Diet Sesuai Golongan Darah, Inilah Makanan yang Direkomendasikan Ahli

Kamis 04 Juli 2024, 15:45 WIB
Ilustrasi Inilah makanan rekomendasi dari ahli untuk diet sesuai golongan darah (Sumber : Freepik.com/@rawpixel.com)

Ilustrasi Inilah makanan rekomendasi dari ahli untuk diet sesuai golongan darah (Sumber : Freepik.com/@rawpixel.com)

SUKABUMIUPDATE.com - Apakah Anda pernah mendengar ungkapan bahwa golongan darah mempunyai pengaruh terhadap metode diet bahkan makanan saat diet menurunkan berat badan?

Jika iya, maka ungkapan itu tidak sepenuhnya salah dan tidak sepenuhnya benar. Sebab, golongan darah memang berpengaruh terhadap gen bawaan pada tubuh kita. Tetapi, apakah berpengaruh juga terhadap proses diet menurunkan berat badan?

Mengutip dari laman Clevel and Clinic, meskipun orang-orang masih mengikuti diet golongan darah saat ini, tidak ada bukti ilmiah yang mendukung diet tersebut dan para ahli telah mengkritik konsepnya, menurut ahli diet terdaftar Devon Peart.

Baca Juga: 7 Cara Membangun Kepercayaan Diri Anak yang Pemalu, Yuk Bunda Lakukan!

Peart menjelaskan bahwa ide dasar dari diet golongan darah adalah bahwa respons fisiologis tubuh terhadap makanan terkait dengan golongan darah seseorang. Oleh karena itu, ia menyarankan mengonsumsi makanan yang umum dikonsumsi pada masa ketika golongan darah berevolusi.

Lantas, makanan mana yang direkomendasikan oleh ahli untuk masing-masing golongan darah? Berikut dikutip dari laman yang sama.

Makanan Diet Golongan Darah O

Menurut penelitian, golongan darah O merupakan golongan darah tertua, yang berasal dari manusia Cro-Magnon, sekitar 40.000 SM. Ini terjadi selama periode pemburu-pengumpul. Akibatnya, orang dengan golongan darah O akan mengonsumsi makanan rendah karbohidrat dan tinggi protein.

Baca Juga: 10 Ciri Pasangan Sudah Tidak Bahagia Meski Saling Mencintai

Makanan Diet Golongan Darah A

Golongan darah A adalah golongan darah berikutnya yang berkembang sekitar 25.000 SM, menurut pola makan. Dan ini terjadi ketika orang-orang mulai bercocok tanam. Peneliti mengusulkan bahwa mengonsumsi makanan nabati adalah yang terbaik untuk golongan darah ini.

Makanan Diet Golongan Darah B

Golongan darah B berkembang pada populasi nomaden yang berfokus pada penggembalaan hewan, sekitar 15.000 tahun sebelum Masehi. Daging dan produk susu mendominasi makanan mereka, menurut peneliti diet golongan darah, Dr. D'Adamo.

Makanan Diet Golongan Darah AB

Golongan darah yang langka, kata Dr. D'Adamo, yaitu AB, berkembang kurang dari 1.000 tahun yang lalu. Golongan darah ini merupakan campuran golongan darah A dan B dan muncul ketika kedua populasi yaitu petani dan pengembala bercampur. Rekomendasi makanan diet Dr. D'Adamo untuk golongan darah AB meliputi kalkun, tahu, makanan laut, dan sayuran.

Seperti banyak diet trendi lainnya (seperti keto dan pegan), diet golongan darah memiliki penggemar dan kritikusnya sendiri. Jika Anda ingin mencoba diet ini dan bergolongan darah A, AB atau O, tidak ada salahnya untuk mencobanya.

