Aman Dari Penyakit, Inilah 5 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Selasa 25 Juni 2024, 17:15 WIB
Ilustrasi Jika ingin bebas dari penyakit, jagalah kesehatan ginjal dengan beberapa cara (Sumber : Freepik.com)

Ilustrasi Jika ingin bebas dari penyakit, jagalah kesehatan ginjal dengan beberapa cara (Sumber : Freepik.com)

SUKABUMIUPDATE.com - Ginjal merupakan bagian penting dari tubuh kita. Karena fungsi ginjal adalah menyaring semua sampah untuk dikeluarkan melalui urin. Maka dari itu, menjaga kesehatan ginjal merupakan hal penting agar aman dari penyakit ginjal kronis.

Ginjal membantu menyaring limbah dan kelebihan cairan tubuh. Penyakit ginjal kronis dapat mengganggu fungsi penyaringan ginjal, sehingga menyebabkan penumpukan racun dan produk limbah yang dapat menyebabkan masalah kesehatan serius.

Mengutip dari laman The Health Site, jika Anda menderita penyakit ginjal kronis, melakukan penyesuaian gaya hidup penting untuk menjaga kesehatan ginjal agar sistem pada tubuh bisa kembali berjalan normal dan kesehatan tubuh secara keseluruhan juga terjaga.

Baca Juga: 6 Kebiasaan Ini yang Meningkatkan Lonjakan Gula Darah, Bukan Hanya Makanan Manis!

Di laman yang sama, disebutkan beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan ginjal. Tentunya jika dilakukan rutin, maka kesehatan tubuh secara keseluruhan juga akan membaik.

5 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal Agar Aman Dari Penyakit

1. Minum Banyak Air

Menjaga tubuh agar tetap terhidrasi bukan hanya penting untuk kesehatan secara keseluruhan, tetapi juga dapat membantu menjaga kesehatan ginjal. Ini akan membantu menjaga tubuh tetap sejuk dan memastikan ginjal kita berfungsi dengan baik, yang kemudian terakumulasi dalam tubuh.

Lebih baik lagi jika berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu tentang jumlah air yang harus diminum sesuai dengan kondisi ginjal kita, karena hal ini dapat berbeda-beda pada setiap orang.

2. Mengontrol Diabetes

Bagi Anda yang menderita diabetes, mengontrol kadar gula darah sangat penting untuk menjaga kesehatan ginjal. Kadar gula darah yang tinggi membuat ginjal kurang mampu menyaring limbah dari tubuh.

Rutin memantau kadar gula darah dengan cermat sehari-hari dan sesuaikan pola makan, olahraga, serta obat-obatan sesuai kebutuhan agar tetap terkendali.

Baca Juga: Dialihkan ke Jalur Sukabumi, Jalan Raya Puncak Bogor Ditutup! Pedagang Tolak Digusur

3. Menurunkan Tekanan Darah

Diabetes adalah penyebab utama penyakit ginjal. Jika menderita diabetes, mengelola kadar gula darah sangat penting untuk melindungi ginjal. Tingginya kadar gula dalam darah dapat berkaitan dengan melonjaknya tekanan darah juga.

Jika diperlukan, Anda juga harus berkonsultasi dengan dokter tentang penggunaan obat untuk menurunkan tekanan darah.

4. Lakukan Perubahan Pola Makan

Mengkonsumsi makanan tinggi serat mendukung fungsi ginjal yang sehat. Kita juga harus membatasi asupan makanan olahan dan makanan tinggi sodium, karena dapat membebani ginjal. Makanlah makanan sehat seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

Baca Juga: Simpel, Ini 5 Resep Menu Makan Pagi Ramah Asam Urat dan Cara Membuatnya

5. Pemeriksaan Rutin

Pemeriksaan rutin sangat penting untuk memastikan ginjal kita berfungsi dengan baik. Dokter atau pelayanan kesehatan dapat memeriksa darah dan urin untuk mencari tanda-tanda masalah dan merekomendasikan perawatan yang diperlukan untuk menjaga kesehatan ginjal.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi05 Juli 2024, 10:05 WIB

Viral, Video Aksi Keributan Pasukan Bersarung di Selakaso Kota Sukabumi. Ini Kata Warga

Viral di media sosial facebook sebuah video yang memperlihatkan aksi keributan serta pengrusakan sebuah mobil sedan berwarna putih oleh sekelompok orang bersarung.
Aksi keributan terjadi tepat di depan Kantor Kelurahan Babakan, Kecamatan Cibeureum, Kota Sukabumi | Foto : Capture rekaman amatir warga
Life05 Juli 2024, 10:00 WIB

