Panduan Diet Diabetes untuk Mengendalikan Gula Darah: Pola Makan & Contoh Menunya

Kamis 27 Juni 2024, 17:30 WIB
Ilustrasi. Elemen kunci dalam diet diabetes adalah buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian. Faktanya, jenis diet diabetes adalah pola makan terbaik bagi kebanyakan orang. (Sumber : Freepik/@rawpixel.com)

Ilustrasi. Elemen kunci dalam diet diabetes adalah buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian. Faktanya, jenis diet diabetes adalah pola makan terbaik bagi kebanyakan orang. (Sumber : Freepik/@rawpixel.com)

SUKABUMIUPDATE.com - Diet diabetes adalah rencana makan sehat yang membantu mengontrol gula darah. Gunakan panduan diet diabetes ini untuk memulai, mulai dari perencanaan makan hingga menghitung karbohidrat.

Diet diabetes berarti mengonsumsi makanan tersehat dalam jumlah sedang dan menjaga waktu makan teratur. Diet diabetes adalah rencana makan sehat yang secara alami kaya nutrisi dan rendah lemak dan kalori.

Elemen kunci dalam diet diabetes adalah buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian. Faktanya, jenis diet diabetes adalah pola makan terbaik bagi kebanyakan orang.

Baca Juga: 7 Cara Mengendalikan Gula Darah Dengan Diet Diabetes, Ini Saran Ahli Gizi!

Berikut Panduan Diet Diabetes untuk Mengendalikan Gula Darah, mulai dari pola makan hingga contoh menu hariannya, dilansir dari Mayoclinic:

Panduan Diet Diabetes untuk Mengendalikan Gula Darah

1. Mengapa perlu mengembangkan rencana makan sehat dalam diet diabetes?

Jika Anda menderita diabetes atau pradiabetes, penyedia layanan kesehatan kemungkinan besar akan menyarankan Anda menemui ahli gizi untuk membantu mengembangkan rencana makan sehat untuk mengendalikan gula darah dalam tubuh.

Rencana diet diabetes membantu mengendalikan mengontrol gula darah, juga disebut glukosa darah, mengatur berat badan, dan mengendalikan faktor risiko penyakit jantung. Faktor-faktor resiko penyakit jantung ini termasuk tekanan darah tinggi dan lemak darah tinggi.

Saat mengonsumsi kalori dan karbohidrat ekstra, kadar gula darah akan eningkat.

Jika gula darah tidak terkontrol, bisa menimbulkan masalah serius. Masalah-masalah ini termasuk kadar gula darah tinggi, yang disebut hiperglikemia.

Jika kadar gula darah tinggi ini berlangsung dalam jangka waktu lama, dapat menyebabkan komplikasi jangka panjang, seperti kerusakan saraf, ginjal, dan jantung.

Maka Anda dapat membantu menjaga kadar gula darah dalam kisaran yang aman. Buatlah pilihan makanan sehat dan pantau kebiasaan makan dengan mengikuti panduan diet diabetes.

Bagi kebanyakan penderita diabetes tipe 2, penurunan berat badan juga dapat mempermudah pengendalian gula darah. Tak hanya mencegah diabetes, penurunan berat badan menawarkan sejumlah manfaat kesehatan lainnya.

Jika perlu menurunkan berat badan, rencana makan sehat menyediakan cara yang terorganisasi dengan baik dan bergizi untuk mencapai tujuan Anda dengan aman.

Baca Juga: Apa Makanan Terbaik untuk Radang Sendi Arthritis Rheumatoid? Simak Disini!

2. Apa saja yang termasuk dalam diet untuk penderita diabetes?

Pola makan bagi penderita diabetes didasarkan pada makan makanan sehat pada waktu yang teratur. Makan makanan pada waktu yang teratur membantu tubuh menggunakan insulin yang diproduksi atau diperoleh melalui obat dengan lebih baik.

Ahli diet dapat membantu menyusun pola makan berdasarkan tujuan kesehatan, selera, dan gaya hidup Anda.

Ahli diet juga dapat berbicara dengan Anda tentang cara memperbaiki kebiasaan makan Anda. Pilihannya termasuk memilih ukuran porsi yang sesuai dengan kebutuhan ukuran dan tingkat aktivitas harian.

3. Makanan yang direkomendasikan untuk diet diabetes

Hitung kalori Anda dengan makanan bergizi. Pilih karbohidrat sehat, makanan kaya serat, ikan, dan lemak "baik".

