Apakah Kentang Bebas Gluten dan Aman untuk Makanan Diet? Simak Ulasannya!

Selasa 09 Juli 2024, 08:00 WIB
Ilustrasi. Ahli diet menyebutkan kentang tidak dilarang dalam diet bebas gluten. (Sumber : Freepik/@KamranAydinov)

Ilustrasi. Ahli diet menyebutkan kentang tidak dilarang dalam diet bebas gluten. (Sumber : Freepik/@KamranAydinov)

SUKABUMIUPDATE.com - Diet bebas gluten identik dengan sebagian besar makanan bertepung favorit yang tidak boleh dikonsumsi. Namun, karena kentang bukan biji-bijian, muncul pertanyaan apakah kentang termasuk dalam kategori mengandung gluten atau bebas gluten.

Simak artikel ini untuk mengetahui apa itu gluten, makanan apa saja yang mengandung gluten dan apakah kentang dan produk kentang (seperti keripik kentang dan produk kentang tumbuk) bebas gluten atau tidak, serta cara memasukkan kentang ke dalam diet bebas gluten yang sehat.

Tidak usah khawatir, artikel ini disadur langsung dari laman eatingwell.com Oleh Natalie Rizzo, MS, Dokter Spesialis dan telah diulas oleh Ahli Diet Jessica Ball. Yuk, simak!

Apa itu Gluten?

Gluten adalah sejenis protein yang ditemukan dalam gandum, gandum hitam, jelai, dan triticale (campuran antara gandum dan gandum hitam). Gluten membantu makanan mempertahankan bentuk dan strukturnya, dan memberi banyak adonan tekstur yang elastis.

Baca Juga: 10 Cara Mengatasi Sulit Tidur di Malam Hari, Tak Hanya dari Kafein dan Relaksasi Ya!

Untuk menentukan apakah suatu produk mengandung gluten, cari gandum, gandum hitam, jelai, atau triticale pada daftar bahan. Gandum sering kali terdapat dalam roti, pasta, makanan panggang, beberapa saus dan dressing, seitan, sereal, dan bahkan sup kalengan.

Gandum juga terdapat dalam banyak biji-bijian utuh, seperti biji gandum, semolina, spelt, farina, farro, Kamut, dan einkorn. Jelai umumnya ditemukan dalam bir, ragi bir, dan pewarna makanan. Gandum hitam terdapat dalam bir, roti, dan beberapa sereal. Triticale adalah biji-bijian yang lebih baru dan sering kali terdapat dalam roti, pasta, dan sereal.

Meskipun gluten telah menerima beberapa kritik negatif, tidak ada penelitian yang menunjukkan bahwa gluten berbahaya bagi kesehatan bagi mereka yang tidak memiliki intoleransi gluten.

Faktanya, mengonsumsi biji-bijian utuh yang mengandung gluten telah dikaitkan dengan risiko penyakit kardiovaskular yang lebih rendah. Namun, penyakit celiac adalah kondisi autoimun yang menyebabkan kerusakan pada usus halus setelah mengonsumsi gluten. Orang yang memiliki penyakit celiac perlu mengikuti diet bebas gluten.

Apakah Kentang Bebas Gluten?

Kentang adalah sayuran bertepung yang secara alami bebas gluten. Satu-satunya bahan dalam kentang adalah, ya, kentang itu sendiri.

Kentang dipetik dari tanah, dibersihkan, dan dijual dalam bentuk aslinya. Kentang tidak mengandung gandum, gandum hitam, jelai, atau triticale.

Baca Juga: 15 Makanan Sehat Terbaik untuk Penderita Penyakit Ginjal Menurut Ahli Diet

Beberapa makanan olahan yang mengandung kentang mungkin memiliki bahan lain yang mengandung gluten. Misalnya, jika kentang tumbuk kotak dikentalkan dengan tepung, maka kentang tersebut tidak bebas gluten.

Sebagian besar keripik kentang dibuat dengan kentang, minyak, dan garam dan juga bebas gluten. Beberapa produk kentang beku mungkin mengandung saus atau bumbu yang mengandung gluten.

Jika Anda tidak yakin apakah suatu produk kentang mengandung gluten atau tidak, periksa daftar bahan untuk gandum, gandum hitam, jelai, atau triticale. Jika bahan-bahan tersebut tidak ada, kemungkinan besar makanan tersebut bebas gluten.

Selain itu, kecuali dinyatakan pada kemasannya, banyak makanan olahan dibuat di tempat yang mungkin menyimpan produk lain yang mungkin mengandung gluten.

Bagi mereka yang menderita penyakit celiac, paparan gluten, bahkan dalam jumlah kecil, dapat berbahaya. Sebaiknya hindari makanan ini kecuali jika secara khusus diberi label bebas gluten.

