Luar Biasa, Begini 7 Cara Cuka Apel Bantu Atasi Penyumbatan Jantung

Sabtu 29 Juni 2024, 11:30 WIB
Ilustrasi Cuka apel memiliki cara untuk membantu mengatasi penyumbatan jantung (Sumber : Freepik.com/@rawpixel.com)

Ilustrasi Cuka apel memiliki cara untuk membantu mengatasi penyumbatan jantung (Sumber : Freepik.com/@rawpixel.com)

SUKABUMIUPDATE.com - Bahan herbal seperti cuka apel atau Apple Cider Vinegar (ACV) sudah kian populer di kalangan mereka yang ingin mencegah penyumbatan jantung. Sebab, cuka apel memiliki manfaat yang luar biasa bagi tubuh.

Dengan kandungannya yang kaya nutrisi, mampu mengatasi penyumbatan jantung serta masalah kesehatan lainnya seperti kolesterol, diabetes dan lain-lain. Oleh karena itu, mengonsumsi cuka apel secara rutin tiap pagi adalah hal baik bagi tubuh.

Mengutip dari laman The Health Site, penyakit arteri koroner, yang biasa disebut dengan penyumbatan jantung, adalah kondisi kesehatan serius yang seringkali dapat menyebabkan kematian jika perawatan yang tepat tidak dilakukan tepat waktu.

Baca Juga: 10 Sikap yang Membuat Orang Lain Merasa Tidak Nyaman Saat di Dekatmu

Arteri jantung yang tersumbat terutama disebabkan oleh penumpukan plak yang merupakan campuran kolesterol, lemak, dan zat lain di arteri. Proses ini, yang dikenal sebagai aterosklerosis, mempersempit arteri dan membatasi aliran darah ke jantung.

Faktor-faktor seperti merokok, kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, diabetes, dan kurangnya aktivitas fisik meningkatkan risiko terjadinya penyumbatan arteri. Dan cuka apel menjadi salah satu pengobatan herbal yang bisa mengatasi kondisi tersebut.

Berikut ini 7 cara cuka apel bantu mengatasi masalah penyumbatan jantung, menurut laman The Health Site:

Baca Juga: Kadar Gula Darah Terkendali, 4 Makanan Manis yang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes

1. Membantu Menurunkan Kadar Kolesterol (Kolesterol Jahat LDL)

Para ahli menyatakan bahwa cuka apel (ACV) dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh dengan mengurangi kolesterol LDL. Konsumsi cuka apel dapat mencegah penumpukan plak di arteri, yang merupakan penyebab umum penyumbatan jantung.

2. Membantu Mengatur Tekanan Darah

Ya, benar, cuka apel mengandung asam asetat, yang dikaitkan dengan penurunan tekanan darah. Memulai hari dengan suntikan ACV secara teratur dapat membantu mengatur tekanan darah dan mengurangi risiko masalah terkait jantung.

3. Membantu Dalam Meningkatkan Sirkulasi Darah

Nutrisi yang terkandung dalam cuka apel (ACV), seperti kalium, dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah. Jika sirkulasi darah berjalan lancar, jantung akan menerima pasokan oksigen dan nutrisi yang cukup, sehingga mengurangi kemungkinan terjadinya penyumbatan.

Baca Juga: Masih Boleh Makan Purin Kok! Ini 14 Tips Bebas Asam Urat dengan Cara Alami

4. Kaya Akan Sifat Anti-Peradangan

Cuka apel hadir dengan sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan pada tubuh, termasuk pada arteri. Meminum suntikan ACV saat perut kosong dapat mencegah pengerasan arteri dan meningkatkan kesehatan jantung.

5. Membantu Melarutkan Penumpukan Plak

Asam asetat dalam cuka apel dapat membantu melarutkan plak yang menumpuk di arteri. Hal ini dapat membersihkan arteri dan meningkatkan aliran darah ke jantung, sehingga mengurangi risiko serangan jantung dan masalah kardiovaskular lainnya.

6. Membantu Mengelola Kadar Gula Darah

Aspek lain dalam mengelola kesehatan arteri jantung adalah menjaga kestabilan kadar gula darah. Cuka apel telah terbukti meningkatkan sensitivitas insulin dan menurunkan kadar gula darah, sehingga dapat membantu mencegah masalah jantung terkait diabetes.

7. Mendukung Kesehatan Jantung

Selain semua manfaat ACV, ada satu hal lagi yang perlu ditonjolkan. Cuka apel dapat meningkatkan kesehatan kardiovaskular secara keseluruhan. Dengan memasukkan cuka apel ke dalam pola makan seimbang dan gaya hidup sehat, seseorang dapat mendukung kesehatan jantungnya dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Baca Juga: Kenali Jenis Makanan Wajib Dihindari dan Dikonsumsi Bagi Penderita Diabetes

Menambahkan cuka apel ke rutinitas diet harian dapat membantu mengelola kesehatan jantung. Namun, penting untuk berkonsultasi dengan ahli gizi atau dokter sebelum membuat perubahan apa pun pada rutinitas dan asupan harian.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Food & Travel04 Juli 2024, 07:00 WIB

Camilan untuk Menurunkan Berat Badan, Apakah Ngemil Itu Sehat?

