5 Makanan Superfood untuk Mengendalikan Gula Darah dan Mencegah Diabetes

Kamis 27 Juni 2024, 12:30 WIB
Ilustrasi. Superfood. Makanan untuk Mengendalikan Gula Darah Tinggi (Sumber : Pexels/RDNEStockProject)

Ilustrasi. Superfood. Makanan untuk Mengendalikan Gula Darah Tinggi (Sumber : Pexels/RDNEStockProject)

SUKABUMIUPDATE.com - Gula darah tinggi, atau hiperglikemia, dapat menyebabkan komplikasi kesehatan jangka panjang seperti penyakit kardiovaskular, kerusakan saraf, infeksi gusi, dan bahkan masalah mata.

Hiperglikemia juga dapat merusak pembuluh darah sehingga meningkatkan kemungkinan terjadinya penyakit jantung, stroke, dan penyakit ginjal.

Karena 1 dari 3 orang dewasa mengidap pra-diabetes (sebagian besar tidak mengetahuinya), kita semua dapat memperoleh manfaat dari penurunan kadar glukosa untuk membantu menurunkan berat badan, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Tapi bagaimana cara memulai gaya hidup untuk mengendalikan gula darah dalam tubuh?

Melansir mcehospital.com, salah satu cara mengontrol gula darah adalah dengan memikirkan kembali kebiasaan makan. Berikut lima makanan super atau superfood yang dapat membantu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh:

Makanan Superfood untuk Mengontrol Gula Darah

1. Buah beri

Jangan membuat perjalanan Anda ke toko sia-sia. Makanan seperti blueberry mengandung serat dan antioksidan yang dikenal dapat menurunkan gula darah dan peradangan.

Demikian pula, sebuah penelitian menemukan stroberi mengurangi komplikasi diabetes seperti penyakit ginjal dan kerusakan saraf.

Sebuah studi di Obesity menemukan bahwa ketika jumlah raspberry yang dimakan meningkat, resistensi insulin menurun. Penelitian lain menunjukkan bahwa menggabungkan buah beri dengan atau mengikuti makanan kaya pati juga dapat menurunkan gula darah.

2. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti almond, kacang mete, atau bahkan pistachio termasuk makanan superfood untuk mengendalikan gula darah tinggi.

Dalam sebuah penelitian, ibu hamil yang berisiko terkena diabetes gestasional memiliki gula darah yang lebih rendah setelah mengonsumsi pistachio dibandingkan kelompok yang mengonsumsi roti gandum. Namun, seperempat cangkir kacang-kacangan per hari dapat menurunkan BMI dan risiko diabetes meskipun Anda tidak mengharapkannya.

3. Sayuran berdaun hijau

Sayuran hijau seperti bayam rendah kalori dan mengandung magnesium, hal ini baik karena magnesium menurunkan risiko diabetes tipe 2.

Sayuran berwarna gelap seperti sawi dan kangkung menyediakan vitamin A, C, E, kalsium dan zat besi.

Sayuran hijau juga mengandung potasium, yang bermanfaat karena vitamin K melemaskan pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah. Serat dalam sayuran juga dapat meningkatkan kadar glukosa.

4. Sayuran tidak bertepung

American Diabetes Association merekomendasikan untuk mengisi setengah piring penderita diabetes dengan sayuran non-tepung saat makan, seperti asparagus, brokoli, kacang hijau, labu, dan jamur.

Namun, asosiasi tersebut memperingatkan bahwa jika Anda membeli sayuran beku atau kalengan, belilah versi “tanpa tambahan garam” atau bilas natrium dari produk tersebut.

5. Biji-bijian utuh

Oat dan biji-bijian lainnya mengandung folat, kromium, vitamin B, dan magnesium. Selain itu, makanan ini tinggi serat larut, lebih rendah gula dibandingkan karbohidrat lainnya, menjadikannya pilihan yang dapat menurunkan kolesterol.

Jadi cobalah gandum gulung yang dipotong baja, bukan sereal manis. Karbohidrat sederhana dapat menyebabkan diabetes, penyakit jantung, dan obesitas

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Food & Travel02 Juli 2024, 06:00 WIB

Resep Vegetable Soup, Cara Membuat Sup Sayuran yang Aman untuk Asam Urat

Dalam mengendalikan asam urat, makanan berprotein tinggi meningkatkan kadar asam urat dalam darah, dan harus dihilangkan dari pola makan.
Ilustrasi. Di masa lalu, pengobatan asam urat mencakup pembatasan pola makan yang ketat. (Sumber : Freepik/freepik)
Science02 Juli 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 2 Juli 2024, Semua Wilayah Potensi Hujan di Siang Hari

Prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat 2 Juli 2024 dimana cuaca hujan di siang hari berpotensi terjadi di berbagai wilayah termasuk Sukabumi dan sekitarnya.
Prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat 2 Juli 2024 dimana cuaca hujan di siang hari berpotensi terjadi di berbagai wilayah termasuk Sukabumi dan sekitarnya. (Sumber : Pixabay.com/@Horacio30)
Sukabumi01 Juli 2024, 22:03 WIB

Idap Tumor Ganas di Wajah, Kakek Asal Parakansalak Sukabumi Butuh Uluran Tangan

Sejak awal tahun 2023, kondisi kesehatan Kakek Madron terus memburuk, membuat aktivitasnya sangat terbatas. Wajahnya mengalami pembengkakan yang semakin membesar
Kakek Madron (69 tahun) warga Parakansalak Sukabumi mengidap tumor ganas di wajah | Foto : Ibnu Sanubari
Food & Travel01 Juli 2024, 21:31 WIB

Mengenal Bakar Tongkang, Tradisi Tionghoa di Bagansiapiapi Riau yang Jadi Event Nasional

Festival Bakar Tongkang di Kota Bagansiapiapi, Rokan Hilir, Riau, tiap tahunnya menyedot puluhan ribu wisatawan, baik lokal dan wisatawan mancanegara.
Prosesi pembakaran replika tongkang di Festival Bakar Tongkang Bagansiapiapi Riau. (Sumber : SU/Denis)
Sehat01 Juli 2024, 21:00 WIB

Cara Membuat Teh Jahe Segar untuk Mengobati Asam Urat, Simpel dan Mudah!

Teh jahe bukanlah obat untuk asam urat. Teh jahe hanya membantu meredakan gejala dan membantu mencegah serangan.
Ilustrasi. Teh jahe bukanlah obat untuk asam urat. Teh jahe hanya membantu meredakan gejala dan membantu mencegah serangan. Sumber foto : Freepik/@jcomp
Sukabumi01 Juli 2024, 20:29 WIB

Dinkes Temukan Bakteri Di Sampel Makanan Keracunan Massal Sagaranten Sukabumi

Kepala UPTD Puskesmas Sagaranten, Sudarna Sukmana, menyatakan bahwa pihaknya telah menerima hasil Labkesda Provinsi Jawa Barat dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi.
Dinas Kesehatan Sukabumi sudah menerima hasil labkesda terkait sampel makanan keracunan massal di Sagaranten Sukabumi | Foto : Ilustrasi / Pixabay
Sehat01 Juli 2024, 20:00 WIB

Asam Urat Gak Serem Lagi: 13 Cara Alami Mencegahnya Agar Tidak Kembali

Obat asam urat alami dapat meredakan rasa sakitnya hingga bengkak di area persendian.
Ilustrasi - Obat asam urat alami dapat meredakan rasa sakitnya hingga bengkak di area persendian. (Sumber : Pexels.com/@Anna Tarazevich).
Sukabumi01 Juli 2024, 19:59 WIB

Sidat Banyak Diburu Di Sungai-sungai Sukabumi, Ternyata Banyak Manfaatnya

Ikan sidat atau lubang banyak ditemukan di sejumlah sungai yang berada di Sukabumi. Lalu, kenapa banyak yang berburu ikan sidat. Apa manfaat dan kelebihannya.
Ikan Sidat / Lubang yang ditangkap warga di Sungai Cimarinjung Sukabumi | Foto : Sukabumi Update
Gadget01 Juli 2024, 19:00 WIB

10 Langkah Mengatasi Laptop Lemot Secara Efektif, Jadi Lancar Kembali Loh!

Laptop lemot bagaikan mimpi buruk bagi para penggunanya. Aktivitas terhambat, frustrasi melanda, dan pekerjaan pun tertunda.
Ilustrasi - Laptop lemot bagaikan mimpi buruk bagi para penggunanya. Aktivitas terhambat, frustrasi melanda, dan pekerjaan pun tertunda. (Sumber : Freepik.com/@jcomp).
Sukabumi01 Juli 2024, 18:50 WIB

Perumdam TJM Sukabumi Cabang Cibadak Lakukan Pemeliharaan Jaringan Pipa

Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Jaya Mandiri (Perumdam TJM) Sukabumi cabang Cibadak melaksanakan pemeliharaan jaringan pipa berdiameter 6 inci di Jalan Karangtengah, Desa Karangtengah
Petugas Perumdam TJM Cibadak saat memperbaiki pipa pelayanan air minum di Desa Karangtengah, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Senin (1/7/2024) | Foto : Dok. Perumdam TJM