12 Olahraga yang Efektif Membakar Lemak Untuk Menurunkan Berat Badan

Minggu 30 Juni 2024, 13:30 WIB
Beberapa olahraga efektif membakar lemak untuk menurunkan berat badan. Sumber foto : Freepik/@pressahotkey

Beberapa olahraga efektif membakar lemak untuk menurunkan berat badan. Sumber foto : Freepik/@pressahotkey

SUKABUMIUPDATE.com - Bagi yang ingin menurunkan berat badan, aktivitas fisik dan olahraga adalah hal yang penting dilakukan. Sebab pembakaran lemak bisa terjadi lebih banyak saat fisik kita bergerak lebih banyak.

Beberapa olahraga mampu membakar lemak secara efektif dan membuat berat badan turun dengan cara yang sehat. Tentunya diperlukan konsistensi dan komitmen untuk bisa rutin melakukannya.

Mengutip dari laman healthshots, membakar lemak membandel tidak bisa dicapai dalam semalam. Dibutuhkan konsistensi, dedikasi, kerja keras dan kesabaran untuk mengikuti gaya hidup sehat dan rutinitas olahraga yang ketat.

Baca Juga: Suka Belajar, 12 Kebiasaan Cerdas yang Jarang Dilakukan Orang Biasa

Berikut ini 12 olahraga yang membakar lemak secara efektif untuk menurunkan berat badan, menurut laman healthshots :

  1. Berlari

Berlari adalah latihan kardiovaskular intensitas tinggi yang meningkatkan pembakaran kalori. Ini meningkatkan detak jantung dan melibatkan banyak kelompok otot, mendorong pembakaran lemak di seluruh tubuh. 

  1. Lompat

Lompat atau lompat tali adalah latihan seluruh tubuh yang meningkatkan koordinasi, daya tahan, dan kesehatan jantung. Ini menargetkan kaki, inti, dan lengan sekaligus meningkatkan pembakaran kalori.

  1. Lunge (tendangan terjang)

Paru-paru menargetkan otot-otot tubuh bagian bawah seperti paha depan, paha belakang, dan glutes. Ini membantu meningkatkan keseimbangan dan stabilitas dalam tubuh. Mereka efektif untuk membentuk kaki dan membakar kalori. 

Baca Juga: Sulit Diatur! Ternyata Ini 7 Sikap Anak yang Tidak Bisa Dikontrol Orang Tua

  1. Mendaki/Climbing

Mendaki adalah latihan dinamis yang melibatkan otot inti, bahu, dan kaki. Latihan ini meningkatkan detak jantung dengan cepat, mempercepat pembakaran kalori, dan meningkatkan kebugaran kardiovaskular.

  1. Berenang

Berenang merupakan olahraga berdampak rendah yang membakar kalori dan mengencangkan otot. Berenang meningkatkan daya tahan kardiovaskular dan menargetkan kelompok otot utama seperti punggung, lengan, dan kaki.

  1. Jongkok/Squat

Squat efektif untuk memperkuat tubuh bagian bawah, termasuk paha depan, paha belakang, dan bokong. Squat juga melibatkan otot inti dan membantu mengencangkan otot perut. Squat meningkatkan kekencangan otot secara keseluruhan dan meningkatkan pembakaran kalori.

Baca Juga: Public Speaking untuk Pemula Tak Hanya Materi Presentasi, Cek 10 Tips Ini!

  1. Bersepeda

Bersepeda merupakan latihan kardiovaskular yang memperkuat otot kaki dan meningkatkan daya tahan tubuh. Bersepeda membakar kalori secara efektif, terutama saat bersepeda dengan kecepatan sedang hingga tinggi.

  1. Deadlift

Deadlift adalah latihan gabungan yang menargetkan beberapa kelompok otot, termasuk punggung, glutes, paha belakang, dan inti. Mereka meningkatkan kekuatan keseluruhan dan laju metabolisme, membantu menghilangkan lemak.

  1. Kettlebell

Mengayunkan kettlebell merupakan latihan yang ampuh untuk membangun kekuatan dan meningkatkan kebugaran kardiovaskular. Latihan ini melibatkan rantai posterior, punggung, bokong, dan paha belakang sambil meningkatkan pembakaran kalori.

Baca Juga: Resep Sandwich Salad Telur Sehat dari Ahli Diet, Bikinnya Cuma 20 Menit!

  1. Push-up

Push-up memperkuat otot dada, bahu, trisep, dan inti. Push-up meningkatkan kekuatan dan stabilitas tubuh bagian atas serta meningkatkan detak jantung untuk pembakaran kalori yang berlebihan.

  1. Lompatan kotak

Lompatan kotak adalah latihan plyometrik yang meningkatkan daya ledak dan pembakaran kalori. Mereka menargetkan otot kaki, yang meliputi paha depan, paha belakang, dan betis, serta meningkatkan kebugaran kardiovaskular.

  1. Angkat lutut/High knee

High knee merupakan latihan kardio intensif yang meningkatkan detak jantung dan meningkatkan koordinasi serta stamina. Latihan ini melibatkan otot inti dan otot kaki sambil membakar kalori.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Clean Eeating dalam Pola Makan Sehat, Sudah Tahu?

Olahraga membakar lemak seperti squat, lari, dan latihan kekuatan, akan meningkatkan detak jantung dan metabolisme, membantu tubuh membakar kalori dengan lebih efisien. Mereka tidak hanya meningkatkan penurunan berat badan tetapi juga mengencangkan otot dan meningkatkan kesehatan jantung. 

Secara keseluruhan, memasukkan latihan ini ke dalam rutinitas dapat menghasilkan penurunan berat badan yang berkelanjutan, stamina yang lebih baik, dan fisik yang lebih kuat dan ramping.

Sumber : healthshots

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Figur02 Juli 2024, 12:36 WIB

Bersama Eni Mulyasari, Ngobrol Viral Paduan Suara dan Lagu Jang yang Sarat Makna

Eni kemudian menceritakan soal lagu yang berjudul ‘Jang’ yang dipilih untuk dinyanyikan pada pentas paduan suara itu.
Banyak warganet memuji Eni Mulyasari, sang dirigen yang dianggap sukses membuat paduan suara SMK Terpadu Yaspida 2 Sukabumi tampil memukau di acara tersebut. (Sumber: SU/Asep Awaludin)
Sehat02 Juli 2024, 12:30 WIB

4 Resep Air Jeruk untuk Menurunkan Berat Badan, Cara Membuatnya Simpel!

Dengan mengonsumsi air jeruk secara bijak sebagai bagian dari diet seimbang, Anda dapat memanfaatkan manfaat kesehatannya dalam mendukung tujuan penurunan berat badan.
Ilustrasi. Air Jeruk untuk Menurunkan Berat Badan (Sumber : Pixabay/PhotoMix)
Life02 Juli 2024, 12:15 WIB

5 Trik Jitu Membangun Lingkungan Kerja yang Nyaman, Yuk Simak

Kondisi lingkungan kerja yang kondusif mempengaruhi suasana hati dan kinerja mereka. Suasana yang tenang dan menyenangkan membuat karyawan merasa nyaman dan tidak tertekan.
Ilustrasi rik Jitu Membangun Lingkungan Kerja yang Nyaman (Sumber : pixabay.com/@nouw22)
Food & Travel02 Juli 2024, 12:14 WIB

Nikmati Kuliner Sunda di Kota Sukabumi! 12 Restoran Menu Tradisional Wajib Dikunjungi

Sukabumi menyuguhkan berbagai pilihan restoran yang memikat bagi pecinta masakan Sunda.
Ilustrasi liwet dan aneka menu khas sunda (Sumber: Pinterest @cookpad.com)
Motor02 Juli 2024, 12:00 WIB

10 Penyebab Motor Injeksi Mati Saat Digas dan Bagaimana Solusi Mengatasinya

Jika motor injeksi Anda tiba-tiba mati saat digas, jangan panik. Segera menepi ke tempat yang aman dan matikan mesin.
Ilustrasi - Jika motor injeksi Anda tiba-tiba mati saat digas, jangan panik. Segera menepi ke tempat yang aman dan matikan mesin. (Sumber : Freepik.com/@marymarkevich)
Aplikasi02 Juli 2024, 11:58 WIB

Perketat Pengamanan Rumah dengan Sensor Motion Berbasis Android

Perancangan sistem kamera pengawas memanfaatkan teknologi wireless yang memungkinkan diakses jarak jauh, dimanapun dan kapanpun oleh pemilik rumah.
Ilustrasi sensor motion (Sumber: freepik)
Food & Travel02 Juli 2024, 11:45 WIB

Pemula Wajib Tahu, 5 Tips Aman Solo Travelling Untuk Liburan Nanti

Tips solo traveling adalah panduan yang sangat berharga bagi mereka yang ingin menjelajahi dunia sendirian tanpa kekhawatiran berlebihan.
Ilustrasi. Tips Liburan Sendirian, Solo Traveling Lebih Tenang! (Sumber : pixabay.com/@OvidiuNegrea)
Sukabumi02 Juli 2024, 11:41 WIB

Hujan Picu Banjir Luapan Sungai Cimunjul di Ciambar Sukabumi, Tiga Rumah Terendam

Tiga rumah terendam banjir luapan Sungai Cimunjul di Ciambar Sukabumi, tiga belas warga terdampak. Bencana alam ini dipicu hujan deras dengan durasi lama.
Kondisi rumah yang terendam banjir luapan Sungai Cimunjul di Ciambar Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Life02 Juli 2024, 11:30 WIB

Pusing Anak Laki-laki Tidak Mau Diam dan Sulit Diatur? Atasi dengan 10 Cara Ini!

Tetapkan aturan yang jelas dan rutinitas harian agar anak lebih tertib. Anak-anak cenderung merasa lebih aman dan tahu apa yang diharapkan ketika ada struktur yang konsisten.
Ilustrasi. Cara Mengatasi Anak Laki-laki yang Sulit Diatur dan Tidak Mau Diam (Sumber : Freepik/@freepik)
Food & Travel02 Juli 2024, 11:15 WIB

Yuk Simak, 7 Tips Liburan Seru dan Aman Bersama Keluarga

Merencanakan liburan saat mudik membutuhkan persiapan yang matang agar perjalanan bersama keluarga tetap nyaman dan menyenangkan.
Ilustrasi Tips Liburan Seru dan Aman Bersama Keluarga (Sumber : Pixabay.com/@labwan22)