- Karbohidrat yang sehat

Selama pencernaan, gula dan pati dipecah menjadi glukosa darah. Gula juga dikenal sebagai karbohidrat sederhana, dan pati juga dikenal sebagai karbohidrat kompleks. Fokus pada karbohidrat sehat, seperti:

  • Buah-buahan.
  • Sayuran.
  • Biji-bijian utuh.
  • Kacang-kacangan, seperti buncis dan kacang polong.
  • Produk susu rendah lemak, seperti susu dan keju.
  • Hindari karbohidrat yang kurang sehat, seperti makanan atau minuman dengan tambahan lemak, gula, dan natrium.

- Makanan kaya serat

Serat makanan mencakup seluruh bagian makanan nabati yang tidak dapat dicerna atau diserap oleh tubuh Anda. Serat mengatur cara tubuh Anda mencerna makanan dan membantu mengontrol kadar gula darah. Makanan tinggi serat meliputi:

  • Sayuran.
  • Buah-buahan. Untuk mendapatkan manfaat serat yang maksimal, makanlah buah utuh daripada minum jus buah.
  • Kacang-kacangan, seperti buncis dan kacang polong.
  • Biji-bijian utuh.

- Ikan yang menyehatkan jantung

Makanlah ikan yang menyehatkan jantung setidaknya dua kali seminggu. Ikan seperti salmon, mackerel, tuna dan sarden kaya akan asam lemak omega-3. Omega-3 ini dapat mencegah penyakit jantung. Hindari ikan goreng.

Jika Anda sedang hamil, berencana untuk hamil, atau sedang menyusui, jangan makan ikan yang biasanya mengandung merkuri tinggi. Ini termasuk hiu, ikan todak, king mackerel, dan tilefish.

- Lemak sehat

Makanan yang mengandung lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda dapat membantu menurunkan kadar kolesterol Anda. Makanan ini meliputi:

  • Alpukat.
  • Minyak kanola, zaitun, dan kacang tanah.

Meski begitu, penderita diabetes tidak boleh mengkonsumsi makanan tersebut secara berlebihan, karena semua lemak mengandung kalori tinggi.

4. Makanan yang harus dihindari dalam diet diabetes

Diabetes meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke dengan meningkatkan laju penyumbatan dan pengerasan arteri. Makanan yang memiliki kandungan berikut dapat bertentangan dengan tujuan diet jantung sehat sehingga harus dihindari oleh penderita gula darah tinggi.

  • Lemak jenuh

Hindari produk susu tinggi lemak dan protein hewani seperti mentega, daging sapi, hot dog, sosis, dan bacon. Batasi minyak kelapa dan inti sawit.

  • Lemak trans

Hindari lemak trans yang ditemukan dalam makanan ringan olahan, makanan yang dipanggang, mentega putih, dan margarin batangan.

  • Kolesterol

Sumber kolesterol antara lain produk susu tinggi lemak dan protein hewani tinggi lemak, kuning telur, hati, dan jeroan lainnya. Usahakan tidak lebih dari 200 miligram (mg) kolesterol sehari.

  • Sodium

Usahakan tidak lebih dari 2.300 mg natrium sehari. Penyedia layanan kesehatan Anda mungkin menyarankan agar Anda mengonsumsi jumlah yang lebih kecil jika Anda memiliki tekanan darah tinggi.

Baca Juga: 5 Makanan Superfood untuk Mengendalikan Gula Darah dan Mencegah Diabetes

5. Contoh menu diet diabetes untuk mengendalikan gula darah

Saat merencanakan makanan, pertimbangkan ukuran dan tingkat aktivitas Anda. Menu berikut ini diperuntukkan bagi seseorang yang membutuhkan 1.200 hingga 1.600 kalori sehari.

Sarapan

  • Roti gandum utuh (1 irisan sedang) dengan 2 sendok teh jeli
  • 1/2 cangkir sereal gandum parut dengan secangkir susu rendah lemak 1%
  • sepotong buah
  • kopi

Makan siang

  • Sandwich daging sapi panggang di atas roti gandum dengan selada
  • tomat dan mayones
  • apel ukuran sedang
  • air

Makan malam

  • Salmon, 1,5 sendok teh minyak sayur
  • kentang panggang kecil, 1 sdt margarin
  • 1/2 cangkir wortel
  • 1/2 cangkir kacang hijau
  • dinner roll ukuran sedang
  • es teh tanpa pemanis

Camilan

  • 2,5 cangkir popcorn dengan 1,5 sendok teh margarin.

