopi hitam setelah makan, hal itu dapat membantu memperlambat pembentukan glukosa. Kopi hitam juga mengandung banyak antioksidan yang dapat mengatasi masalah berat badan.

2. Membantu Meningkatkan Kinerja Fisik

Kafein diketahui dapat menstimulasi sistem saraf, stimulasi tersebut dapat membantu meningkatkan kadar adrenalin dalam darah.Hormon ini dikenal sebagai hormon fight-or-flight, yang mempersiapkan tubuh Anda untuk aktivitas fisik yang intens.

3. Dapat Menurunkan Risiko Diabetes

Banyak penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi kopi hitam tanpa gula dapat membantu melawan risiko penyakit diabetes secara efektif. Kopi meningkatkan produksi insulin dalam tubuh, yang membantu mengatur kadar gula darah.

4. Dapat Menurunkan Risiko Penyakit Kardiovaskular

Kita sering mendengar bahwa kafein dapat meningkatkan tekanan darah, tetapi itu tidak benar. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi kopi secara teratur dapat membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan stroke.

5. Bermanfaat untuk Kesehatan Hati

Hati merupakan organ vital yang bekerja secara diam-diam untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Kopi hitam dapat membantu mengurangi kadar enzim hati yang berbahaya dalam darah.

Beberapa penelitian telah menyimpulkan bahwa kopi mengurangi risiko kanker hati, penyakit hati berlemak, hepatitis, dan sirosis.

6. Membantu Menjaga Sistem Kemih Tetap Bersih

Karena kopi bekerja sebagai diuretik (meningkatkan produksi urine), Anda akan lebih sering buang air kecil. Itu membantu mengeluarkan zat beracun dari tubuh kita. Itu membantu menjaga perut Anda tetap bersih dan sehat.

7. Dapat Membantu Mencegah Risiko Kanker

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kopi dapat membantu mengurangi risiko terkena kanker tertentu seperti kanker hati, kanker usus besar, dan kanker payudara. Kopi membantu mengurangi peradangan internal.

8. Dapat Meningkatkan Memori

Minum kopi hitam dapat melawan fungsi normal otak dan menjaga otak Anda tetap sehat. Kopi hitam membantu menjaga saraf otak tetap kuat dan meningkatkan daya ingat Anda.

9. Membantu Mengurangi Stres

Kopi adalah minuman ajaib yang dapat membantu Anda rileks dari stres dan ketegangan. Secangkir kopi hitam dapat langsung meningkatkan suasana hati dan membuat keadaan menjadi lebih baik. Kopi dapat merangsang sistem saraf dan membantu meningkatkan neurotransmitter, seperti dopamin dan serotonin.

10. Dapat Mencegah Risiko Penyakit Alzheimer

Penyakit Alzheimer menyerang kelompok usia lanjut, biasanya lebih dari 65 tahun. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang minum kopi hitam secara teratur memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit Alzheimer.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Inspirasi08 September 2024, 09:00 WIB

Loker Marketing Manager di Jakarta Timur, Syarat: Mahir Ms. Office

Loker Marketing Manager di Jakarta Timur. Rekrutmen Pegawai Tetap masih dibuka hingga 5 November 2024 mendatang.
Loker Marketing Manager di Jakarta Timur, Syarat: Mahir Ms. Office (Sumber : Istimewa)
Food & Travel08 September 2024, 07:00 WIB

Resep Sup Durian Keju Mozzarella, Hidangan Pencuci Mulut yang Lezat!

