11 Manfaat Rutin Lari Setiap Hari, Bantu Bakar Kalori untuk Turunkan Berat Badan

Selasa 09 Juli 2024, 09:30 WIB
Ilustrasi. Manfaat Lari untuk Kesehatan (Sumber : Freepik/@wayhomestudio)

Ilustrasi. Manfaat Lari untuk Kesehatan (Sumber : Freepik/@wayhomestudio)

SUKABUMIUPDATE.com - Lari adalah salah satu bentuk latihan kardiovaskular yang paling efektif dan dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan fisik dan mental.

Namun, jangan lupa selalu lakukan pemanasan sebelum mulai lari dan pendinginan setelah selesai untuk mencegah cedera.

Berikut sederet alasan mengapa Anda harus mulai berlari setiap hari, sebagaimana dilansir dari healthshots:

Manfaat Lari untuk Kesehatan

1. Membantu hidup lebih lama

Salah satu manfaat paling signifikan dari berlari setiap hari adalah potensinya untuk memperpanjang umur Anda.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of the American College of Cardiology menemukan bahwa berlari, bahkan selama 5-10 menit sehari dengan kecepatan lambat, dikaitkan dengan penurunan risiko kematian dini yang signifikan karena semua penyebab, termasuk penyakit kardiovaskular.

"Berlari dapat meningkatkan kesehatan jantung, dan menurunkan risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker tertentu, yang pada akhirnya berkontribusi pada hidup yang lebih panjang dan lebih sehat," kata pelatih kesehatan dan penurunan lemak Jashan Vij, dikutip dari HealthShots, Selasa (9/7/2024).

2. Membakar kalori

Berlari merupakan cara yang sangat baik untuk membakar kalori dan menjaga berat badan yang sehat. Berlari secara teratur dikaitkan dengan berat badan yang lebih rendah, lingkar pinggang yang lebih kecil, dan risiko obesitas yang lebih rendah, menurut temuan sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Physiological Anthropology.

Dengan melakukan aktivitas aerobik berintensitas tinggi ini, Anda dapat mengatur nafsu makan, mengurangi lemak perut, dan memfasilitasi penurunan berat badan. Selain itu, berlari meningkatkan laju metabolisme tubuh, yang berarti Anda terus membakar kalori bahkan saat sedang beristirahat.

Baca Juga: Bingung Jalan-jalan atau Di Rumah Aja? Ini 10 Ide Liburan Sekolah untuk Anak SD

3. Membantu mendapatkan vitamin D

Menghabiskan waktu di luar ruangan sambil berlari membuat Anda terpapar sinar matahari, yang merupakan sumber alami vitamin D. Vitamin D penting untuk menjaga tulang dan gigi tetap kuat, mengatur suasana hati, dan mendukung fungsi kekebalan tubuh.

Olahraga luar ruangan secara teratur, seperti berlari, joging , berjalan, dan bersepeda, dikaitkan dengan kadar vitamin D yang lebih tinggi, jelas sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Harvard TH Chan School of Public Health. Jumlah vitamin D yang cukup penting untuk menjaga tulang tetap kuat dan melindungi Anda dari osteoporosis.

4. Memperkuat tulang dan sendi

Berlawanan dengan anggapan yang salah bahwa lari merusak sendi, lari teratur justru dapat memperkuat tulang dan sendi seiring berjalannya waktu.

"Gerakan berulang saat berlari membantu meningkatkan kepadatan tulang dan mengurangi risiko osteoporosis," jelas Vij.

Lari jangka panjang dikaitkan dengan kepadatan mineral tulang yang lebih tinggi, terutama pada tulang-tulang yang menopang beban (seperti lutut, pergelangan kaki, dan pinggul) di tubuh bagian bawah, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Exercise Rehabilitation.

5. Meningkatkan kesehatan jantung

Lari merupakan latihan kardiovaskular yang ampuh untuk memperkuat otot jantung, melancarkan peredaran darah, dan menurunkan tekanan darah.

Menurut penelitian yang diterbitkan oleh American College of Cardiology, pelari rutin memiliki risiko kematian akibat semua penyebab sebesar 29 persen lebih rendah dan risiko kematian akibat penyakit jantung, seperti serangan jantung, sebesar 50 persen lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang tidak melakukan lari.