7 Ciri Kamu Sulit Percaya Lagi dengan Orang lain, Pernah Alami Trauma?

Banyak sekali orang yang mengalami kesulitan untuk percaya lagi dengan orang lain.
Ilustrasi - Banyak sekali orang yang mengalami kesulitan untuk percaya lagi dengan orang lain. (Sumber : pexels.com/@Ketut Subiyanto).
Life05 Juli 2024, 09:30 WIB

12 Kebiasaan Simpel Orang Sukses yang Jarang Dilakukan Orang Biasa

Meskipun kebiasaan ini terlihat simpel, konsistensi dalam pelaksanaannya membutuhkan komitmen dan disiplin guna mencapai kesuksesan yang diharapkan.
Ilustrasi. Meskipun kebiasaan ini terlihat simpel, konsistensi dalam pelaksanaannya membutuhkan komitmen dan disiplin guna mencapai kesuksesan yang diharapkan. (Sumber : Freepik/@tirachardz)
Sukabumi05 Juli 2024, 09:25 WIB

Dinsos Salurkan Bantuan Kepada Kelurga Korban Kebakaran di Waluran Sukabumi

Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Sukabumi baru-baru ini menyalurkan sejumlah bantuan berupa paket sembako, tikar dan lain sebagainya kepada keluarga Rosidin (67 tahun)
Dinsos Kabupaten Sukabumi berikan bantuan kepada Rosidin korban kebakaran di Waluran | Foto : Ist
Sehat05 Juli 2024, 09:00 WIB

Rahasia Detox Alami: 6 Minuman Sehat yang Membersihkan Tubuh Secara Mendalam

Ada beberapa minuman sehat untuk membersihkan tubuh secara mendalam.
Ilustrasi - Ada beberapa minuman sehat untuk membersihkan tubuh secara mendalam. (Sumber : Freepik.com/@azerbaijan_stockers).
Inspirasi05 Juli 2024, 08:30 WIB

Segera Ditutup 3 Agustus, Daftar Loker Lulusan SMA Ini Sekarang!

Info Loker Tangerang SMA di Indofood untuk posisi Operator ini dibuka hingga 3 Agustus 2024 mendatang.
Ilustrasi. Karyawan. Segera Ditutup 3 Agustus, Daftar Loker Lulusan SMA Ini Sekarang! (Sumber : Freepik/ArthurHidden)
Sehat05 Juli 2024, 08:00 WIB

Ada Penyakit Ginjal, Waspada 4 Masalah Pencernaan Akibat Obesitas!

Bahkan jika tidak menderita diabetes atau tekanan darah tinggi, obesitas dapat meningkatkan risiko terkena CKD.
Ilustrasi. Sakit Perut Sembelit. Ada Penyakit Ginjal, Waspada Sederet Masalah Pencernaan Akibat Obesitas Berikut! (Sumber : Freepik/@freepik)
Life05 Juli 2024, 07:00 WIB

10 Ciri Orang yang Punya Harga Diri Rendah dan Cara Mengatasinya

Memiliki harga diri yang sehat adalah proses yang membutuhkan waktu dan usaha, tetapi dengan langkah-langkah yang tepat, seseorang dapat membangun pandangan yang lebih positif dan kuat tentang diri mereka sendiri.
Ilustrasi. Merasa Tidak Punya Harga Diri dan Cara Mengatasinya (Sumber : Freepik/@prestooleh)
Food & Travel05 Juli 2024, 06:00 WIB

Walnut Time! Intip Resep Saus Kacang Bawang Putih Bebas Gluten

Yuk recook resep dasar untuk membuat saus bawang putih walnut yang ramah asam urat dan bebas gluten!
Ilustrasi. Info resep dasar untuk membuat saus bawang putih walnut yang ramah asam urat dan bebas gluten (Sumber : Freepik/@KamranAydinov)
Science05 Juli 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 5 Juli 2024, Semua Wilayah Berpotensi Hujan di Siang Hari

Prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat 5 Juli 2024 dimana cuaca hujan di siang hari berpotensi terjadi di berbagai wilayah termasuk Sukabumi dan sekitarnya.
Prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat 5 Juli 2024 dimana cuaca hujan di siang hari berpotensi terjadi di berbagai wilayah termasuk Sukabumi dan sekitarnya. (Sumber : Pixabay.com/@Horacio30)