Sayangi Jantungmu! 10 Makanan Sehat yang Baik Dikonsumsi Setiap Hari

Jumat 28 Juni 2024, 16:00 WIB
Ilustrasi - Memilih makanan terbaik yang mendukung kesehatan jantung adalah hal penting untuk dilakukan. (Sumber : Freepik.com).

Ilustrasi - Memilih makanan terbaik yang mendukung kesehatan jantung adalah hal penting untuk dilakukan. (Sumber : Freepik.com).

SUKABUMIUPDATE.com - Kebiasaan gaya hidup sehari-hari, terutama pola makan, sangat penting untuk mendukung kesehatan jantung. Penyakit jantung, termasuk ke dalam kondisi seperti tekanan darah tinggi (hipertensi), kolesterol tinggi, serangan jantung, detak jantung tidak teratur (aritmia), dan stroke

Mengubah makanan yang di makan adalah salah satu cara paling efektif untuk meningkatkan kesehatan jantung. Merancang pola makan yang menyehatkan jantung, termasuk makanan yang harus dimakan adalah hal penting untuk mendukung kesehatan jantung.

Berikut ini adalah beberapa makanan terbaik untuk mendukung kesehatan jantung, dihimpun dari laman verywellhealth.

1. Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran hijau kaya akan nitrat makanan, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Mereka juga kaya akan antioksidan seperti vitamin C dan beta-karoten, yang mengurangi peradangan dan stres oksidatif (ketika tingkat antioksidan rendah). Kedua hal ini merupakan faktor risiko penyakit jantung.

Berikut sayuran rekomendasinya:

  • Sawi hijau
  • Selada daun merah
  • Selada Romaine
  • Bayam

2. Gandum Utuh

Berbeda dengan biji-bijian olahan (ultra-olahan), biji-bijian kaya akan serat makanan, yang membantu menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan fungsi pembuluh darah. Mereka juga mengandung nutrisi penting seperti magnesium, potasium, dan antioksidan, yang mendukung tekanan darah sehat dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Biji-bijian utuh juga memiliki indeks glikemik rendah, yang berarti butuh waktu lebih lama untuk dicerna dan tidak menyebabkan lonjakan gula darah yang drastis. Mengonsumsi biji-bijian utuh dikaitkan dengan risiko lebih rendah terkena penyakit kardiovaskular, karena membantu mencegah penumpukan plak yang dapat menyumbat arteri dan menyebabkan stroke atau serangan jantung.

Berikut rekomendasinya:

  • Beras merah
  • Farro
  • Jawawut
  • Biji gandum
  • Oat

3. Buah Beri

Buah beri kaya akan antioksidan terutama antosianin dan membantu mengurangi stres oksidatif dan peradangan. Buah beri juga merupakan sumber serat yang sangat baik, yang membantu mendukung kadar kolesterol sehat dan meningkatkan fungsi kardiovaskular secara keseluruhan.

Mereka juga merupakan sumber vitamin C dan nutrisi lain yang mendukung kesehatan pembuluh darah. Mengonsumsi buah beri secara teratur dapat membantu meningkatkan fungsi arteri dan mendukung tekanan darah yang sehat.

Berikut rekomendasinya:

  • Blackberry
  • Bluberi
  • Raspberi
  • Stroberi

4. Alpukat

Alpukat kaya akan lemak tak jenuh tunggal yang sehat, yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol low-density lipoprotein (LDL), atau kolesterol "jahat", dan mengurangi risiko penyakit jantung. Mereka juga tinggi potasium, mineral yang membantu mengatur tekanan darah dengan menyeimbangkan efek natrium.

Selain itu, alpukat memiliki serat untuk mendukung kadar kolesterol dan menyehatkan arteri. Buah ini juga kaya akan antioksidan seperti vitamin C dan E, yang melindungi dari stres oksidatif dan peradangan.

5. Ikan Berlemak atau Minyak Ikan

Ikan berlemak kaya akan asam lemak omega-3 seperti EPA dan DHA, yang dapat membantu mengurangi peradangan, trigliserida, dan tekanan darah serta menurunkan risiko penyakit jantung.