Sup Durian Keju Mozzarella adalah perpaduan unik antara manisnya durian dan kelezatan keju, menciptakan hidangan penutup yang creamy dan meleleh di mulut.
Ilustrasi - Taman durian Hauma Ni Opung atau Hauma Ni Opung Farm and Plantation merupakan destinasi wisata yang harus dikunjungi oleh para penggemar buah durian (Sumber : iStock)
Science08 September 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 8 September 2024, Sukabumi Pagi Cerah Berawan dan Siang Potensi Hujan

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan pada 8 September 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan pada 8 September 2024. (Sumber : Freepik.com/@fanjianhua)
DPRD Kab. Sukabumi07 September 2024, 22:57 WIB

Sekretariat DPRD Sosialisasikan Peran Dewan Kepada Masyarakat di Sukabumi Expo 2024

Sekretariat DPRD menyuguhkan konsep yang berbeda pada pameran pembangunan di Sukabumi Expo tahun ini.
Stand Sekretariat DPRD Kabupaten Sukabumi di Sukabumi Expo 2024. (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi07 September 2024, 22:21 WIB

Niat Jemput Istri, Cerita di Balik Kecelakaan Maut Warga Sukabumi Akibat Motor Tersangkut Kabel

Berikut cerita di balik kecelakaan maut yang menimpa ayah anak di Cicurug Sukabumi akibat motor tersangkut kabel di Jalan Raya Sukabumi-Bogor.
Kecelakaan maut di jalan raya Sukabumi-Bogor, seorang anak tewas terlindas truk usai motor yang ditumpanginya terjatuh akibat tersangkut kabel internet. (Sumber : Istimewa)
Kecantikan07 September 2024, 21:00 WIB

5 Manfaat Masker Mentimun untuk Mengurangi Kantung Mata

Masker mentimun efektif untuk mengurangi kantung mata karena sifatnya yang menghidrasi, menenangkan, dan mendinginkan.
Ilustrasi. Menggunakan masker. Efek pendingin alami mentimun juga dapat membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan di area sekitar mata. (Sumber : Freepik/freepik)
Keuangan07 September 2024, 20:58 WIB

Perumda BPR Hadir di Sukabumi Expo 2024, Tawarkan Beragam Produk Tabungan dan Kredit

Tawarkan Beragam Produk Tabungan dan Kredit, Stand BPR Sukabumi disambut antusias pengunjung Sukabumi Expo 2024.
Stand Perumda BPR Sukabumi di Sukabumi Expo 2024, Lapang Canghegar Palabuhanratu. (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi07 September 2024, 20:34 WIB

Perahu Terbalik Dihantam Badai, Nelayan Sukabumi Selamatkan Diri dengan Berenang ke Tepian

Berikut kronologi perahu nelayan Sukabumi terbalik dihantam ombak dan angin kencang di perairan Tegalbuleud Sukabumi.
Kondisi perahu nelayan yang sempat terbaik dihantam badai di perairan Tegalbuleud Sukabumi dievakuasi usai mendarat di tepian. (Sumber Foto: Istimewa)
Life07 September 2024, 20:00 WIB

Sleep Training Hacks: 9 Cara Agar Anak Cepat Tidur di Malam Hari

Sleep Training Hacks: Ciptakan rutinitas yang menenangkan sebelum tidur. Aktivitas seperti membaca buku, mendengarkan cerita, mandi air hangat, atau bermain dengan mainan lembut bisa membuat anak rileks sebelum tidur.
Ilustrasi. Cara Agar Anak Cepat Tidur di Malam Hari, Parenting Hacks untuk Ayah Bunda! (Sumber : Freepik/pvproductions)
Sukabumi07 September 2024, 19:35 WIB

Kabel Menjuntai Picu Kecelakaan Maut di Sukabumi, Saksi sebut Akibat Tersangkut Truk Kontainer

Saksi ungkap penyebab kabel menjuntai di Jalan Raya Sukabumi-Bogor yang picu kecelakaan maut, anak tewas terlindas truk.
Polisi saat olah TKP kecelakaan maut di Jalan Raya Sukabumi-Bogor tepatnya di Cicurug Sukabumi. Serang anak tewas terlindas truk usai motor yang diboncengnya terjatuh akibat tersangkut kabel. (Sumber : Istimewa)