Makan Enak dengan 11 Karbohidrat Sehat untuk Penderita Diabetes: Gula Darah Stabil

Rabu 03 Juli 2024, 20:30 WIB
Iustrasi - Tidak semua karbohidrat buruk bagi penderita diabetes. Ada beberapa pilihan karbohidrat terbaik yang direkomendasikan oleh ahli diet. (Sumber : Freepik/@topntp26)

Iustrasi - Tidak semua karbohidrat buruk bagi penderita diabetes. Ada beberapa pilihan karbohidrat terbaik yang direkomendasikan oleh ahli diet. (Sumber : Freepik/@topntp26)

SUKABUMIUPDATE.com - Penderita diabetes seringkali kesulitan mengatur pola makannya, terutama asupan karbohidrat. Karbohidrat secara langsung memang mempengaruhi gula darah, sehingga penting bagi penderita diabetes untuk mengatur asupannya dengan cermat.

Menghindari atau membatasi karbohidrat juga bukanlah pendekatan yang ideal atau sehat bagi penderita diabetes. Karbohidrat adalah salah satu dari tiga makronutrien terpenting yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga energi, fungsi otak, dan kesehatan secara keseluruhan.

Pendekatan yang lebih efektif adalah dengan mengelola dan memilih jenis karbohidrat yang tepat serta memperhatikan porsi dan frekuensinya. Dengan cara ini, pasien dapat mengontrol gula darahnya dengan lebih efektif.

Berikut adalah rekomendasi karbohidrat sehat yang aman untuk penderita gula darah atau diabetes, dihimpun dari laman verywellhealth.

1. Ubi Jalar

Ubi jalar adalah pilihan yang lebih sehat. Nilai gizinya lebih banyak dan dicerna secara bertahap, sehingga terbukti cocok untuk penderita diabetes. Makanlah dengan cara direbus, dipanggang, atau dipanggang untuk kontrol kalori yang lebih baik.

2. Gandum

Mengonsumsi oat untuk sarapan bisa menjadi kebiasaan paling sehat yang bisa Anda lakukan. Daripada memilih versi yang lebih manis, pilihlah resep yang gurih. Tambahkan sayuran pilihan Anda.

Oat adalah karbohidrat kompleks, sehingga memberikan nutrisi tanpa mengurangi kadar gula darah. Selain itu, mereka adalah satu-satunya sereal yang kaya akan protein dan karbohidrat.

3. Gandum Utuh

Biji-bijian utuh membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna dan melepaskan energinya secara perlahan. Hal ini menyebabkan lonjakan gula darah secara bertahap. Pilih roti gandum utuh, pasta, oat, barley, dan quinoa untuk hasil terbaik.

4. Beras Merah

Beras merah utuh adalah pilihan makanan yang lebih baik daripada nasi putih, yang merupakan jenis nasi olahan. Ia memiliki lebih banyak serat dan lebih banyak nutrisi utuh di kernelnya.

5. Apel dan Pir

Kedua buah ini memiliki kandungan serat yang tinggi dan rendah gula. Minumlah dalam keadaan segar dan bukan dalam bentuk jus karena minuman ini tidak mengandung serat.

6. Yoghurt

Kaya akan probiotik, kalsium, dan protein, yoghurt mudah dicerna dan memiliki jumlah karbohidrat yang sangat sedikit. Ini meningkatkan kekebalan dan membantu memperkuat tulang.

7. Lentil

Kacang-kacangan dan kacang-kacangan kaya akan protein dan serat. Ditambah lagi mereka menyediakan Kalium, mineral yang dibutuhkan untuk mengontrol tekanan darah secara efisien.

Kebanyakan penderita diabetes menderita tekanan darah tinggi, dan kacang lentil adalah cara terbaik untuk mengendalikannya melalui pola makan.

8. Sayuran Labu

Labu, butternut squash, dan varietas lainnya adalah beberapa sayuran terbaik untuk penderita diabetes. Mereka kaya akan serat dan nutrisi penting seperti beta-karoten yang diubah tubuh menjadi vitamin A yang berkontribusi pada kesehatan penglihatan dan kulit, vitamin C- yang meningkatkan kekebalan tubuh, dan mangan.

9. Quinoa

Quinoa adalah karbohidrat bebas gluten populer yang tersedia dalam varietas putih, merah, dan hitam. Ini juga merupakan protein lengkap dan sumber potasium yang baik. Banyak makanan yang dibuat dengan quinoa termasuk sereal, pasta, dan biskuit dan sering kali juga dijadikan bahan dasar salad.

Quinoa bisa disajikan panas atau dingin. Pastikan untuk membilasnya dengan baik sebelum dimasak, karena quinoa tumbuh dengan lapisan yang pahit.

10. Buah beri

Buah beri kaya akan vitamin dan mineral penting dan rendah gula. Mereka kaya akan fenol, antosianin, dan flavonoid yang membantu meningkatkan kekebalan. Mereka mengurangi peradangan, faktor penting yang berkontribusi terhadap kerentanan terhadap diabetes. Mereka juga anti kanker.

11. Produk susu

Jangan melewatkan susu dan keju hanya karena Anda menderita gula darah atau diabetes. Keduanya merupakan makanan kaya nutrisi namun rendah kandungan karbohidrat.

