7 Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan, Bantu Tubuh Lebih Bugar!

Minggu 30 Juni 2024, 18:30 WIB
Ilustrasi. Beberapa manfaat bersepeda bagi kesehatan membantu tubuh lebih bugar. Sumber foto : Freepik/@freepik

Ilustrasi. Beberapa manfaat bersepeda bagi kesehatan membantu tubuh lebih bugar. Sumber foto : Freepik/@freepik

SUKABUMIUPDATE.com - Salah satu cara untuk mencapai tubuh yang lebih bugar adalah dengan berolahraga atau melakukan aktivitas fisik. Contohnya rutin bersepeda, karena olahraga yang satu ini punya banyak manfaat bagi kesehatan.

Ketika bersepeda, walaupun terlihat hanya kaki yang bergerak, namun otot-otot tubuh bekerja lebih banyak. Sehingga aktivitas fisik ini banyak digemari karena bagus untuk kesehatan tubuh dan juga mental.

Mengutip dari laman healthshots, bersepeda menawarkan beberapa manfaat kesehatan, menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan tubuh dan mental. 

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Clean Eeating dalam Pola Makan Sehat, Sudah Tahu?

Berikut 7 manfaat yang bisa jadi alasan mengapa bersepeda baik bagi kesehatan jika rutin dilakukan setiap hari, menurut laman healthshots:

  1. Mendukung Kesehatan Jantung

Bersepeda adalah latihan kardio ampuh yang memperkuat jantung, meningkatkan sirkulasi, dan menurunkan risiko penyakit jantung. Bersepeda secara teratur membantu mengurangi tekanan darah dan meningkatkan fungsi jantung secara keseluruhan.

  1. Meningkatkan Kekuatan Otot

Bersepeda melibatkan berbagai kelompok otot, terutama tungkai, termasuk paha depan, paha belakang, dan betis. Ini juga melibatkan otot inti dan dapat meningkatkan tonus dan fleksibilitas otot secara keseluruhan.

Baca Juga: Banyak Karbo Kurang Protein, 7 Kebiasaan Makan Ini Bisa Picu Lonjakan Gula Darah!

  1. Memperkuat Sendi

Berbeda dengan aktivitas berdampak tinggi seperti lari, bersepeda berdampak lembut pada persendian. Gerakan halus membantu menjaga fleksibilitas sendi dan mengurangi risiko radang sendi dan masalah terkait sendi.

  1. Membantu Mengelola Berat Badan

Bersepeda merupakan cara yang efektif untuk membakar kalori dan mengurangi berat badan berlebih. Bersepeda dapat meningkatkan laju metabolisme, yang dapat membantu menjaga berat badan yang sehat jika dikombinasikan dengan diet seimbang.

  1. Meningkatkan Kesehatan Paru-paru

Bersepeda meningkatkan kapasitas dan efisiensi paru-paru. Ini mendorong pernapasan dalam, yang meningkatkan asupan oksigen dan memperkuat otot pernapasan, sehingga meningkatkan kesehatan paru-paru.

Baca Juga: Diet Rendah Karbohidrat untuk Penderita Diabetes: Contoh Menu Sehat 1 Minggu

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Aktivitas fisik teratur seperti bersepeda meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membuat tubuh lebih efisien dalam melawan infeksi. Ini meningkatkan produksi protein penting dan sel darah putih.

  1. Mendukung Kualitas Tidur Lebih Baik

Bersepeda membantu mengatur pola tidur dan meningkatkan kualitas tidur. Aktivitas fisik di siang hari membantu tidur lebih nyenyak dan nyenyak, membantu pemulihan dan peremajaan secara keseluruhan.

Jika Anda ingin memulai bersepeda secara rutin, mulailah dari level paling ringan. Baik jarak dan durasi, mulailah sesuai kemampuan fisik masing-masing agar tidak berlebihan sehingga menyebabkan cedera. 

