Tanpa Obat, 6 Bahan Herbal untuk Mengobati Sakit Radang Tenggorokan

Selasa 09 Juli 2024, 18:30 WIB
Ilustrasi - Radang tenggorokan dapat diatasi dengan ramuan bahan-bahan herbal. (Sumber : Freepik.com)

Ilustrasi - Radang tenggorokan dapat diatasi dengan ramuan bahan-bahan herbal. (Sumber : Freepik.com)

SUKABUMIUPDATE.com - Masalah sakit tenggorokan adalah hal umum yang terjadi di seluruh dunia. Banyak orang mengalaminya, terutama pada hari-hari musim dingin. Beberapa orang sangat sensitif terhadap sakit tenggorokan dan solusi alami bisa sangat membantu.

Ada beberapa ramuan herbal untuk mengobati sakit tenggorokan, dan ini merupakan solusi yang sangat baik karena aman dan menawarkan kelegaan tanpa harus menggunakan obat-obatan kimia.

Dihimpun dari laman everydayhealth dan tofillo, berikut adalah bahan herbal yang bisa membantu Anda mengatasi sakit radang tenggorokan.

Ramuan Herbal Sakit Tenggorokan

1. Madu

Madu dicampur dengan air hangat atau teh dan jika Anda suka lemon, tambahkan perasan lemon. Madu yang diminum beberapa kali sehari dapat meredakan sakit tenggorokan dan ini adalah pengobatan rumahan yang paling aman

2. Bawang Putih

Bawang putih telah digunakan untuk melawan penyakit selama ribuan tahun. Bawang putih dianggap sebagai sayuran dan kerabat dekat bawang merah dan bawang putih yang mengandung banyak senyawa bioaktif yang berpotensi memberikan manfaat terapeutik.

Tanaman ini juga mengandung senyawa yang mengandung sulfur yakni menawarkan manfaat antioksidan dan anti peradangan.

3. Chamomile

Chamomile terkenal karena khasiat penyembuhannya dan sangat membantu mengatasi sakit tenggorokan. Aromanya yang manis dan menenangkan membuatnya sangat nikmat untuk diminum.

Teh kamomil merupakan pilihan yang populer. Cukup tambahkan air mendidih ke beberapa bunga, biarkan selama lima menit, saring, dan nikmati. Kehangatan dan aroma teh akan merilekskan tenggorokan dan mengurangi rasa sakit.

4. Oregano

Oregano tidak hanya untuk bahan masakan dapur saja. Rempah aromatik ini menawarkan kelegaan dari sakit tenggorokan. Rempah ini memiliki sifat antimikroba dan anti peradangan. Teh oregano sangat ideal untuk mengobati sakit tenggorokan, bahkan menghirup uapnya juga bisa sangat bermanfaat.

5. Rosemary

Rosemary dikenal karena khasiat antiseptiknya. Rosemary sangat cocok untuk mengobati sakit tenggorokan. Minumlah sesering mungkin sebagai teh, dan Anda juga dapat menggunakannya secara topikal. Cukup oleskan sedikit ekstrak rosemary ke tenggorokan untuk meredakannya dengan cepat.

6. Sage

Sage dikenal karena khasiat antiseptiknya. Sage sangat baik untuk mengurangi peradangan di tenggorokan, sekaligus melegakan tenggorokan yang tegang dan meredakan nyeri. Tambahkan madu ke dalam teh sage untuk mendapatkan kelegaan ekstra. Berkumur hangat dengan teh ini dapat memberikan hasil yang cepat.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Inspirasi20 September 2024, 01:10 WIB

Refleksi Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

Peringatan Maulid Nabi SAW yang rutin diadakan setiap tahun dalam realitasnya belum sepenuhnya mampu mengubah perilaku keagamaan
Refleksi Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW | Foto : Pixabay
Sukabumi20 September 2024, 00:27 WIB

Terbang ke Aceh, Sekda Ade Beri Dukungan ke Atlet PON XXI Asal Kabupaten Sukabumi

Sekretaris Daerah, Ade Suryaman, bersama sejumlah pejabat Pemkab Sukabumi terbang ke Aceh untuk memberikan dukungan kepada para atlet asal Kabupaten Sukabumi yang bertanding di PON XXI
Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi, Ade Suryaman dan jajaran saat bertemu para atlet asal Kabupaten Sukabumi di PON XXI di Aceh | Foto : Dokpim
Sukabumi19 September 2024, 23:23 WIB

