8 Pengobatan Rumahan untuk Mengatasi Kolesterol Tinggi

Jumat 12 Juli 2024, 20:00 WIB
Ilustrasi. Olahraga Rutin. Pengobatan rumahan adalah salah satu cara untuk mengatasi kolesterol tinggi. Sumber: Freepik/freepik

Ilustrasi. Olahraga Rutin. Pengobatan rumahan adalah salah satu cara untuk mengatasi kolesterol tinggi. Sumber: Freepik/freepik

SUKABUMIUPDATE.com - Kolesterol tinggi, atau hiperkolesterolemia, adalah kondisi di mana kadar kolesterol dalam darah melebihi batas normal. Kolesterol merupakan zat lemak yang dibutuhkan tubuh untuk membangun sel dan menghasilkan hormon. 

Tetapi kadarnya yang terlalu tinggi dapat menyebabkan penumpukan plak di dinding arteri, meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke.

Kolesterol sendiri terbagi kedalam beberapa jenis, Berikut adalah jenis-jenis kolesterol utama:

Kolesterol LDL (Low-Density Lipoprotein):

  • Fungsi: LDL sering disebut sebagai "kolesterol jahat" karena kadar tinggi LDL dapat menyebabkan penumpukan plak di dinding arteri, yang meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.
  • Risiko: Penumpukan plak dapat mempersempit arteri dan membuatnya kurang fleksibel, yang dikenal sebagai aterosklerosis.

Kolesterol HDL (High-Density Lipoprotein):

  • Fungsi: HDL dikenal sebagai "kolesterol baik" karena membantu mengangkut kolesterol dari arteri dan membawanya kembali ke hati untuk diproses dan dikeluarkan dari tubuh.
  • Manfaat: Kadar HDL yang tinggi dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

Kolesterol VLDL (Very Low-Density Lipoprotein):

  • Fungsi: VLDL membawa trigliserida, sejenis lemak, dari hati ke jaringan tubuh.
  • Risiko: Mirip dengan LDL, VLDL dapat menyebabkan penumpukan plak di arteri, meskipun VLDL lebih fokus pada trigliserida daripada kolesterol.

Trigliserida:

  • Fungsi: Trigliserida adalah bentuk lemak yang digunakan tubuh sebagai sumber energi.
  • Risiko: Kadar trigliserida yang tinggi dikaitkan dengan risiko penyakit jantung dan merupakan bagian dari panel lipid yang digunakan untuk mengukur risiko kardiovaskular.

Karena kolesterol tinggi sangat berbahaya bagi kesehatan jika terus dibiarkan, berikut ada beberapa pengobatan rumahan untuk mengatasi kolesterol tinggi, dihimpun dari laman singlecare.

1. Meningkatkan Asupan Serat

Memperbaiki pola makan merupakan salah satu cara menurunkan kolesterol secara alami. Meningkatkan asupan serat merupakan langkah awal yang baik. Makanan kaya serat dapat membantu mengeluarkan kolesterol dari tubuh.

 “Meningkatkan asupan serat larut membantu menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat),” kata ahli kesehatan Rickelle Tallent , RDN, LD, pemilik Tallent Nutrition & Wellness di Las Vegas.

2. Mengurangi Asupan Lemak Jenuh

Memahami jenis lemak yang Anda konsumsi sangat penting untuk diet sehat. Mengonsumsi makanan yang mengandung banyak lemak jenuh dapat meningkatkan kadar kolesterol seiring waktu. 

Jika konsumsi lemak jenuh menyebabkan kolesterol tinggi, mengurangi jumlah lemak jenuh yang Anda konsumsi dapat membantu menurunkan kadarnya. Lemak jenuh ditemukan dalam daging merah, produk olahan susu, dan makanan olahan atau kemasan. 

3. Mengurangi Gula

Pola makan yang mengandung banyak gula tidak baik untuk kadar kolesterol yang sehat. Penelitian menunjukkan bahwa asupan gula yang tinggi dikaitkan dengan peningkatan kadar LDL (kolesterol "jahat") dan penurunan kadar lipoprotein densitas tinggi atau HDL (kolesterol "baik").

4. Mengonsumsi Omega-3

Meningkatkan asupan omega-3 membantu meningkatkan kadar kolesterol baik HDL dan trigliserida. Asam lemak omega-3 ditemukan secara alami di banyak makanan, termasuk:

  • Ikan berlemak seperti salmon, mackerel, tuna, herring, dan sarden.
  • Kacang-kacangan dan biji-bijian seperti biji rami, biji chia, dan kenari
  • Minyak nabati seperti minyak zaitun dan minyak kedelai

5. Berolahraga Secara Teratur

Berolahraga minimal 150 menit per minggu terbukti dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL dan menurunkan kadar kolesterol LDL, kata Tallent. "Latihan kardio dan latihan beban memberikan dampak positif bagi kesehatan Anda, jadi cobalah kombinasikan keduanya, tingkatkan intensitas dan durasi latihan seiring dengan peningkatan tingkat kebugaran Anda."

6. Berlatih Yoga

Semua gerakan baik untuk kolesterol tinggi, tetapi yoga sangat membantu untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi. Hal ini mungkin karena yoga merupakan jenis olahraga dan terbukti dapat mengurangi stres, yang bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan.

7. Mengelola Berat Badan

Obesitas telah dikaitkan dengan kadar LDL yang lebih tinggi dan kadar HDL yang lebih rendah. Dengan kata lain, ada hubungan antara kelebihan berat badan dan munculnya kolesterol tinggi.

