5 Jenis Minuman yang Dapat Meningkatkan Risiko Kambuhnya Asam Urat

Kamis 27 Juni 2024, 16:30 WIB
Ilustrasi Jus dengan Gula Tambahan - Asam urat biasanya dikaitkan dengan makanan berprotein tinggi, namun beberapa minuman juga dapat menyebabkan gejala yang menyakitkan. (Sumber : Freepik.com).

Ilustrasi Jus dengan Gula Tambahan - Asam urat biasanya dikaitkan dengan makanan berprotein tinggi, namun beberapa minuman juga dapat menyebabkan gejala yang menyakitkan. (Sumber : Freepik.com).

SUKABUMIUPDATE.com - Asam urat merupakan penyakit yang disebabkan oleh penumpukan kristal asam urat pada persendian. Jika Anda pernah mengalami serangan asam urat, Anda pasti tahu bahwa itu adalah bentuk radang sendi yang sangat menyakitkan. dari.

Jika Anda mengidap penyakit ini dan tidak mengikuti diet tinggi purin, risiko asam urat bisa meningkat. Purin ditemukan dalam makanan kaya protein dan juga di beberapa minuman.

Penderita yang berisiko terkena asam urat sebaiknya menghindari minuman dengan kandungan tinggi fruktosa. Sebab tubuh bisa memecah fruktosa dan menghasilkan purin menjadi asam urat.

Nah berikut adalah daftar minuman yang sebaiknya dihindari penderita asam urat, dihimpun dari laman everydayhealth.

1. Minuman Bir

Meskipun semua alkohol dapat memengaruhi asam urat, bir memiliki purin paling banyak di antara minuman beralkohol dan memiliki hubungan yang kuat dengan serangan asam urat.

Sebuah penelitian mengungkapkan, pria yang mengonsumsi satu porsi bir setiap harinya memiliki kemungkinan terkena asam urat sebanyak 50%. Pria yang minum dua porsi atau lebih setiap harinya kemungkinan lebih besar terkena asam urat sebanyak 2,5 kali.

2. Alkohol

Minuman beralkohol apapun dapat memicu gejala asam urat pada orang yang rentan terhadap penyakit ini, termasuk anggur atau minuman keras, menurut sebuah penelitian.

Alkohol dapat mempengaruhi ginjal, dan menyebabkan ginjal mengeluarkan alkohol itu sendiri, bukan asam urat. Hal ini pada gilirannya meningkatkan jumlah asam urat dalam darah Anda.

3. Minuman Bersoda

Penelitian menunjukan peningkatan risiko asam urat dari minuman manis. Minuman yang dimaniskan dengan gula kaya akan fruktosa. Fruktosa dipecah menjadi purin di dalam tubuh.

Dalam sebuah penelitian, pria yang mengonsumsi dua atau lebih porsi minuman ringan bergula setiap hari memiliki risiko 85 persen lebih tinggi terkena serangan asam urat dibandingkan mereka yang hanya minum satu porsi dalam sebulan.

4. Jus dengan Gula Tambahan

Banyak jus yang dimaniskan dengan gula tambahan dapat meningkatkan risiko asam urat, namun jus yang dimaniskan secara alami seperti jus jeruk juga dapat menjadi pemicu risiko asam urat.

Jus jeruk memiliki jumlah fruktosa yang sama dengan banyak minuman manis, seperti yang dicatat oleh penelitian, dan fruktosa terurai menjadi purin. Oleh karena itu, dokter mungkin menyarankan Anda membatasi jumlah jus jeruk dan jus buah lain yang Anda minum saat Anda menderita asam urat.

5. Minuman Energi

Meskipun belum banyak penelitian tentang minuman energi dan asam urat, beberapa minuman energi mungkin memiliki kandungan gula yang tinggi, termasuk fruktosa. Hal ini dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh, seperti ditemukan dalam sebuah penelitian pada tahun 2023, yang dapat meningkatkan risiko asam urat.

