7 Olahraga Sederhana Turunkan Tekanan Darah Tinggi, Penderita Hipertensi Yuk Simak!

Minggu 30 Juni 2024, 17:30 WIB
Ilustrasi. Beberapa olahraga sederhana yang aman untuk penderita hipertensi. Sumber foto : Freepik/@stockking

Ilustrasi. Beberapa olahraga sederhana yang aman untuk penderita hipertensi. Sumber foto : Freepik/@stockking

SUKABUMIUPDATE.com - Untuk penderita hipertensi, mengelola tekanan darah tinggi sangatlah penting. Sebab penyakit hipertensi menimbulkan resiko penyakit jantung seperti stroke. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah rutin olahraga.

Dengan olahraga yang sederhana saja, penderita hipertensi bisa membantu tekanan darah tinggi untuk turun dan berada di tingkat yang sehat. Oleh sebab itu, memulai olahraga dan menjadikannya rutinitas adalah hal yang tepat.

Mengutip dari laman healthshots, banyak orang yang percaya bahwa olahraga dapat menimbulkan masalah bagi penderita hipertensi. Namun sebenarnya berolahraga itu aman, tetapi sebaiknya hindari olahraga yang berat. 

Baca Juga: Diet Rendah Karbohidrat untuk Penderita Diabetes: Contoh Menu Sehat 1 Minggu

Berikut ini ada 7 olahraga sederhana dan ringan, untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi yang aman dilakukan oleh penderita hipertensi:

  1. Berjalan kaki

Berjalan kaki, jalan cepat, atau joging selama 20-30 menit sehari dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Hal ini meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh, membantu mengelola berat badan, dan mengurangi stres.

  1. Renang

Berenang merupakan olahraga yang baik untuk seluruh tubuh, karena tidak membebani sendi. Berenang meningkatkan kesehatan kardiovaskular dan dapat menurunkan tekanan darah secara signifikan sekaligus meningkatkan kapasitas paru-paru dan kekuatan otot.

  1. Bersepeda

Bersepeda dengan kecepatan sedang selama 30-45 menit beberapa kali seminggu dapat meningkatkan kesehatan jantung dan menurunkan tekanan darah. Baik menggunakan sepeda statis maupun di luar ruangan, bersepeda dapat meningkatkan aliran darah dan kebugaran kardiovaskular. 

Baca Juga: Panduan Diet Diabetes untuk Mengendalikan Gula Darah: Pola Makan & Contoh Menunya

  1. Yoga

Melakukan pose yoga, latihan pernapasan, dan meditasi diketahui dapat mengurangi stres dan meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan. Anda dapat melakukan pose seperti pose mayat (Savasana), duduk membungkuk ke depan, dan pose anak.

  1. Tai Chi

Seni bela diri Tiongkok kuno ini melibatkan gerakan yang lambat dan hati-hati serta pernapasan dalam. Tai Chi lebih baik daripada latihan aerobik dan meningkatkan keseimbangan, fleksibilitas, dan relaksasi yang berkontribusi untuk menurunkan tekanan darah.

  1. Tarian

Melakukan tarian ringan hingga sedang dapat menjadi cara yang menyenangkan untuk menurunkan tekanan darah. Tarian meningkatkan kesehatan kardiovaskular, membantu mengelola berat badan, dan dapat mengurangi tingkat stres.

  1. Peregangan

Olahraga peregangan secara teratur meningkatkan fleksibilitas dan sirkulasi darah, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Melakukan gerakan peregangan selama 10-15 menit setiap hari dapat bermanfaat.

Jika Anda merasa mampu membuat olahraga sederhana dan ringan menjadi rutinitas, mulailah dari yang paling sederhana seperti jalan kaki. Namun jika ragu apakah Anda akan mampu atau tidak, maka berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter atau tim kesehatan Anda.

