Diet Rendah Karbohidrat: Bisakah Bantu untuk Menurunkan Berat Badan?

Jumat 05 Juli 2024, 13:00 WIB
Ilustrasi - Diet rendah karbohidrat menjadi salah satu program diet yang sering digunakan untuk menurunkan berat badan. (Sumber : Freepik.com).

Ilustrasi - Diet rendah karbohidrat menjadi salah satu program diet yang sering digunakan untuk menurunkan berat badan. (Sumber : Freepik.com).

SUKABUMIUPDATE.com - Anda mungkin pernah mendengar tentang diet yang membatasi karbohidrat, atau biasa disebut diet karbo. Namun, apa sebenarnya diet ini, dan dapatkah diet ini membantu menurunkan berat badan?

Apa itu Diet Rendah Karbohidrat?

Diet rendah karbohidrat adalah diet yang membatasi jumlah karbohidrat yang di konsumsi, biasanya kurang dari 20-50 gram per hari. Jumlah ini jauh lebih rendah dari asupan karbohidrat harian yang direkomendasikan, yaitu sekitar 225-325 gram per hari untuk diet 2.000 kalori.

Apa yang Dimakan Saat Diet Rendah Karbohidrat?

Diet rendah karbohidrat biasanya berfokus pada makanan utuh, tidak diolah, dan rendah karbohidrat.

Makanan ini termasuk:

  • Daging (sapi, ayam, kambing, dll.)
  • Ikan dan makanan laut
  • Telur
  • Sayuran non tepung (sayuran berdaun hijau, brokoli, kembang kol, dll.)
  • Kacang dan biji-bijian
  • Lemak sehat (alpukat, minyak zaitun, minyak kelapa, dll.)

Makanan yang tinggi karbohidrat, seperti biji-bijian, sayuran bertepung, dan makanan manis, dibatasi atau dihindari pada diet rendah karbohidrat .

Lalu Bisakah Diet Rendah Karbohidrat Membantu Menurunkan Berat Badan?

Dihimpun dari laman mayoclinic dan diabesmart, jawaban adalah bisa, diet rendah karbohidrat dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Berikut caranya:

1. Mengurangi Asupan Kalori

Salah satu alasan utama mengapa orang menurunkan berat badan dengan diet rendah karbohidrat adalah karena diet ini secara alami mengurangi asupan kalori mereka. Dengan membatasi atau menghindari makanan tinggi karbohidrat, Anda juga mengurangi sumber kalori yang signifikan dari diet Anda.

Selain itu, protein dan lemak cenderung lebih mengenyangkan daripada karbohidrat, yang berarti keduanya membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Hal ini dapat menyebabkan pengurangan alami dalam asupan kalori tanpa merasa lapar atau kekurangan.

2. Peningkatan Pembakaran Lemak

Seperti yang disebutkan sebelumnya, diet rendah karbohidrat dapat menempatkan tubuh Anda dalam kondisi ketosis, yaitu saat tubuh membakar lemak untuk energi, bukan glukosa. Hal ini dapat menyebabkan peningkatan pembakaran lemak dan penurunan berat badan.

3. Mengurangi Berat Air

Bila Anda membatasi karbohidrat, tubuh Anda akan menggunakan glikogen yang tersimpan bersama air. Hal ini dapat menyebabkan penurunan berat badan awal yang signifikan, sebanyak 5-10 pon pada minggu pertama. Namun, penurunan berat badan ini sebagian besar adalah berat air dan bukan lemak.

4. Peningkatan Sensitivitas Insulin

Insulin adalah hormon yang mengatur kadar gula darah dan berperan penting dalam penyimpanan lemak. Saat Anda mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat, tubuh Anda memproduksi lebih banyak insulin, yang dapat menyebabkan peningkatan penyimpanan lemak.

Dengan membatasi asupan karbohidrat, Anda dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan berpotensi mengurangi penyimpanan lemak.

Potensi Kerugian dari Diet Rendah Karbohidrat

Meskipun diet rendah karbohidrat dapat menjadi cara yang efektif untuk menurunkan berat badan, diet ini mungkin tidak cocok untuk semua orang. Berikut ini beberapa kekurangan potensial yang perlu dipertimbangkan:

Kekurangan Nutrisi

Dengan membatasi atau menghindari kelompok makanan tertentu, seperti biji-bijian dan sayuran bertepung, Anda mungkin kehilangan nutrisi penting. Penting untuk memastikan bahwa Anda tetap mendapatkan berbagai nutrisi dari sumber lain, seperti sayuran non tepung, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Kesulitan Mempertahankan Jangka Panjang

Diet rendah karbohidrat bisa jadi sulit untuk dipertahankan dalam jangka panjang, terutama jika Anda terbiasa mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat. Diet ini mungkin memerlukan perubahan signifikan pada kebiasaan makan Anda dan bisa jadi sulit untuk dijalankan dalam situasi sosial atau saat makan di luar.