Sumber : healthshots

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi02 Juli 2024, 21:11 WIB

Bupati Sukabumi Akan Serahkan Raperda LPj APBD 2023 ke Gubernur untuk Evaluasi

Bupati Sukabumi, Marwan Hamami, mengumumkan bahwa Raperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2023 telah resmi disahkan menjadi Peraturan Daerah (Perda)
Marwan Hamami, Bupati Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Life02 Juli 2024, 21:00 WIB

10 Bahasa Tubuh Wanita yang Diam-diam Menyukaimu, Dia Memendam Rasa!

Bahasa tubuh adalah salah satu cara terbaik untuk memahami perasaan seseorang, dan wanita sering kali menunjukkan melalui tanda-tandanya.
Ilustrasi - Bahasa tubuh adalah salah satu cara terbaik untuk memahami perasaan seseorang, dan wanita sering kali menunjukkan melalui tanda-tandanya. (Sumber : Freepik.com).
Nasional02 Juli 2024, 20:41 WIB

Hacker Bakal Berikan Kunci Enkripsi Pusat Data Nasional yang Diretas

Kelompok hacker, Brain Chiper, yang diduga meretas Pusat Data Nasional (PDNS), membuat pengumuman yang mengejutkan publik. Hal itu diungkap akun perusahaan intelijen siber @stealthmole_int di X.
Brain Chiper, yang diduga peretas Pusat Data Nasional (PDNS), menyebutkan bahwa kunci untuk membuka akses enkripsi PDNS 2 akan diberikan pada Rabu, 3 Juli 2024 | Foto : Ilustrasi
DPRD Kab. Sukabumi02 Juli 2024, 20:06 WIB

Paripurna DPRD Kabupaten Sukabumi Tetapkan Laporan APBD 2023 Menjadi Perda

DPRD Kabupatem Sukabumi, menggelar Rapat Paripurna untuk menetapkan hasil laporan tentang pertanggungjawaban pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2023, menjadi peraturan daerah (Perda).
Rapat Pipurna DPRD Kabupaten Sukabumi tentang pertanggungjawaban pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2023 | Foto : Istimewa
Gadget02 Juli 2024, 20:00 WIB

3 Rekomendasi HP dengan RAM Besar Harga Mulai Rp3 Jutaan Saja!

HP dengan RAM besar memungkinkan Anda untuk menjalankan aplikasi-aplikasi produktivitas dengan lancar dan tanpa hambatan.
Ilustrasi - HP dengan RAM besar memungkinkan Anda untuk menjalankan aplikasi-aplikasi produktivitas dengan lancar dan tanpa hambatan. (Sumber : samsung.com/Mi.co.id).
Nasional02 Juli 2024, 19:05 WIB

Penjambret Beraksi Di Jakarta Ditangkap Di Sukabumi: Ini Kronologi dan Identitasnya

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Ade Ary Syam Indradi mengatakan pihaknya telah menangkap dua penjambret yang beraksi di arena Car Free Day Jalan Sudirman, Jakarta Pusat
Penjambret tertangkap kamera fotografer saat beraksi di car fre day di Sudirman Jakarta | Foto : @zakwanoe di X (Twitter)
Sehat02 Juli 2024, 19:00 WIB

Rebusan Daun Salam untuk Mengobati Asam Urat, Gula Darah dan Kolesterol

Rebusan daun salam dipercaya dapat membantu mengobati berbagai penyakit seperti asam urat, gula darah dan kolesterol.
Ilustrasi - Rebusan daun salam dipercaya dapat membantu mengobati berbagai penyakit seperti asam urat, gula darah dan kolesterol. (Sumber : YouTube/@Classic Bakes).
Sukabumi Memilih02 Juli 2024, 18:18 WIB

Bersaing di Pilbup Sukabumi, Asjap dan Iyos Kompak Hadiri Acara DPP Golkar: Ini Kata Relawan

Bakal calon bupati Sukabumi, Asep Japar dan Iyos Somantri kompak menghadiri acara DPP Partai Golkar, pada Minggu 30 Juni 2024, di Jakarta.
Asep Japar dan Iyos Somantri kompak hadiri acara DPP Partai Golkar | Foto : Istimewa
Life02 Juli 2024, 18:00 WIB

8 Doa-doa Pendek yang Pahalanya Bukan Main! Amalkan Setiap Hari

Doa pendek ini memiliki pahala luar biasa dan bukan main bagi siapapun yang mengamalkannya.
Ilustrasi - Doa pendek ini memiliki pahala luar biasa dan bukan main bagi siapapun yang mengamalkannya. (Sumber : pexels.com/@SERHAT TUĞ)
Sehat02 Juli 2024, 17:30 WIB

5 Sarapan Berprotein Tinggi yang Tidak Bikin Lonjakan Gula Darah Menurut Ahli Gizi

Sarapan sehat dan lezat untuk penderita diabetes agar tidak terjadi lonjakan gula darah. Huzaifa Bukhari
Ilustrasi - Sarapan sehat dan lezat untuk penderita diabetes agar tidak terjadi lonjakan gula darah. (Sumber : pexels.com/@Huzaifa Bukhari).