Jam Berapa Lari Untuk Menurunkan Berat Badan? Berikut Perbedaan Manfaatnya

Selasa 02 Juli 2024, 17:15 WIB
Ilustrasi etahui waktu terbaik untuk lari saat ingin menurunkan berat badan (Sumber : Freepik.com/@Drazen Zigic)

Ilustrasi etahui waktu terbaik untuk lari saat ingin menurunkan berat badan (Sumber : Freepik.com/@Drazen Zigic)

SUKABUMIUPDATE.com - Salah satu jenis olahraga yang ampuh menurunkan berat badan jika dilakukan secara rutin adalah lari. Namun, masih banyak orang yang bingung tentang lari pagi atau lari sore yang lebih efektif dalam penurunan berat badan.

Sebenarnya, lari pagi dan lari sore memiliki manfaatnya masing-masing yang berguna untuk kebugaran tubuh, bahkan menurunkan berat badan. Sehingga ini hanyalah penyesuaian waktu yang dimiliki oleh masing-masing individu.

Mengutip dari laman PharmEasy, sebenarnya, lari pagi dan sore memiliki manfaatnya masing-masing. Secara umum, lari sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, kapan pun kita melakukannya.

Baca Juga: 9 Hal yang Perlu Ditanamkan Agar Anak Memiliki Karakter Kuat!

Faktor terpenting dalam berlari (atau bentuk latihan apa pun) adalah konsistensi dan pengulangannya secara teratur. Berlari sangat bagus untuk membantu menurunkan berat badan, menjaga kesehatan, membangun kekuatan, dan meningkatkan kesehatan kardiovaskular.

Berikut ini masing-masing manfaat antara lari pagi dan lari sore untuk menurunkan berat badan hingga kebugaran tubuh, yang dikutip dari laman yang sama.

Manfaat Lari Pagi Untuk yang Ingin Menurunkan Berat Badan

1. Ingin menurunkan berat badan dengan cepat? Lakukan lari pagi. Kebanyakan orang biasanya berlari dengan perut kosong di pagi hari.

Itulah sebabnya, untuk menghasilkan energi dan membuat tubuh tetap bersemangat selama sesi lari yang intens, tubuh akan mulai membakar lemak tubuh. Jelas ini akan membantu menurunkan berat badan dengan cepat pada seseorang.

2. Berlari di pagi hari membantu tubuh menyerap lebih banyak oksigen. Ini berarti semua otot, jaringan, dan sel tubuh akan menerima nutrisi yang optimal. Berlari juga akan memicu metabolisme tubuh, yang berarti tubuh akan lebih berenergi sepanjang hari.

3. Tahukah Anda bahwa kadar hormon pembentuk otot seperti testosteron mencapai puncaknya di pagi hari? Inilah sebabnya mengapa saat berolahraga di pagi hari, massa otot akan meningkat dengan cepat.

Baca Juga: 6 Ciri Pasangan yang Gak Bahagia Hidup Bersama dan Ingin Berpisah, Ini Tandanya

4. Berlari di pagi hari dapat membantu mengatasi depresi. Hormon stres kortisol, yang bertanggung jawab atas depresi dan kecemasan, mencapai puncaknya di pagi hari.

Tubuh melepaskan endorfin saat berlari (hormon kebahagiaan yang dapat melawan efek kortisol). Hal ini membuat seseorang merasa bahagia dan positif.

5. Lari pagi juga dapat membantu tumbuh mengelola hipertensi. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa lari antara pukul 5 dan 8 pagi dapat menurunkan tekanan darah sistolik.

Manfaat Lari Sore Untuk Bagi yang Ingin Menurunkan Berat Badan

Beberapa orang suka berlari ketika suhu tubuh, kadar oksigen, dan produksi energi (semuanya diatur oleh jam tubuh) berada pada titik tertinggi, yakni sekitar pukul 5-7 sore.

1. Apakah Anda suka angkat beban? Lari sore melengkapi latihan ketahanan yang berfokus pada peningkatan keseimbangan, fleksibilitas, dan kekuatan inti tubuh.

Hal ini dimungkinkan karena pada sore hingga malam hari rasio testosteron dan kortisol optimal, yang berarti tubuh memperoleh manfaat maksimal dari sesi angkat beban.

2. Kadar oksigen dan kapasitas paru-paru tubuh berada pada titik puncaknya di sore hingga malam hari, itulah sebabnya seseorang dapat berlari lebih lama dan lebih cepat pada waktu tersebut.

3. Takut cedera saat berlari? Lari sore hari dapat mengurangi risiko cedera, kram, atau nyeri sendi. Hal ini karena tubuh cukup hangat di waktu tersebut. Tidak hanya itu, fungsi jantung juga paling efisien di sore hingga malam hari. Itulah sebabnya sebagian orang berlari lebih baik di sore atau malam hari.

Baca Juga: Viral Paduan Suara Siswa SMK di Sukabumi Nyanyikan Lagu Sunda 'Jang', Ini Pesan di Baliknya

Lari di sore atau malam hari akan membantu menghilangkan stres setelah bekerja keras dan melelahkan. Lari juga akan membantu seseorang tidur lebih nyenyak di malam hari.

