5 Sarapan Berprotein Tinggi yang Tidak Bikin Lonjakan Gula Darah Menurut Ahli Gizi

Selasa 02 Juli 2024, 17:30 WIB
Ilustrasi - Sarapan sehat dan lezat untuk penderita diabetes agar tidak terjadi lonjakan gula darah. (Sumber : pexels.com/@Huzaifa Bukhari).

Ilustrasi - Sarapan sehat dan lezat untuk penderita diabetes agar tidak terjadi lonjakan gula darah. (Sumber : pexels.com/@Huzaifa Bukhari).

SUKABUMIUPDATE.com - Bagi para penyandang diabetes, menjaga gula darah agar stabil merupakan hal yang krusial, termasuk saat sarapan. Sarapan yang tepat dapat membantu mengontrol kadar gula darah dan memberikan energi yang dibutuhkan untuk memulai hari.

Mengutip laman businessinsider, seorang ahli gizi Nichola Ludlam-Raine membagikan ide dan resep untuk sarapan enak juga sehat bagi penderita diabetes agar tidak terjadi lonjakan gula darah. 

Berikut beberapa ide sarapan berprotein tinggi yang meminimalkan lonjakan gula darah.

1. Puding Chia dengan Stroberi dan Selai Kacang Almond

Setelah direndam, biji chia akan membengkak dan berubah menjadi puding yang lengket. Biji chia kaya akan serat dan protein, dan Anda bisa mendapatkan lebih banyak manfaat dengan menambahkan satu sendok bubuk protein.

Untuk satu porsi, campurkan 2 sdm biji chia, 1/2 cangkir susu almond (atau susu pilihan Anda), dan satu sendok bubuk protein dan biarkan meresap semalaman. Anda dapat menambahkan campuran apa pun yang Anda suka, seperti madu, sirup maple, atau bubuk kakao, dan taburi dengan buah dan selai kacang di pagi hari.

Ludlam-Raine berkata: "Biji chia merupakan sumber serat, protein nabati, dan ALA (asam lemak omega-3) yang luar biasa, dan bersama dengan lemak sehat dari selai kacang almond, ini merupakan pilihan rendah karbohidrat yang akan membantu menjaga kadar glukosa darah Anda dari lonjakan setelah makan.

2. Oatmeal Coklat

Oatmeal merupakan karbohidrat kompleks yang melepaskan energi secara perlahan. Anda dapat membuat oatmeal protein dengan rasa apa pun, salah satu favorit adalah cokelat pisang. 

Caranya adalah membuat bubuk protein menjadi pasta dengan mencampurnya dengan sedikit air, lalu mengaduknya. Ini mencegahnya menjadi bubuk dan menggumpal.

Bahan-bahan:

  • 40-50g gandum
  • Susu almond atau air
  • 1 sendok bubuk protein coklat, buat menjadi pasta
  • 1/2 buah pisang, dihaluskan
  • 1 sdm bubuk kakao
  • Buah, coklat hitam, dan saus coklat atau selai kacang untuk topping

Cara Membuat:

  • Masak oat dengan susu almond, pisang, dan bubuk kakao dalam microwave atau di atas kompor, aduk sesekali, selama beberapa menit hingga mengental.
  • Aduk pasta protein Anda, tambahkan topping, dan nikmati.

Ludlam-Raine berkata: "Oatmeal protein sangat ideal untuk dikonsumsi setelah latihan karena menyediakan asam amino untuk membantu perbaikan otot, dan karbohidrat untuk mengisi kembali simpanan glikogen (energi) otot dan hati. Jika Anda tidak memiliki bubuk protein, maka menggunakan susu sapi sebagai pengganti susu almond dan menambahkan sedikit yogurt Yunani akan menyediakan jumlah protein yang sama."