Dengan melakukan aktivitas aerobik seperti lari secara rutin, Anda dapat mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, dan gangguan kardiovaskular lainnya.

6. Meningkatkan suasana hati

Berlari merangsang produksi endorfin, neurotransmitter di otak yang meningkatkan perasaan bahagia.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Psychiatry menemukan bahwa berlari dapat meningkatkan suasana hati secara signifikan dan mengurangi gejala depresi. Selain itu, berlari mengurangi kadar hormon stres seperti kortisol dan adrenalin, membantu meredakan gejala kecemasan dan depresi serta meningkatkan kesehatan mental secara keseluruhan.

Baca Juga: 10 Cara Mengatasi Sulit Tidur di Malam Hari, Tak Hanya dari Kafein dan Relaksasi Ya!

7. Mengurangi masalah pernafasan

Latihan aerobik yang teratur, seperti berlari, memperkuat otot-otot pernapasan dan meningkatkan fungsi paru-paru.

“Dengan meningkatkan kapasitas dan efisiensi paru-paru, berlari membantu tubuh menyalurkan oksigen lebih efektif ke otot-otot, meningkatkan daya tahan dan kinerja,” menurut Vij.

Selain itu, berlari dapat membantu mengurangi risiko masalah pernapasan seperti asma dan penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) dengan meningkatkan kesehatan paru-paru dan efisiensi pernapasan.

8. Menjaga kesehatan mata

Meskipun berlari terutama bermanfaat bagi sistem kardiovaskular dan memperkuat otot, berlari juga dapat memberikan dampak positif pada kesehatan mata Anda. Olahraga teratur meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh, termasuk ke mata, yang dapat membantu mengurangi risiko masalah penglihatan terkait usia seperti degenerasi makula dan glaukoma.

Sebuah studi yang diterbitkan di Public Library of Science One menemukan bahwa tingkat aktivitas fisik yang lebih tinggi dikaitkan dengan risiko degenerasi makula terkait usia yang lebih rendah.

9. Meningkatkan kualitas tidur

Berlari secara teratur dapat meningkatkan kualitas dan durasi tidur Anda secara signifikan. Olahraga membantu mengatur jam internal tubuh, sehingga siklus tidur-bangun menjadi lebih konsisten.

Orang yang berolahraga secara teratur, termasuk pelari, mengalami kualitas tidur yang lebih baik dan cenderung tidak menderita insomnia, ungkap sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Advances in Preventive Medicine. Tak hanya itu, rutin berlari juga dapat mengurangi risiko insomnia.

10. Meningkatkan kekuatan otot

Lari adalah latihan seluruh tubuh yang melibatkan banyak kelompok otot secara bersamaan, termasuk kaki, inti tubuh, lengan, dan punggung.

Dengan berlari secara teratur, Anda dapat meningkatkan kekuatan otot, daya tahan, dan fleksibilitas di seluruh tubuh, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Cold Spring Harbor Perspectives in Medicine. Memiliki otot yang kuat berarti mengurangi risiko cedera dan meningkatkan aktivitas sehari-hari.

Baca Juga: 15 Makanan Sehat Terbaik untuk Penderita Penyakit Ginjal Menurut Ahli Diet

11. Membantu kekebalan tubuh

Olahraga teratur, termasuk lari, berperan penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh yang kuat. Aktivitas aerobik dengan intensitas sedang seperti lari merangsang produksi sel-sel kekebalan tubuh dan meningkatkan fungsinya, membantu tubuh Anda melawan infeksi dan penyakit dengan lebih efektif, demikian temuan sebuah studi yang diterbitkan oleh Clinical and Experimental Medicine.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi16 September 2024, 23:43 WIB

Kompor Ditinggal saat Memasak, Rumah Warga di Cicurug Sukabumi Hangus Terbakar

Berikut kronologi kebakaran rumah di Cicurug Sukabumi. Api diduga berasal dari kompor yang ditinggal saat memasak oleh penghuni.
Tim Damkar saat memadamkan api di rumah warga Cicurug Sukabumi yang terbakar. (Sumber : SU/Ibnu)
Sukabumi16 September 2024, 21:03 WIB

Pemotor di Palabuhanratu Sukabumi Kaget Disetop Polisi, Tahunya Dapat Helm Gratis

