8 Cara Aman Menurunkan Berat Badan untuk Penderita Obesitas, BB Kembali Ideal!

Senin 01 Juli 2024, 08:45 WIB
Ilustrasi. Lari pagi. Dengan komitmen yang kuat dan dukungan yang tepat, obesitas dapat dikelola, dicegah dan berat badan kembali normal. (Sumber : Pexels/JuliaLarson)

Ilustrasi. Lari pagi. Dengan komitmen yang kuat dan dukungan yang tepat, obesitas dapat dikelola, dicegah dan berat badan kembali normal. (Sumber : Pexels/JuliaLarson)

SUKABUMIUPDATE.com - Obesitas adalah kondisi yang kompleks dengan banyak faktor penyebab dan dampak kesehatan yang serius.

Penanganan dan pencegahan obesitas memerlukan pendekatan holistik yang mencakup perubahan pola makan, peningkatan aktivitas fisik, perbaikan gaya hidup, dan dukungan medis serta sosial. Dengan komitmen yang kuat dan dukungan yang tepat, obesitas dapat dikelola, dicegah dan berat badan kembali normal.

Melansir WebMD, obesitas merupakan penyakit kronis (jangka panjang) akibat kelebihan lemak tubuh yang membahayakan kesehatan. Obesitas adalah kondisi rumit yang tidak hanya sekadar angka pada timbangan berat badan.

Baca Juga: 4 Ciri-Ciri Anak Stres Berat Karena Sering Dimarahi Orang Tua, Perhatikan Sikapnya!

Jika kelebihan berat badan bisa memengaruhi cara kerja tubuh, obesitas lebih dari itu karena bisa memengaruhi hampir setiap sistem dalam tubuh manusia. Perubahan berat badan ekstrem pada penderita obesitas bisa memicu berbagai macam penyakit seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker. 

Cara Aman Menurunkan Berat Badan untuk Penderita Obesitas

Menurunkan berat badan untuk penderita obesitas memerlukan pendekatan yang menyeluruh dan berkelanjutan. Simak beberapa langkah yang dapat membantu penderita obesitas menurunkan berat badan:

1. Mengatur Pola Makan

  • Konsumsi Makanan Sehat

Penderita obesitas sebaiknya memilih makanan yang kaya akan nutrisi seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian utuh, dan protein tanpa lemak.

  • Kurangi Kalori

Mengurangi asupan kalori harian secara bertahap dapat membantu menurunkan berat badan bagi penderita obesitas. Fokus pada porsi yang lebih kecil dan hindari makanan tinggi kalori, gula, dan lemak jenuh.

  • Makan Teratur

Penderita obesitas sebaiknya makan secara teratur, dengan porsi kecil namun sering, dapat membantu mengontrol nafsu makan dan menjaga energi tetap stabil.

  • Hindari Makanan Olahan

Batasi konsumsi makanan olahan, junk food, dan minuman manis. Penderita obesitas bisa memilih makanan yang lebih alami dan minim pengolahan.

  • Perhatikan Label Nutrisi

Membaca label nutrisi pada kemasan makanan dapat membantu penderita obesitas memilih produk yang lebih sehat agar berat badannya turun.

Baca Juga: Sulit Diatur! Ternyata Ini 7 Sikap Anak yang Tidak Bisa Dikontrol Orang Tua

2. Aktivitas Fisik Rutin

  • Olahraga Teratur

Penderita obesitas bisa melakukan aktivitas fisik setidaknya 150 menit per minggu. Aktivitas aerobik seperti berjalan cepat, bersepeda, atau berenang sangat baik untuk membakar kalori sehingga membantu menurunkan berat badan.

  • Latihan Kekuatan

Lakukan latihan kekuatan dua kali seminggu untuk membangun otot, yang membantu meningkatkan metabolisme.

  • Aktivitas Harian

Tambahkan aktivitas fisik ke dalam rutinitas harian penderita obesitas, seperti naik tangga, berjalan kaki, atau berkebun.

3. Perubahan Gaya Hidup

  • Tidur yang Cukup

Pastikan penderita obesitas mendapatkan tidur yang cukup, sekitar 7-9 jam per malam. Tidur yang baik membantu mengatur hormon yang mengontrol nafsu makan sehingga membantu menurunkan berat badan.

