Bantu Kelola Gula Darah, 4 Manfaat Kacang Arab untuk Kesehatan Tubuh

Senin 15 Juli 2024, 09:00 WIB
Ilustrasi - Kacang arab mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan penting yang membantu mendukung kesehatan secara keseluruhan. (Sumber : Pixabay.com/PDPics)

Ilustrasi - Kacang arab mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan penting yang membantu mendukung kesehatan secara keseluruhan. (Sumber : Pixabay.com/PDPics)

SUKABUMIUPDATE.com - Kacang arab, juga dikenal sebagai kacang chickpea atau garbanzo, adalah jenis kacang-kacangan yang populer dalam berbagai masakan di seluruh dunia.

Kacang arab termasuk kacang buncis, lentil, dan kacang polong kering, adalah biji tanaman polong-polongan yang dapat dimakan dan dikeringkan. Seringkali, nutrisi kacang arab mencakup kandungan serat, protein, dan lemak sehat yang tinggi.

Kacang arab merupakan salah satu kacang-kacangan yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Tanaman kacang arab dapat tumbuh hingga setinggi sekitar dua kaki, dengan daun kecil berbulu halus dan bunga berwarna putih atau biru kemerahan.

Nutrisi Kacang Arab

Kacang arab merupakan sumber nutrisi yang sangat baik. Satu cangkir kacang arab yang dimasak mengandung nutrisi berikut:

  • Kalori: 269
  • Lemak: 4,25 gram (g)
  • Natrium: 399 miligram (mg)
  • Karbohidrat: 44,9 g
  • Serat: 12,5 g
  • Gula tambahan: 7,87 g
  • Protein: 14,5 gram

Kacang arab mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan yang penting. Misalnya, satu cangkir kacang arab yang dimasak menyediakan sejumlah besar kebutuhan harian mangan.

Tubuh membutuhkan mangan untuk menghasilkan energi, melindungi sel, membangun dan memelihara tulang yang kuat, dan mendukung sistem kekebalan tubuh.

Manfaat Kacang Arab

Kacang arab kaya akan serat, protein, dan lemak sehat serta memiliki indeks glikemik (IG) yang rendah. Hasilnya, kacang arab membantu mengatur kolesterol, trigliserida, gula darah, dan tekanan darah; menjaga berat badan yang sehat; dan mendukung kesehatan usus.

Dihimpun dari laman health, berikut adalah beberapa manfaat kesehatan dari kacang arab.

1. Bantu Kelola Gula Darah

Dalam tinjauan yang diterbitkan pada tahun 2018, para peneliti menemukan bahwa kacang-kacangan, termasuk buncis, dapat membantu mengelola gula darah.
Insulin adalah hormon yang memungkinkan sel Anda mengambil dan menyimpan glukosa (gula).

Orang dengan resistensi insulin tidak merespons insulin sebagaimana mestinya. Akibatnya, gula menumpuk dalam darah. Gula darah tinggi merupakan faktor risiko diabetes tipe 2.

Kacang arab memiliki indeks glikemik rendah. Dengan kata lain, kacang arab mengurangi resistensi insulin dan tidak menyebabkan lonjakan gula darah yang signifikan.

Sebagai makanan dengan indeks glikemik rendah, buncis dapat membantu mengatur kadar gula darah pada penderita diabetes. Kadar gula darah tinggi yang tidak diobati dapat menyebabkan komplikasi kesehatan seperti masalah penglihatan dan penyakit ginjal.

2. Melindungi Terhadap Penyakit Kardiovaskular

Kacang arab dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular (PKV). PKV termasuk penyakit arteri koroner (PJK), stroke, dan gagal jantung.

Menurut ulasan yang diterbitkan pada tahun 2020, buncis membantu mengendalikan kolesterol, trigliserida, gula darah, dan tekanan darah. Karakteristik tersebut merupakan faktor risiko penyakit kardiovaskular.

Secara umum, kacang-kacangan merupakan sumber lemak sehat dan zat kimia seperti flavonoid dan asam fenolik. Beberapa bukti menunjukkan bahwa zat kimia tersebut memiliki sifat antiperadangan dan antioksidan yang mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

3. Bantu Jaga Berat Badan Tetap Sehat

Kacang arab memiliki kandungan serat, protein, dan lemak sehat yang tinggi, yang dapat membantu mengelola berat badan.

Misalnya, serat menambah jumlah makanan dan mengenyangkan dengan cepat. Kacang arab membutuhkan waktu lebih lama untuk dikunyah dan melewati sistem pencernaan dibandingkan makanan rendah serat, yang membuat Anda kenyang lebih lama.

Dalam tinjauan yang diterbitkan pada tahun 2019, para peneliti mencatat bahwa buncis membantu mengobati obesitas dengan mengurangi penumpukan lemak.

Orang dengan obesitas memiliki risiko tinggi terhadap komplikasi kesehatan seperti penyakit kardiovaskular, diabetes tipe 2, dan beberapa jenis kanker.

4. Dapat Mendukung Kesehatan Usus

Sebagai makanan berserat tinggi, buncis juga membantu menjaga kesehatan usus. Serat menjaga pergerakan usus tetap teratur dan membantu mengatasi sembelit.

