Lonjakan Gula Darah di Malam Hari: 10 Makanan yang Harus Dihindari Sebelum Tidur

Selasa 25 Juni 2024, 17:30 WIB
Ilustrasi - Makanan tertentu wajib dihindari penderita diabetes jika ingin terhindari dari lonjakan gula darah di malam hari. (Sumber : Freepik.com/@stockking).

Ilustrasi - Makanan tertentu wajib dihindari penderita diabetes jika ingin terhindari dari lonjakan gula darah di malam hari. (Sumber : Freepik.com/@stockking).

SUKABUMIUPDATE.com - Tidur yang berkualitas memang sangat penting untuk kesejahteraan secara keseluruhan, terutama bagi penderita diabetes. Sebab, tidur memainkan peran penting dalam mengelola kadar gula darah.

Apa yang Anda makan sebelum tidur dapat berdampak signifikan terhadap kadar glukosa Anda di malam hari. Mencegah daripada mengobati adalah tepat yang harus dilakukan penderita diabetes.

Dikutip dari laman keeros, seorang ahli gizi bernama Simran Sahni membagikan tips menjaga kadar glukosa tetap terkendali di malam hari. Berikut ada beberapa makanan yang wajib dihindari demi memastikan tidur malam yang nyenyak.

Makanan yang Harus Dihindari Sebelum Tidur

1. Sereal Manis

Mulailah daftar makanan yang harus dihindari dengan sereal manis, pilihan sarapan umum yang dapat merusak kadar gula darah. Pilihlah alternatif gandum utuh dan rendah gula untuk memulai hari Anda dengan lebih sehat.

2. Yogurt Manis

Yoghurt beraroma mungkin tampak seperti camilan sehat, tetapi seringkali mengandung gula tambahan. Pilih yogurt tawar tanpa pemanis dan tingkatkan rasanya dengan buah-buahan segar atau sedikit madu.

3. Cemilan Olahan

Kerupuk, keripik, dan kue kering seringkali mengandung karbohidrat olahan yang dapat menyebabkan lonjakan gula darah. Sebaliknya, pilihlah camilan utuh yang belum diolah seperti kacang-kacangan atau sayuran.

4. Roti putih

Roti putih memiliki indeks glikemik tinggi dan bisa memicu lonjakan gula darah. Ganti roti putih dengan roti gandum utuh atau alternatif rendah karbohidrat untuk membantu menjaga kadar gula darah lebih stabil sebelum tidur.

5. Gorengan

Makanan yang digoreng tidak hanya tinggi lemak tidak sehat tetapi juga dapat menyebabkan peradangan, yang berpotensi berdampak pada regulasi gula darah.

6. Buah Tinggi Gula

Meskipun buah-buahan adalah pilihan yang bergizi, ada pula yang memiliki kandungan gula lebih tinggi. Batasi asupan buah-buahan seperti pisang, anggur, dan mangga menjelang waktu tidur.

7. Minuman Soda dan Pemanis

Sebagaimana kita ketahui jika minuman manis dapat menyebabkan lonjakan gula darah dengan cepat. Pilih air, teh herbal, atau pilihan bebas gula lainnya agar tetap terhidrasi tanpa memengaruhi kadar glukosa Anda.

8. Makan Porsi Besar

Makan berlebihan, terutama makanan tinggi karbohidrat atau tinggi gula, dapat menyebabkan peningkatan kadar gula darah. Pilihlah porsi yang lebih kecil dan seimbang untuk mendukung kontrol glikemik yang lebih baik.

9. Makanan Pedas

Makanan pedas terkadang dapat memicu mulas atau gangguan pencernaan, berpotensi mengganggu tidur Anda dan memengaruhi kadar gula darah pada sebagian orang.

10. Produk Susu Tinggi Lemak

Produk susu berlemak penuh mungkin mengandung banyak lemak jenuh. Pertimbangkan untuk memilih pilihan rendah lemak atau bebas lemak untuk mengatur asupan lemak secara keseluruhan sebelum tidur.

