Ketahui Kandungan dan Keuntungan Mengonsumsi Black Garlic Secara Rutin

Sabtu 29 Juni 2024, 10:00 WIB
Ilustrasi Beberapa kandungan pada black garlic menguntungkan tubuh jika dikonsumsi rutin (Sumber : YouTube CookingWithMamaMui)

Ilustrasi Beberapa kandungan pada black garlic menguntungkan tubuh jika dikonsumsi rutin (Sumber : YouTube CookingWithMamaMui)

SUKABUMIUPDATE.com - Bawang putih hitam atau black garlic adalah bawang putih mentah segar (Allium sativum) yang berubah seiring waktu melalui penggunaan panas rendah dan kelembapan sekitar 70%.

Black garlic atau bawang putih hitam kini makin populer di kalangan pencinta herbal karena mereka yang rutin mengonsumsinya mendapatkan berbagai keuntungan pada kesehatan tubuhnya.

Mengutip dari laman WebMD, Meskipun bawang putih hitam tampaknya baru muncul, bawang putih hitam telah ada dan digunakan selama berabad-abad. Asal usulnya tidak jelas, tetapi bawang putih hitam bermula di Asia jauh sebelum menjadi populer di Amerika Serikat.

Baca Juga: 10 Sikap yang Membuat Orang Lain Merasa Tidak Nyaman Saat di Dekatmu

Kandungan Nutrisi Black Garlic Per Porsi

Dalam 15 gram bawang putih hitam kupas, terdapat:

• Kalori: 20
• Protein : 0,5 gram
• Lemak : 1 gram
• Karbohidrat: 2 gram
• Serat : 0,5 gram
• Gula : 4 gram

Bawang putih hitam juga mengandung sejumlah besar:

• Vitamin C
• Vitamin B (B1, B2, B3 , B6 )
• Folat
• Kalsium
• Mangan
• Magnesium
• Fosfor
• Seng
• Besi

Meskipun bawang putih hitam memiliki lebih sedikit senyawa aktif allicin daripada bawang putih mentah segar, bawang putih hitam memiliki konsentrasi yang lebih tinggi dari banyak nutrisi, antioksidan, dan senyawa bermanfaat lainnya.

Baca Juga: Kadar Gula Darah Terkendali, 4 Makanan Manis yang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes

Keuntungan Mengonsumsi Black Garlic Secara Rutin

1. Kesehatan Hati

Bawang putih hitam dapat membantu meningkatkan kesehatan hati Anda. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa makanan tersebut dapat membantu menurunkan penanda cedera hati setelah kerusakan hati, mengurangi timbunan lemak di hati, dan menyeimbangkan kembali ukuran sel hati.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Dengan mengurangi peradangan, antioksidan dalam bawang putih hitam dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Adapun antioksidan sendiri berfungsi untuk melawan radikal bebas serta mencegah stres oksidatif yang bisa menyebabkan kerusakan sel. Sistem kekebalan tubuh yang sehat berarti tubuh Anda mampu melawan infeksi dan bakteri dengan lebih efektif.

3. Kesehatan Otak

Dengan adanya antioksidan, bawang hitam putih juga dapat membantu dalam mengurangi peradangan pada tubuh serta kondisi kognitif seperti penyakit Alzheimer dan penyakit Parkinson . Ini juga dapat membantu meningkatkan daya ingat dan bagian lain dari fungsi kognitif.

Baca Juga: Kenali Jenis Makanan Wajib Dihindari dan Dikonsumsi Bagi Penderita Diabetes

4. Melawan Beberapa Jenis Kanker

Banyak penelitian menunjukkan bahwa sifat antioksidan pada bawang putih hitam dapat membantu melawan kanker. Sebuah penelitian menemukan bahwa hal itu dapat membantu mengurangi pertumbuhan sel kanker usus besar.

Senyawa dalam bawang putih hitam yang sudah tua juga dapat memblokir radikal bebas di dalam tubuh. Sifat ini mengurangi kerusakan sel dan dapat membantu membatasi pertumbuhan dan potensi penyebaran sel kanker dalam tubuh.

5. Perlindungan Jantung

Seperti diketahui, bawang putih mentah segar dikenal dengan kemampuannya dapat membantu meningkatkan kesehatan pada jantung. Begitupun dengan bawang putih hitam, yang dapat memberikan perlindungan serupa. Bawang putih hitam juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida , yang pada gilirannya mengurangi risiko penyakit jantung.