3. Oatmeal Apel Panggang

Bahan-bahan:

  • 1/2 buah pisang, dihaluskan
  • 40g gandum
  • 1 sendok protein vanila
  • 1 sdt bubuk pengembang
  • Kayu manis
  • Sedikit garam
  • 1/2 apel, cincang kecil
  • 1/2 cangkir susu almond
  • Selai kacang untuk taburan

Cara Membuat:

  • Panaskan oven hingga 350 derajat Fahrenheit dan olesi loyang tahan oven dengan minyak.
  • Campurkan semua bahan dalam mangkuk, simpan sebagian apel cincang untuk ditaburkan di atasnya.
  • Panggang dalam oven selama kurang lebih 20-25 menit hingga bagian atasnya berwarna keemasan (ingat, bagian atasnya akan lebih mengeras setelah dikeluarkan).
  • Taburi dengan selai kacang, lalu nikmati!

Ludlam-Raine berkata:  "Saya penggemar sarapan yang menyertakan satu atau lebih jenis buah (keanekaragaman adalah kunci untuk kesehatan usus!), dan sarapan ini menyediakan satu dari lima jenis buah per hari (satu porsi seberat 80g). Oat menyediakan serat tambahan, dan bersama dengan bubuk protein, membantu mengurangi indeks glikemik keseluruhan hidangan, yang membantu meningkatkan rasa kenyang."

4. Yogurt Yunani dengan Buah Beri dan Kacang-kacangan

Yogurt Yunani tidak hanya kental dan lembut, tetapi juga lebih tinggi proteinnya daripada yogurt biasa. Taburi semangkuk yogurt dengan buah beri dan kacang apa pun yang Anda suka untuk sarapan atau camilan rendah karbohidrat.

Ludlam-Raine berkata:  "Ini adalah kombinasi nutrisi yang hebat, menyediakan sejumlah kecil karbohidrat dari buah beri (tetapi juga sumber serat), protein dari yogurt, dan lemak tak jenuh dari kacang-kacangan. Usahakan untuk mengonsumsi 120-150g yogurt, 80-100g buah beri, dan sekitar 25-30g kacang-kacangan untuk membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Tambahkan muesli atau granola tanpa tambahan gula untuk energi ekstra jika diperlukan."

5. Telur dan Alpukat di Atas Roti Gandum Utuh

Alpukat di atas roti panggang merupakan menu klasik dari generasi milenial. Dengan menambahkan telur  baik orak-arik, rebus, atau goreng akan menambah lebih banyak nutrisi dan protein.

Ludlam-Raine berkata: "Ini adalah makanan lain yang sangat seimbang yang benar-benar dapat membantu menstabilkan kadar glukosa darah setelah makan. Variasi adalah kuncinya, jadi jika Anda ingin sedikit mengubahnya, Anda dapat memilih roti berbiji yang juga mengandung sedikit lebih banyak serat. Tambahkan beberapa tomat atau jamur untuk 5 makanan sehari lainnya".

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi04 Juli 2024, 21:50 WIB

Rumah di Parakansalak Sukabumi Roboh Usai Diguyur Hujan Deras Disertai Angin Kencang

Dapur rumah warga di Parakansalak Sukabumi roboh usai diguyur hujan deras disertai angin kencang pada Kamis (4/7/2024) dini hari.
P2BK tengah melakukan asesmen di lokasi rumah roboh yang berada di Kampung Kebonmuncang RT 3/5, Parakansalak Sukabumi, Kamis (4/7/2024). (Sumber : Istimewa)
Life04 Juli 2024, 21:00 WIB

11 Bahasa Tubuh Wanita Menandakan Dia Jatuh Cinta Pada Anda, Perasaan Tersembunyi!

Beberapa wanita menunjukan rasa sukanya dengan bahasa tubuhnya yang menggemaskan.
Ilustrasi - Beberapa wanita menunjukan rasa sukanya dengan bahasa tubuhnya yang menggemaskan. (Sumber : Freepik.com/@rawpixel.com).
Sukabumi04 Juli 2024, 20:47 WIB