Sumber: eatingwell.com

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi16 September 2024, 23:43 WIB

Kompor Ditinggal saat Memasak, Rumah Warga di Cicurug Sukabumi Hangus Terbakar

Berikut kronologi kebakaran rumah di Cicurug Sukabumi. Api diduga berasal dari kompor yang ditinggal saat memasak oleh penghuni.
Tim Damkar saat memadamkan api di rumah warga Cicurug Sukabumi yang terbakar. (Sumber : SU/Ibnu)
Sukabumi16 September 2024, 21:03 WIB

Pemotor di Palabuhanratu Sukabumi Kaget Disetop Polisi, Tahunya Dapat Helm Gratis

Para pengendara yang melintas di Palabuhanratu Sukabumi dibuat kaget karena disetop polisi. Ternyata diberi helm gratis dan Cokelat. Ini tujuannya
Kapolres Sukabumi AKBP Dr Samian bersama isteri saat memberikan helm gratis bagi pemotor di Palabuhanratu. (Sumber : SU/Ilyas)
Film16 September 2024, 21:00 WIB

Sinopsis Film Malam Keramat, Teror Mistis Mengerikan di Rumah Mewah

Malam Keramat akan menjadi film horor selanjutnya yang akan menghiasi layar lebar pada bulan ini. Film tersebut telah tayang di seluruh bioskop Indonesia pada Kamis, 12 September 2024.
Sinopsis Film Malam Keramat, Teror Mistis Mengerikan di Rumah Mewah (Sumber : Instagram/@helroadfilms)
Jawa Barat16 September 2024, 20:03 WIB

Polisi Ungkap Penyebab Kemacetan Parah di Puncak Bogor saat Libur Maulid Nabi

Berikut penyebab kemacetan parah di Puncak Bogor saat libur maulid nabi menurut kepolisian.
Puncak Bogor macet parah hingga kendaraan tak bisa bergerak sama sekali. (Sumber : X@Ari_is1to /@baisunn)
Entertainment16 September 2024, 20:00 WIB

Tidak Ikut Comeback dan Tur Konser, Jeonghan SEVENTEEN Mulai Wajib Militer September

Jeonghan SEVENTEEN secara resmi akan mulai menjalani wajib militer pada Kamis, 26 September 2024. Pengumuman tersebut diberitahukan langsung oleh agensinya, Pledis Entertainment.
Tidak Ikut Comeback dan Tur Konser, Jeonghan SEVENTEEN Mulai Wajib Militer September (Sumber : Instagram/@jeonghaniyoo_n)
Science16 September 2024, 19:15 WIB

Hanya 5% yang Baru di Eksplorasi, 7 Fakta Sains Menarik Tentang Lautan

Lautan masih menyimpan sejumlah misteri yang belum terpecahkan hingga saat ini.
Ilustrasi - Lautan masih menyimpan sejumlah misteri yang belum terpecahkan hingga saat ini. (Sumber : Pixabay.com/@TANK153).
Sukabumi16 September 2024, 19:07 WIB

Pelajar yang Terseret Ombak di Pantai Cipatuguran Sukabumi Belum Ditemukan

Tim SAR gabungan pakai aqua eye hingga drone dalam pencarian pelajar Sukabumi yang hilang terseret ombak di Pantai Cipatuguran.
Proses pencarian oleh tim SAR di tengah laut Pantai Cipatuguran Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Film16 September 2024, 19:00 WIB

Spin Off Hospital Playlist, Wise Resident Life Dipastikan Batal Tayang Tahun Ini

Drama korea Wise Resident Life yang merupakan spin-off dari drakor Hospital Playlist dipastikan tidak akan tayang tahun ini, karena permasalahan dunia medis yang terjadi di Korea Selatan saat ini.
Spin Off Hospital Playlist, Wise Resident Life Dipastikan Batal Tayang Tahun Ini (Sumber : Istimewa)
Entertainment16 September 2024, 18:30 WIB

Hoki! Unggahan Mutia Ayu di Instagram Diposting Ulang Oleh Bruno Mars

Pengalaman yang tidak akan pernah terlupakan dialami oleh Mutia Ayu yang beruntung ketika Bruno Mars tersenyum ke arahnya sampai postingan yang ia unggah dibagikan ulang oleh pelantun Versace on the Floor
Hoki! Unggahan Mutia Ayu di Instagram Diposting Ulang Oleh Bruno Mars (Sumber : Instagram/@mutia_ayu)
Life16 September 2024, 18:00 WIB

Padamnya Api Keabadian, 5 Peristiwa Luar Biasa Saat Kelahiran Nabi Muhammad SAW

Kelahiran Nabi Muhammad SAW diiringi dengan sejumlah peristiwa besar yang patut diketahui oleh Umat Muslim.
Ilustrasi - Kelahiran Nabi Muhammad SAW diiringi dengan sejumlah peristiwa besar yang patut diketahui oleh Umat Muslim. (Sumber : Freepik.com/Ist).