Bagaimana Obesitas Mempengaruhi Diabetes? Simak Penjelasan Menurut Ahli Kesehatan

Kamis 04 Juli 2024, 17:45 WIB
Ilustrasi Penjelasan ahli tentang kaitan obesitas dan diabetes (Sumber : Freepik.com/@studioredcup)

Ilustrasi Penjelasan ahli tentang kaitan obesitas dan diabetes (Sumber : Freepik.com/@studioredcup)

SUKABUMIUPDATE.com - Tak bisa dipungkiri bahwa pola makan sangat berpengaruh terhadap berat badan. Selain itu, berat badan berlebih hingga obesitas juga sangat berpengaruh terhadap risiko diabetes.

Mungkin Anda pernah mendengar tentang obesitas dan diabetes yang berkesinambungan serta saling mempengaruhi. Karena faktanya, keduanya berkaitan dengan gaya hidup dan pola makan sehari-hari.

Mengutip dari laman Clevel and Clinic, mengalami obesitas dan diabetes tipe 2 secara bersamaan sangat mungkin, sebab kedua kondisi yang saling berkaitan ini sangat meningkatkan risiko penyakit jantung, yaitu penyebab kematian terbanyak di berbagai negara di dunia.

"Sebagian orang tidak memahami pentingnya mengambil langkah-langkah untuk mengelolanya karena mereka merasa sehat saat didiagnosis. Namun, itu adalah kesalahan besar," kata ahli kesehatan, Dr. Waddadar.

Baca Juga: 10 Ciri Pasangan Sudah Tidak Bahagia Meski Saling Mencintai

Anda dapat mencegah, mengendalikan, dan bahkan membalikkannya. Dr. Waddadar berbagi lebih banyak tentang bagaimana obesitas menyebabkan dan memperburuk diabetes.

Bagaimana Obesitas Mempengaruhi Diabetes Menurut Ahli Kesehatan

Kondisi seperti obesitas membuat Anda lebih mungkin terkena diabetes, yaitu kondisi ketika kadar gula dalam aliran darah terlalu tinggi. Karena obesitas juga bisa memperburuk diabetes lebih cepat.

Mengelola kadar glukosa dalam darah merupakan tugas pankreas. Pankreas menghasilkan insulin, yaitu hormon yang mengeluarkan glukosa dari darah.

Biasanya, insulin mengangkut glukosa ke otot untuk segera digunakan sebagai energi atau ke hati, tempat glukosa disimpan agar bisa digunakan nanti. Namun, saat Anda menderita diabetes, sel-sel Anda menolak insulin untuk memindahkan glukosa ke dalamnya.

Lebih buruknya lagi, area hati tempat kelebihan glukosa biasanya disimpan dipenuhi lemak. Ini seperti mencoba menaruh furnitur di ruangan yang sudah penuh sesak. "Tidak ada ruang untuk hal lain," jelas Dr. Waddadar.

Baca Juga: 7 Cara Membangun Kepercayaan Diri Anak yang Pemalu, Yuk Bunda Lakukan!

Karena tidak ada tempat untuk menyimpan, glukosa tetap berada di dalam aliran darah. “Jadi pankreas Anda menciptakan lebih banyak insulin untuk menyelesaikan tugas mengeluarkan glukosa dari darah,” kata Dr. Waddadar.

Pankreas mencoba melawan resistensi yang diciptakan oleh lemak. Pankreas Anda menjadi terlalu banyak bekerja, dan akibatnya, pankreas menjadi lelah. Pankreas mulai memproduksi lebih sedikit insulin. Diabetes berkembang dan kemudian dengan cepat memburuk jika resistensi lemak tetap ada," sambungnya.

Jika Anda mengalami obesitas, Anda memiliki kemungkinan enam kali lebih besar untuk terkena diabetes tipe 2 dibandingkan mereka yang memiliki berat badan sehat. Namun, tidak semua orang yang mengalami obesitas secara otomatis terkena diabetes.

Baca Juga: 4 Tips Mengelola Perilaku Anak yang Suka Menentang dan Sulit Diatur

Untuk menangani kondisi ini, sudah pasti merubah gaya hidup dan memperhatikan pola makan yang benar adalah hal yang perlu dilakukan. Rubahlah kebiasaan dan isi piring Anda secara teratur dan lebih sehat.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Inspirasi08 September 2024, 09:00 WIB

Loker Marketing Manager di Jakarta Timur, Syarat: Mahir Ms. Office

Loker Marketing Manager di Jakarta Timur. Rekrutmen Pegawai Tetap masih dibuka hingga 5 November 2024 mendatang.
Loker Marketing Manager di Jakarta Timur, Syarat: Mahir Ms. Office (Sumber : Istimewa)
Food & Travel08 September 2024, 07:00 WIB

Resep Sup Durian Keju Mozzarella, Hidangan Pencuci Mulut yang Lezat!