6. Kontrol Gula Darah

Seperti bawang putih mentah segar, bawah putih hitam juga bisa membantu dalam mengatur kadar gula darah di tubuh. Menurunkan kadar gula darah tinggi membantu mencegah masalah kesehatan serius, seperti gejala diabetes, disfungsi ginjal, dan banyak lagi. Kadar antioksidan yang lebih tinggi dalam bawang putih hitam juga dapat membantu mencegah komplikasi yang berhubungan dengan diabetes.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi05 Oktober 2024, 17:23 WIB

Sudah 2 Hari, Nelayan Pancing Hilang Kontak di Laut Ujunggenteng Sukabumi

Perahu nelayan Setia Jaya 37 yang dinahkodai Iwan (45 tahun) asal Kampung Pasirpogor Desa Loji, Kecamatan Simpenan, dan ABK Ekih (46 tahun) asal Palabuhanratu dikabarkan  hilang kontak sejak dua hari lalu di laut Ujunggenteng.
Perahu Setia Jaya 37 yang di nahkodai Iwan dan ABK Ekih hilang kontak di laut Ujunggenteng Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Musik05 Oktober 2024, 17:00 WIB

Lirik dan Terjemahan Lagu Yummy Justin Bieber yang Viral di Medsos

Meski Lagu Yummy kembali viral, hingga artikel ini ditayangkan, desas desus hubungan Justin Bieber dengan kasus P Diddy masih belum mendapat konfirmasi dari pihak manapun.
Official Video Klip Lagu Yummy Justin Bieber. Foto: YouTube/JustinBieber
Life05 Oktober 2024, 16:00 WIB

6 Mitos Masyarakat Sunda yang Sering Dianggap Pamali Jika Dilakukan

Sejak dulu kala, masyarakat Sunda telah mengembangkan beragam kepercayaan dan mitos yang diwariskan dari generasi ke generasi.
Ilustrasi - Sejak dulu kala, masyarakat Sunda telah mengembangkan beragam kepercayaan dan mitos yang diwariskan dari generasi ke generasi. (Sumber : pexels.com/@Kun Fotografi).
Life05 Oktober 2024, 15:00 WIB

Jangan Dulu Dikawinkan! Ini 7 Cara Mengatasi Kucing Betina Birahi

Dengan menerapkan langkah-langkah ini, pemilik kucing dapat membantu mengurangi perilaku dan gejala birahi pada kucing betina.
Dengan menerapkan langkah-langkah ini, pemilik kucing dapat membantu mengurangi perilaku dan gejala birahi pada kucing betina. | Foto: Pixabay/TeamK
Sukabumi05 Oktober 2024, 14:53 WIB

Dibangun! Rutilahu Milik Lansia di Lengkong Sukabumi yang Dihuni Bersama Anak-Cucu

Pemerintah dan kepolisian setempat membangun kembali rumah Emak Juariah.
Rutilahu milik Emak Juariah (75 tahun) di Kampung Cipongpok RT 10/04 Desa Tegallega, Kecamatan Lengkong, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Sukabumi05 Oktober 2024, 13:29 WIB

Kearifan Lokal dan Teknologi: Pelatihan Inovatif untuk Guru SD oleh Kelompok PKM Nusa Putra

Kegiatan ini dipimpin oleh tiga dosen Nusa Putra University.
Pelatihan untuk guru SD oleh kelompok PKM Nusa Putra University. | Foto: Nusa Putra University
Food & Travel05 Oktober 2024, 13:00 WIB

Pendakian Terfavorit: 5 Gunung di Jawa Barat yang Menawarkan Keindahan Alam yang Tak Terlupakan

Banyak gunung di Jawa Barat yang mudah dijangkau dari kota-kota besar seperti Bandung dan Bogor.
Banyak gunung di Jawa Barat yang mudah dijangkau dari kota-kota besar seperti Bandung dan Bogor. (Sumber : Instagram/@kholisohhasanah).
Life05 Oktober 2024, 12:00 WIB

Takut Gagal dan Mudah Menyerah, 10 Ciri Orang yang Rendah Diri

Orang dengan rasa rendah diri sering kali membatasi potensi mereka sendiri, baik dalam hubungan sosial maupun di tempat kerja.
Ilustrasi. Orang dengan rasa rendah diri sering kali membatasi potensi mereka sendiri, baik dalam hubungan sosial maupun di tempat kerja. (Sumber : pixabay.com/@EnginAkyurt)
Nasional05 Oktober 2024, 11:23 WIB

ICW: 174 Anggota DPR 2024-2029 Terindikasi Terhubung dengan Dinasti Politik

Temuan ini merujuk pada jabatan-jabatan oleh para keluarga anggota legislatif.
(Foto Ilustrasi) ICW mengungkap 174 anggota DPR 2024-2029 terindikasi memiliki keterkaitan dengan dinasti politik. | Foto: Istimewa
Motor05 Oktober 2024, 11:00 WIB

5 Tanda Motor Harus Turun Mesin dan Cara Terbaik untuk Menghindarinya

Dengan melakukan perawatan yang baik dan rutin, Anda dapat memperpanjang usia pakai mesin motor dan menghindari biaya perbaikan yang mahal akibat turun mesin.
Dengan melakukan perawatan yang baik dan rutin, Anda dapat memperpanjang usia pakai mesin motor dan menghindari biaya perbaikan yang mahal akibat turun mesin. | (Sumber : Freepik.com/@ pressfoto)