Untungnya, kolesterol tinggi dapat dikurangi secara alami. Menurunkan berat badan dan menjaga berat badan yang sehat dapat menurunkan kadar kolesterol dalam beberapa bulan.

8. Berhenti Merokok

Penelitian menunjukkan bahwa nikotin dalam tembakau menurunkan HDL dan meningkatkan kadar LDL, yang menyebabkan meningkatnya risiko penyakit jantung dan kolesterol tinggi.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Inspirasi08 September 2024, 09:00 WIB

Loker Marketing Manager di Jakarta Timur, Syarat: Mahir Ms. Office

Loker Marketing Manager di Jakarta Timur. Rekrutmen Pegawai Tetap masih dibuka hingga 5 November 2024 mendatang.
Loker Marketing Manager di Jakarta Timur, Syarat: Mahir Ms. Office (Sumber : Istimewa)
Food & Travel08 September 2024, 07:00 WIB

Resep Sup Durian Keju Mozzarella, Hidangan Pencuci Mulut yang Lezat!

Sup Durian Keju Mozzarella adalah perpaduan unik antara manisnya durian dan kelezatan keju, menciptakan hidangan penutup yang creamy dan meleleh di mulut.
Ilustrasi - Taman durian Hauma Ni Opung atau Hauma Ni Opung Farm and Plantation merupakan destinasi wisata yang harus dikunjungi oleh para penggemar buah durian (Sumber : iStock)
Science08 September 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 8 September 2024, Sukabumi Pagi Cerah Berawan dan Siang Potensi Hujan

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan pada 8 September 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan pada 8 September 2024. (Sumber : Freepik.com/@fanjianhua)
DPRD Kab. Sukabumi07 September 2024, 22:57 WIB

Sekretariat DPRD Sosialisasikan Peran Dewan Kepada Masyarakat di Sukabumi Expo 2024

Sekretariat DPRD menyuguhkan konsep yang berbeda pada pameran pembangunan di Sukabumi Expo tahun ini.
Stand Sekretariat DPRD Kabupaten Sukabumi di Sukabumi Expo 2024. (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi07 September 2024, 22:21 WIB

Niat Jemput Istri, Cerita di Balik Kecelakaan Maut Warga Sukabumi Akibat Motor Tersangkut Kabel

Berikut cerita di balik kecelakaan maut yang menimpa ayah anak di Cicurug Sukabumi akibat motor tersangkut kabel di Jalan Raya Sukabumi-Bogor.
Kecelakaan maut di jalan raya Sukabumi-Bogor, seorang anak tewas terlindas truk usai motor yang ditumpanginya terjatuh akibat tersangkut kabel internet. (Sumber : Istimewa)
Kecantikan07 September 2024, 21:00 WIB

5 Manfaat Masker Mentimun untuk Mengurangi Kantung Mata

Masker mentimun efektif untuk mengurangi kantung mata karena sifatnya yang menghidrasi, menenangkan, dan mendinginkan.
Ilustrasi. Menggunakan masker. Efek pendingin alami mentimun juga dapat membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan di area sekitar mata. (Sumber : Freepik/freepik)
Keuangan07 September 2024, 20:58 WIB

Perumda BPR Hadir di Sukabumi Expo 2024, Tawarkan Beragam Produk Tabungan dan Kredit

Tawarkan Beragam Produk Tabungan dan Kredit, Stand BPR Sukabumi disambut antusias pengunjung Sukabumi Expo 2024.
Stand Perumda BPR Sukabumi di Sukabumi Expo 2024, Lapang Canghegar Palabuhanratu. (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi07 September 2024, 20:34 WIB

Perahu Terbalik Dihantam Badai, Nelayan Sukabumi Selamatkan Diri dengan Berenang ke Tepian

Berikut kronologi perahu nelayan Sukabumi terbalik dihantam ombak dan angin kencang di perairan Tegalbuleud Sukabumi.
Kondisi perahu nelayan yang sempat terbaik dihantam badai di perairan Tegalbuleud Sukabumi dievakuasi usai mendarat di tepian. (Sumber Foto: Istimewa)
Life07 September 2024, 20:00 WIB

Sleep Training Hacks: 9 Cara Agar Anak Cepat Tidur di Malam Hari

Sleep Training Hacks: Ciptakan rutinitas yang menenangkan sebelum tidur. Aktivitas seperti membaca buku, mendengarkan cerita, mandi air hangat, atau bermain dengan mainan lembut bisa membuat anak rileks sebelum tidur.
Ilustrasi. Cara Agar Anak Cepat Tidur di Malam Hari, Parenting Hacks untuk Ayah Bunda! (Sumber : Freepik/pvproductions)
Sukabumi07 September 2024, 19:35 WIB

Kabel Menjuntai Picu Kecelakaan Maut di Sukabumi, Saksi sebut Akibat Tersangkut Truk Kontainer

Saksi ungkap penyebab kabel menjuntai di Jalan Raya Sukabumi-Bogor yang picu kecelakaan maut, anak tewas terlindas truk.
Polisi saat olah TKP kecelakaan maut di Jalan Raya Sukabumi-Bogor tepatnya di Cicurug Sukabumi. Serang anak tewas terlindas truk usai motor yang diboncengnya terjatuh akibat tersangkut kabel. (Sumber : Istimewa)