Mengelola Gula Darah dengan Diet Diabetes: 8 Makanan yang Bisa Anda Konsumsi

Kamis 27 Juni 2024, 13:00 WIB
Ilustrasi - Makanan tertentu menjadi bagian sehat dalam diet diabetes untuk mengelola gula darah. (Sumber : Freepik.com).

Ilustrasi - Makanan tertentu menjadi bagian sehat dalam diet diabetes untuk mengelola gula darah. (Sumber : Freepik.com).

SUKABUMIUPDATE.com - Mengelola gula darah dengan diet diabetes adalah salah satu langkah paling efektif untuk menjaga kesehatan dan menghindari komplikasi. Diet yang tepat dapat membantu mengontrol kadar gula darah, mengelola berat badan, dan menjaga kesehatan jantung.

Memilih makanan yang tepat merupakan salah satu kunci penting dalam mengelola gula darah. Memang, dengan banyaknya pilihan makanan yang tersedia, terkadang sulit untuk menentukan mana yang baik dan mana yang tidak.

Namun, jangan khawatir! Berikut beberapa panduan untuk membantu Anda memilih makanan yang baik untuk gula darah untuk diet diabetes, dihimpun dari laman nutritionnews.

1. Yogurt Tanpa Pemanis atau Biasa

Yoghurt probiotik adalah pilihan tepat untuk mengelola kadar gula darah dan dalam sebuah penelitian terbukti menurunkan gula darah puasa dan hemoglobin A1C di antara penderita diabetes tipe 2.

Penuh dengan bakteri baik untuk menjaga kesehatan usus dan mengandung protein untuk membantu mengatasi rasa lapar dan menjaga otot. Faktor yang secara tidak langsung dapat berkontribusi dalam mengelola gula darah Anda. Pilih yogurt Yunani tanpa pemanis karena kandungan gulanya rendah dan proteinnya tinggi.

2. Blueberry

Bukti mengenai manfaat makan blueberry bagi kesehatan sangat meyakinkan. Sebuah penelitian menunjukan seorang pria dengan diabetes tipe 2, mengonsumsi satu porsi blueberry setiap harinya selama delapan minggu dihubungkan dengan peningkatan hemoglobin A1C dan trigliserida.

Anda akan menemukan blueberry sebagai pilihan yang bagus, terutama jika Anda menggunakan indeks glikemik, yakni sistem penilaian yang mengukur seberapa banyak makanan tertentu meningkatkan kadar gula darah.

Satu porsi blueberry mentah mengandung hampir 4 gram serat, yaitu 14% dari jumlah serat harian yang direkomendasikan. Selain itu, buah ini mengandung nutrisi penting lainnya seperti vitamin C dan magnesium dan berfungsi sebagai camilan tengah hari yang enak dan mengenyangkan.

3. Kacang

Kacang-kacangan, terutama kacang merah, pinto, dan kacang hitam, merupakan pilihan yang sangat baik bagi penderita diabetes. Kacang kaya akan vitamin dan mineral dan juga merupakan sumber serat yang sangat baik. Mereka adalah alternatif yang bagus untuk daging dalam memenuhi kebutuhan protein Anda.

4. Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran berdaun gelap seperti bayam dan kangkung memiliki nilai indeks glikemik yang sangat rendah, serta banyak nutrisi bermanfaat seperti serat dan Vitamin C. Sayuran ini fleksibel untuk digunakan baik mentah maupun dimasak, sehingga mudah dimasukkan ke dalam makanan harian Anda.

5. Kurma

Kurma memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dibandingkan buah kering lainnya dan merupakan cara yang bagus untuk memuaskan rasa manis Anda jika dinikmati dalam jumlah sedang.

Satu buah kurma mengandung sekitar 1,5 gram serat dan bisa dijadikan camilan mengenyangkan, jika dipadukan dengan protein dan/atau lemak.

6. Oat

Oat adalah pilihan yang baik untuk mengelola gula darah karena kandungan seratnya yang kaya ¼ cangkir oat potong baja kering (sekitar 1 cangkir dimasak) mengandung 4 gram serat.

Mereka dapat membantu mengelola gula darah dibandingkan pilihan sarapan glisemik tinggi berkat serat beta-glukan yang dapat memperlambat penyerapan karbohidrat dan membantu mencegah lonjakan gula darah secara tiba-tiba.

7. Jamur

Jamur memang mengandung beta-D-glukan, sejenis serat larut yang telah terbukti memiliki berbagai manfaat kesehatan, termasuk menurunkan respons glukosa darah.

Beta-D-glukan adalah polisakarida yang dapat membantu mengatur metabolisme glukosa dan meningkatkan kontrol glikemik, yang sangat bermanfaat bagi penderita diabetes dan mereka yang ingin menjaga kadar gula darah tetap stabil.

8. Bawang

Bawang telah digunakan untuk tujuan medis selama ribuan tahun karena berbagai manfaat kesehatannya. Mereka pada dasarnya merupakan pilihan rendah karbohidrat yang baik yang dapat dengan mudah dikombinasikan dengan sayuran non-tepung lainnya dalam bentuk lauk utama atau lauk untuk membantu mengatur gula darah.