Menurut ulasan yang diterbitkan pada tahun 2022, buncis membantu menyeimbangkan mikroorganisme "baik" dan "buruk" dalam mikrobioma usus. Gejala penyakit radang usus (IBD) muncul ketika ada sesuatu yang mengganggu keseimbangan tersebut.

Sebaliknya, buncis dapat membantu meringankan gejala IBD, seperti diare, sembelit, sakit perut, mual, dan muntah.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Inspirasi08 September 2024, 09:00 WIB

Loker Marketing Manager di Jakarta Timur, Syarat: Mahir Ms. Office

Loker Marketing Manager di Jakarta Timur. Rekrutmen Pegawai Tetap masih dibuka hingga 5 November 2024 mendatang.
Loker Marketing Manager di Jakarta Timur, Syarat: Mahir Ms. Office (Sumber : Istimewa)
Food & Travel08 September 2024, 07:00 WIB

Resep Sup Durian Keju Mozzarella, Hidangan Pencuci Mulut yang Lezat!

Sup Durian Keju Mozzarella adalah perpaduan unik antara manisnya durian dan kelezatan keju, menciptakan hidangan penutup yang creamy dan meleleh di mulut.
Ilustrasi - Taman durian Hauma Ni Opung atau Hauma Ni Opung Farm and Plantation merupakan destinasi wisata yang harus dikunjungi oleh para penggemar buah durian (Sumber : iStock)
Science08 September 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 8 September 2024, Sukabumi Pagi Cerah Berawan dan Siang Potensi Hujan

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan pada 8 September 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan pada 8 September 2024. (Sumber : Freepik.com/@fanjianhua)
DPRD Kab. Sukabumi07 September 2024, 22:57 WIB

Sekretariat DPRD Sosialisasikan Peran Dewan Kepada Masyarakat di Sukabumi Expo 2024

Sekretariat DPRD menyuguhkan konsep yang berbeda pada pameran pembangunan di Sukabumi Expo tahun ini.
Stand Sekretariat DPRD Kabupaten Sukabumi di Sukabumi Expo 2024. (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi07 September 2024, 22:21 WIB

Niat Jemput Istri, Cerita di Balik Kecelakaan Maut Warga Sukabumi Akibat Motor Tersangkut Kabel

Berikut cerita di balik kecelakaan maut yang menimpa ayah anak di Cicurug Sukabumi akibat motor tersangkut kabel di Jalan Raya Sukabumi-Bogor.
Kecelakaan maut di jalan raya Sukabumi-Bogor, seorang anak tewas terlindas truk usai motor yang ditumpanginya terjatuh akibat tersangkut kabel internet. (Sumber : Istimewa)
Kecantikan07 September 2024, 21:00 WIB

5 Manfaat Masker Mentimun untuk Mengurangi Kantung Mata

Masker mentimun efektif untuk mengurangi kantung mata karena sifatnya yang menghidrasi, menenangkan, dan mendinginkan.
Ilustrasi. Menggunakan masker. Efek pendingin alami mentimun juga dapat membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan di area sekitar mata. (Sumber : Freepik/freepik)
Keuangan07 September 2024, 20:58 WIB

Perumda BPR Hadir di Sukabumi Expo 2024, Tawarkan Beragam Produk Tabungan dan Kredit

Tawarkan Beragam Produk Tabungan dan Kredit, Stand BPR Sukabumi disambut antusias pengunjung Sukabumi Expo 2024.
Stand Perumda BPR Sukabumi di Sukabumi Expo 2024, Lapang Canghegar Palabuhanratu. (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi07 September 2024, 20:34 WIB

Perahu Terbalik Dihantam Badai, Nelayan Sukabumi Selamatkan Diri dengan Berenang ke Tepian

Berikut kronologi perahu nelayan Sukabumi terbalik dihantam ombak dan angin kencang di perairan Tegalbuleud Sukabumi.
Kondisi perahu nelayan yang sempat terbaik dihantam badai di perairan Tegalbuleud Sukabumi dievakuasi usai mendarat di tepian. (Sumber Foto: Istimewa)
Life07 September 2024, 20:00 WIB

Sleep Training Hacks: 9 Cara Agar Anak Cepat Tidur di Malam Hari

Sleep Training Hacks: Ciptakan rutinitas yang menenangkan sebelum tidur. Aktivitas seperti membaca buku, mendengarkan cerita, mandi air hangat, atau bermain dengan mainan lembut bisa membuat anak rileks sebelum tidur.
Ilustrasi. Cara Agar Anak Cepat Tidur di Malam Hari, Parenting Hacks untuk Ayah Bunda! (Sumber : Freepik/pvproductions)
Sukabumi07 September 2024, 19:35 WIB

Kabel Menjuntai Picu Kecelakaan Maut di Sukabumi, Saksi sebut Akibat Tersangkut Truk Kontainer

Saksi ungkap penyebab kabel menjuntai di Jalan Raya Sukabumi-Bogor yang picu kecelakaan maut, anak tewas terlindas truk.
Polisi saat olah TKP kecelakaan maut di Jalan Raya Sukabumi-Bogor tepatnya di Cicurug Sukabumi. Serang anak tewas terlindas truk usai motor yang diboncengnya terjatuh akibat tersangkut kabel. (Sumber : Istimewa)