Kapan Waktu yang Tepat Untuk Jalan Kaki? Ini Jam Efektif Agar Berat Badan Turun

Sabtu 29 Juni 2024, 22:00 WIB
Ilustrasi - Inilah waktu yang tepat dan efektif untuk jalan kaki agar berat badan turun. (Sumber : Freepik.com).

Ilustrasi - Inilah waktu yang tepat dan efektif untuk jalan kaki agar berat badan turun. (Sumber : Freepik.com).

SUKABUMIUPDATE.com - Salah satu cara efektif menurunkan berat badan tanpa olahraga yang berat adalah jalan kaki. Jalan kaki termasuk dalam aktivitas fisik sederhana namun mampu membakar banyak kalori jika rutin dilakukan.

Namun, banyak orang kebingungan menentukan kapan waktu yang tepat untuk jalan kaki jika ingin turun berat badan secara efektif. Oleh karena itu, mengetahui kapan waktu beraktivitas fisik yang tepat untuk membakar kalori sangatlah penting.

Mengutip dari laman LiveWell Dorset, jalan kaki adalah cara sederhana dan efektif untuk meningkatkan kesehatan fisik dan mental. Ini dapat membantu membakar kalori, mengurangi stres, meningkatkan suasana hati, dan bahkan menurunkan tekanan darah.

Waktu yang dipilih untuk berjalan-jalan biasanya bergantung pada preferensi, tujuan, dan jadwal pribadi individu. Meskipun berjalan kaki kapan saja sepanjang hari lebih baik daripada tidak berjalan sama sekali, baik jalan pagi maupun sore hari memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Manfaat jalan kaki pagi hari

• Jalan pagi dapat memberi tubuh energi dan semangat, sehingga memberi awal yang positif di hari yang dijalani.

• Penurunan berat badan dapat lebih tercapai dengan jalan pagi, karena dapat mengurangi nafsu makan sekaligus meningkatkan metabolisme untuk hari berikutnya.

• Tidur yang lebih baik dan jam tubuh yang disesuaikan dengan baik dapat dicapai melalui jalan pagi, membantu mengatur ulang ritme sirkadian.

• Jalan-jalan pagi dapat membantu menghindari lalu lintas dan polusi udara, yang umumnya lebih rendah selama beberapa jam pertama setelah matahari terbit.

Manfaat jalan kaki sore hari

• Bersantai dan rileks setelah hari yang panjang lebih mudah dilakukan dengan jalan-jalan sore, yang juga dapat membantu mengelola stres dan kecemasan, yang pada akhirnya meningkatkan kesehatan mental.

• Jalan-jalan sore setelah makan malam dapat membantu mengontrol kadar gula darah dan meningkatkan pencernaan, sekaligus mencegah naiknya asam lambung.

• Menjelang malam, otot-otot sudah menjalani pemanasan seharian. Ini dapat membuat jalan malam lebih efisien karena memungkinkan tubuh menambah tenaga pada langkah.

• Jalan-jalan sore dapat membantu tidur dengan membantu relaksasi, mengurangi stres, dan mengatur ritme sirkadian masing-masing, yang pada akhirnya menghasilkan istirahat malam yang lebih baik.

Jika motivasi utama jalan kaki adalah untuk menurunkan berat badan, baik jalan pagi maupun sore hari dapat membantu mencapai tujuan dan target seseorang.

Namun, mungkin ada beberapa perbedaan dalam pengaruhnya terhadap kemajuan penurunan berat badan setiap orang. Waktu terbaik untuk berjalan kaki demi menurunkan berat badan mungkin bergantung pada preferensi pribadi dan gaya hidup masing-masing.

Jalan kaki pagi hari dapat membantu membakar lemak dengan lebih efisien karena tubuh menggunakan lemak sebagai sumber energi utamanya saat berolahraga sebelum sarapan. Ini juga dapat membantu tubuh menekan rasa lapar dan mengurangi godaan untuk ngemil sepanjang hari.

Jalan kaki di sore atau malam hari dapat membantu membakar lebih banyak kalori secara keseluruhan, karena tubuh menggunakan lebih banyak energi saat berolahraga setelah makan. Jalan kaki juga dapat membantu mencegah makan berlebihan di malam hari dan mengurangi lonjakan gula darah setelah makan malam.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi01 Juli 2024, 22:03 WIB

Idap Tumor Ganas di Wajah, Kakek Asal Parakansalak Sukabumi Butuh Uluran Tangan

Sejak awal tahun 2023, kondisi kesehatan Kakek Madron terus memburuk, membuat aktivitasnya sangat terbatas. Wajahnya mengalami pembengkakan yang semakin membesar
Kakek Madron (69 tahun) warga Parakansalak Sukabumi mengidap tumor ganas di wajah | Foto : Ibnu Sanubari
Food & Travel01 Juli 2024, 21:31 WIB

Mengenal Bakar Tongkang, Tradisi Tionghoa di Bagansiapiapi Riau yang Jadi Event Nasional

Festival Bakar Tongkang di Kota Bagansiapiapi, Rokan Hilir, Riau, tiap tahunnya menyedot puluhan ribu wisatawan, baik lokal dan wisatawan mancanegara.
Prosesi pembakaran replika tongkang di Festival Bakar Tongkang Bagansiapiapi Riau. (Sumber : SU/Denis)
Sehat01 Juli 2024, 21:00 WIB

Cara Membuat Teh Jahe Segar untuk Mengobati Asam Urat, Simpel dan Mudah!