Bawang juga mengandung antioksidan yang disebut quercetin, yang memberikan sifat anti-inflamasi.

 

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Nasional02 Juli 2024, 20:41 WIB

Hacker Bakal Berikan Kunci Enkripsi Pusat Data Nasional yang Diretas

Kelompok hacker, Brain Chiper, yang diduga meretas Pusat Data Nasional (PDNS), membuat pengumuman yang mengejutkan publik. Hal itu diungkap akun perusahaan intelijen siber @stealthmole_int di X.
Brain Chiper, yang diduga peretas Pusat Data Nasional (PDNS), menyebutkan bahwa kunci untuk membuka akses enkripsi PDNS 2 akan diberikan pada Rabu, 3 Juli 2024 | Foto : Ilustrasi
DPRD Kab. Sukabumi02 Juli 2024, 20:06 WIB

Paripurna DPRD Kabupaten Sukabumi Tetapkan Laporan APBD 2023 Menjadi Perda

DPRD Kabupatem Sukabumi, menggelar Rapat Paripurna untuk menetapkan hasil laporan tentang pertanggungjawaban pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2023, menjadi peraturan daerah (Perda).
Rapat Pipurna DPRD Kabupaten Sukabumi tentang pertanggungjawaban pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2023 | Foto : Istimewa
Gadget02 Juli 2024, 20:00 WIB

3 Rekomendasi HP dengan RAM Besar Harga Mulai Rp3 Jutaan Saja!

HP dengan RAM besar memungkinkan Anda untuk menjalankan aplikasi-aplikasi produktivitas dengan lancar dan tanpa hambatan.
Ilustrasi - HP dengan RAM besar memungkinkan Anda untuk menjalankan aplikasi-aplikasi produktivitas dengan lancar dan tanpa hambatan. (Sumber : samsung.com/Mi.co.id).
Nasional02 Juli 2024, 19:05 WIB

Penjambret Beraksi Di Jakarta Ditangkap Di Sukabumi: Ini Kronologi dan Identitasnya

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Ade Ary Syam Indradi mengatakan pihaknya telah menangkap dua penjambret yang beraksi di arena Car Free Day Jalan Sudirman, Jakarta Pusat
Penjambret tertangkap kamera fotografer saat beraksi di car fre day di Sudirman Jakarta | Foto : @zakwanoe di X (Twitter)
Sehat02 Juli 2024, 19:00 WIB

Rebusan Daun Salam untuk Mengobati Asam Urat, Gula Darah dan Kolesterol

Rebusan daun salam dipercaya dapat membantu mengobati berbagai penyakit seperti asam urat, gula darah dan kolesterol.
Ilustrasi - Rebusan daun salam dipercaya dapat membantu mengobati berbagai penyakit seperti asam urat, gula darah dan kolesterol. (Sumber : YouTube/@Classic Bakes).
Sukabumi Memilih02 Juli 2024, 18:18 WIB

Bersaing di Pilbup Sukabumi, Asjap dan Iyos Kompak Hadiri Acara DPP Golkar: Ini Kata Relawan

Bakal calon bupati Sukabumi, Asep Japar dan Iyos Somantri kompak menghadiri acara DPP Partai Golkar, pada Minggu 30 Juni 2024, di Jakarta.
Asep Japar dan Iyos Somantri kompak hadiri acara DPP Partai Golkar | Foto : Istimewa
Life02 Juli 2024, 18:00 WIB

8 Doa-doa Pendek yang Pahalanya Bukan Main! Amalkan Setiap Hari

Doa pendek ini memiliki pahala luar biasa dan bukan main bagi siapapun yang mengamalkannya.
Ilustrasi - Doa pendek ini memiliki pahala luar biasa dan bukan main bagi siapapun yang mengamalkannya. (Sumber : pexels.com/@SERHAT TUĞ)
Sehat02 Juli 2024, 17:30 WIB

5 Sarapan Berprotein Tinggi yang Tidak Bikin Lonjakan Gula Darah Menurut Ahli Gizi

Sarapan sehat dan lezat untuk penderita diabetes agar tidak terjadi lonjakan gula darah. Huzaifa Bukhari
Ilustrasi - Sarapan sehat dan lezat untuk penderita diabetes agar tidak terjadi lonjakan gula darah. (Sumber : pexels.com/@Huzaifa Bukhari).
Sehat02 Juli 2024, 17:15 WIB

Jam Berapa Lari Untuk Menurunkan Berat Badan? Berikut Perbedaan Manfaatnya

Salah satu jenis olahraga yang ampuh menurunkan berat badan jika dilakukan secara rutin adalah lari. Namun, masih banyak orang yang bingung tentang lari pagi atau lari sore yang lebih efektif dalam penurunan berat badan.
Ilustrasi etahui waktu terbaik untuk lari saat ingin menurunkan berat badan (Sumber : Freepik.com/@Drazen Zigic)
Musik02 Juli 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Gala Bunga Matahari Sal Priadi yang Viral Jadi Backsound Music

Yuk Intip Lirik Lagu Gala Bunga Matahari dari Sal Priadi yang Potongan Musiknya Viral Jadi Backsound Video.
Official Music Lagu Gala Bunga Matahari Sal Priadi. Foto: YouTube Music