Baca Juga: 4 Tips Mengelola Perilaku Anak yang Suka Menentang dan Sulit Diatur

Karena daftar makanan tersebut sehat, apa pun golongan darah Anda. Namun ahli tidak merekomendasikan diet golongan darah B, yang lebih tinggi lemak jenuhnya, karena dikaitkan dengan risiko penyakit jantung.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Life07 Juli 2024, 07:00 WIB

30 Ucapan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah yang Penuh Doa dan Harapan

Tahun Baru Islam adalah momen untuk memulai lembaran baru dan penuh dengan harapan baru.
Ilustrasi - Tahun Baru Islam adalah momen untuk memulai lembaran baru dan penuh dengan harapan baru. (Sumber : Freepik)
Science07 Juli 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 7 Juli 2024, Minggu Pagi Cerah Berawan di Semua Wilayah

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan di pagi hari pada Minggu 7 Juli 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan di pagi hari pada Minggu 7 Juli 2024. (Sumber : Pixabay.com)
Sukabumi06 Juli 2024, 21:03 WIB

Pawai Obor dan Tablig Akbar, Gebyar Tahun Baru Islam 1446 H di Desa Rambay Sukabumi

Warga dari enam kedusunan di Desa Rambay, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, memperingati 1 Muharam 1446 H
Gebyar 1 Muharam 1446 H di Desa Rambay Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Film06 Juli 2024, 21:00 WIB

Jimin dan Jungkook BTS akan Membintangi Acara Perjalanan Are You Sure

Dua member BTS yaitu Jimin dan Jungkook mengejutkan penggemar dengan merilis sebuah acara perjalanan bernama Are You Sure?!, yang akan tayang di Disney+ pada 8 Agustus 2024 mendatang.
Keliling Dunia, Jimin dan Jungkook BTS akan Membintangi Acara Perjalanan Are You Sure (Sumber : Instagram @/disneyplushotstarid)
Sukabumi06 Juli 2024, 20:53 WIB

Ribuan Warga Pawai Obor Rayakan Tahun Baru Islam 1446 H di Sagaranten Sukabumi

alam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 H, berbagai lapisan masyarakat dari 12 desa di Kecamatan Sagaranten, Kabupaten Sukabumi
Pawai obor meriahkan malam tahun baru Islam 1446 H di Sagaranten Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi Memilih06 Juli 2024, 20:29 WIB

Pelaku UMKM dan Pengusaha Jasa Konstruksi Sukabumi Dukung Iyos Somantri di Pilkada

Puluhan pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) serta pengusaha jasa di Kabupaten Sukabumi menyatakan dukungannya kepada Iyos Somantri sebagai bakal calon Bupati Sukabumi.
Pengusaha dukung Iyos Somantri di Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024 | Foto : Istimewa
Film06 Juli 2024, 20:00 WIB

5 Rekomendasi Anime Sci-Fi yang Seru dan Layak Ditonton Kembali

Anime Sci-Fi, atau singkatan dari Science Fiction, adalah genre anime yang mengangkat cerita-cerita fiksi ilmiah dengan berbagai macam tema dan subgenre.
Gintama -  Anime Sci-Fi, atau singkatan dari Science Fiction, adalah genre anime yang mengangkat cerita-cerita fiksi ilmiah dengan berbagai macam tema dan subgenre. (Sumber : crunchyroll.com).
Sukabumi Memilih06 Juli 2024, 19:26 WIB

Muraz-Andri Deklarasi Awal Agustus 2024, Koalisi Demokrat Golkar di Pilkada Kota Sukabumi

Pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi, Mohamad Muraz dan Andri Setiawan Hamami, dikabarkan akan mengadakan deklarasi pasangan calon pada awal Agustus 2024
Pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi, Mohamad Muraz dan Andri Setiawan Hamami | Foto : Istimewa
Entertainment06 Juli 2024, 19:00 WIB

Ada D.O EXO, Daftar Idol Kpop dan Aktor Korea yang Ke Indonesia Bulan Juli

Memasuki bulan Juli tentu saja disambut dengan sederet konser dan fanmeeting dari Idol Kpop maupun aktor atau aktris ternama dari Korea Selatan. Promotor Indonesia telah mengumumkan siapa saja yang akan datang kemari di bulan ini
Ada D.O EXO, Daftar Idol Kpop dan Aktor Korea yang Ke Indonesia Bulan Juli (Sumber : Instagram@/bohyunahn, @/d.o.hkyungsoo,@/xodiacofficial)
Sukabumi06 Juli 2024, 18:19 WIB

Goa Gelam Cidolog Sukabumi, Wisata Alam Bebatuan Unik yang Sarat Cerita

Goa Gelam, terletak di Kampung Cimapag, Desa Cikarang, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi, menawarkan keindahan dan keunikan bebatuan alam yang tak biasa
Goa Gelam, terletak di Kampung Karangbentang, Desa Cikarang, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang