Ingin Hilangkan Lemak di Perut? 12 Gerakan Ini Bisa Jadi Solusinya!

Minggu 30 Juni 2024, 15:30 WIB
Ilustrasi. Beberapa gerakan olahraga bisa menghilangkan lemak perut dengan efektif. Sumber foto : Freepik/@freepik

Ilustrasi. Beberapa gerakan olahraga bisa menghilangkan lemak perut dengan efektif. Sumber foto : Freepik/@freepik

SUKABUMIUPDATE.com - Bagi mereka yang memiliki berat badan berlebih, terkadang lemak perut bisa sangat mengganggu penampilan. Tak jarang, ada juga orang yang punya berat badan sesuai tetapi lemak perutnya tetap terlihat.

Oleh karena itu, dibutuhkan beberapa gerakan pada olahraga yang ampun menghilangkan lemak perut, perut bergelambir, bahkan perut buncit. Gerakan-gerakan ini perlu dilakukan secara rutin, agar bisa terlihat hasilnya.

Mengutip dari laman healthshots, lemak perut bisa jadi lemak yang paling sulit dihilangkan! Pada wanita, perubahan hormon, stres, pola makan yang buruk, dan gaya hidup yang tidak banyak bergerak mungkin menjadi alasan utama di balik lemak perut.

Baca Juga: Diet Rendah Karbohidrat untuk Penderita Diabetes: Contoh Menu Sehat 1 Minggu

Meskipun penyebab kenaikan berat badan bisa beragam, untuk menghilangkannya diperlukan dedikasi pada rutinitas olahraga. Gerakan untuk perut sangat bermanfaat untuk membakar lemak perut berlebih.

Gerakan-gerakan ini secara khusus menargetkan otot inti dan perut, juga meningkatkan kekuatan dan kebugaran tubuh secara keseluruhan. Karena pengurangan lemak di titik tertentu hanyalah mitos, olahraga saja tidak akan membawa tubuh lebih dekat ke tujuan penurunan berat badan.

Berikut beberapa gerakan perut yang paling efektif untuk mengurangi lemak perut yang bisa dilakukan di rumah, sekaligus melatih otot-otot di seluruh tubuh, menurut laman healthshots. Latihan-latihan untuk perut rata ini dapat membantu Anda mengencangkannya.

  1. Sit-up

Gerakan perut seperti crunch merupakan salah satu latihan yang paling efektif untuk mengencangkan otot perut dan membakar lemak perut.

Untuk melakukan gerakan sit-up, berbaringlah telentang dengan lutut ditekuk dan telapak kaki menempel rata di lantai. Letakkan tangan di belakang kepala, siku di luar.

Angkat bahu dari lantai menggunakan otot perut, jaga punggung bawah tetap menempel di lantai. Buang napas saat Anda bangkit dan tarik napas saat kembali ke posisi awal. Lakukan tiga set dengan 15-20 repetisi.

Baca Juga: Suka Belajar, 12 Kebiasaan Cerdas yang Jarang Dilakukan Orang Biasa

  1. Mountain climbing

Mountain climbing dikenal sebagai gerakan seluruh tubuh yang menargetkan banyak kelompok otot, termasuk otot inti dan perut.

Untuk melakukan gerakan mountain climber, mulailah dengan posisi plank dengan kedua tangan tepat di bawah bahu.

Dorong satu lutut ke arah dada, lalu ganti kaki dengan cepat, seolah-olah Anda berlari di tempat. Jaga inti tubuh tetap aktif selama latihan. Lakukan latihan ini selama 30–60 detik sebanyak tiga set.

  1. Russian twist

Gerakan memutar ala Rusia melibatkan otot-otot miring, membantu mengencangkan sisi perut Anda. Ini juga meningkatkan kekuatan inti, stabilitas, dan keseimbangan.

Untuk melakukan gerakan Russian twist , duduklah di lantai dengan lutut ditekuk dan telapak kaki sedikit terangkat dari lantai. Condongkan tubuh sedikit ke belakang sambil menjaga punggung tetap lurus.

Genggam kedua tangan dan putar tubuh bagian atas ke kanan, lalu ke kiri, untuk menyelesaikan satu kali pengulangan. Anda dapat memegang beban atau bola obat di tangan. Lakukan tiga set dengan 20 gerakan memutar.

Baca Juga: Penderita Diabetes, Apa Arti Makan yang Benar Bagi Anda? Ini Kata Ahli Diet!

  1. Squat

Squat pada dasarnya adalah gerakan kaki, tetapi juga melibatkan otot inti. Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Sports Science and Medicine mengungkapkan bahwa melakukan squat dapat membantu mengurangi lemak tubuh, dan meningkatkan massa tubuh tanpa lemak serta kekuatan otot.

Untuk melakukan squat, berdirilah dengan kedua kaki selebar bahu. Turunkan tubuh seolah-olah Anda sedang duduk di kursi, jaga punggung tetap lurus dan lutut di belakang jari kaki. Kencangkan otot inti tubuh saat Anda kembali ke posisi awal. Lakukan tiga set dengan 15-20 repetisi.

  1. High knee

High knee adalah salah satu gerakan pembakaran lemak yang paling efektif. Latihan kaki ini menargetkan otot inti, tangan, bahu, dan kaki Anda.

Untuk melakukan gerakan high knee, berdirilah dengan kaki dibuka selebar pinggul. Angkat satu lutut ke dada, lalu segera beralih ke lutut lainnya. Lanjutkan gerakan ini dengan kecepatan berlari. Lakukan latihan ini selama 30–60 detik untuk tiga set.

Baca Juga: Public Speaking untuk Pemula Tak Hanya Materi Presentasi, Cek 10 Tips Ini!

  1. Bicycle crunch

Bicycle crunch sangat efektif untuk otot perut. Ini membantu mengencangkan area perut dan memperkuat otot inti Anda.

Untuk melakukan bicycle crunch, berbaring telentang dengan tangan di belakang kepala. Angkat kaki Anda dari lantai dan tekuk pada sudut 90 derajat. Dekatkan siku kanan ke lutut kiri sambil meluruskan kaki kanan. Ganti sisi dengan gerakan mengayuh. Bertujuan untuk tiga set 15-20 repetisi per sisi.

  1. V-up

Anda mungkin merasa kesulitan untuk melakukan gerakan V-up namun dengan latihan yang teratur, Anda bisa menguasai latihan ini. Ini menargetkan otot perut bagian atas dan bawah, membantu penurunan berat badan.

Untuk melakukan V-up, berbaring telentang dengan tangan direntangkan di atas dan kaki lurus. Angkat tubuh bagian atas dan kaki Anda secara bersamaan, raih jari-jari kaki hingga membentuk bentuk “V”. Turunkan diri Anda kembali ke posisi awal. Lakukan tiga set 10-15 repetisi.

  1. Tuck jumps

Tuck jumps adalah latihan plyometrik yang melibatkan inti. Gerakan ini melibatkan seluruh area perut, membantu meluruhkan lemak perut.

Untuk melakukan tuck jump, berdirilah dengan kaki dibuka selebar bahu. Lompat secara eksplosif, gerakkan lutut ke arah dada. Mendarat dengan lembut dan segera melompat lagi. Bertujuan untuk tiga set 10-15 repetisi.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Clean Eeating dalam Pola Makan Sehat, Sudah Tahu?

  1. Leg raise

Melakukan gerakan leg raise sangat baik untuk mengencangkan perut bagian bawah dan memperkuat seluruh inti, termasuk otot perut.

Untuk melakukan gerakan leg raise, berbaringlah telentang dengan kedua tangan di bawah pinggul sebagai penyangga. Jaga agar kaki tetap lurus dan angkat hingga membentuk sudut 90 derajat. Turunkan kembali kaki secara perlahan tanpa menyentuh lantai. Lakukan tiga set dengan 15-20 repetisi.

  1. Plank

Karena plank bekerja pada otot inti perut Anda, ini adalah gerakan yang bagus untuk mengurangi lemak perut yang membandel. Faktanya, plank juga dapat melatih otot kaki dan punggung Anda.

Untuk melakukan plank, mulailah dengan posisi plank lengan bawah dengan tubuh lurus dari kepala hingga tumit. Libatkan inti Anda dan pertahankan posisinya. Usahakan untuk menahan papan selama 30–60 detik, tingkatkan durasinya seiring bertambahnya kekuatan Anda. Lakukan tiga set.

  1. Push-up

Push-up terutama menargetkan tubuh bagian atas tetapi juga melibatkan inti. Ini adalah gerakan yang baik untuk dilakukan ketika Anda ingin meningkatkan kekuatan tubuh bagian atas dan membakar lemak.

Untuk melakukan push-up, mulailah dengan posisi plank dengan tangan sedikit lebih lebar dari selebar bahu. Turunkan tubuh hingga dada hampir menyentuh lantai, lalu dorong kembali ke atas. Jaga tubuh Anda dalam garis lurus selama latihan. Lakukan tiga set 10-15 repetisi.

Baca Juga: Pipa Bocor, Daftar Wilayah Terdampak Layanan Air Perumdam TJM Cisolok Sukabumi

  1. Burpees

Burpees menawarkan berbagai manfaat kebugaran. Mereka membantu meningkatkan stabilitas, keseimbangan, dan koordinasi. Jika dilakukan secara teratur, ini dapat meningkatkan kesehatan jantung dan meningkatkan pembakaran lemak serta penurunan berat badan.

Untuk melakukan burpees, mulailah berdiri, lalu turunkan tubuh ke posisi jongkok dan letakkan tangan Anda di lantai. Tendang kaki Anda kembali ke posisi papan, lakukan push-up, lalu lompat kembali ke tangan dan lompat secara eksplosif. Lakukan latihan ini selama 30-60 detik selama tiga set.

