Buah Kedondong: 6 Manfaat Kesehatan untuk Tubuh Seperti Bisa Cegah Penuaan Dini!

Senin 08 Juli 2024, 09:00 WIB
Ilustrasi - Kedondong memiliki sejumlah manfaat kesehatan luar biasa untuk tubuh manusia. (Sumber : pixels.com/@ignartonosbg).

Ilustrasi - Kedondong memiliki sejumlah manfaat kesehatan luar biasa untuk tubuh manusia. (Sumber : pixels.com/@ignartonosbg).

SUKABUMIUPDATE.com - Buah kedondong (Spondias dulcis) adalah buah tropis yang banyak ditemukan di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Buah kedondong, juga disebut apel emas atau plum jew, adalah buah yang dapat dimakan baik yang matang maupun belum matang.

Karakteristik Buah Kedondong

  • Bentuk dan Warna: Buah kedondong berbentuk oval dengan kulit berwarna hijau ketika muda dan berubah menjadi kuning kehijauan saat matang. Daging buahnya keras dengan tekstur renyah, dan rasanya asam manis.
  • Biji: Di dalam buah kedondong terdapat biji yang keras dengan serat kasar yang menempel pada daging buah.

Kedondong mengandung banyak nutrisi penting yang berperan besar dalam kesehatan Anda secara keseluruhan. Mengonsumsinya telah dikaitkan dengan peningkatan kesehatan jantung, usus, mata, dan kulit serta menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat.

Bagaimana Cara Makan Buah Kedondong?

Kedondong adalah salah satu buah tropis yang paling serbaguna. Untuk memakannya secara utuh, cuci bersih semua kotorannya dan buang batang dan kulitnya. Anda dapat memakannya begitu saja atau membaginya menjadi potongan-potongan kecil.

Di Indonesia, buah kedondong memang sering dijadikan sebagai bahan rujak, baik rujak buah maupun rujak sayur. Rasanya yang asam segar dan teksturnya yang renyah memberikan sensasi unik dan menyegarkan pada hidangan rujak.

Karena buah ambarella lezat dan sangat bergizi, buah ini dapat dibuat jus atau selai, jeli, dan smoothie yang lezat. Sebagian orang suka memakan buah asam manis dengan sedikit bubuk cabai dan garam untuk mengurangi rasa pahit buah.

Fakta Nutrisi Buah Kedondong

  • 69,12 kkal energi
  • 0,45% protein
  • 16,65% karbohidrat
  • 3 mg zat besi
  • 22 gram fosfor
  • Serat makanan
  • 0,08% lemak
  • Natrium 3018 mg/Kg,
  • Kalium 344 mg/Kg
  • Kalsium 94,7 mg/Kg
  • Vitamin A
  • Vitamin B
  • Vitamin C

Manfaat Buah Kedondong untuk Kesehatan

Buah dan daun kedondong dikenal sebagai antioksidan alami. Buah dan daun kedondong juga mengandung zat antimikroba yang melindungi Anda dari infeksi, zat yang digunakan untuk mengobati trombosis, dan senyawa sitotoksik yang membunuh sel-sel berbahaya, termasuk sel kanker.

Berikut sederet manfaat kesehatan buah kedondong yang luar biasa dan jarang diketahui, dihimpun dari laman Webmd.

1. Mengatasi Masalah Pencernaan

Air dan serat yang terkandung dalam buah kedondong mencegah dehidrasi dan membersihkan usus sehingga meredakan gejala sembelit. Jika Anda memiliki tinja yang encer, serat dapat membantu memadatkan tinja Anda.

Serat berperan penting dalam kesehatan jantung karena menurunkan tekanan darah dan kolesterol. Serat juga dapat mengurangi resistensi insulin pada penderita diabetes. Selain itu, serat makanan meningkatkan kesehatan mental dengan mengurangi gejala depresi.

2. Pengobatan Radang

Daun kedondong juga digunakan untuk mengobati radang. Kulit dan daun pohon kedondong dapat digunakan untuk mengobati disentri, radang usus, dan sakit tenggorokan yang disebabkan oleh radang.

3. Meningkatkan Penglihatan

Karena kedondong kaya akan vitamin A, rebusan daunnya dapat digunakan untuk mengobati sakit mata. Vitamin A meningkatkan kesehatan retina dan sangat penting dalam pengobatan rabun senja .

4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kedondong atau Ambarella mengandung gula yang disimpan sebagai sukrosa. Sebagian besar atlet membutuhkan karbohidrat alami ini dalam makanan mereka untuk bertindak sebagai sumber bahan bakar cepat selama latihan ketahanan tubuh .

5. Mencegah Penuaan Dini

Kaya akan Vitamin C, buah kedondong berperan penting dalam mencegah tanda-tanda penuaan dini. Buah ini merupakan antioksidan alami yang mencegah penuaan dini yang disebabkan oleh faktor-faktor seperti radiasi matahari, polusi, dan merokok.

6. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Kalsium dan fosfor dalam buah kedondong menjaga kesehatan tulang dengan menyediakan jaringan keras untuk dukungan dan mobilitas. Kalsium memperkuat email gigi untuk mencegah kerusakan akibat mengunyah, menggiling, dan suhu ekstrem.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Inspirasi06 Oktober 2024, 10:20 WIB

Dukung Perekonomian dan Sektor Industri, PLN Sukabumi Energize PT Porto Food Indonesia

PLN UP3 Sukabumi Energize PT Porto Food Indonesia sebagai bentuk komitmen PLN selama 5 tahun kepemimpinan Erick Thohir sebagai Menteri BUMN.
PLN UP3 Sukabumi telah resmi memasok listrik dengan kapasitas daya sebesar 1.730.000 VA kepada PT Porto Food Indonesia. (Sumber : Istimewa)
Life06 Oktober 2024, 10:00 WIB

12 Tips Memelihara Anjing untuk Pemula, Jangan Takut Begini Langkahnya!

Memelihara anjing adalah pengalaman yang menyenangkan, namun juga membutuhkan tanggung jawab yang besar. Bagi pemula, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan agar anjing peliharaanmu tumbuh sehat dan bahagia.
Ilustrasi - Memelihara anjing memang menyenangkan, tapi bagi pemula ada beberapa tips yang perlu diperhatikan. (Sumber : Pixabay.com/@ZigmarsBerzins).
Sukabumi06 Oktober 2024, 09:52 WIB

Kecelakaan Maut di Jalur Lingsel Sukabumi, Pemotor Remaja Tewas Usai Tabrak Truk Parkir

Berikut kronologi kecelakaan maut di jalur Lingsel Sukabumi yang menewaskan pemotor remaja usai menabrak truk yang terparkir di bahu jalan.
Polisi saat olah TKP kecelakaan di Jalan Raya Lingkar Selatan, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Sabtu 5 Oktober 2024 malam. (Sumber Foto: Istimewa)
Inspirasi06 Oktober 2024, 09:00 WIB

Lowongan Kerja Sebagai Cook dengan Penempatan di Kota Sukabumi

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi lowongan kerja. Lowongan Kerja Sebagai Cook dengan Penempatan di Kota Sukabumi | (Sumber : Foto: Freepik.com)
Science06 Oktober 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 6 Oktober 2024, Cek Dulu Langit Sebelum Keluar Rumah

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan, berawan dan hujan ringan pada 6 Oktober 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan, berawan dan hujan ringan pada 6 Oktober 2024. (Sumber : Freepik.com/@fanjianhua)
Sukabumi05 Oktober 2024, 23:01 WIB

Yayasan Bhakti Iyos Somantri Bantu Korban Kebakaran Rumah di Ciracap Sukabumi

Sekretaris Yayasan Bakti Iyos Somantri, Fery Gustaman mengatakan sebagai bagian dari kepedulian terhadap korban bencana, Yayasan meyumbangkan bahan material berupa semen untuk membantu membangun kembali rumah mereka.
Sekretaris Yayasan Bakti Iyos Somantri, Fery Gustaman saat menyerahkan bantuan untuk korban kebakaran di Ciracap Kabupaten Sukabumi | Foto : Istimewa
Internasional05 Oktober 2024, 22:32 WIB

Dibom Tiap Hari, Kondisi Gaza Semakin Memburuk

Perang terus berlangsung, korban berjatuhan setiap hari di Jalur Gaza, Palestina, akibat serangan Israel. Hal tersebut seperti dilaporkan Dokter Lintas Batas atau Médecins Sans Frontières (MSF).
Gaza di Bom tiap hari oleh Israel | Foto : Capture youtube Aljazeera
Sukabumi05 Oktober 2024, 21:24 WIB

Tanah Longsor Tutup Aliran Sungai di Bojonggenteng Sukabumi, Pertanian Warga Terancam

Hujan deras yang mengguyur wilayah Sukabumi menyebabkan tanah longsor di Kampung Nangela RT 12/04, Desa Cipanengah, Kecamatan Bojonggenteng, Sabtu (5/10/2024) sekitar pukul 16.00 WIB.
Tanah longsor dan pepohonan tumbang menutup sungai Cipanengah di Bojonggenteng Sukabumi, Sabtu (5/10/2024) | Foto : Istimewa
Sukabumi05 Oktober 2024, 20:45 WIB

Rumahnya Tiba-tiba Ambruk, Ustadz di Tegalbuleud Sementara Tinggal di Mushola

Rumah permanen berukuran 12 x 6 meter milik Ustad Nasrudin (37 tahun) di Kampung Sukarata RT 01/04 Desa Sumberjaya, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, mengalami ambruk
Ambruk, rumah milik ustad Nasrudin di Tegalbuleud Sukabumi | Foto : Istimewa
Gadget05 Oktober 2024, 19:00 WIB

8 Cara Mengatasi HP Lemot, Dijamin Kembali Lancar

Mengatasi HP yang lemot bisa dilakukan dengan beberapa langkah perawatan dan optimalisasi.
Ilustrasi. Mengatasi HP yang lemot bisa dilakukan dengan beberapa langkah perawatan dan optimalisasi. (Sumber : Pixabay/JanVasek)