Memperbaiki Sindrom Metabolik, 6 Manfaat Si Rempah Kunyit untuk Kesehatan

Jumat 12 Juli 2024, 09:00 WIB
Ilustrasi - Kunyit menyimpan sejumlah manfaat kesehatan untuk tubuh.(Sumber : Freepik.com/@azerbaijan_stockers)

Ilustrasi - Kunyit menyimpan sejumlah manfaat kesehatan untuk tubuh.(Sumber : Freepik.com/@azerbaijan_stockers)

SUKABUMIUPDATE.com - Kunyit adalah rempah berwarna cerah yang tumbuh secara alami di Asia Tenggara termasuk Indonesia. Kunyit telah lama digunakan sebagai obat dan dalam masakan selama berabad-abad.

Keunggulan kunyit adalah kandungan antioksidan kuat yang disebut kurkumin, yang memberinya sifat antiperadangan dan antioksidan. Kurkumin dapat mengurangi risiko beberapa penyakit, seperti diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan kanker.

Berikut ini ada beberapa manfaat kesehatan kunyit dikutip dari laman health.

1. Terbukti Dapat Memperbaiki Sindrom Metabolik

Sindrom metabolik , juga disebut sindrom resistensi insulin, adalah kondisi yang meningkatkan risiko diabetes tipe 2, stroke, dan penyakit jantung. Sindrom ini ditandai dengan adanya tiga atau lebih faktor risiko, seperti gula darah tinggi, trigliserida, dan tekanan darah. Faktor risiko lainnya termasuk obesitas perut dan kolesterol HDL ("baik") rendah. Satu dari tiga orang dewasa memiliki sindrom metabolik.

Sebuah studi kecil yang diterbitkan pada tahun 2016 meneliti efek suplementasi kurkumin pada orang dengan sindrom metabolik. Para peneliti menguji sitokin pro-inflamasi, atau protein yang terkait dengan sindrom metabolik.

2. Membantu Meringankan Gejala Depresi dan Kecemasan

Depresi adalah kondisi kesehatan mental yang umum dan serius yang menyebabkan perasaan sedih, energi rendah, nafsu makan rendah, dan hilangnya kesenangan. Hampir 17% orang akan mengalami depresi dalam hidup mereka, biasanya pada akhir masa remaja atau awal usia 20-an.

Sebuah tinjauan yang diterbitkan pada tahun 2020 dari sembilan penelitian meneliti efek kunyit terhadap depresi dan kecemasan . Para peneliti menemukan bahwa orang yang mengonsumsi suplemen kunyit mengalami perbaikan signifikan dalam gejala-gejala.

3. Mengurangi Peradangan

Peradangan merupakan bagian dari pertahanan sistem imun. Sistem imun mengirimkan sel-sel inflamasi dan zat kimia, seperti sitokin, untuk melindungi dan menyembuhkan tubuh Anda saat Anda terpapar kuman atau mengalami cedera.

Peradangan kronis berarti sistem imun Anda mungkin mengirimkan respons ini sepanjang waktu, bahkan saat tidak diperlukan. Hal ini dapat menyebabkan nyeri, kelelahan, depresi, penambahan berat badan, infeksi, refluks asam lambung, dan masalah lainnya.

Sebuah tinjauan yang diterbitkan pada tahun 2015 mengenai tujuh uji klinis mengamati kunyit dan stres oksidatif (ketidakseimbangan antara bahan kimia berbahaya dan antioksidan).

Para peneliti menemukan bahwa mengonsumsi suplemen kunyit selama lebih dari enam minggu menghasilkan lebih sedikit penanda stres oksidatif dan peningkatan antioksidan.

4. Dapat Memperbaiki Penyakit Ginjal pada Penderita Diabetes

Penyakit ginjal, atau penyakit ginjal , mempengaruhi sepertiga dari semua penderita diabetes. Kelebihan gula dalam darah dapat merusak pembuluh darah ginjal seiring berjalannya waktu jika diabetes tidak diobati. Penyakit ginjal biasanya berkembang perlahan selama bertahun-tahun.

Penelitian telah menemukan bahwa mengonsumsi suplemen kunyit dapat meningkatkan hasil tes yang mengukur penanda kerusakan ginjal. Kunyit dapat menurunkan kadar albumin dalam urin. Albumin adalah protein pembentuk otot yang biasanya ada dalam darah Anda tetapi muncul dalam urin saat terjadi kerusakan ginjal.

5. Dapat Menghambat Sel Kanker

Kanker merujuk pada sejumlah penyakit yang semuanya memiliki satu kesamaan: sel-sel mulai tumbuh secara tidak normal dan menyebar serta merusak jaringan tubuh di sekitarnya. Kanker merupakan penyebab kematian terbanyak kedua di Amerika Serikat, hanya kalah dari kematian akibat penyakit jantung.

Banyak penelitian telah dilakukan terhadap kunyit dan kanker. Sebagian besar hanya meneliti hewan atau in vitro. Hanya sedikit penelitian yang dilakukan terhadap manusia, tetapi beberapa bukti menunjukkan bahwa nanopartikel kurkumin dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker. Kurkumin bahkan dapat mengecilkan ukuran dan berat tumor.

6. Dapat Mengurangi Rasa Sakit Akibat Artritis

Artritis adalah peradangan pada sendi, atau tempat dua tulang bertemu, seperti lutut atau siku. Ada banyak jenis artritis, masing-masing dengan penyebab dan pengobatannya sendiri. Gejala artritis meliputi nyeri sendi, pembengkakan, dan kekakuan. Satu dari empat orang dewasa di Amerika Serikat menderita artritis, dan ini merupakan penyebab utama kecacatan.

