10 Rekomendasi Makanan dan Minuman Terbaik untuk Pemulihan Otot Pasca Olahraga

Senin 15 Juli 2024, 14:00 WIB
Ilustrasi - Makanan berperan penting dalam proses pemulihan otot. (Sumber : Freepik.com/@drobotdean).

Ilustrasi - Makanan berperan penting dalam proses pemulihan otot. (Sumber : Freepik.com/@drobotdean).

SUKABUMIUPDATE.com - Pemulihan otot adalah proses di mana otot-otot yang telah digunakan selama aktivitas fisik atau latihan kembali ke kondisi optimal mereka.

Proses ini melibatkan beberapa langkah fisiologis yang bertujuan untuk memperbaiki kerusakan mikro yang terjadi pada serat otot selama latihan, mengembalikan energi yang telah digunakan, dan memperkuat otot untuk menghadapi stres di masa depan.

Kabar baiknya adalah Anda dapat mengatasi rasa nyeri untuk pemulihan otot dengan makanan pasca-latihan yang tepat. Makanan memainkan peran penting dalam proses pemulihan ini dengan menyediakan nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk membangun kembali jaringan otot yang rusak.

Makanan dengan profil nutrisi yang tepat, seperti pisang, beri, dan bayam, dapat membantu otot Anda pulih lebih cepat dan bahkan mengurangi nyeri otot keesokan harinya. Dihimpun dari laman Health, berikut ini ada beberapa makanan dan minuman yang baik untuk pemulihan pasca olahraga.

1. Akar Talas

Akar talas dapat menjadi pilihan makanan yang baik untuk pemulihan otot. Akar talas merupakan sayuran akar seperti kentang dan wortel dan mengandung banyak nutrisi. Beberapa nutrisi penting adalah karbohidrat dan protein, yang bermanfaat bagi otot Anda.

2. Bayam

Bayam, seperti halnya sayuran silangan lainnya, penuh dengan nutrisi yang membantu mencegah peradangan. Kalsium, fosfor, kalium, magnesium, zat besi, seng, tembaga, dan mangan merupakan mineral dalam bayam.

Selain itu, bayam mengandung vitamin penting, seperti A, C, dan folat. Sayuran berdaun yang kaya akan vitamin ini juga mengandung protein dan senyawa antioksidan yang dikenal sebagai flavonoid.

Pertimbangkan untuk mencampurnya ke dalam smoothie pasca-latihan Anda atau mencampurnya dengan telur jika Anda ingin menambahkan bayam ke dalam makanan pasca-latihan Anda.

3. Blueberry atau Raspberry

Semua buah mengandung antioksidan yang dapat membantu pemulihan otot. Ada banyak alasan bagus untuk mengonsumsi buah beri, seperti blueberry dan rasberi, dengan pemulihan otot sebagai manfaat yang mungkin didapat.

4. Biji Chia

Biji chia merupakan sumber protein nabati yang baik. Meskipun Anda tidak memakannya untuk pemulihan, biji chia juga menawarkan banyak nutrisi, termasuk:

  • Vitamin B yaitu B1, B2, dan niasin
  • Kalsium
  • Magnesium
  • Fosfor
  • Kalium

Biji chia merupakan salah satu sumber nabati terkaya akan asam lemak omega-3, sumber lemak yang dikenal akan manfaat antiperadangan dan kardiovaskularnya.

5. Ekstrak Teh Hijau

Para peneliti menemukan bahwa pria yang melengkapi diet mereka dengan 500 miligram ekstrak teh hijau mengalami penurunan penanda kerusakan otot yang disebabkan oleh olahraga.

“Ekstrak teh hijau merupakan sumber antioksidan dan polifenol yang kaya yang membantu mengatur kerusakan oksidatif yang terjadi selama latihan serta kehidupan sehari-hari," jelas ahli kesehatan Dr. Greene.

6. Pisang

Pisang kaya akan karbohidrat dan kalium , dua nutrisi pasca-latihan yang baik untuk otot. Kelebihan lainnya adalah portabel, artinya Anda dapat membawa satu sehingga Anda dapat menggunakannya setelah latihan.

7. Susu Cokelat

Lain kali Anda menjalani sesi latihan otot, mungkin ada baiknya minum susu cokelat setelahnya. Minuman ini mengandung air, elektrolit, dan ketiga zat gizi makro—karbohidrat, protein, dan lemak yang semuanya bermanfaat untuk pemulihan.

Satu ulasan menemukan bahwa susu cokelat sama bermanfaatnya atau lebih bermanfaat dibandingkan dengan minuman pemulihan lainnya, tetapi diperlukan penelitian lebih lanjut.

8. Gandum

Oatmeal sangat baik karena sangat cepat dan mudah dibuat dalam keadaan darurat. Oatmeal merupakan pilihan yang kaya karbohidrat dan protein untuk dimakan sebelum atau setelah latihan.

Belum lagi, oatmeal juga dapat memperpanjang umur. Para peneliti menemukan bahwa orang yang mengonsumsi 33 gram biji-bijian utuh setiap hari mengalami penurunan risiko kematian dini hingga 9% dibandingkan dengan mereka yang jarang mengonsumsi biji-bijian utuh.

9. Telur

Pertimbangkan untuk mengonsumsi telur untuk membantu pemulihan otot Anda. Telur mengandung protein, dan beberapa telur diperkaya dengan omega-3. Mengonsumsi asam lemak omega-3 dapat membantu mengatasi peradangan.