Sup Durian Keju Mozzarella adalah perpaduan unik antara manisnya durian dan kelezatan keju, menciptakan hidangan penutup yang creamy dan meleleh di mulut.
Ilustrasi - Taman durian Hauma Ni Opung atau Hauma Ni Opung Farm and Plantation merupakan destinasi wisata yang harus dikunjungi oleh para penggemar buah durian (Sumber : iStock)
Science08 September 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 8 September 2024, Sukabumi Pagi Cerah Berawan dan Siang Potensi Hujan

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan pada 8 September 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan pada 8 September 2024. (Sumber : Freepik.com/@fanjianhua)
DPRD Kab. Sukabumi07 September 2024, 22:57 WIB

Sekretariat DPRD Sosialisasikan Peran Dewan Kepada Masyarakat di Sukabumi Expo 2024

Sekretariat DPRD menyuguhkan konsep yang berbeda pada pameran pembangunan di Sukabumi Expo tahun ini.
Stand Sekretariat DPRD Kabupaten Sukabumi di Sukabumi Expo 2024. (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi07 September 2024, 22:21 WIB

Niat Jemput Istri, Cerita di Balik Kecelakaan Maut Warga Sukabumi Akibat Motor Tersangkut Kabel

Berikut cerita di balik kecelakaan maut yang menimpa ayah anak di Cicurug Sukabumi akibat motor tersangkut kabel di Jalan Raya Sukabumi-Bogor.
Kecelakaan maut di jalan raya Sukabumi-Bogor, seorang anak tewas terlindas truk usai motor yang ditumpanginya terjatuh akibat tersangkut kabel internet. (Sumber : Istimewa)
Kecantikan07 September 2024, 21:00 WIB

5 Manfaat Masker Mentimun untuk Mengurangi Kantung Mata

Masker mentimun efektif untuk mengurangi kantung mata karena sifatnya yang menghidrasi, menenangkan, dan mendinginkan.
Ilustrasi. Menggunakan masker. Efek pendingin alami mentimun juga dapat membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan di area sekitar mata. (Sumber : Freepik/freepik)
Keuangan07 September 2024, 20:58 WIB

Perumda BPR Hadir di Sukabumi Expo 2024, Tawarkan Beragam Produk Tabungan dan Kredit

Tawarkan Beragam Produk Tabungan dan Kredit, Stand BPR Sukabumi disambut antusias pengunjung Sukabumi Expo 2024.
Stand Perumda BPR Sukabumi di Sukabumi Expo 2024, Lapang Canghegar Palabuhanratu. (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi07 September 2024, 20:34 WIB

Perahu Terbalik Dihantam Badai, Nelayan Sukabumi Selamatkan Diri dengan Berenang ke Tepian

Berikut kronologi perahu nelayan Sukabumi terbalik dihantam ombak dan angin kencang di perairan Tegalbuleud Sukabumi.
Kondisi perahu nelayan yang sempat terbaik dihantam badai di perairan Tegalbuleud Sukabumi dievakuasi usai mendarat di tepian. (Sumber Foto: Istimewa)
Life07 September 2024, 20:00 WIB

Sleep Training Hacks: 9 Cara Agar Anak Cepat Tidur di Malam Hari

Sleep Training Hacks: Ciptakan rutinitas yang menenangkan sebelum tidur. Aktivitas seperti membaca buku, mendengarkan cerita, mandi air hangat, atau bermain dengan mainan lembut bisa membuat anak rileks sebelum tidur.
Ilustrasi. Cara Agar Anak Cepat Tidur di Malam Hari, Parenting Hacks untuk Ayah Bunda! (Sumber : Freepik/pvproductions)
Sukabumi07 September 2024, 19:35 WIB

Kabel Menjuntai Picu Kecelakaan Maut di Sukabumi, Saksi sebut Akibat Tersangkut Truk Kontainer

Saksi ungkap penyebab kabel menjuntai di Jalan Raya Sukabumi-Bogor yang picu kecelakaan maut, anak tewas terlindas truk.
Polisi saat olah TKP kecelakaan maut di Jalan Raya Sukabumi-Bogor tepatnya di Cicurug Sukabumi. Serang anak tewas terlindas truk usai motor yang diboncengnya terjatuh akibat tersangkut kabel. (Sumber : Istimewa)