Bagaimana Kopi Memengaruhi Diabetes? Ketahui Pengaruhnya Terhadap Kadar Gula Darah!

Kamis 11 Juli 2024, 13:30 WIB
Ilustrasi. kopi mengandung bahan kimia tertentu selain kafein yang mungkin memiliki beberapa efek bagi penderita diabetes. (Sumber : Freepik/@valeria_aksakova)

Ilustrasi. kopi mengandung bahan kimia tertentu selain kafein yang mungkin memiliki beberapa efek bagi penderita diabetes. (Sumber : Freepik/@valeria_aksakova)

SUKABUMIUPDATE.com - Banyak orang suka memulai hari dengan menyeduh secangkir kopi aromatik segar. Ya, kopi dipercaya dapat membantu kita menghilangkan rasa sedih di pagi hari.

Namun, apakah penderita diabetes tipe 2 bisa menikmati kopi seperti yang lainnya?

Orang yang sedang berjuang melawan kadar gula darah mungkin sering bertanya-tanya apakah mereka bisa mendapatkan manfaat dari minum kopi. Jawabannya terletak pada fakta bahwa kopi mengandung bahan kimia tertentu selain kafein yang mungkin memiliki beberapa efek menguntungkan bagi penderita diabetes.

Meski begitu, untuk memahami apakah kopi untuk diabetes merupakan ide yang baik, simak penjelasannya sebagaimana merujuk healthshots!

Baca Juga: Apakah Kafein Aman untuk Gula Darah Penderita Diabetes? Ini Kata Ahli Gizi!

Apakah kopi baik dikonsumsi penderita diabetes?

Kopi mengandung banyak zat kimia, termasuk kafein dan polifenol, yang memengaruhi tubuh kita secara berbeda.

Polifenol adalah molekul yang meningkatkan sifat antioksidan, dan antioksidan diketahui dapat melawan radikal bebas yang merupakan hasil dari stres oksidatif dalam tubuh. Radikal bebas ini dapat membuat siapa pun berisiko terkena penyakit kronis seperti diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan kanker.

Konsumsi kopi dapat memberikan efek positif pada penderita diabetes tipe-2 sampai batas tertentu.

Kopi kaya akan antioksidan yang dapat membantu melawan peradangan dan stres oksidatif, yang keduanya terkait dengan diabetes dan komplikasinya, kata ahli gizi Avni Kaul. Selain itu, antioksidan juga berperan besar dalam menjaga kesehatan jantung.

Baca Juga: 10 Sikap Elegan untuk Mempertahankan Harga Diri Agar Tidak Direndahkan Orang

Orang dengan diabetes lebih rentan terkena penyakit jantung dan stroke dan mengonsumsi makanan kaya antioksidan dapat membantu mengurangi risiko tersebut.

Kopi juga mengandung mineral seperti magnesium dan kromium. Meningkatkan asupan magnesium dapat membantu menekan risiko terkena diabetes tipe 2. Meski demikian, kopi mengandung nutrisi ini dalam jumlah yang sangat sedikit dibandingkan dengan makanan lain, sehingga orang tidak dapat hanya mengandalkan kopi untuk asupan vitamin atau mineral harian mereka.

Menurut penelitian, minum 3 hingga 4 cangkir kopi setiap hari dapat membantu menekan risiko seseorang terkena diabetes tipe 2. Dalam penelitian lain tahun 2013, orang yang menambah asupan kopi lebih dari 1 cangkir per hari selama 4 tahun memiliki risiko 11 persen lebih rendah terkena diabetes tipe-2 dibandingkan mereka yang tetap mengonsumsi kopi seperti biasa.

Penelitian tersebut juga dapat melihat bahwa orang yang mengurangi konsumsi kopi lebih dari 1 cangkir per hari memiliki risiko 17 persen lebih besar terkena diabetes tipe 2.

Efek kopi terhadap glukosa darah dan insulin

Kopi tawar mungkin tidak menyebabkan lonjakan gula darah atau kadar glukosa darah. Hal ini menjadikan kopi sebagai anugerah bagi penderita diabetes yang gemar minum kopi hitam.

Namun, masih menurut penelitian, kafein dalam kopi dapat menghambat sensitivitas insulin, yang tidak menjadikannya pilihan ideal bagi penderita diabetes.

Meski demikian, kopi mengandung senyawa bioaktif tertentu seperti asam klorogenat, polifenol, kromium, atau magnesium yang dapat meningkatkan metabolisme glukosa dan sensitivitas insulin dengan mengimbangi efek kafein, kata ahli.

Baca Juga: Memperkuat Self Esteem, 5 Alasan Pentingnya Bersikap Baik Pada Diri Sendiri

Nah, jika Anda sekarang bertanya-tanya kopi mana yang terbaik untuk diabetes, mari kita jawab. Penderita diabetes dapat minum kopi tanpa kafein untuk mendapatkan manfaat maksimal dari komponen lainnya seperti antioksidan dan mineral tanpa risiko sensitivitas insulin.

Kebiasaan minum kopi yang sehat akan membantu menjaga kadar gula darah Anda tetap terkendali. Menurut Colombia Medica Journal, minum kafein sebelum berolahraga dapat mengekang kadar gula darah pada penderita diabetes tipe-2.

