7 Cara Menghentikan Diare Tanpa Obat, Ala Rumahan dan Alami

Senin 01 Juli 2024, 09:00 WIB
Ilustrasi - Anda bisa Jika melakukan cara alami untuk mengobati diare, namun penting untuk segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat jika tidak ada perubahan. | (Sumber : Freepik.com).

Ilustrasi - Anda bisa Jika melakukan cara alami untuk mengobati diare, namun penting untuk segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat jika tidak ada perubahan. | (Sumber : Freepik.com).

SUKABUMIUPDATE.com - Diare adalah kondisi di mana seseorang mengalami feses encer atau berair, dan buang air besar lebih sering dari biasanya. Diare menyebabkan tinja encer dan encer tiga kali atau lebih per harinya.

Gejala diare yang umum seperti nyeri perut, uang air besar lebih sering dari biasanya hingga kembung. Bakteri atau parasit dari makanan atau air yang terkontaminasi dan virus dapat menyebabkan diare.

Diare dapat dihentikan dengan mengonsumsi obat-obatan yang diresepkan oleh dokter atau obat yang diperjualbelikan di apotik. Namun, bagi Anda yang ingin mengobati diare secara alami, berikut kami bagikan tips untuk mengatasinya yang dihimpun dari laman health.

1. Minum Banyak Cairan

Mengonsumsi delapan hingga 10 gelas air setiap hari dapat membantu Anda merasa lebih baik dan tetap terhidrasi jika mengalami diare. Cobalah minum satu cangkir air setiap kali Anda buang air besar encer.

2. Ikuti Diet BRAT

Mengonsumsi makanan hambar dapat membantu Anda menyerap air dan membantu Anda tetap terhidrasi, ucap Sean Drake, MD , seorang internis di Henry Ford Medical Center di Sterling Heights, Mich.,

Diet BRAT ini terdiri dari pisang, nasi, saus apel, dan roti panggang yang meliputi konsumsi makanan hambar yang lembut di perut.

Makanan lain yang bisa Anda makan pada diet BRAT antara lain:

  • Kaldu dan sup bening
  • Kentang
  • Kerupuk asin

Makanan tersebut rendah serat dan mengandung banyak pati, yang membantu menambah jumlah tinja Anda. Makanan hambar membantu peran menggantikan nutrisi yang hilang akibat diare.

Misalnya, pisang dan kentang tanpa kulit merupakan sumber kalium, nutrisi yang dapat hilang akibat diare.

3. Makan Makanan Fermentasi

Sebuah tinjauan yang diterbitkan pada tahun 2023 menemukan bahwa makanan fermentasi dapat mengatasi diare lebih cepat daripada pengobatan lain.

Makanan fermentasi meliputi:

  • Kefir
  • Kimchi
  • Kombucha
  • Sup Kedelai Jepang
  • Kol parut
  • Tempe

Makanan yang mengandung probiotik , termasuk beberapa yogurt, adalah jenis makanan fermentasi yang dapat meredakan diare. Misalnya, bakteri asam laktat adalah probiotik yang menekan mikroba penyebab diare.

4. Batasi Makanan yang Mengiritasi

Cobalah menghindari makanan yang dapat memperburuk diare, seperti:

  • Makanan berminyak
  • Gorengan
  • Buah-buahan (misalnya beri dan plum)
  • Produk susu penuh lemak

5. Hindari Olahraga

Para ahli menyarankan untuk menghindari olahraga jika gejala Anda berada di bawah leher, seperti diare. Anda kehilangan cairan saat berolahraga, yang mungkin membuat Anda merasa lebih buruk jika menderita diare.

6. Minum Teh

Teh kamomil dapat meredakan diare, tetapi buktinya belum jelas. Penelitian telah menemukan bahwa menggabungkan ekstrak bunga kamomil, arang kopi, dan mur (sejenis getah pohon) dapat meredakan diare.

Beberapa bukti menunjukkan bahwa teh serai dapat mengurangi keparahan diare jika Anda menderita infeksi virus, seperti rotavirus, penyebab umum gastroenteritis virus ("flu perut").

7. Coba Meminum Jahe

Jahe telah menjadi obat untuk segala jenis ketidaknyamanan perut selama ribuan tahun. Jahe umumnya ditemukan dalam makanan, suplemen, dan teh yang meredakan mual akibat kemoterapi, mabuk perjalanan, dan kehamilan.