Para pengendara yang melintas di Palabuhanratu Sukabumi dibuat kaget karena disetop polisi. Ternyata diberi helm gratis dan Cokelat. Ini tujuannya
Kapolres Sukabumi AKBP Dr Samian bersama isteri saat memberikan helm gratis bagi pemotor di Palabuhanratu. (Sumber : SU/Ilyas)
Film16 September 2024, 21:00 WIB

Sinopsis Film Malam Keramat, Teror Mistis Mengerikan di Rumah Mewah

Malam Keramat akan menjadi film horor selanjutnya yang akan menghiasi layar lebar pada bulan ini. Film tersebut telah tayang di seluruh bioskop Indonesia pada Kamis, 12 September 2024.
Sinopsis Film Malam Keramat, Teror Mistis Mengerikan di Rumah Mewah (Sumber : Instagram/@helroadfilms)
Jawa Barat16 September 2024, 20:03 WIB

Polisi Ungkap Penyebab Kemacetan Parah di Puncak Bogor saat Libur Maulid Nabi

Berikut penyebab kemacetan parah di Puncak Bogor saat libur maulid nabi menurut kepolisian.
Puncak Bogor macet parah hingga kendaraan tak bisa bergerak sama sekali. (Sumber : X@Ari_is1to /@baisunn)
Entertainment16 September 2024, 20:00 WIB

Tidak Ikut Comeback dan Tur Konser, Jeonghan SEVENTEEN Mulai Wajib Militer September

Jeonghan SEVENTEEN secara resmi akan mulai menjalani wajib militer pada Kamis, 26 September 2024. Pengumuman tersebut diberitahukan langsung oleh agensinya, Pledis Entertainment.
Tidak Ikut Comeback dan Tur Konser, Jeonghan SEVENTEEN Mulai Wajib Militer September (Sumber : Instagram/@jeonghaniyoo_n)
Science16 September 2024, 19:15 WIB

Hanya 5% yang Baru di Eksplorasi, 7 Fakta Sains Menarik Tentang Lautan

Lautan masih menyimpan sejumlah misteri yang belum terpecahkan hingga saat ini.
Ilustrasi - Lautan masih menyimpan sejumlah misteri yang belum terpecahkan hingga saat ini. (Sumber : Pixabay.com/@TANK153).
Sukabumi16 September 2024, 19:07 WIB

Pelajar yang Terseret Ombak di Pantai Cipatuguran Sukabumi Belum Ditemukan

Tim SAR gabungan pakai aqua eye hingga drone dalam pencarian pelajar Sukabumi yang hilang terseret ombak di Pantai Cipatuguran.
Proses pencarian oleh tim SAR di tengah laut Pantai Cipatuguran Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Film16 September 2024, 19:00 WIB

Spin Off Hospital Playlist, Wise Resident Life Dipastikan Batal Tayang Tahun Ini

Drama korea Wise Resident Life yang merupakan spin-off dari drakor Hospital Playlist dipastikan tidak akan tayang tahun ini, karena permasalahan dunia medis yang terjadi di Korea Selatan saat ini.
Spin Off Hospital Playlist, Wise Resident Life Dipastikan Batal Tayang Tahun Ini (Sumber : Istimewa)
Entertainment16 September 2024, 18:30 WIB

Hoki! Unggahan Mutia Ayu di Instagram Diposting Ulang Oleh Bruno Mars

Pengalaman yang tidak akan pernah terlupakan dialami oleh Mutia Ayu yang beruntung ketika Bruno Mars tersenyum ke arahnya sampai postingan yang ia unggah dibagikan ulang oleh pelantun Versace on the Floor
Hoki! Unggahan Mutia Ayu di Instagram Diposting Ulang Oleh Bruno Mars (Sumber : Instagram/@mutia_ayu)
Life16 September 2024, 18:00 WIB

Padamnya Api Keabadian, 5 Peristiwa Luar Biasa Saat Kelahiran Nabi Muhammad SAW

Kelahiran Nabi Muhammad SAW diiringi dengan sejumlah peristiwa besar yang patut diketahui oleh Umat Muslim.
Ilustrasi - Kelahiran Nabi Muhammad SAW diiringi dengan sejumlah peristiwa besar yang patut diketahui oleh Umat Muslim. (Sumber : Freepik.com/Ist).