Sumber: mayoclinic.org

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
DPRD Kab. Sukabumi02 Juli 2024, 20:06 WIB

Paripurna DPRD Kabupaten Sukabumi Tetapkan Laporan APBD 2023 Menjadi Perda

DPRD Kabupatem Sukabumi, menggelar Rapat Paripurna untuk menetapkan hasil laporan tentang pertanggungjawaban pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2023, menjadi peraturan daerah (Perda).
Rapat Pipurna DPRD Kabupaten Sukabumi tentang pertanggungjawaban pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2023 | Foto : Istimewa
Gadget02 Juli 2024, 20:00 WIB

3 Rekomendasi HP dengan RAM Besar Harga Mulai Rp3 Jutaan Saja!

HP dengan RAM besar memungkinkan Anda untuk menjalankan aplikasi-aplikasi produktivitas dengan lancar dan tanpa hambatan.
Ilustrasi - HP dengan RAM besar memungkinkan Anda untuk menjalankan aplikasi-aplikasi produktivitas dengan lancar dan tanpa hambatan. (Sumber : samsung.com/Mi.co.id).
Nasional02 Juli 2024, 19:05 WIB

Penjambret Beraksi Di Jakarta Ditangkap Di Sukabumi: Ini Kronologi dan Identitasnya

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Ade Ary Syam Indradi mengatakan pihaknya telah menangkap dua penjambret yang beraksi di arena Car Free Day Jalan Sudirman, Jakarta Pusat
Penjambret tertangkap kamera fotografer saat beraksi di car fre day di Sudirman Jakarta | Foto : @zakwanoe di X (Twitter)
Sehat02 Juli 2024, 19:00 WIB

Rebusan Daun Salam untuk Mengobati Asam Urat, Gula Darah dan Kolesterol

Rebusan daun salam dipercaya dapat membantu mengobati berbagai penyakit seperti asam urat, gula darah dan kolesterol.
Ilustrasi - Rebusan daun salam dipercaya dapat membantu mengobati berbagai penyakit seperti asam urat, gula darah dan kolesterol. (Sumber : YouTube/@Classic Bakes).
Sukabumi Memilih02 Juli 2024, 18:18 WIB

Bersaing di Pilbup Sukabumi, Asjap dan Iyos Kompak Hadiri Acara DPP Golkar: Ini Kata Relawan

Bakal calon bupati Sukabumi, Asep Japar dan Iyos Somantri kompak menghadiri acara DPP Partai Golkar, pada Minggu 30 Juni 2024, di Jakarta.
Asep Japar dan Iyos Somantri kompak hadiri acara DPP Partai Golkar | Foto : Istimewa
Life02 Juli 2024, 18:00 WIB

8 Doa-doa Pendek yang Pahalanya Bukan Main! Amalkan Setiap Hari

Doa pendek ini memiliki pahala luar biasa dan bukan main bagi siapapun yang mengamalkannya.
Ilustrasi - Doa pendek ini memiliki pahala luar biasa dan bukan main bagi siapapun yang mengamalkannya. (Sumber : pexels.com/@SERHAT TUĞ)
Sehat02 Juli 2024, 17:30 WIB

5 Sarapan Berprotein Tinggi yang Tidak Bikin Lonjakan Gula Darah Menurut Ahli Gizi

Sarapan sehat dan lezat untuk penderita diabetes agar tidak terjadi lonjakan gula darah. Huzaifa Bukhari
Ilustrasi - Sarapan sehat dan lezat untuk penderita diabetes agar tidak terjadi lonjakan gula darah. (Sumber : pexels.com/@Huzaifa Bukhari).
Sehat02 Juli 2024, 17:15 WIB

Jam Berapa Lari Untuk Menurunkan Berat Badan? Berikut Perbedaan Manfaatnya

Salah satu jenis olahraga yang ampuh menurunkan berat badan jika dilakukan secara rutin adalah lari. Namun, masih banyak orang yang bingung tentang lari pagi atau lari sore yang lebih efektif dalam penurunan berat badan.
Ilustrasi etahui waktu terbaik untuk lari saat ingin menurunkan berat badan (Sumber : Freepik.com/@Drazen Zigic)
Musik02 Juli 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Gala Bunga Matahari Sal Priadi yang Viral Jadi Backsound Music

Yuk Intip Lirik Lagu Gala Bunga Matahari dari Sal Priadi yang Potongan Musiknya Viral Jadi Backsound Video.
Official Music Lagu Gala Bunga Matahari Sal Priadi. Foto: YouTube Music
DPRD Kab. Sukabumi02 Juli 2024, 16:59 WIB

Anggota DPRD Sukabumi Usep Wawan Apresiasi Kegiatan KKL Seskoad 2024

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sukabumi Usep Wawan memberikan apresiasi terhadap kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) dari Sekolah Staf Komando TNI AD (Seskoad) tahun 2024.
Usep Wawan, Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Fraksi Gerindra | Foto : Ilyas Supendi