10. Jus Semangka

Jus semangka bisa menjadi pilihan yang baik untuk diminum sebelum berolahraga. Para peneliti menemukan bahwa jenis jus ini bermanfaat untuk mengurangi nyeri otot jika diminum satu jam sebelum berolahraga. Semangka memiliki asam amino non-esensial yang disebut L-citrulline yang berperan dalam mengendalikan kelelahan otot.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Inspirasi08 September 2024, 09:00 WIB

Loker Marketing Manager di Jakarta Timur, Syarat: Mahir Ms. Office

Loker Marketing Manager di Jakarta Timur. Rekrutmen Pegawai Tetap masih dibuka hingga 5 November 2024 mendatang.
Loker Marketing Manager di Jakarta Timur, Syarat: Mahir Ms. Office (Sumber : Istimewa)
Food & Travel08 September 2024, 07:00 WIB

Resep Sup Durian Keju Mozzarella, Hidangan Pencuci Mulut yang Lezat!

Sup Durian Keju Mozzarella adalah perpaduan unik antara manisnya durian dan kelezatan keju, menciptakan hidangan penutup yang creamy dan meleleh di mulut.
Ilustrasi - Taman durian Hauma Ni Opung atau Hauma Ni Opung Farm and Plantation merupakan destinasi wisata yang harus dikunjungi oleh para penggemar buah durian (Sumber : iStock)
Science08 September 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 8 September 2024, Sukabumi Pagi Cerah Berawan dan Siang Potensi Hujan

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan pada 8 September 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan pada 8 September 2024. (Sumber : Freepik.com/@fanjianhua)
DPRD Kab. Sukabumi07 September 2024, 22:57 WIB

Sekretariat DPRD Sosialisasikan Peran Dewan Kepada Masyarakat di Sukabumi Expo 2024

Sekretariat DPRD menyuguhkan konsep yang berbeda pada pameran pembangunan di Sukabumi Expo tahun ini.
Stand Sekretariat DPRD Kabupaten Sukabumi di Sukabumi Expo 2024. (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi07 September 2024, 22:21 WIB

Niat Jemput Istri, Cerita di Balik Kecelakaan Maut Warga Sukabumi Akibat Motor Tersangkut Kabel

Berikut cerita di balik kecelakaan maut yang menimpa ayah anak di Cicurug Sukabumi akibat motor tersangkut kabel di Jalan Raya Sukabumi-Bogor.
Kecelakaan maut di jalan raya Sukabumi-Bogor, seorang anak tewas terlindas truk usai motor yang ditumpanginya terjatuh akibat tersangkut kabel internet. (Sumber : Istimewa)
Kecantikan07 September 2024, 21:00 WIB

5 Manfaat Masker Mentimun untuk Mengurangi Kantung Mata

Masker mentimun efektif untuk mengurangi kantung mata karena sifatnya yang menghidrasi, menenangkan, dan mendinginkan.
Ilustrasi. Menggunakan masker. Efek pendingin alami mentimun juga dapat membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan di area sekitar mata. (Sumber : Freepik/freepik)
Keuangan07 September 2024, 20:58 WIB

Perumda BPR Hadir di Sukabumi Expo 2024, Tawarkan Beragam Produk Tabungan dan Kredit

Tawarkan Beragam Produk Tabungan dan Kredit, Stand BPR Sukabumi disambut antusias pengunjung Sukabumi Expo 2024.
Stand Perumda BPR Sukabumi di Sukabumi Expo 2024, Lapang Canghegar Palabuhanratu. (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi07 September 2024, 20:34 WIB

Perahu Terbalik Dihantam Badai, Nelayan Sukabumi Selamatkan Diri dengan Berenang ke Tepian

Berikut kronologi perahu nelayan Sukabumi terbalik dihantam ombak dan angin kencang di perairan Tegalbuleud Sukabumi.
Kondisi perahu nelayan yang sempat terbaik dihantam badai di perairan Tegalbuleud Sukabumi dievakuasi usai mendarat di tepian. (Sumber Foto: Istimewa)
Life07 September 2024, 20:00 WIB

Sleep Training Hacks: 9 Cara Agar Anak Cepat Tidur di Malam Hari

Sleep Training Hacks: Ciptakan rutinitas yang menenangkan sebelum tidur. Aktivitas seperti membaca buku, mendengarkan cerita, mandi air hangat, atau bermain dengan mainan lembut bisa membuat anak rileks sebelum tidur.
Ilustrasi. Cara Agar Anak Cepat Tidur di Malam Hari, Parenting Hacks untuk Ayah Bunda! (Sumber : Freepik/pvproductions)
Sukabumi07 September 2024, 19:35 WIB

Kabel Menjuntai Picu Kecelakaan Maut di Sukabumi, Saksi sebut Akibat Tersangkut Truk Kontainer

Saksi ungkap penyebab kabel menjuntai di Jalan Raya Sukabumi-Bogor yang picu kecelakaan maut, anak tewas terlindas truk.
Polisi saat olah TKP kecelakaan maut di Jalan Raya Sukabumi-Bogor tepatnya di Cicurug Sukabumi. Serang anak tewas terlindas truk usai motor yang diboncengnya terjatuh akibat tersangkut kabel. (Sumber : Istimewa)