  • Kurangi Stres

Temukan cara untuk mengelola stres, seperti meditasi, yoga, atau aktivitas hobi. Stres dapat menyebabkan emosional dan memicu keinginan makan semakin meningkat.

  • Hindari Kebiasaan Tidak Sehat

Penderita obesitas sebaiknya mengurangi atau hindari kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol berlebihan, karena dapat mempengaruhi upaya penurunan berat badan.

Baca Juga: 10 Dukungan Emosional yang Bisa Orang Tua Berikan Agar Anak Sukses di Masa Depan

4. Dukungan Medis

  • Konsultasi Dokter

Bicarakan dengan dokter tentang rencana penurunan berat badan penderita obesitas. Tenaga medis dapat memberikan panduan dan mungkin meresepkan obat penurun berat badan jika diperlukan.

  • Ahli Gizi

Bekerja sama dengan ahli gizi untuk mendapatkan rencana makan yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi penderita obesitas.

  • Program Penurunan Berat Badan

Penderita obesitas bisa mengikuti program penurunan berat badan yang diawasi oleh profesional kesehatan untuk mendapatkan dukungan yang lebih terstruktur.

5. Dukungan Sosial

  • Kelompok Dukungan

Bergabung dengan kelompok dukungan untuk mendapatkan dorongan dan motivasi dari orang-orang yang memiliki tujuan yang sama yaitu menurunkan berat badan.

  • Keluarga dan Teman

Libatkan keluarga dan teman dalam perjalanan penurunan berat badan agar penderita obesitas mendapatkan dukungan emosional.

Baca Juga: Peka 11 Tanda Anak Mengalami Stres, Bund Begini Cara Mengatasinya!

6. Pantau Kemajuan

  • Catat Asupan Makanan

Menulis jurnal makanan dapat membantu penderita obesitas melacak apa yang dimakan dan diminum setiap hari.

  • Pantau Berat Badan

Timbang berat badan secara rutin, namun jangan terlalu sering. Sekali seminggu sudah cukup untuk memantau kemajuan penurunan berat badan yang diinginkan.

7. Tetapkan Tujuan yang Realistis

  • Tujuan Jangka Pendek dan Panjang

Tetapkan tujuan penurunan berat badan jangka pendek dan jangka panjang yang realistis dan dapat dicapai oleh penderita obesitas.

  • Fokus pada Proses, Bukan Hanya Hasil

Penderita obesitas sebaiknya fokus pada perubahan gaya hidup sehat dan kebiasaan sehari-hari, bukan hanya angka di timbangan berat badan ya!

8. Perhatikan Kesehatan Mental

  • Dukungan Psikologis

Konsultasikan dengan psikolog atau konselor jika merasa stres atau memiliki masalah emosional yang mempengaruhi pola makan harian penderita obesitas.

  • Hindari Diet Ekstrim

Diet yang terlalu ketat dapat berbahaya dan tidak berkelanjutan. Fokuslah pada perubahan kecil yang dapat dipertahankan dalam jangka panjang guna membantu penderita obesitas menurunkan berat badan.

Baca Juga: Suka Belajar, 12 Kebiasaan Cerdas yang Jarang Dilakukan Orang Biasa

Dengan pendekatan yang komprehensif dan berkelanjutan, penderita obesitas dapat mencapai penurunan berat badan yang sehat dan mempertahankan berat badan ideal mereka.

Ingatlah bahwa setiap orang berbeda, jadi penting untuk menemukan strategi yang paling sesuai dengan kebutuhan, kondisi obesitas serta kesehatan Anda.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Science03 Juli 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 3 Juli 2024, Langit Sukabumi Potensi Berawan

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 3 Juli 2024
Ilustrasi - Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 3 Juli 2024. (Sumber : pexels.com/Jonathan Young)
Nasional02 Juli 2024, 22:17 WIB

Ombudsman Ingatkan Sekolah Tidak Menjual Seragam pada PPDB

Lembaga pengawasan Ombudsman perwakilan NTB mengingatkan agar sekolah tidak menjual baju seragam maupun bahan baju seragam pada pelaksanaan PPDB.
Ilustrasi bahan seragam sekolah | Foto : Pixabay
Sukabumi Memilih02 Juli 2024, 21:51 WIB