Jadi, penderita diabetes dapat mengandalkan kopi sebelum berolahraga untuk menurunkan risiko lonjakan gula darah.

Sumber: healthshots.com

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi16 September 2024, 23:43 WIB

Kompor Ditinggal saat Memasak, Rumah Warga di Cicurug Sukabumi Hangus Terbakar

Berikut kronologi kebakaran rumah di Cicurug Sukabumi. Api diduga berasal dari kompor yang ditinggal saat memasak oleh penghuni.
Tim Damkar saat memadamkan api di rumah warga Cicurug Sukabumi yang terbakar. (Sumber : SU/Ibnu)
Sukabumi16 September 2024, 21:03 WIB

Pemotor di Palabuhanratu Sukabumi Kaget Disetop Polisi, Tahunya Dapat Helm Gratis

Para pengendara yang melintas di Palabuhanratu Sukabumi dibuat kaget karena disetop polisi. Ternyata diberi helm gratis dan Cokelat. Ini tujuannya
Kapolres Sukabumi AKBP Dr Samian bersama isteri saat memberikan helm gratis bagi pemotor di Palabuhanratu. (Sumber : SU/Ilyas)
Film16 September 2024, 21:00 WIB

Sinopsis Film Malam Keramat, Teror Mistis Mengerikan di Rumah Mewah

Malam Keramat akan menjadi film horor selanjutnya yang akan menghiasi layar lebar pada bulan ini. Film tersebut telah tayang di seluruh bioskop Indonesia pada Kamis, 12 September 2024.
Sinopsis Film Malam Keramat, Teror Mistis Mengerikan di Rumah Mewah (Sumber : Instagram/@helroadfilms)
Jawa Barat16 September 2024, 20:03 WIB

Polisi Ungkap Penyebab Kemacetan Parah di Puncak Bogor saat Libur Maulid Nabi

Berikut penyebab kemacetan parah di Puncak Bogor saat libur maulid nabi menurut kepolisian.
Puncak Bogor macet parah hingga kendaraan tak bisa bergerak sama sekali. (Sumber : X@Ari_is1to /@baisunn)
Entertainment16 September 2024, 20:00 WIB

Tidak Ikut Comeback dan Tur Konser, Jeonghan SEVENTEEN Mulai Wajib Militer September

Jeonghan SEVENTEEN secara resmi akan mulai menjalani wajib militer pada Kamis, 26 September 2024. Pengumuman tersebut diberitahukan langsung oleh agensinya, Pledis Entertainment.
Tidak Ikut Comeback dan Tur Konser, Jeonghan SEVENTEEN Mulai Wajib Militer September (Sumber : Instagram/@jeonghaniyoo_n)
Science16 September 2024, 19:15 WIB

Hanya 5% yang Baru di Eksplorasi, 7 Fakta Sains Menarik Tentang Lautan

Lautan masih menyimpan sejumlah misteri yang belum terpecahkan hingga saat ini.
Ilustrasi - Lautan masih menyimpan sejumlah misteri yang belum terpecahkan hingga saat ini. (Sumber : Pixabay.com/@TANK153).
Sukabumi16 September 2024, 19:07 WIB

Pelajar yang Terseret Ombak di Pantai Cipatuguran Sukabumi Belum Ditemukan

Tim SAR gabungan pakai aqua eye hingga drone dalam pencarian pelajar Sukabumi yang hilang terseret ombak di Pantai Cipatuguran.
Proses pencarian oleh tim SAR di tengah laut Pantai Cipatuguran Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Film16 September 2024, 19:00 WIB

Spin Off Hospital Playlist, Wise Resident Life Dipastikan Batal Tayang Tahun Ini

Drama korea Wise Resident Life yang merupakan spin-off dari drakor Hospital Playlist dipastikan tidak akan tayang tahun ini, karena permasalahan dunia medis yang terjadi di Korea Selatan saat ini.
Spin Off Hospital Playlist, Wise Resident Life Dipastikan Batal Tayang Tahun Ini (Sumber : Istimewa)
Entertainment16 September 2024, 18:30 WIB

Hoki! Unggahan Mutia Ayu di Instagram Diposting Ulang Oleh Bruno Mars

Pengalaman yang tidak akan pernah terlupakan dialami oleh Mutia Ayu yang beruntung ketika Bruno Mars tersenyum ke arahnya sampai postingan yang ia unggah dibagikan ulang oleh pelantun Versace on the Floor
Hoki! Unggahan Mutia Ayu di Instagram Diposting Ulang Oleh Bruno Mars (Sumber : Instagram/@mutia_ayu)
Life16 September 2024, 18:00 WIB

Padamnya Api Keabadian, 5 Peristiwa Luar Biasa Saat Kelahiran Nabi Muhammad SAW

Kelahiran Nabi Muhammad SAW diiringi dengan sejumlah peristiwa besar yang patut diketahui oleh Umat Muslim.
Ilustrasi - Kelahiran Nabi Muhammad SAW diiringi dengan sejumlah peristiwa besar yang patut diketahui oleh Umat Muslim. (Sumber : Freepik.com/Ist).