Teh jahe bukanlah obat untuk asam urat. Teh jahe hanya membantu meredakan gejala dan membantu mencegah serangan.
Ilustrasi. Teh jahe bukanlah obat untuk asam urat. Teh jahe hanya membantu meredakan gejala dan membantu mencegah serangan. Sumber foto : Freepik/@jcomp
Sukabumi01 Juli 2024, 20:29 WIB

Dinkes Temukan Bakteri Di Sampel Makanan Keracunan Massal Sagaranten Sukabumi

Kepala UPTD Puskesmas Sagaranten, Sudarna Sukmana, menyatakan bahwa pihaknya telah menerima hasil Labkesda Provinsi Jawa Barat dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi.
Dinas Kesehatan Sukabumi sudah menerima hasil labkesda terkait sampel makanan keracunan massal di Sagaranten Sukabumi | Foto : Ilustrasi / Pixabay
Sehat01 Juli 2024, 20:00 WIB

Asam Urat Gak Serem Lagi: 13 Cara Alami Mencegahnya Agar Tidak Kembali

Obat asam urat alami dapat meredakan rasa sakitnya hingga bengkak di area persendian.
Ilustrasi - Obat asam urat alami dapat meredakan rasa sakitnya hingga bengkak di area persendian. (Sumber : Pexels.com/@Anna Tarazevich).
Sukabumi01 Juli 2024, 19:59 WIB

Sidat Banyak Diburu Di Sungai-sungai Sukabumi, Ternyata Banyak Manfaatnya

Ikan sidat atau lubang banyak ditemukan di sejumlah sungai yang berada di Sukabumi. Lalu, kenapa banyak yang berburu ikan sidat. Apa manfaat dan kelebihannya.
Ikan Sidat / Lubang yang ditangkap warga di Sungai Cimarinjung Sukabumi | Foto : Sukabumi Update
Gadget01 Juli 2024, 19:00 WIB

10 Langkah Mengatasi Laptop Lemot Secara Efektif, Jadi Lancar Kembali Loh!

Laptop lemot bagaikan mimpi buruk bagi para penggunanya. Aktivitas terhambat, frustrasi melanda, dan pekerjaan pun tertunda.
Ilustrasi - Laptop lemot bagaikan mimpi buruk bagi para penggunanya. Aktivitas terhambat, frustrasi melanda, dan pekerjaan pun tertunda. (Sumber : Freepik.com/@jcomp).
Sukabumi01 Juli 2024, 18:50 WIB

Perumdam TJM Sukabumi Cabang Cibadak Lakukan Pemeliharaan Jaringan Pipa

Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Jaya Mandiri (Perumdam TJM) Sukabumi cabang Cibadak melaksanakan pemeliharaan jaringan pipa berdiameter 6 inci di Jalan Karangtengah, Desa Karangtengah
Petugas Perumdam TJM Cibadak saat memperbaiki pipa pelayanan air minum di Desa Karangtengah, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Senin (1/7/2024) | Foto : Dok. Perumdam TJM
Internasional01 Juli 2024, 18:20 WIB

66 Ribu Lebih Jemaah Haji Indonesia Kembali ke Tanah Air, 336 Orang Wafat di Tanah Suci

Berikut daftar kloter jemaah haji Indonesia yang telah dan akan diterbangkan ke Tanah Air Senin, 1 Juli 2024.
Jemaah haji Indonesia di paviliun Bandara Jeddah, bersiap pulang ke tanah air. | Sumber Foto: Kemenag RI
Arena01 Juli 2024, 18:13 WIB

Artis Cantik Asal Sukabumi Mutia Ayu Kepergok Main Voli Tarkam di Cikangkung

Artis Mutia Ayu, yang berasal dari Sukabumi, kepergok sedang bermain voli tarkam (antar kampung) di Cikangkung. Kehadirannya dalam turnamen tersebut terkonfirmasi melalui unggahan di Instagram pribadinya pada Senin (1/7/2024).
Mutia Ayu saat bermain voli tarkan di Cikangkung Sukabumi | Foto : Capture instagram @mutia_ayuu