Sumber : healthshots

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Life07 Juli 2024, 09:00 WIB

14 Ciri Orang yang Memiliki Harga Diri Tinggi, Apa Kamu Salah Satunya?

Orang yang memiliki harga diri tinggi membawa energi positif ke dalam kehidupan mereka sendiri dan kehidupan orang-orang di sekitar mereka.
Ilustrasi. Ciri Orang Memiliki Harga Diri Tinggi. (Sumber : Freepik/@jcomp)
Aplikasi07 Juli 2024, 08:00 WIB

46 Link Twibbon Tahun Baru Islam 2024, Gratis Download dan Lengkap Cara Menggunakannya

Dengan menggunakan Twibbon Tahun Baru Islam, Anda menunjukkan rasa bangga sebagai muslim dan ikut merayakan momen penting dalam agama.
Dengan menggunakan Twibbon Tahun Baru Islam, Anda menunjukkan rasa bangga sebagai muslim dan ikut merayakan momen penting dalam agama. (Sumber : twibbonize.com).
Life07 Juli 2024, 07:00 WIB

30 Ucapan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah yang Penuh Doa dan Harapan

Tahun Baru Islam adalah momen untuk memulai lembaran baru dan penuh dengan harapan baru.
Ilustrasi - Tahun Baru Islam adalah momen untuk memulai lembaran baru dan penuh dengan harapan baru. (Sumber : Freepik)
Science07 Juli 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 7 Juli 2024, Minggu Pagi Cerah Berawan di Semua Wilayah

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan di pagi hari pada Minggu 7 Juli 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan di pagi hari pada Minggu 7 Juli 2024. (Sumber : Pixabay.com)
Sukabumi06 Juli 2024, 21:03 WIB

Pawai Obor dan Tablig Akbar, Gebyar Tahun Baru Islam 1446 H di Desa Rambay Sukabumi

Warga dari enam kedusunan di Desa Rambay, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, memperingati 1 Muharam 1446 H
Gebyar 1 Muharam 1446 H di Desa Rambay Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Film06 Juli 2024, 21:00 WIB

Jimin dan Jungkook BTS akan Membintangi Acara Perjalanan Are You Sure

Dua member BTS yaitu Jimin dan Jungkook mengejutkan penggemar dengan merilis sebuah acara perjalanan bernama Are You Sure?!, yang akan tayang di Disney+ pada 8 Agustus 2024 mendatang.
Keliling Dunia, Jimin dan Jungkook BTS akan Membintangi Acara Perjalanan Are You Sure (Sumber : Instagram @/disneyplushotstarid)
Sukabumi06 Juli 2024, 20:53 WIB

Ribuan Warga Pawai Obor Rayakan Tahun Baru Islam 1446 H di Sagaranten Sukabumi

alam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 H, berbagai lapisan masyarakat dari 12 desa di Kecamatan Sagaranten, Kabupaten Sukabumi
Pawai obor meriahkan malam tahun baru Islam 1446 H di Sagaranten Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi Memilih06 Juli 2024, 20:29 WIB

Pelaku UMKM dan Pengusaha Jasa Konstruksi Sukabumi Dukung Iyos Somantri di Pilkada

Puluhan pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) serta pengusaha jasa di Kabupaten Sukabumi menyatakan dukungannya kepada Iyos Somantri sebagai bakal calon Bupati Sukabumi.
Pengusaha dukung Iyos Somantri di Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024 | Foto : Istimewa
Film06 Juli 2024, 20:00 WIB

5 Rekomendasi Anime Sci-Fi yang Seru dan Layak Ditonton Kembali

Anime Sci-Fi, atau singkatan dari Science Fiction, adalah genre anime yang mengangkat cerita-cerita fiksi ilmiah dengan berbagai macam tema dan subgenre.
Gintama -  Anime Sci-Fi, atau singkatan dari Science Fiction, adalah genre anime yang mengangkat cerita-cerita fiksi ilmiah dengan berbagai macam tema dan subgenre. (Sumber : crunchyroll.com).
Sukabumi Memilih06 Juli 2024, 19:26 WIB

Muraz-Andri Deklarasi Awal Agustus 2024, Koalisi Demokrat Golkar di Pilkada Kota Sukabumi

Pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi, Mohamad Muraz dan Andri Setiawan Hamami, dikabarkan akan mengadakan deklarasi pasangan calon pada awal Agustus 2024
Pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi, Mohamad Muraz dan Andri Setiawan Hamami | Foto : Istimewa