Aman Hipertensi, 6 Buah Ini Bisa Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami

Selasa 25 Juni 2024, 16:45 WIB
Ilustrasi Beberapa buah bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi secara alami (Sumber : Freepik.com/@lifeforstock)

Ilustrasi Beberapa buah bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi secara alami (Sumber : Freepik.com/@lifeforstock)

SUKABUMIUPDATE.com - Bagi penderita hipertensi, untuk mengurangi tekanan darah tinggi perlu usaha yang maksimal. Apalagi jika tidak ingin bergantung dengan obat dan ingin tekanan darah turun secara alami.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah merubah pola hidup, terutama merubah apa yang dimakan sehari-hari. Karena hipertensi atau tekanan darah tinggi juga bisa dipengaruhi dari makanan.

Untuk menjalankan pola hidup yang sehat, perlu rutin mengkonsumsi buah-buahan dengan baik untuk hipertensi atau tekanan darah tinggi. Dan memang ada beberapa buah yang dapat membantu tekanan darah tinggi turun secara alami.

Baca Juga: 6 Kebiasaan Ini yang Meningkatkan Lonjakan Gula Darah, Bukan Hanya Makanan Manis!

Mengutip dari laman The Health Site, hipertensi adalah suatu tahap tekanan darah tinggi yang terjadi ketika tekanan darah seseorang tetap lebih tinggi dari 140/90 mmHg.

Mengontrol hipertensi atau tekanan darah tinggi sangat diperlukan karena dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius seperti penyakit jantung, stroke, kerusakan ginjal, dan lain-lain.

Bagi Anda yang pernah didiagnosis menderita tekanan darah tinggi, berikut beberapa buah-buahan yang dapat masuk jadi menu makanan harian untuk menurunkan tekanan darah tinggi secara alami di rumah:

Baca Juga: Dialihkan ke Jalur Sukabumi, Jalan Raya Puncak Bogor Ditutup! Pedagang Tolak Digusur

1. Pisang

Pisang yang mengandung potasium tinggi membantu menyeimbangkan kadar natrium dalam tubuh dan keseimbangan ini penting untuk menjaga tekanan darah yang sehat.

Mengkonsumsi pisang secara rutin dapat membantu tubuh mengendurkan dinding pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah dengan mengurangi risiko hipertensi.

2. Buah Beri

Buah beri, terutama blueberry dan stroberi, kaya akan antioksidan dan flavonoid yang membantu meningkatkan fungsi pembuluh darah untuk mengurangi peradangan. Jika kita rutin mengkonsumsi buah beri, ini dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan meningkatkan kesehatan jantung.

3. Jeruk

Jeruk kaya akan vitamin C dan potasium, kedua zat tersebut bermanfaat untuk kesehatan jantung. Jeruk membantu mengatur tekanan darah dengan mengurangi kadar natrium dan merelaksasi pembuluh darah. Minum atau makan jus jeruk dapat membantu mengelola hipertensi secara efektif.

Baca Juga: Simpel, Ini 5 Resep Menu Makan Pagi Ramah Asam Urat dan Cara Membuatnya

4. Apel

Apel mengandung serat larut dan antioksidan yang membantu menurunkan kolesterol dengan meningkatkan kesehatan pembuluh darah. Konsumsi apel secara teratur dapat menurunkan tekanan darah tinggi, menurunkan risiko serangan jantung dan berbagai penyakit kardiovaskular lainnya. Apel juga merupakan camilan yang sehat untuk mengatur tekanan darah.

5. Anggur

Anggur memiliki antioksidan dan flavonoid tinggi yang membantu meningkatkan fungsi pembuluh darah dengan mengurangi peradangan. Mengkonsumsi buah anggur secara rutin dapat secara efektif menurunkan tekanan darah tinggi dan melindungi jantung dari hipertensi. Selain itu, anggur juga merupakan pilihan camilan yang menghidrasi dan rendah kalori.

6. Semangka

Semangka kaya akan citrulline, asam amino yang membantu mengendurkan pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh sehingga membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Semangka juga menghidrasi dan menyegarkan sehingga menjadikannya buah yang enak untuk dinikmati saat cuaca panas.

Orang dengan tekanan darah tinggi biasanya tidak merasakan tanda dan gejala tetapi tekanan darah yang sangat tinggi dapat menyebabkan sakit kepala, nyeri dada, penglihatan kabur, dan lain-lain.