Efek Samping yang Mungkin Terjadi

Beberapa orang mungkin mengalami efek samping saat beralih ke diet rendah karbohidrat, seperti sakit kepala, kelelahan, dan sembelit. Efek samping ini biasanya bersifat sementara dan dapat diatasi dengan tetap terhidrasi dan memastikan Anda mendapatkan cukup elektrolit.

 

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat08 Juli 2024, 09:00 WIB

Buah Kedondong: 6 Manfaat Kesehatan untuk Tubuh Seperti Bisa Cegah Penuaan Dini!

Kedondong memiliki sejumlah manfaat kesehatan luar biasa untuk tubuh manusia.
Ilustrasi - Kedondong memiliki sejumlah manfaat kesehatan luar biasa untuk tubuh manusia. (Sumber : pixels.com/@ignartonosbg).
Sukabumi08 Juli 2024, 08:56 WIB

PLN Sukabumi Beri Bantuan Rutilahu, Perbaiki Rumah Warga Agar Layak Huni

Program bantuan Rutilahu ini mencakup renovasi total rumah yang dianggap tidak layak huni.
PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Sukabumi melalui Yayasan Baitul Maal (YBM) Sukabumi memberikan bantuan renovasi Rutilahu kepada masyarakat Kabupaten Sukabumi. | Foto: PLN
Sehat08 Juli 2024, 08:30 WIB

3 Masalah Sensitif Akibat Obesitas, BB Berlebihan Bisa Pengaruhi Kesuburan!

Berat badan berlebih dan obesitas meningkatkan risiko timbulnya masalah kesehatan yang dapat memengaruhi kehamilan dan kesehatan bayi.
Ilustrasi. Masalah Sensitif Akibat Obesitas, BB Berlebihan Bisa Pengaruhi Kehamilan! (Sumber : Freepik)
Life08 Juli 2024, 08:00 WIB

10 Ciri Anak Memiliki Emosional yang Sehat, Sikapnya Lebih Menyenangkan!

Kesehatan emosional yang baik pada anak adalah hasil dari kombinasi lingkungan yang mendukung, pengasuhan yang penuh kasih sayang, serta dukungan dari keluarga dan komunitas.
Ilustrasi. Anak dengan kesehatan emosional yang baik. (Sumber : Freepik/@freepik)
Sehat08 Juli 2024, 07:00 WIB

10 Workout Simpel di Rumah untuk Mengecilkan Perut, Lemak Luntur!

Dengan konsistensi dan dedikasi, latihan-latihan workout simpel di rumah ini dapat membantu mengecilkan perut dan meningkatkan kebugaran secara keseluruhan.
Ilustrasi. Contoh Workout Simpel di Rumah untuk Mengecilkan Perut, Lemak Luntur! (Sumber : Freepik/@freepik)
Food & Travel08 Juli 2024, 06:00 WIB

Resep Sup Sayuran Penurun Berat Badan, Rendah Kalori Bikin Kenyang Lebih Lama!

Sup sayur dikenal sebagai makanan sehat karena kaya akan serat, vitamin, dan mineral, serta rendah kalori.
Ilustrasi. Resep Sup Sayuran Penurun Berat Badan, Bikin Kenyang Lebih Lama Hanya 225 Kalori/Porsi! (Sumber : Freepik/@freepik)
Science08 Juli 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 8 Juli 2024, Waspada Hujan di Awal Pekan

Prediksi cuaca hari ini 8 Juli 2024 wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi, Cianjur, Bogor, Bandung dan sekitarnya.
Ilustrasi - Prediksi cuaca hari ini 8 Juli 2024 wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi, Cianjur, Bogor, Bandung  dan sekitarnya. (Sumber : Freepik.com/@pvproductions)
Sukabumi07 Juli 2024, 21:24 WIB

Identitas Korban dan Kronologi Balap Motor Berujung Maut di Pantai Palangpang Sukabumi

Polisi mengungkap identitas korban dan kronologi kecelakaan dalam aksi balap motor di trek pesisir Pantai Palangpang Sukabumi, Minggu (7/7/2024).
Tangkapan layar video balap motor di trek pesisir Pantai Palangpang Sukabumi Sabtu (6/7/2024). (Sumber : Istimewa)
Life07 Juli 2024, 21:00 WIB

10 Tips Membesarkan Anak dengan Penuh Kasih Sayang, Jangan Bosan Beri Dukungan!

Perhatikan kesehatan mental anak dan ajarkan cara-cara untuk mengatasi stres dan kecemasan agar anak tumbuh bahagia.
Ilustrasi. Keluarga Bahagia. Tips Membesarkan Anak dengan Penuh Kasih Sayang, Salah Satunya Jangan Bosan Beri Dukungan Ya! (Sumber : Freepik/@our-team)
Film07 Juli 2024, 20:00 WIB

5 Anime Dark Comedy Terbaik, Humor Gelap yang Siap Menghibur Anda

Anime dark comedy sering memiliki karakter yang eksentrik atau aneh yang berperilaku dengan cara yang tidak terduga.
Aniem Zom - Anime dark comedy sering memiliki karakter yang eksentrik atau aneh yang berperilaku dengan cara yang tidak terduga. (Sumber : crunchyroll.com).