Menjadi pengidap diabetes bukan berarti harus mengorbankan karbohidrat. Anda harus membuat pilihan yang lebih cerdas dan melakukan kontrol porsi untuk menjaga gula darah tetap terkendali dan mengonsumsi karbohidrat yang tepat untuk diabetes.

 

 

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi06 Juli 2024, 18:19 WIB

Goa Gelam Cidolog Sukabumi, Wisata Alam Bebatuan Unik yang Sarat Cerita

Goa Gelam, terletak di Kampung Karangbentang, Desa Cikarang, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi, menawarkan keindahan dan keunikan bebatuan alam yang tak biasa
Goa Gelam, terletak di Kampung Karangbentang, Desa Cikarang, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Life06 Juli 2024, 18:00 WIB

Doa Akhir dan Awal Tahun Baru Islam 1446 H, Jangan Lupa Baca!

Doa akhir dan awal tahun baru Islam ini dapat diamalkan dengan tujuan memohon rahmat, perlindungan dan ampunan dari Allah SWT.
Doa akhir dan awal tahun baru Islam ini dapat diamalkan dengan tujuan memohon rahmat, perlindungan dan ampunan dari Allah SWT. | Foto : Pixabay
Musik06 Juli 2024, 17:00 WIB

Lirik Terjemahan Lagu La La La Thats How It Goes Honne, Viral Jadi Backsound

Lagu La La La Thats How It Goes viral di TikTok terutama potongan lirik "La la la, la la la la la, Ooh, ooh, That's how it goes" yang dijadikan backsound video di aplikasi media sosial Instagram.
Ilustrasi. Gitar | Chord Gitar Before You Go Lewis Capaldi, Cover Lagu Galau Malam Minggu (Sumber : pixabay.com/@pvproductions)
Sukabumi06 Juli 2024, 16:09 WIB

Ojek di Parungkuda Sukabumi Ditipu, Anak Korban: Motor Itu Modal Nafkah Keluarga

Motor bebek supra x yang menjadi satu-satunya alat mencari nafkah keluarga hilang, ditipu oleh pelaku curanmor modus minta tolong.
Ilustrasi, Motor milik ojek di Parungkuda Sukabumi hilang ditipu pelaku curanmor (Sumber: istimewa)
Life06 Juli 2024, 16:00 WIB

12 Tips Menghangatkan Hubungan Bersama Pasangan yang Sudah Menikah Belasan Tahun

Luangkan waktu untuk berbicara secara terbuka dan jujur satu sama lain untuk meraih kebahagiaan bersama pasangan.
Ilustrasi. Tips Menghangatkan Hubungan Bersama Pasangan yang Sudah Menikah Belasan Tahun (Sumber : Pexels/JCarter)
Food & Travel06 Juli 2024, 15:22 WIB

Sisi Gelap Wisata di Geopark Ciletuh Sukabumi yang Katanya Tercipta Saat Tuhan Tersenyum

Geopark Ciletuh, sering digambarkan sebagai salah satu mahakarya alam Sukabumi yang "tercipta saat Tuhan tersenyum,".
Sisi gelap obyek wisata di kawasan geopark ciletuh Sukabumi | Foto : Istimewa
Aplikasi06 Juli 2024, 15:00 WIB

30 Link Twibbon Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 H, Cocok Dibagikan di Media Sosial

Penggunaan Twibbon Tahun Baru Islam dapat meningkatkan kesadaran masyarakat, terutama di media sosial, tentang momen penting bagi umat Islam ini.
Penggunaan Twibbon Tahun Baru Islam dapat meningkatkan kesadaran masyarakat, terutama di media sosial, tentang momen penting bagi umat Islam ini. (Sumber : twibbonize.com).
Sukabumi06 Juli 2024, 14:54 WIB

Pria di Palabuhanratu Sukabumi Dibacok Tetangga, Pelaku Diduga ODGJ

Peristiwa pembacokan terjadi bermula Mustopa alias Opa mendatangi rumah korban dengan cara mengetuk pintu. Setelah itu korban menbukan pintu, kemudian secara tiba tiba Opa langsung melakukan pembacokan.
ODGJ bacok tetangga di Palabuhanratu Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Film06 Juli 2024, 14:00 WIB

Ada Kengerian di Gunung Karena Mitos, Inilah Sinopsis Film Sekawan Limo

Film Sekawan Limo yang menceritakan sekelompok orang tersesat di sebuah gunung karena melanggar mitos di sana, merupakan garapan dari Bayu Skak. Untuk naskahnya ditulis oleh Nona Ica.
Ada Kengerian di Gunung Karena Mitos, Inilah Sinopsis Film Sekawan Limo (Sumber : Instagram@/moektito)
Sukabumi Memilih06 Juli 2024, 13:36 WIB

Forkopimda dan KPU Kota Sukabumi Matangkan Persiapan Pilkada 2024

Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Sukabumi bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar rapat koordinasi untuk membahas persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada)
Forkopimda dan KPU Kota Sukabumi matangkan persiapan Pilkada 2024 | Foto : Dokpim Kota Sukabumi