Mencegah Penyumbatan Jantung dan Stroke, Inilah 7 Manfaat Chia Seeds Bagi Tubuh

Kamis 27 Juni 2024, 20:15 WIB
Ilustrasi Chia seed atau biji chia bermanfaat untuk kesehatan tubuh terutama jantung (Sumber : Freepik.com)

Ilustrasi Chia seed atau biji chia bermanfaat untuk kesehatan tubuh terutama jantung (Sumber : Freepik.com)

SUKABUMIUPDATE.com - Jika Anda termasuk orang yang memiliki riwayat penyakit jantung seperti penyumbatan jantung dan stroke, maka perlu rutin mengkonsumsi chia seed setiap hari karena bisa menyehatkan tubuh secara keseluruhan.

Chia seed atau biji chia berasal dari tanaman Meksiko, dengan nama latin Salvia Hispanica. Mungkin berukuran kecil, tetapi mereka seperti benih yang bisa jadi pahlawan super karena kaya nutrisi yang bermanfaat bagi jantung dan tubuh.

Mengutip dari laman The Health Site, chia seed mengandung asam lemak omega-3 yang kuat, serat, protein, dan antioksidan, menjadikannya kandidat sempurna untuk meningkatkan kesehatan jantung , dan dengan demikian mencegah situasi stroke.

Baca Juga: Kadar Gula Darah Terkendali, 4 Makanan Manis yang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes

Mengkonsumsi chia seed yang dijuluki biji suci ini setiap hari dapat membuat perbedaan besar dalam menghambat penyumbatan jantung dan meminimalkan terjadinya stroke.

Bila menambahkan chia seed ke dalam makanan sehari-hari, ia dapat membantu membersihkan arteri jantung yang tersumbat dan meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Lalu, selain mencegah penyumbatan jantung dan stroke, apakah manfaat lain dari chia seed atau biji chia? Berikut menurut laman yang sama:

Baca Juga: 8 Makanan Lebaran yang Sebaiknya Tidak Dimakan Penderita Gula Darah Tinggi

1. Sarat Dengan Asam Lemak Omega-3

Kandungan asam lemak omega-3 yang kaya dari chia seed adalah ciri khasnya. Lemak penting ini, yang dikenal karena sifat anti-peradangannya, membantu mengurangi peradangan di arteri. Sifat-sifat ini juga mencegah akumulasi plak yang dapat menyebabkan penyumbatan.

2. Kaya Serat Makanan

Kaya akan serat makanan, chia seed menawarkan pilihan terbaik untuk menyehatkan jantung. Serat makanan membantu menstabilkan kadar kolesterol darah, sehingga terhindar dari risiko terbentuknya plak di arteri.

Memasukkan biji chia ke dalam makanan sehari-hari Anda dapat berarti sistem kardiovaskular yang yu o9k lebih sehat dan mengurangi kemungkinan penyakit jantung.

3. Mengandung Antioksidan

Chia seed menjanjikan peningkatan antioksidan yang kuat. Antioksidan adalah pelindung tubuh, yang bertahan melawan kerusakan akibat radikal bebas, yang dapat memicu penyakit jantung dan stroke. Dosis biji chia dalam makanan meningkatkan konsumsi antioksidan, secara aktif meningkatkan kesejahteraan jantung dan tubuh.

Baca Juga: 7 Cara Mengendalikan Gula Darah Dengan Diet Diabetes, Ini Saran Ahli Gizi!

4. Membantu Mengelola Tingkat Tekanan Darah

Chia seed menunjukkan pengaruh positif pada pengendalian tekanan darah, berkat kandungan potasiumnya yang tinggi. Mineral ini membantu mengimbangi efek natrium dalam tubuh dan menyebabkan tekanan darah tinggi. Asupan biji chia yang konsisten akan memastikan tingkat tekanan darah seimbang dan mengurangi risiko komplikasi terkait jantung.

5. Membantu Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat LDL

Biji chia terbukti efisien dalam menurunkan kadar LDL atau kolesterol 'jahat'. Dengan mengurangi kolesterol LDL dalam darah, chia seed menghambat penumpukan plak arteri dan meningkatkan aliran darah yang lebih lancar. Proses pembersihan alami ini dapat menghilangkan penyumbatan arteri dan mengurangi kemungkinan penyumbatan jantung.

6. Membantu Mengelola Berat Badan Secara Efektif

Mengintegrasikan chia seed ke dalam makanan juga dapat membantu mengatur berat badan, yang merupakan aspek penting dari kesehatan jantung.

Kandungan serat dan proteinnya yang besar membantu perut merasa kenyang, sehingga mengurangi konsumsi kalori secara keseluruhan.

Selain itu, biji chia dapat menstabilkan kadar gula darah, mencegah peningkatan mendadak dan potensi penambahan berat badan bersamaan dengan masalah jantung.

Baca Juga: Cara Membuat Air Cuka Apel untuk Mengatasi Gejala Asam Urat, Simpel Lho!