Lemak sehat ini juga membantu mencegah pembentukan bekuan darah, sehingga mengurangi risiko serangan jantung dan stroke. Lebih jauh lagi, konsumsi ikan berlemak secara teratur mendukung kesehatan dinding arteri. Para ahli merekomendasikan untuk mengonsumsi 8–12 ons ikan rendah merkuri per minggu.

Berikut rekomendasinya:

  • Sejenis ikan pecak
  • Ikan kembung
  • Ikan trout pelangi
  • Ikan salmon
  • Tuna

6. Kacang Polong

Makan kacang-kacangan sangat penting untuk kesehatan jantung karena mengandung serat larut, yang membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi. Kacang juga merupakan sumber protein yang baik, memberikan nutrisi penting tanpa lemak jenuh yang ditemukan dalam protein hewani yang dapat menyebabkan penyakit jantung.

Berikut rekomendasinya:

  • Kacang hitam
  • Kacang polong
  • Kacang cannellini
  • Kacang arab (kacang garbanzo)
  • kacang navy
  • kacang pinto

7. Coklat Hitam

Cokelat hitam kaya akan flavonoid, terutama epikatekin., antioksidan yang dapat meningkatkan aliran darah dan menurunkan tekanan darah. Mereka juga membantu mengurangi peradangan dan mencegah stres oksidatif.

Cokelat hitam mengandung senyawa yang dapat memperbaiki kadar kolesterol dengan meningkatkan kadar kolesterol lipoprotein densitas tinggi (HDL), atau kolesterol baik dan menurunkan kolesterol LDL.

Menikmati cokelat hitam sesekali dapat membantu meningkatkan fungsi endotel, yang mendukung kesehatan pembuluh darah dan kesehatan jantung secara keseluruhan .

8. Tomat

Tomat kaya akan likopen, suatu antioksidan yang membantu mengurangi stres oksidatif.
Tomat juga mengandung serat dan kalium, yang dibutuhkan tubuh Anda untuk mengatur tekanan darah dan menjaga fungsi jantung yang tepat.

Selain itu, tomat menyediakan vitamin C dan E, yang mendukung kesehatan pembuluh darah dan mengurangi peradangan, sehingga berkontribusi terhadap kesehatan jantung secara keseluruhan.

9. Kacang Almond

Mengonsumsi kacang almond baik untuk jantung karena mengandung lemak tak jenuh tunggal yang tinggi, yang membantu menurunkan kadar kolesterol LDL dan mengurangi risiko penyakit jantung. Almond juga merupakan sumber serat yang baik.

Mereka mengandung magnesium, mineral penting untuk mengatur tekanan darah dan mencegah masalah yang berhubungan dengan jantung. Terakhir, almond kaya akan antioksidan, seperti vitamin E, yang melindungi dari stres oksidatif dan peradangan.

10. Teh Hijau

Teh hijau kaya akan katekin, antioksidan kuat yang membantu mengurangi peradangan dan mencegah kerusakan sel yang terkait dengan penyakit jantung. Teh hijau juga terbukti dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah dan mengurangi tekanan darah.

Teh hijau juga membantu menurunkan LDL dan meningkatkan HDL, sehingga meningkatkan profil lemak darah yang lebih sehat. Konsumsi teh hijau secara teratur dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan mencegah penumpukan plak arteri dan mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
DPRD Kab. Sukabumi01 Juli 2024, 01:00 WIB

Tinjau Lokasi Banjir di Pabuaran Sukabumi, Paoji Minta Penanganan Serius

Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Sukabumi Paoji Nurjaman tinjau langsung lokasi banjir langganan di Pabuaran.
Paoji (kanan) saat meninjau langsung lokasi banjir di Pabuaran Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi30 Juni 2024, 22:00 WIB

Blak-blakan Warga soal 3 Tahun Proyek Bukit Algoritma di Sukabumi: Gak Ada Aktivitas Apa-apa