Sumber : healthshots

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Life02 Juli 2024, 14:15 WIB

6 Cara Membesarkan Anak Agar Percaya Diri Secara Fisik yang Perlu Orang Tua Terapkan

Membangun kepercayaan diri pada anak sangatlah penting, karena itu untuk menunjang kehidupan mereka.
Ilustrasi cara membesarkan anak agar percaya diri secara fisik (Sumber : Pexels.com/@jessica ticozzelli)
Sukabumi02 Juli 2024, 14:05 WIB

28 WNA yang Terdampar di Pantai Tegalbuleud Sukabumi Terancam Dideportasi

Kantor Imigrasi Sukabumi menyampaikan fakta baru bahwa puluhan WNA diduga imigran gelap tersebut mulanya berangkat dari Malaysia.
28 WNA saat digiring petugas untuk memasuki mobil Dalmas untuk dibawa ke Lapas Warungkiara Sukabumi. (Sumber : SU/Ilyas)
Food & Travel02 Juli 2024, 14:00 WIB

5 Wisata Kolam Renang di Sukabumi yang Cocok Dikunjungi Saat Liburan Sekolah

Wisata kolam renang di Sukabumi sangat cocok dikunjungi saat liburan sekolah bersama anak-anak.
Santa Sea Waterpark - Wisata kolam renang di Sukabumi sangat cocok dikunjungi saat liburan sekolah bersama anak-anak. (Sumber : Instagram/@santaseawaterpark).
Life02 Juli 2024, 13:45 WIB

10 Tips Membangun Karakter Kuat dan Percaya Diri Pada Anak Sejak Dini

Karakter kuat dan kepercayaan diri akan membantu anak-anak untuk menghadapi berbagai tantangan hidup.
Ilustrasi - Karakter kuat dan kepercayaan diri akan membantu anak-anak untuk menghadapi berbagai tantangan hidup. (Sumber : Pexels.com/@augustderichelieu)
Food & Travel02 Juli 2024, 13:30 WIB

Air Rebusan Simpel, Cara Membuat Seduhan Kayu Manis untuk Mengendalikan Gula Darah

Sebelum menambahkan kayu manis ke dalam rutinitas harian untuk tujuan kesehatan, terutama jika memiliki kondisi kesehatan atau sedang mengonsumsi obat-obatan, sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau profesional kesehatan.
Ilustrasi. Air Rebusan Kayu Manis (Sumber : Pixabay/Kasia)
Food & Travel02 Juli 2024, 13:15 WIB

Bosan Sarapan Telur? Coba 5 Resep Serba Alpukat, Aman untuk Penderita Diabetes

Alpukat bisa diolah menjadi berbagai menu sarapan sehat yang aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Simak 5 resepnya.
Ilustrasi sarapan serba alpukat yang aman dikonsumsi penderita diabetes (Sumber : Pexels.com/@SuzyHazelwood)
Food & Travel02 Juli 2024, 13:00 WIB

Simpel! Ini Cara Membuat Air Lemon untuk Menurunkan Berat Badan

Konsumsi air lemon sebagai rutinitas harian, dapat memberikan manfaat kesehatan yang ditawarkannya dan mendukung upaya penurunan berat badan.
Air Jeruk Nipis dan Lemon untuk Menurunkan Berat Badan (Sumber : Pixabay/JillWellington)
Life02 Juli 2024, 12:45 WIB

5 Tanda-tanda Mantan Ngarep Balikan, Kamu Pernah Merasakan?

Tanda mantan yang 'ngarep' balikan adalah perilaku yang sering kali menggambarkan keinginan mereka untuk memulai kembali hubungan yang telah berakhir.
Ilustrasi Tanda Mantan Ngarep Balikan (Sumber : pixabay.com/@clowq22)
Figur02 Juli 2024, 12:36 WIB

Bersama Eni Mulyasari, Ngobrol Viral Paduan Suara dan Lagu Jang yang Sarat Makna

Eni kemudian menceritakan soal lagu yang berjudul ‘Jang’ yang dipilih untuk dinyanyikan pada pentas paduan suara itu.
Banyak warganet memuji Eni Mulyasari, sang dirigen yang dianggap sukses membuat paduan suara SMK Terpadu Yaspida 2 Sukabumi tampil memukau di acara tersebut. (Sumber: SU/Asep Awaludin)
Sehat02 Juli 2024, 12:30 WIB

4 Resep Air Jeruk untuk Menurunkan Berat Badan, Cara Membuatnya Simpel!

Dengan mengonsumsi air jeruk secara bijak sebagai bagian dari diet seimbang, Anda dapat memanfaatkan manfaat kesehatannya dalam mendukung tujuan penurunan berat badan.
Ilustrasi. Air Jeruk untuk Menurunkan Berat Badan (Sumber : Pixabay/PhotoMix)