Dispar Pastikan Pelaku Pariwisata dan Ekraf Sukabumi Komit Sukseskan Event HCS 2024

Penyelenggaraan HCS merupakan momen bagi pelaku pariwisata dan ekraf untuk menunjukkan potensi wisata di Kabupaten Sukabumi.
Stakeholder Pariwisata dan Ekonomi kreatif atau Ekraf di Kabupaten Sukabumi komitmen sukseskan Event HCS 2024. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi04 Juli 2024, 20:31 WIB

Warga Mangkalaya Sukabumi Protes: Drainase Baru Sepekan Dibangun Sudah Rusak

Warga Kampung Mangkalaya, Rt 02/05, Desa Cibolang, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi keluhkan hasil pembangunan drainase yang sudah rusak kurang dari sepekan pengerjaan.
Warga saat menunjukan hasil pembangunan drainase yang rusak di Kampung Mangkalaya, Rt 02/05, Desa Cibolang, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi. Kamis (4/7/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sehat04 Juli 2024, 20:00 WIB

Kiwi Hingga Jeruk Nipis, 5 Buah yang Bantu Menjaga Kesehatan Tulang

Ada beberapa buah yang membantu meningkatkan kesehatan tulang.
Ilustrasi - Ada beberapa buah yang membantu meningkatkan kesehatan tulang.(Sumber : pexels.com/Dmitry Demidov)
Sukabumi04 Juli 2024, 19:38 WIB

Jalan Desa di Jampangtengah Sukabumi Amblas Akibat Hujan, Aktivitas Warga Terganggu

Jalan desa di Bantaragung Jampangtengah Sukabumi yang amblas akibat hujan deras ini butuh penanganan segera.
Kondisi jalan desa di Desa Bantaragung, Kecamatan Jampangtengah Sukabumi yang amblas. (Sumber : Istimewa)
Life04 Juli 2024, 19:00 WIB

Minta Maaf, Tolong & Terima Kasih, 10 Cara Membangun Karakter Anak Sopan Santun

Proses membangun karakter anak membutuhkan waktu. Bersabarlah dan terus berikan bimbingan yang positif demi membangun karakter anak yang berkualitas.
Ilustrasi. Parenting. Bersabarlah dan terus berikan bimbingan yang positif demi membangun karakter anak yang berkualitas. (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi04 Juli 2024, 18:55 WIB

Kawasaki Ninja Milik Marwan Hangus Terbakar di Kota Sukabumi, Dipicu Percikan Api

Kapolsek Citamiang Polres Sukabumi Kota, AKP Heri Hermawan membenarkan kejadian tersebut. Menurutnya motor terbakar bermula dari adanya percikan api pada bagian accu (Aki) motor.
Satu unit motor Kawasaki Ninja 150 R dengan nomor polisi D 333 XYP milik Marwan Maulana (26 tahun) hangus terbakar di Kota Sukabumi | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi04 Juli 2024, 18:55 WIB

Kronologi Xenia Terbalik di Jalur Cikidang Sukabumi, 1 Penumpang Anak Luka-luka

Berikut kronologi kecelakaan mobil Xenia yang mengangkut satu keluarga dari Palabuhanratu terbalik di Jalur Cikidang Sukabumi.
Mobil Xenia terbalik di di jalan raya Cikidang KM 3, tepatnya di Kampung Anggayuda, Desa Pamuruyan, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Kamis (4/7/2024). (Sumber : Istimewa)
Life04 Juli 2024, 18:30 WIB

7 Cara Mudah Menambah Tinggi Badan Anak, Orang Tua Harus Tahu Nih!

Anak yang tumbuh tinggi cenderung memiliki pertumbuhan tulang yang baik, termasuk panjang tulang kaki dan tulang belakang.
Ilustrasi - Anak yang tumbuh tinggi cenderung memiliki pertumbuhan tulang yang baik, termasuk panjang tulang kaki dan tulang belakang. (Sumber : pexels.com/@Kampus Production)