Warga blak-blakan bahwa pasca tiga tahun groundbreaking, tak ada aktivitas pembangunan di Proyek Bukit Algoritma di Cikidang Sukabumi.
Salah satu titik pembangunan Bukit Algoritma di Kecamatan Cikidang, Kabupaten Sukabumi. Foto ini diambil pada Sabtu 29 Juni 2024. Tempat ini juga menjadi lokasi groundreaking pada 9 Juni 2021. | Foto: SU/Ilyas
Sukabumi30 Juni 2024, 21:11 WIB

Sempat Dirawat di RS, Rosidin Korban Kebakaran Rumah Panggung di Sukabumi Meninggal

Satu hari dirawat di RS, Rosidin korban kebakaran rumah panggung di Waluran Sukabumi meninggal dunia.
Kebakaran hanguskan rumah panggung di Waluran Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sehat30 Juni 2024, 21:00 WIB

Penting Untuk Penderita Diabetes, Ini 7 Tips Diet Bantu Kelola Kadar Gula Darah

Karena terlalu lama tidak makan dapat menyebabkan penurunan gula darah, ahli diet menyarankan untuk mengonsumsi makanan seimbang setiap empat hingga lima jam agar kadar gula darah lebih stabil.
Ilustrasi. Mengikuti beberapa tips diet diabetes dapat bantu kelola kadar gula darah. Sumber foto : Freepik/@freepik
Life30 Juni 2024, 20:00 WIB

Apa Kamu Bahagia? 25 Pertanyaan Deep Talk dengan Pasangan Anti Mainstream

Percakapan mendalam atau Deep Talk membantu mempererat hubungan, meningkatkan pemahaman satu sama lain, dan membangun kepercayaan yang lebih kuat.
Do'a Nabi Zakariyya untuk Minta Jodoh yang Baik agar Malam Minggu Jomblo Tak Kelabu (Sumber : Freepik)
Sukabumi30 Juni 2024, 19:49 WIB

Sejumlah Rumah Retak Akibat Pergerakan Tanah di Pabuaran Sukabumi, 16 Warga Mengungsi

Data sementara total 8 rumah terdampak pergerakan tanah di Pabuaran Sukabumi.
Kondisi rumah yang terdampak pergerakan tanah di Pabuaran Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sehat30 Juni 2024, 19:30 WIB

6 Alasan Mengapa Makan Pisang Sebelum Olahraga Merupakan Hal Baik, Yuk Lakukan!

Pisang mengandung banyak karbohidrat, yang dibutuhkan untuk melepaskan energi selama aktivitas fisik.
Ilustrasi. Buah. Beberapa alasan makan pisang sebelum olahraga adalah hal yang baik. Sumber foto : Freepik/@freepik
Motor30 Juni 2024, 19:00 WIB

Waspada Berlalu Lintas, Ini 13 Tips Berkendara Aman Saat Hujan Turun!

Saat berkendara di musim hujan hindari genangan air jika memungkinkan. Genangan air dapat menyebabkan aquaplaning, di mana ban kehilangan kontak dengan jalan dan kendaraan menjadi sulit dikendalikan.
Ilustrasi. Waspada Berlalu Lintas, Ini Tips Berkendara Aman Saat Hujan Turun! (Sumber : pixabay.com/@JanMacarol)
Sukabumi30 Juni 2024, 18:46 WIB

28 WNA yang Terdampar di Sukabumi Dibawa Imigrasi ke Lapas Warungkiara

28 WNA diduga imigran gelap diserahkan Polres Sukabumi untuk diperiksa oleh pihak imigrasi.
28 WNA saat digiring petugas untuk memasuki mobil Dalmas untuk dibawa ke Lapas Warungkiara Sukabumi. (Sumber : SU/Ilyas)
Sehat30 Juni 2024, 18:30 WIB

7 Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan, Bantu Tubuh Lebih Bugar!

Ketika bersepeda, walaupun terlihat hanya kaki yang bergerak, namun otot-otot tubuh bekerja lebih banyak.
Ilustrasi. Beberapa manfaat bersepeda bagi kesehatan membantu tubuh lebih bugar. Sumber foto : Freepik/@freepik