6 Jenis Makanan Cepat Saji yang Aman bagi Penderita Diabetes, Gak Bikin Kadar Gula Darah Naik

Sabtu 29 Juni 2024, 15:45 WIB
Ilustrasi - Ilustrasi makanan cepat saji yang aman dikonsumsi penderita diabetes. (Sumber : Pexels.com/@Robin Stickel).

Ilustrasi - Ilustrasi makanan cepat saji yang aman dikonsumsi penderita diabetes. (Sumber : Pexels.com/@Robin Stickel).

SUKABUMIUPDATE.com - Sudah menjadi hal lumrah bahwa penderita diabetes harus makan secara teratur agar kadar gula darah tetap terkendali.

Meskipun demikian, saat akan bepergian, pengidap penyakit gula juga tidak mungkin menyiapkan setiap makanan dan camilan dari awal di rumah.

Sehingga, makanan cepat saji adalah satu-satunya pilihan yang bisa dikonsumsi walaupun jenis makanan ini memiliki reputasi tinggi karbohidrat, lemak jenuh, dan tambahan gula.

Terkait hal tersebut, orang dengan riwayat kadar gula darah tinggi tak perlu khawatir karena ada beberapa jenis makanan cepat saji yang aman untuk dikonsumsi.

Hal ini juga berlaku bagi Anda yang baru didiagnosis menderita diabetes, sehingga wajib menerapkan aturan pola makan guna mengontrol kadar gula darah dan menjaga berat badan tetap ideal.

Berikut jenis-jenis makanan cepat saji yang aman dikonsumsi oleh penderita diabetes agar kadar gula darah tetap terjaga, sebagaimana dikutip dari laman verywellhealth:

Makanan Cepat Saji untuk Dipilih

1. Restoran Hamburger

Di sini, penderita diabetes bisa memilih burger berukuran besar, kentang goreng, dan milkshake. Namun tetap berpedoman pada:

  • Burger biasa atau junior atau sandwich ayam panggang dengan roti gandum (jika tersedia)
  • Bahan tambahan burger/sandwich seperti sayuran (selada, tomat, bawang bombay) dan bumbu termasuk mustard, salsa, saus pedas, saus tomat (hati-hati dengan tambahan gula)
  • Salad pendamping (saus ringan, tanpa crouton)
  • Soda diet, limun yang sedikit dimaniskan, es teh tanpa pemanis, air
  • Salad hidangan utama (sayuran hijau dan sayuran segar lainnya, kacang-kacangan, buncis, ayam panggang, saus ringan tanpa tambahan gula)
  • Oatmeal dengan buah
  • Parfait yogurt dengan buah

2. Restoran Sandwich

Anda bisa memesan menu seperti berikut: 

  • Ayam panggang berukuran enam inci, dada kalkun, atau potongan daging dingin tanpa lemak
  • Tambahan sandwich: selada, tomat, bawang bombay, acar, guacamole
  • Apel atau buah segar lainnya
  • Soda diet, teh tanpa pemanis, limun rendah gula, air

 

3. Restoran Ayam Goreng

Secara umum, unggas adalah pilihan cerdas saat mengikuti pola makan ramah diabetes, kecuali jika dilapisi tepung roti atau dicelupkan ke dalam tepung dan digoreng.

Versi ini tidak hanya menambahkan karbohidrat tetapi juga lemak jenuh dan kalori ke item menu di restoran seperti KFC (Kentucky Fried Chicken) dan Popeyes .

Di restoran ini, Anda bisa pesan:

  • Ayam panggang tanpa kulit
  • Kacang hijau
  • Selada kol

 

4. Restoran Cina

Nasi putih adalah makanan pokok masakan Asia, tetapi merupakan sumber karbohidrat yang banyak. 6 Saat mengunjungi restoran Cina, fokuslah pada sayuran dan protein yang tidak dilapisi tepung roti.

Di sini, Anda bisa memesan menu sebagai berikut:

  • Nasi merah (porsi kecil)
  • Kentang goreng yang mengandung protein dan sayuran tanpa lemak dan tanpa tepung
  • Brokoli kukus

 

5. Restoran Tex-Mex

Di restoran ini, Anda pengidap penyakit gula bisa memesan makanan enak seperti:

  • Tortilla jagung atau gandum utuh
  • Daging sapi panggang, ayam, atau ikan
  • Kacang utuh yang dimasak
  • Beras merah
  • Guacamole/alpukat
  • Selada, tomat, salsa segar atau pico de gallo

6. Kedai Kopi dan Kue Kering

Berbagai jaringan kopi dan kue serupa menyajikan macam-macam makanan yang tidak sesuai dengan pola makan atau minum yang baik bagi penderita diabetes, karena banyak minuman kopi manis dan kue-kue kaya karbohidrat.

Namun, sebagian besar juga menawarkan pilihan yang aman bagi orang yang memperhatikan asupan karbohidrat dan lemaknya, seperti di bawah ini:

  • Kopi biasa atau tanpa kafein, panas atau es, tanpa pemanis atau dibumbui dengan rempah-rempah atau sirup rendah gula
  • Sandwich sarapan dalam bungkus gandum utuh
  • Telur sous vide.

Namun penting untuk dicatat, sebelum Anda mencoba mengonsumsi makanan cepat saji ini, disarankan untuk berkonsultasi dahulu dengan ahli kesehatan atau dokter. Ahli kesehatan dapat memberikan saran diet yang tepat untuk Anda, termasuk seberapa sering dan berapa banyak Anda boleh mengonsumsi makanan cepat saji.

 

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Nasional02 Juli 2024, 22:17 WIB

Ombudsman Ingatkan Sekolah Tidak Menjual Seragam pada PPDB

Lembaga pengawasan Ombudsman perwakilan NTB mengingatkan agar sekolah tidak menjual baju seragam maupun bahan baju seragam pada pelaksanaan PPDB.
Ilustrasi bahan seragam sekolah | Foto : Pixabay
Sukabumi Memilih02 Juli 2024, 21:51 WIB

Rayu PKS Gabung Koalisi Sulanjana, Fikri Bertemu Sodikin Untuk Pilkada Sukabumi

Tokoh muda yang siap menjadi Bakal calon (Bacalon) Wakil Bupati Sukabumi, Fikri Abdul Aziz  bertemu dengan Ketua DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Sukabumi, M Sodikin.
Bakal Calon Wakil Bupati, Fikri Abdul Aziz dan M. Sodikin saat bertemu membahas Pilkada Sukabumi 2024 | Foto : Sukabumi Update
Sukabumi02 Juli 2024, 21:11 WIB

Bupati Sukabumi Akan Serahkan Raperda LPj APBD 2023 ke Gubernur untuk Evaluasi

Bupati Sukabumi, Marwan Hamami, mengumumkan bahwa Raperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2023 telah resmi disahkan menjadi Peraturan Daerah (Perda)
Marwan Hamami, Bupati Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Life02 Juli 2024, 21:00 WIB

10 Bahasa Tubuh Wanita yang Diam-diam Menyukaimu, Dia Memendam Rasa!

Bahasa tubuh adalah salah satu cara terbaik untuk memahami perasaan seseorang, dan wanita sering kali menunjukkan melalui tanda-tandanya.
Ilustrasi - Bahasa tubuh adalah salah satu cara terbaik untuk memahami perasaan seseorang, dan wanita sering kali menunjukkan melalui tanda-tandanya. (Sumber : Freepik.com).
Nasional02 Juli 2024, 20:41 WIB

Hacker Bakal Berikan Kunci Enkripsi Pusat Data Nasional yang Diretas

Kelompok hacker, Brain Chiper, yang diduga meretas Pusat Data Nasional (PDNS), membuat pengumuman yang mengejutkan publik. Hal itu diungkap akun perusahaan intelijen siber @stealthmole_int di X.
Brain Chiper, yang diduga peretas Pusat Data Nasional (PDNS), menyebutkan bahwa kunci untuk membuka akses enkripsi PDNS 2 akan diberikan pada Rabu, 3 Juli 2024 | Foto : Ilustrasi
DPRD Kab. Sukabumi02 Juli 2024, 20:06 WIB

Paripurna DPRD Kabupaten Sukabumi Tetapkan Laporan APBD 2023 Menjadi Perda

DPRD Kabupatem Sukabumi, menggelar Rapat Paripurna untuk menetapkan hasil laporan tentang pertanggungjawaban pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2023, menjadi peraturan daerah (Perda).
Rapat Pipurna DPRD Kabupaten Sukabumi tentang pertanggungjawaban pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2023 | Foto : Istimewa
Gadget02 Juli 2024, 20:00 WIB

3 Rekomendasi HP dengan RAM Besar Harga Mulai Rp3 Jutaan Saja!

HP dengan RAM besar memungkinkan Anda untuk menjalankan aplikasi-aplikasi produktivitas dengan lancar dan tanpa hambatan.
Ilustrasi - HP dengan RAM besar memungkinkan Anda untuk menjalankan aplikasi-aplikasi produktivitas dengan lancar dan tanpa hambatan. (Sumber : samsung.com/Mi.co.id).
Nasional02 Juli 2024, 19:05 WIB

Penjambret Beraksi Di Jakarta Ditangkap Di Sukabumi: Ini Kronologi dan Identitasnya

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Ade Ary Syam Indradi mengatakan pihaknya telah menangkap dua penjambret yang beraksi di arena Car Free Day Jalan Sudirman, Jakarta Pusat
Penjambret tertangkap kamera fotografer saat beraksi di car fre day di Sudirman Jakarta | Foto : @zakwanoe di X (Twitter)
Sehat02 Juli 2024, 19:00 WIB

Rebusan Daun Salam untuk Mengobati Asam Urat, Gula Darah dan Kolesterol

Rebusan daun salam dipercaya dapat membantu mengobati berbagai penyakit seperti asam urat, gula darah dan kolesterol.
Ilustrasi - Rebusan daun salam dipercaya dapat membantu mengobati berbagai penyakit seperti asam urat, gula darah dan kolesterol. (Sumber : YouTube/@Classic Bakes).
Sukabumi Memilih02 Juli 2024, 18:18 WIB

Bersaing di Pilbup Sukabumi, Asjap dan Iyos Kompak Hadiri Acara DPP Golkar: Ini Kata Relawan

Bakal calon bupati Sukabumi, Asep Japar dan Iyos Somantri kompak menghadiri acara DPP Partai Golkar, pada Minggu 30 Juni 2024, di Jakarta.
Asep Japar dan Iyos Somantri kompak hadiri acara DPP Partai Golkar | Foto : Istimewa