Kunyit diketahui memiliki khasiat antiperadangan, yang dapat membantu mengatasi penyakit radang seperti radang sendi. Beberapa bukti menunjukkan bahwa kunyit dapat mengubah sel properadangan yang disebut sitokin. Hal ini dapat mengurangi peradangan pada penderita osteoartritis (OA), jenis radang sendi yang paling umum.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Inspirasi08 September 2024, 09:00 WIB

Loker Marketing Manager di Jakarta Timur, Syarat: Mahir Ms. Office

Loker Marketing Manager di Jakarta Timur. Rekrutmen Pegawai Tetap masih dibuka hingga 5 November 2024 mendatang.
Loker Marketing Manager di Jakarta Timur, Syarat: Mahir Ms. Office (Sumber : Istimewa)
Food & Travel08 September 2024, 07:00 WIB

Resep Sup Durian Keju Mozzarella, Hidangan Pencuci Mulut yang Lezat!

Sup Durian Keju Mozzarella adalah perpaduan unik antara manisnya durian dan kelezatan keju, menciptakan hidangan penutup yang creamy dan meleleh di mulut.
Ilustrasi - Taman durian Hauma Ni Opung atau Hauma Ni Opung Farm and Plantation merupakan destinasi wisata yang harus dikunjungi oleh para penggemar buah durian (Sumber : iStock)
Science08 September 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 8 September 2024, Sukabumi Pagi Cerah Berawan dan Siang Potensi Hujan

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan pada 8 September 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan pada 8 September 2024. (Sumber : Freepik.com/@fanjianhua)
DPRD Kab. Sukabumi07 September 2024, 22:57 WIB

Sekretariat DPRD Sosialisasikan Peran Dewan Kepada Masyarakat di Sukabumi Expo 2024

Sekretariat DPRD menyuguhkan konsep yang berbeda pada pameran pembangunan di Sukabumi Expo tahun ini.
Stand Sekretariat DPRD Kabupaten Sukabumi di Sukabumi Expo 2024. (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi07 September 2024, 22:21 WIB

Niat Jemput Istri, Cerita di Balik Kecelakaan Maut Warga Sukabumi Akibat Motor Tersangkut Kabel

Berikut cerita di balik kecelakaan maut yang menimpa ayah anak di Cicurug Sukabumi akibat motor tersangkut kabel di Jalan Raya Sukabumi-Bogor.
Kecelakaan maut di jalan raya Sukabumi-Bogor, seorang anak tewas terlindas truk usai motor yang ditumpanginya terjatuh akibat tersangkut kabel internet. (Sumber : Istimewa)
Kecantikan07 September 2024, 21:00 WIB

5 Manfaat Masker Mentimun untuk Mengurangi Kantung Mata

Masker mentimun efektif untuk mengurangi kantung mata karena sifatnya yang menghidrasi, menenangkan, dan mendinginkan.
Ilustrasi. Menggunakan masker. Efek pendingin alami mentimun juga dapat membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan di area sekitar mata. (Sumber : Freepik/freepik)
Keuangan07 September 2024, 20:58 WIB

Perumda BPR Hadir di Sukabumi Expo 2024, Tawarkan Beragam Produk Tabungan dan Kredit

Tawarkan Beragam Produk Tabungan dan Kredit, Stand BPR Sukabumi disambut antusias pengunjung Sukabumi Expo 2024.
Stand Perumda BPR Sukabumi di Sukabumi Expo 2024, Lapang Canghegar Palabuhanratu. (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi07 September 2024, 20:34 WIB

Perahu Terbalik Dihantam Badai, Nelayan Sukabumi Selamatkan Diri dengan Berenang ke Tepian

Berikut kronologi perahu nelayan Sukabumi terbalik dihantam ombak dan angin kencang di perairan Tegalbuleud Sukabumi.
Kondisi perahu nelayan yang sempat terbaik dihantam badai di perairan Tegalbuleud Sukabumi dievakuasi usai mendarat di tepian. (Sumber Foto: Istimewa)
Life07 September 2024, 20:00 WIB

Sleep Training Hacks: 9 Cara Agar Anak Cepat Tidur di Malam Hari

Sleep Training Hacks: Ciptakan rutinitas yang menenangkan sebelum tidur. Aktivitas seperti membaca buku, mendengarkan cerita, mandi air hangat, atau bermain dengan mainan lembut bisa membuat anak rileks sebelum tidur.
Ilustrasi. Cara Agar Anak Cepat Tidur di Malam Hari, Parenting Hacks untuk Ayah Bunda! (Sumber : Freepik/pvproductions)
Sukabumi07 September 2024, 19:35 WIB

Kabel Menjuntai Picu Kecelakaan Maut di Sukabumi, Saksi sebut Akibat Tersangkut Truk Kontainer

Saksi ungkap penyebab kabel menjuntai di Jalan Raya Sukabumi-Bogor yang picu kecelakaan maut, anak tewas terlindas truk.
Polisi saat olah TKP kecelakaan maut di Jalan Raya Sukabumi-Bogor tepatnya di Cicurug Sukabumi. Serang anak tewas terlindas truk usai motor yang diboncengnya terjatuh akibat tersangkut kabel. (Sumber : Istimewa)