Rayu PKS Gabung Koalisi Sulanjana, Fikri Bertemu Sodikin Untuk Pilkada Sukabumi

Tokoh muda yang siap menjadi Bakal calon (Bacalon) Wakil Bupati Sukabumi, Fikri Abdul Aziz  bertemu dengan Ketua DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Sukabumi, M Sodikin.
Bakal Calon Wakil Bupati, Fikri Abdul Aziz dan M. Sodikin saat bertemu membahas Pilkada Sukabumi 2024 | Foto : Sukabumi Update
Sukabumi02 Juli 2024, 21:11 WIB

Bupati Sukabumi Akan Serahkan Raperda LPj APBD 2023 ke Gubernur untuk Evaluasi

Bupati Sukabumi, Marwan Hamami, mengumumkan bahwa Raperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2023 telah resmi disahkan menjadi Peraturan Daerah (Perda)
Marwan Hamami, Bupati Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Life02 Juli 2024, 21:00 WIB

10 Bahasa Tubuh Wanita yang Diam-diam Menyukaimu, Dia Memendam Rasa!

Bahasa tubuh adalah salah satu cara terbaik untuk memahami perasaan seseorang, dan wanita sering kali menunjukkan melalui tanda-tandanya.
Ilustrasi - Bahasa tubuh adalah salah satu cara terbaik untuk memahami perasaan seseorang, dan wanita sering kali menunjukkan melalui tanda-tandanya. (Sumber : Freepik.com).
Nasional02 Juli 2024, 20:41 WIB

Hacker Bakal Berikan Kunci Enkripsi Pusat Data Nasional yang Diretas

Kelompok hacker, Brain Chiper, yang diduga meretas Pusat Data Nasional (PDNS), membuat pengumuman yang mengejutkan publik. Hal itu diungkap akun perusahaan intelijen siber @stealthmole_int di X.
Brain Chiper, yang diduga peretas Pusat Data Nasional (PDNS), menyebutkan bahwa kunci untuk membuka akses enkripsi PDNS 2 akan diberikan pada Rabu, 3 Juli 2024 | Foto : Ilustrasi
DPRD Kab. Sukabumi02 Juli 2024, 20:06 WIB

Paripurna DPRD Kabupaten Sukabumi Tetapkan Laporan APBD 2023 Menjadi Perda

DPRD Kabupatem Sukabumi, menggelar Rapat Paripurna untuk menetapkan hasil laporan tentang pertanggungjawaban pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2023, menjadi peraturan daerah (Perda).
Rapat Pipurna DPRD Kabupaten Sukabumi tentang pertanggungjawaban pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2023 | Foto : Istimewa
Gadget02 Juli 2024, 20:00 WIB

3 Rekomendasi HP dengan RAM Besar Harga Mulai Rp3 Jutaan Saja!

HP dengan RAM besar memungkinkan Anda untuk menjalankan aplikasi-aplikasi produktivitas dengan lancar dan tanpa hambatan.
Ilustrasi - HP dengan RAM besar memungkinkan Anda untuk menjalankan aplikasi-aplikasi produktivitas dengan lancar dan tanpa hambatan. (Sumber : samsung.com/Mi.co.id).
Nasional02 Juli 2024, 19:05 WIB

Penjambret Beraksi Di Jakarta Ditangkap Di Sukabumi: Ini Kronologi dan Identitasnya

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Ade Ary Syam Indradi mengatakan pihaknya telah menangkap dua penjambret yang beraksi di arena Car Free Day Jalan Sudirman, Jakarta Pusat
Penjambret tertangkap kamera fotografer saat beraksi di car fre day di Sudirman Jakarta | Foto : @zakwanoe di X (Twitter)
Sehat02 Juli 2024, 19:00 WIB

Rebusan Daun Salam untuk Mengobati Asam Urat, Gula Darah dan Kolesterol

Rebusan daun salam dipercaya dapat membantu mengobati berbagai penyakit seperti asam urat, gula darah dan kolesterol.
Ilustrasi - Rebusan daun salam dipercaya dapat membantu mengobati berbagai penyakit seperti asam urat, gula darah dan kolesterol. (Sumber : YouTube/@Classic Bakes).