 

 

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Life04 Juli 2024, 10:30 WIB

15 Kegiatan Bersama Pasangan Untuk Bisa Mengembalikan Cinta yang Hilang

Ketika menjalin hubungan pasti yang dipikirkan oleh pasangan adalah bagaimana cara untuk mempertahankan cinta serta kebahagiaan di dalamnya. Akan tetapi, pada perjalanannya pasti ada hambatan serta rintangan.
Ilustrasi Liburan menjadi salah satu kegiatan untuk mengembalikan cinta dalam hubungan pada pasangan (Sumber : freepik.com/@marymarkevich)
Gadget04 Juli 2024, 10:07 WIB

Ada Samsung dan Apple, Daftar 35 HP yang Tidak Bisa Lagi Menggunakan WhatsApp

Langkah ini bertujuan meningkatkan kinerja dan keamanan aplikasi.
(Foto Ilustrasi) WhatsApp mengumumkan perubahan signifikan dalam persyaratan sistem minimum penggunaannya. | Foto: Pixabay
Life04 Juli 2024, 10:00 WIB

10 Ciri Orang yang Memiliki Mental Kuat, Tak Pernah Goyah di Tengah Cobaan

Orang yang memiliki mental kuat sangat yakin pada diri sendiri dan kemampuan mereka untuk mengatasi rintangan apa pun yang datang.
Ilustrasi - Orang yang memiliki mental kuat sangat yakin pada diri sendiri dan kemampuan mereka untuk mengatasi rintangan apa pun yang datang. | (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi04 Juli 2024, 09:46 WIB

Bersanding dengan Kampus Besar Se-Indonesia, PSM UMMI Sukabumi Jadi Finalis LPSMN 2024

Syarif Firdaus mengatakan LPSMN merupakan lomba yang dilaksanakan 2 tahun sekali oleh Badan Pusat Talenta Infonesia di bawah naungan Pusat Prestasi Nasional.
PSM Simfoni UMMI masuk sebagai finalis bersama 29 perguruan tinggi se-Indonesia. | Foto: UMMI
Nasional04 Juli 2024, 09:43 WIB

Tim PKM Mahasiswa Asal Sukabumi Ciptakan Alat Deteksi Dini Kanker Kandung Kemih

Alat Deteksi Dini Kanker Kandung Kemih Berbasis Quantum Dots dengan Fluorescence Resonance Energy Transfer Terintegrasi Application Programming Interface Klasifikasi Fuzzy Logic ini diciptakan oleh tim PKM UB yang diketuai oleh mahasiswa asal Sukabumi.
Alat Deteksi Dini Kanker Kandung Kemih Berbasis Quantum Dots dengan Fluorescence Resonance Energy Transfer Terintegrasi Application Programming Interface Klasifikasi Fuzzy Logic (Sumber : Istimewa)
Inspirasi04 Juli 2024, 09:26 WIB

Lewat Program Diskumindag, Pemkot Sukabumi Gelar Pelatihan Ekonomi Kreatif

Pelatihan ini diharapkan memberikan pengetahuan dan pemahaman untuk peserta.
Diskumindag Kota Sukabumi pada Rabu, 3 Juli 2024, mengadakan pelatihan kewirausahaan bagi pelaku ekonomi kreatif. | Foto: Website Pemkot Sukabumi
Sehat04 Juli 2024, 09:00 WIB

8 Manfaat Blewah untuk Kesehatan, Mencegah Dehidrasi Hingga Mengatur Tekanan Darah

Blewah dengan segudang manfaat kesehatannya, terbukti menjadi tambahan bergizi untuk diet seseorang.
Ilustrasi - Blewah dengan segudang manfaat kesehatannya, terbukti menjadi tambahan bergizi untuk diet seseorang. (Sumber : Pixabay.com/@colibri5).
Food & Travel04 Juli 2024, 08:30 WIB

Kadar Purin Tinggi! 10 Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Asam Urat

Ketahui apa saja daftar makanan yang harus dihindari penderita asam urat (terutama karena kandungan purinnya tinggi) untuk mengelola kondisi kesehatan dan mengurangi risiko serangan asam urat.
Ilustrasi. Kandungan purin daging merah yang tinggi dapat meningkatkan kadar asam urat. (Sumber : Freepik/@stockking)
Sehat04 Juli 2024, 08:00 WIB

Atur Porsi Makan, 15 Tips Terbaik Menurunkan Berat Badan dengan Cara yang Sehat

Pastikan mendapatkan tidur yang cukup, sekitar 7-9 jam per malam agar berat badan bisa turun dengan cara yang sehat.
Ilustrasi. Kombinasikan latihan kardio dengan latihan kekuatan untuk membakar kalori dan membangun otot sehingga bisa menurunkan berat badan dengan sehat. (Sumber : Pexels/JessicaMonte)
Food & Travel04 Juli 2024, 07:00 WIB

Camilan untuk Menurunkan Berat Badan, Apakah Ngemil Itu Sehat?

Diet untuk menurunkan berat badan tidak harus berarti mengabaikan camilan lezat. Lantas, Apakah Ngemil Itu Sehat?
Ilustrasi. Camilan untuk Menurunkan Berat Badan, Apakah Ngemil Itu Sehat? (Sumber : Pexels/shvetsproduction)