7. Mudah Diterima Rasanya

Satu hal hebat tentang chia seed adalah kemudahannya untuk dimasukkan ke dalam makanan sehari-hari. Mereka dapat ditambahkan sebagai taburan pada yogurt shake, dan smoothie, atau sebagai topping pada salad atau bubur.

Biji chia memiliki rasa netral dan tekstur serbaguna, sehingga memudahkan Anda menambahkannya ke semua hidangan favorit dan memanfaatkan manfaatnya untuk menyehatkan jantung.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat30 Juni 2024, 10:00 WIB

Mengenal Apa Itu Clean Eeating dalam Pola Makan Sehat, Sudah Tahu?

Istilah Clean Eeating dan diet bersih menjadi interpretasi oleh konsumen sekaligus pemasaran produk "bersih" oleh industri makanan yang dapat sangat bervariasi.
Ilustrasi. Clean Eating (Sumber : Pexels/ShameelMukkath)
Nasional30 Juni 2024, 09:58 WIB

Pusat Data Nasional Diretas, PUI Sebut Malapetaka yang Mengancam Integritas Bangsa

Peretasan Pusat Data Nasional ini tidak hanya merugikan PUI sebagai salah satu korban, tetapi juga mengancam integritas dan keamanan data seluruh bangsa.
Ilustrasi. PUI menyoroti peretasan Pusat Data Nasional (PDN). (Sumber : Facebook)
Sukabumi30 Juni 2024, 09:28 WIB

Pernah Makan Korban, Jembatan Rusak di Cireunghas Sukabumi Dikeluhkan Warga

Jembatan rusak di Cireunghas Sukabumi ini dikeluhkan warga karena kondisinya memprihatinkan dan pernah makan korban.
Kondisi jembatan dengan lebar sekitar 60 centimeter serta panjang 15 meter di Kampung Bandang, Rt 12/04, Desa Tegal Panjang, Kecamatan Cireunghas, Kabupaten Sukabumi. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Life30 Juni 2024, 09:00 WIB

9 Sikap Agar Kamu Bisa Berdamai dengan Masa Lalu dan Hidup Bahagia

Semoga tips-tips ini dapat membantu kamu berdamai dengan masa lalu dan menjalani hidup yang lebih bahagia!
Ilustrasi - Semoga tips-tips ini dapat membantu kamu berdamai dengan masa lalu dan menjalani hidup yang lebih bahagia! (Sumber : Freepik.com/@cookie_studio)
Life30 Juni 2024, 08:00 WIB

Public Speaking untuk Pemula Tak Hanya Materi Presentasi, Cek 10 Tips Ini!

Dengan mengikuti tips-tips ini dan terus berlatih, Anda akan semakin percaya diri dan mahir dalam public speaking.
Ilustrasi. Tips Public Speaking untuk Pemula (Sumber : Freepik/wavebreakmedia_micro)
Food & Travel30 Juni 2024, 07:00 WIB

Resep Sandwich Salad Telur Sehat dari Ahli Diet, Bikinnya Cuma 20 Menit!

Sehat! Resep Sandwich Salad Telur ini sudah diulas langsung oleh Ahli Diet Emily Lachtrupp!
Ilustrasi. Resep Sandwich Salad Telur Sehat (Sumber : Pexels/SuzyHazelwood)
Science30 Juni 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 30 Juni 2024, Cek Dulu Yuk Langit Sebelum Keluar Rumah

Prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat 30 Juni 2024 dimana cuaca berawan berpotensi terjadi di berbagai wilayah termasuk Sukabumi dan sekitarnya.
Ilustrasi - Prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat 30 Juni 2024 dimana cuaca berawan berpotensi terjadi di berbagai wilayah termasuk Sukabumi dan sekitarnya. (Sumber : pexels.com/Gabriela Palai)
Sukabumi29 Juni 2024, 23:28 WIB

Warga Dengar Ledakan, Tiang Listrik Ambruk di Cemerlang Sempat Bikin Padam Sukabumi

Ketika peristiwa terjadi, terdengar suara ledakan dibarengi cahaya seperti kilat.
Tiang listrik yang ambruk di Jalan Cemerlang, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi, Sabtu malam (29/6/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin
Sukabumi29 Juni 2024, 23:04 WIB

Longsor Masih Tutup Jalan di Jampangtengah Sukabumi, Ruko Ikut Tertimbun

Longsor ini sepanjang 2 hingga 8 meter, lebar 2 sampai 4 meter, dan tinggi 3 meter.
Ruko yang tertimbun longsor di Kampung Nagrog, Desa Bantaragung, Kecamatan Jampangengah, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (29/6/2024) . | Foto: Istimewa
Life29 Juni 2024, 22:30 WIB

Memberi Tanpa Mengharap, 5 Ciri Wanita yang Benar-Benar Tulus Menurut Psikologi

Wanita yang benar-benar tulus akan menunjukkan sikap dan perilaku ini dalam kehidupan sehari-hari.
Ilustrasi - Wanita yang benar-benar tulus dapat dikenali dari ciri-cirinya. (Sumber : Pexels.com/@Mental Health America)