Diet untuk menurunkan berat badan tidak harus berarti mengabaikan camilan lezat. Lantas, Apakah Ngemil Itu Sehat?
Ilustrasi. Camilan untuk Menurunkan Berat Badan, Apakah Ngemil Itu Sehat? (Sumber : Pexels/shvetsproduction)
Food & Travel04 Juli 2024, 06:00 WIB

278 Kalori/Porsi, Resep Pumpkin Pie Bebas Gula untuk Makanan Penutup Sehat

Pumpkin Pie terbuat dari labu yang telah dihaluskan dan dicampur dengan berbagai bahan.
Ilustrasi. Pumpkin Pie Bebas Gula (Sumber : Pexels/MikeBird)
Science04 Juli 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 4 Juli 2024, Langit Sukabumi Siang-Dini Hari Berawan

BMKG Jawa Barat memprediksi pada Kamis 4 Juli 2024 Sukabumi dalam kondisi berawan dari siang hingga dini hari.
Ilustrasi - BMKG Jawa Barat memprediksi pada Kamis 4 Juli 2024 Sukabumi dalam kondisi berawan dari siang hingga dini hari. (Sumber : Pixabay.com/fietzfotos)
Sukabumi03 Juli 2024, 23:14 WIB

Warga Nangerang Sukabumi Gotong Royong Perbaiki Jembatan Putus Akibat Banjir

Warga Nangerang Sukabumi secara swadaya berinisiatif perbaiki sendiri jembatan bambu yang putus akibat banjir. Berharap pemda bangun jembatan permanen.
Potret warga inisiatif perbaiki sendiri jembatan bambu yang putus akibat banjir di Desa Nangerang Jampangtengah Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Nasional03 Juli 2024, 21:37 WIB

Dipecat DKPP dari Jabatan Ketua KPU, Hasyim Asy'ari Ucap Alhamdulillah

Respons Hasyim Asy'ari usai dipecat dari jabatan Ketua KPU RI oleh DKPP karena terbukti melanggar kode etik dalam kasus asusila.
Eks Ketua KPU Hasyim Asy'ari menanggapi putusan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP). | Sumber Foto: Suara.com/Novian.
Life03 Juli 2024, 21:00 WIB

6 Bahasa Tubuh Wanita yang Sedang Jatuh Cinta Kepadamu, Yuk Kenali

Wanita yang jatuh cinta sering kali menunjukkan bahasa tubuh yang halus namun jelas.
Ilustrasi - Wanita yang jatuh cinta sering kali menunjukkan bahasa tubuh yang halus namun jelas. (Sumber : Freepik/freepik)
Sukabumi03 Juli 2024, 20:39 WIB

Dinas PU Kabupaten Sukabumi Muluskan Jalan Alternatif Cibadak-Nagrak

Dinas PU Kabupaten Sukabumi rampungkan perbaikan ruas Karangtengah-Sinagar. Jalan alternatif Cibadak-Nagrak mulus tak berlubang.
Dinas PU Kabupaten Sukabumi pastikan perbaikan jalan alternatif Cibadak-Nagrak rampung. (Sumber : Istimewa)
Sehat03 Juli 2024, 20:30 WIB

Makan Enak dengan 11 Karbohidrat Sehat untuk Penderita Diabetes: Gula Darah Stabil

Tidak semua karbohidrat buruk bagi penderita diabetes. Ada beberapa pilihan karbohidrat terbaik yang direkomendasikan oleh ahli diet.
Iustrasi - Tidak semua karbohidrat buruk bagi penderita diabetes. Ada beberapa pilihan karbohidrat terbaik yang direkomendasikan oleh ahli diet. (Sumber : Freepik/@topntp26)
Sukabumi03 Juli 2024, 20:16 WIB

Disdik Kabupaten Sukabumi Raih Penghargaan P4GN dari BNNK

Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi, menerima penghargaan Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika tingkat Kabupaten Sukabumi dari BNNK Sukabumi
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi, Eka Nandang Nugraha saat menerima pengharagaan P4GN tahun 2024 | Foto : Istimewa
Life03 Juli 2024, 20:15 WIB

Punya Masalah Berat Badan? Simak 5 Olahraga yang Aman Untuk Orang Obesitas

Orang yang memiliki berat badan berlebih atau hingga obesitas, perlu menentukan olahraga dengan tepat dan minim cedera, namun tetap berdampak menurunkan berat badan dan lemak di tubuhnya.
Ilustrasi nilah waktu yang tepat untuk olahraga menurunkan berat badan menurut ahli (Sumber : Freepik.com/@studioredcup)