Desa Wisata Hanjeli Sukabumi Sabet Penghargaan Wonderful Indonesia Impact Kemenparekraf

Enam desa wisata terbaik mendapat penghargaan Wonderful Indonesia Impact dari Menparekraf bekerja sama dengan MarkPlus. Salah satunya adalah Desa Wisata Hanjeli, Kabupaten Sukabumi
Asep Hidayat saat menerima Penghargaan Wonderful Indonesia Impact dari Menparekraf Sandiaga Uno di Jakarta, Kamis (19/9/20204) | Foto : Istimewa
Sukabumi19 September 2024, 21:47 WIB

Sepakat Damai Cabut Laporan Usai Bentrok, PP dan Garis Sukabumi Saling Memaafkan

Pasca insiden yang melibatkan dua kelompok ormas PP Kota Sukabumi dan ormas Garis Sukabumi Raya pada Jumat 13 September 2024 lalu, kedua belah pihak bersepakat untuk islah atau berdamai.
Para Pimpinan kedua ormas usai tandatangani nota perdamaian di MWC Pemuda Pancasila (PP) Kota Sukabumi. Kamis (19/9/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi19 September 2024, 21:18 WIB

Puluhan Perahu Wisata Terparkir Sepi Imbas Keringnya Curug Cikaso Sukabumi

Puluhan perahu angkutan wisata yang biasa mengantar jemput wisatawan ke Curug Cikaso kini terparkir sepi di dermaga apung Sungai Cikaso, Kampung Ciniti, Desa Cibitung, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi.
Puluhan perahu wisata terparkir di sungai cikaso imbas keringany curug Cikaso di Sukabum | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi Memilih19 September 2024, 20:58 WIB

KPU Kabupaten Sukabumi Tetapkan DPT Pilkada 2024, Terjadi Penurunan Jumlah Pemilih

Jumlah DPT Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024 terdiri dari 1.001.764 pemilih laki-laki dan 981.642 perempuan.
Rapat pleno terbuka rekapitulasi DPSHP dan penetapan DPT yang diselenggarakan KPU Kabupaten Sukabumi. (Sumber : SU/Ibnu)
Sukabumi19 September 2024, 20:42 WIB

Tepergok Curi Helm, Pria Cianjur Babak Belur Diamuk Massa di Dago Sukabumi

Berikut kronologi pria Cianjur nyaris tewas diamuk massa di Dago Sukabumi karena tepergok curi helm.
Tangkapan layar video viral pria babak belur diamuk massa karena tepergok curi helm di Dago Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih19 September 2024, 20:40 WIB

Panwaslu Sukaraja Sosialisasi Netralitas ASN, TNI/Polri dan Perangkat Desa di Pilkada Sukabumi

Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Sukaraja mengadakan kegiatan sosialisasi pengawasan netralitas ASN, TNI, Polri, Kepala Desa, dan perangkat desa dalam Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024.
Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan Sukaraja saat melakukan sosialisasi netralitas ASN, TNI/Polri dan Aparat Desa, Kamis (19/9/2024) | Foto : SU
Sukabumi Memilih19 September 2024, 20:19 WIB

Tak Ada Tanggapan Masuk, KPU Menuju Tahap Penetapan Paslon Pilbup Sukabumi 2024

Nihin tanggapan dan masukan dari masyarakat terkait 2 bapaslon Pilbup Sukabumi 2024. KPU bersiap menuju tahapan berikutnya.
Ketua Divisi Teknis dan Penyelenggara KPU Kabupaten Sukabumi, Abdullah Ahmad Mulya. (Sumber : SU/Ibnu)
Life19 September 2024, 20:00 WIB

Usir Muda Mudi yang Meresahkan, Kota di Finlandia Ini Putar Musik Klasik untuk Atasinya!

Kota di Finlandia ini punya cara unik mengusir pemuda yang selalu meresahkan di daerahnya.
Ilustrasi - Kota di Finlandia ini punya cara unik mengusir pemuda yang selalu meresahkan di daerahnya. (Sumber : Freepik.com).