Baca Juga: Kadar Gula Darah Terkendali, 4 Makanan Manis yang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes

Untuk itu, rutin memeriksakan tekanan darah ke pelayanan kesehatan atau alat pengukur adalah hal yang penting untuk orang yang menderita hipertensi. Selain itu, menjalankan pola hidup sehat dan berolahraga rutin juga diperlukan.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi05 Oktober 2024, 21:24 WIB

Tanah Longsor Tutup Aliran Sungai di Bojonggenteng Sukabumi, Pertanian Warga Terancam

Hujan deras yang mengguyur wilayah Sukabumi menyebabkan tanah longsor di Kampung Nangela RT 12/04, Desa Cipanengah, Kecamatan Bojonggenteng, Sabtu (5/10/2024) sekitar pukul 16.00 WIB.
Tanah longsor dan pepohonan tumbang menutup sungai Cipanengah di Bojonggenteng Sukabumi, Sabtu (5/10/2024) | Foto : Istimewa
Sukabumi05 Oktober 2024, 20:45 WIB

Rumahnya Tiba-tiba Ambruk, Ustadz di Tegalbuleud Sementara Tinggal di Mushola

Rumah permanen berukuran 12 x 6 meter milik Ustad Nasrudin (37 tahun) di Kampung Sukarata RT 01/04 Desa Sumberjaya, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, mengalami ambruk
Ambruk, rumah milik ustad Nasrudin di Tegalbuleud Sukabumi | Foto : Istimewa
Gadget05 Oktober 2024, 19:00 WIB

8 Cara Mengatasi HP Lemot, Dijamin Kembali Lancar

Mengatasi HP yang lemot bisa dilakukan dengan beberapa langkah perawatan dan optimalisasi.
Ilustrasi. Mengatasi HP yang lemot bisa dilakukan dengan beberapa langkah perawatan dan optimalisasi. (Sumber : Pixabay/JanVasek)
DPRD Kab. Sukabumi05 Oktober 2024, 18:53 WIB

Harapan Anggota DPRD Sukabumi di HUT TNI ke-79: Perkuat Sinergi dengan Rakyat

Dalam rangka memperingati HUT TNI ke-79, Aanggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Hamzah Gurnita, memberikan apresiasi atas dedikasi dan kontribusi TNI kepada bangsa. Sekaligus beraharap agar sinergi antara TNI dan rakyat semakin diperkuat.
Hamzah Gurnita, Ketua Komisi 2 DPRD Kabupaten Sukabumi - Fraksi PKB | Foto : Ilyas Supendi
DPRD Kab. Sukabumi05 Oktober 2024, 18:29 WIB

Anggota DPRD Sukabumi Loka Tresnajaya Apresiasi Peran TNI dalam Menjaga Keutuhan NKRI

Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Loka Tresnajaya, menyampaikan apresiasi atas peran penting Tentara Nasional Indonesia (TNI) dalam menjaga keutuhan dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
H. Loka Tresnajaya, Aggota DPRD Kabupaten Sukabumi Fraksi Partai Golkar | Foto : Ibnu Sanubari
Jawa Barat05 Oktober 2024, 18:28 WIB

AMSI Jawa Barat Gelar Training Cek Fakta Lawan Gangguan Informasi Jelang Pilkada 2024

Training atau pelatihan ini merupakan kerjasama antara AMSI Pusat dengan Cek Fakta, Aliansi Jurnalis Independen (AJI), dan Google News Initiative.
AMSI Jawa Barat Gelar Training Cek Fakta Lawan Gangguan Informasi Jelang Pilkada 2024 (Sumber : Ist)
DPRD Kab. Sukabumi05 Oktober 2024, 18:02 WIB

Respon DPRD Sukabumi Soal Pembangunan Tambak Udang di Minajaya: Wajar Ditolak Warga

Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Andri Hidayana turut menanggapi rencana pembangunan tambak udang di Pantai Minajaya, Kecamatan Surade. Dimana rencana tersebut mendapatkan penolakan dari warga setempat dengan berbagai alasan.
Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Andri Hidayana turut menanggapi rencana pembangunan tambak udang di Pantai Minajaya, Kecamatan Surade | Foto: Istimewa
Life05 Oktober 2024, 18:00 WIB

Doa Agar Anak-anak Sholeh dan Sholehah, Yuk Amalkan

Memiliki anak sholeh dan sholehah adalah dambaan semua orang tua.
Ilustrasi Bacaan Doa Agar Diberikan Anak Sholeh (Sumber : Freepik).
Sukabumi05 Oktober 2024, 17:23 WIB

Sudah 2 Hari, Nelayan Pancing Hilang Kontak di Laut Ujunggenteng Sukabumi

Perahu nelayan Setia Jaya 37 yang dinahkodai Iwan (45 tahun) asal Kampung Pasirpogor Desa Loji, Kecamatan Simpenan, dan ABK Ekih (46 tahun) asal Palabuhanratu dikabarkan  hilang kontak sejak dua hari lalu di laut Ujunggenteng.
Perahu Setia Jaya 37 yang di nahkodai Iwan dan ABK Ekih hilang kontak di laut Ujunggenteng Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Musik05 Oktober 2024, 17:00 WIB

Lirik dan Terjemahan Lagu Yummy Justin Bieber yang Viral di Medsos

Meski Lagu Yummy kembali viral, hingga artikel ini ditayangkan, desas desus hubungan Justin Bieber dengan kasus P Diddy masih belum mendapat konfirmasi dari pihak manapun.
Official Video Klip Lagu Yummy Justin Bieber. Foto: YouTube/JustinBieber