Aktivitas fisik seperti lari pagi sedikit lebih baik daripada lari sore karena kapasitas pembakaran lemaknya lebih tinggi. Oleh karena itu, jika ingin menurunkan berat badan, pilihlah lari pagi. Namun, jika kekurangan waktu di pagi hari, pilihlah lari sore agar tetap sehat dan bugar.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi04 Juli 2024, 21:50 WIB

Rumah di Parakansalak Sukabumi Roboh Usai Diguyur Hujan Deras Disertai Angin Kencang

Dapur rumah warga di Parakansalak Sukabumi roboh usai diguyur hujan deras disertai angin kencang pada Kamis (4/7/2024) dini hari.
P2BK tengah melakukan asesmen di lokasi rumah roboh yang berada di Kampung Kebonmuncang RT 3/5, Parakansalak Sukabumi, Kamis (4/7/2024). (Sumber : Istimewa)
Life04 Juli 2024, 21:00 WIB

11 Bahasa Tubuh Wanita Menandakan Dia Jatuh Cinta Pada Anda, Perasaan Tersembunyi!

Beberapa wanita menunjukan rasa sukanya dengan bahasa tubuhnya yang menggemaskan.
Ilustrasi - Beberapa wanita menunjukan rasa sukanya dengan bahasa tubuhnya yang menggemaskan. (Sumber : Freepik.com/@rawpixel.com).
Sukabumi04 Juli 2024, 20:47 WIB

Dispar Pastikan Pelaku Pariwisata dan Ekraf Sukabumi Komit Sukseskan Event HCS 2024

Penyelenggaraan HCS merupakan momen bagi pelaku pariwisata dan ekraf untuk menunjukkan potensi wisata di Kabupaten Sukabumi.
Stakeholder Pariwisata dan Ekonomi kreatif atau Ekraf di Kabupaten Sukabumi komitmen sukseskan Event HCS 2024. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi04 Juli 2024, 20:31 WIB

Warga Mangkalaya Sukabumi Protes: Drainase Baru Sepekan Dibangun Sudah Rusak

Warga Kampung Mangkalaya, Rt 02/05, Desa Cibolang, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi keluhkan hasil pembangunan drainase yang sudah rusak kurang dari sepekan pengerjaan.
Warga saat menunjukan hasil pembangunan drainase yang rusak di Kampung Mangkalaya, Rt 02/05, Desa Cibolang, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi. Kamis (4/7/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sehat04 Juli 2024, 20:00 WIB

Kiwi Hingga Jeruk Nipis, 5 Buah yang Bantu Menjaga Kesehatan Tulang

Ada beberapa buah yang membantu meningkatkan kesehatan tulang.
Ilustrasi - Ada beberapa buah yang membantu meningkatkan kesehatan tulang.(Sumber : pexels.com/Dmitry Demidov)
Sukabumi04 Juli 2024, 19:38 WIB

Jalan Desa di Jampangtengah Sukabumi Amblas Akibat Hujan, Aktivitas Warga Terganggu

Jalan desa di Bantaragung Jampangtengah Sukabumi yang amblas akibat hujan deras ini butuh penanganan segera.
Kondisi jalan desa di Desa Bantaragung, Kecamatan Jampangtengah Sukabumi yang amblas. (Sumber : Istimewa)
Life04 Juli 2024, 19:00 WIB

Minta Maaf, Tolong & Terima Kasih, 10 Cara Membangun Karakter Anak Sopan Santun

Proses membangun karakter anak membutuhkan waktu. Bersabarlah dan terus berikan bimbingan yang positif demi membangun karakter anak yang berkualitas.
Ilustrasi. Parenting. Bersabarlah dan terus berikan bimbingan yang positif demi membangun karakter anak yang berkualitas. (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi04 Juli 2024, 18:55 WIB

Kawasaki Ninja Milik Marwan Hangus Terbakar di Kota Sukabumi, Dipicu Percikan Api

Kapolsek Citamiang Polres Sukabumi Kota, AKP Heri Hermawan membenarkan kejadian tersebut. Menurutnya motor terbakar bermula dari adanya percikan api pada bagian accu (Aki) motor.
Satu unit motor Kawasaki Ninja 150 R dengan nomor polisi D 333 XYP milik Marwan Maulana (26 tahun) hangus terbakar di Kota Sukabumi | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi04 Juli 2024, 18:55 WIB

Kronologi Xenia Terbalik di Jalur Cikidang Sukabumi, 1 Penumpang Anak Luka-luka

Berikut kronologi kecelakaan mobil Xenia yang mengangkut satu keluarga dari Palabuhanratu terbalik di Jalur Cikidang Sukabumi.
Mobil Xenia terbalik di di jalan raya Cikidang KM 3, tepatnya di Kampung Anggayuda, Desa Pamuruyan, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Kamis (4/7/2024). (Sumber : Istimewa)
Life04 Juli 2024, 18:30 WIB

7 Cara Mudah Menambah Tinggi Badan Anak, Orang Tua Harus Tahu Nih!

Anak yang tumbuh tinggi cenderung memiliki pertumbuhan tulang yang baik, termasuk panjang tulang kaki dan tulang belakang.
Ilustrasi - Anak yang tumbuh tinggi cenderung memiliki pertumbuhan tulang yang baik, termasuk panjang tulang kaki dan tulang belakang. (Sumber : pexels.com/@Kampus Production)