 

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Life01 Juli 2024, 12:15 WIB

5 Cara Menjaga Kesehatan Mental Anak Perempuan yang Perlu Dipahami Orang Tua

Kesehatan mental sangat penting bagi semua orang, tak terkecuali anak perempuan.
Ilustrasi cara menjaga kesehatan mental anak perempuan (Sumber : Pexels.com/@Ketut Subiyanto)
Sukabumi01 Juli 2024, 12:07 WIB

Hari Bhayangkara ke-78, Pj Wali Kota Sukabumi Bicara Peran Polri Jaga Keamanan

Pemkot Sukabumi mengapresiasi pengabdian Polri dalam menjaga keamanan.
Polres Sukabumi Kota menggelar upacara di Lapang Merdeka pada Senin (1/7/2024) untuk memperingati Hari Bhayangkara ke-78. Turut hadir Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Bola01 Juli 2024, 12:00 WIB

Usai Juara Bersama Persib, Fitrul Dwi Rustapa Resmi Merapat ke Bali United

Fitrul Dwi Rustapa resmi menyeberang ke Bali United dari Persib Bandung.
Fitrul Dwi Rustapa resmi menyeberang ke Bali United dari Persib Bandung. (Sumber : Instagram/@baliunitedfc).
Sukabumi01 Juli 2024, 11:47 WIB

Harapan Bupati Sukabumi untuk Polri di Hari Bhayangkara ke 78

Usai mengikuti upacara Bupati sukabumi mengucapkan Selamat Hari Bhayangkara ke-78 untuk seluruh jajaran anggota Polri, khususnya di lingkungan Polres Sukabumi.
Bupati beserta Forkopimda Kabupaten Sukabumi menghadiri Upacara Peringatan HUT Bhayangkara ke-78 tahun (Sumber : dokpim Kabupaten Sukabumi)
Life01 Juli 2024, 11:30 WIB

Tantrum! 10 Sikap Anak yang Sulit Diatur Orang Tua dan Solusi Cara Mengatasinya

Konsistensi dalam aturan dan konsekuensi membantu anak yang tidak mau diatur memahami batasan yang jelas.
Ilustrasi. Kenali cara menghadapi anak sulit diatur. (Sumber : Freepik/@freepik)
Aplikasi01 Juli 2024, 11:20 WIB

Pengembangan Teknologi Informasi, Mengolah dan Monitoring Irigasi dengan Sistem IOT

Bentuk inovasi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat saat ini, yaitu sebuah rancangan teknologi yang disebut Smart Irigasi.
Ilustrasi. Rancangan teknologi Smart Irigasi, dapat menjawab tantangan masa kini yang dapat menjadi solusi praktis. (Sumber: istimea)
Sukabumi01 Juli 2024, 11:10 WIB

13 Aduan Diterima Pemkot Sukabumi Lewat E-Lapor Selama Juni 2024

Aduan paling banyak disampaikan untuk DPUTR Kota Sukabumi.
Tampilan sistem layanan aduan Pemkot Sukabumi yang dikelola Dinas Komunikasi dan Informatika. | Foto: Dinas Komunikasi dan Informatika
Life01 Juli 2024, 11:00 WIB

Libur Sekolah di Rumah Aja? Gak Usah Bingung, Lakukan 10 Ide Kegiatan Ini!

Di Sukabumi sendiri, rata-rata waktu liburan sekolah negeri dijadwalkan mulai 1-14 Juli 2024. Artinya, tanggal 15 Juli 2024 anak-anak sudah harus bersekolah seperti biasa.
Ilustrasi. Nonton Film. Libur Sekolah di Rumah Aja? Gak Usah Bingung, Lakukan Ide Kegiatan Ini! (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi01 Juli 2024, 10:32 WIB

Laki-laki Ini Tewas Tergantung di Ciracap Sukabumi, Ditemukan Sang Kakak

Sekitar lima atau enam bulan lalu korban pulang ke alamat asal.
Evakuasi jenazah S (49 tahun) yang ditemukan tewas tergantung di Kampung Karyatani RT 06/02 Desa Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Senin (1/7/2024). | Foto: Istimewa
Life01 Juli 2024, 10:30 WIB

Kunci Hubungan Harmonis & Langgeng, Ini 8 Tips Membuat Pasangan Bahagia

Membangun dan menjaga hubungan yang bahagia membutuhkan komitmen, usaha, dan kesadaran dari kedua belah pihak.
Ilustrasi. pasangan yang bahagia merupakan kunci untuk hubungan yang harmonis dan langgeng. (Sumber : Pexels/AndreFurtado)