Meski jarang terjadi, jahe bisa menyebabkan diare dan masalah pencernaan lainnya seperti gas, mulas, dan rasa tidak nyaman di perut. Namun, konsultasikan dahulu dengan penyedia layanan kesehatan sebelum mengonsumsi jahe jika Anda sedang hamil.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Food & Travel03 Juli 2024, 06:00 WIB

Resep Kue Tart Rendah Kalori yang Ramah untuk Asam Urat

Pilih pemanis alami seperti madu sebagai pengganti gula untuk membuat kue tart rendah kalori.
Ilustrasi. Resep Kue Tart Rendah Kalori yang Ramah untuk Asam Urat. (Sumber : Pexels/Marko Klaric)
Science03 Juli 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 3 Juli 2024, Langit Sukabumi Potensi Berawan

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 3 Juli 2024
Ilustrasi - Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 3 Juli 2024. (Sumber : pexels.com/Jonathan Young)
Nasional02 Juli 2024, 22:17 WIB

Ombudsman Ingatkan Sekolah Tidak Menjual Seragam pada PPDB

Lembaga pengawasan Ombudsman perwakilan NTB mengingatkan agar sekolah tidak menjual baju seragam maupun bahan baju seragam pada pelaksanaan PPDB.
Ilustrasi bahan seragam sekolah | Foto : Pixabay
Sukabumi Memilih02 Juli 2024, 21:51 WIB

Rayu PKS Gabung Koalisi Sulanjana, Fikri Bertemu Sodikin Untuk Pilkada Sukabumi

Tokoh muda yang siap menjadi Bakal calon (Bacalon) Wakil Bupati Sukabumi, Fikri Abdul Aziz  bertemu dengan Ketua DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Sukabumi, M Sodikin.
Bakal Calon Wakil Bupati, Fikri Abdul Aziz dan M. Sodikin saat bertemu membahas Pilkada Sukabumi 2024 | Foto : Sukabumi Update
Sukabumi02 Juli 2024, 21:11 WIB

Bupati Sukabumi Akan Serahkan Raperda LPj APBD 2023 ke Gubernur untuk Evaluasi

Bupati Sukabumi, Marwan Hamami, mengumumkan bahwa Raperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2023 telah resmi disahkan menjadi Peraturan Daerah (Perda)
Marwan Hamami, Bupati Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Life02 Juli 2024, 21:00 WIB

10 Bahasa Tubuh Wanita yang Diam-diam Menyukaimu, Dia Memendam Rasa!

Bahasa tubuh adalah salah satu cara terbaik untuk memahami perasaan seseorang, dan wanita sering kali menunjukkan melalui tanda-tandanya.
Ilustrasi - Bahasa tubuh adalah salah satu cara terbaik untuk memahami perasaan seseorang, dan wanita sering kali menunjukkan melalui tanda-tandanya. (Sumber : Freepik.com).
Nasional02 Juli 2024, 20:41 WIB

Hacker Bakal Berikan Kunci Enkripsi Pusat Data Nasional yang Diretas

Kelompok hacker, Brain Chiper, yang diduga meretas Pusat Data Nasional (PDNS), membuat pengumuman yang mengejutkan publik. Hal itu diungkap akun perusahaan intelijen siber @stealthmole_int di X.
Brain Chiper, yang diduga peretas Pusat Data Nasional (PDNS), menyebutkan bahwa kunci untuk membuka akses enkripsi PDNS 2 akan diberikan pada Rabu, 3 Juli 2024 | Foto : Ilustrasi
DPRD Kab. Sukabumi02 Juli 2024, 20:06 WIB

Paripurna DPRD Kabupaten Sukabumi Tetapkan Laporan APBD 2023 Menjadi Perda

DPRD Kabupatem Sukabumi, menggelar Rapat Paripurna untuk menetapkan hasil laporan tentang pertanggungjawaban pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2023, menjadi peraturan daerah (Perda).
Rapat Pipurna DPRD Kabupaten Sukabumi tentang pertanggungjawaban pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2023 | Foto : Istimewa
Gadget02 Juli 2024, 20:00 WIB

3 Rekomendasi HP dengan RAM Besar Harga Mulai Rp3 Jutaan Saja!

HP dengan RAM besar memungkinkan Anda untuk menjalankan aplikasi-aplikasi produktivitas dengan lancar dan tanpa hambatan.
Ilustrasi - HP dengan RAM besar memungkinkan Anda untuk menjalankan aplikasi-aplikasi produktivitas dengan lancar dan tanpa hambatan. (Sumber : samsung.com/Mi.co.id).
Nasional02 Juli 2024, 19:05 WIB

Penjambret Beraksi Di Jakarta Ditangkap Di Sukabumi: Ini Kronologi dan Identitasnya

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Ade Ary Syam Indradi mengatakan pihaknya telah menangkap dua penjambret yang beraksi di arena Car Free Day Jalan Sudirman, Jakarta Pusat
Penjambret tertangkap kamera fotografer saat beraksi di car fre day di Sudirman Jakarta | Foto : @zakwanoe di X (Twitter)