Tak Hanya Makanan Manis Saja, 7 Kebiasaan Ini Memicu Lonjakan Gula Darah

Selasa 25 Juni 2024, 14:00 WIB
Ilustrasi - Ada beberapa kebiasaan yang menyebabkan lonjakan gula darah. (Sumber : Freepik.com/@Drazen Zigic)

Ilustrasi - Ada beberapa kebiasaan yang menyebabkan lonjakan gula darah. (Sumber : Freepik.com/@Drazen Zigic)

SUKABUMIUPDATE.com - Mengelola kadar gula darah memerlukan pendekatan holistik yang mencakup pemilihan makanan yang tepat, menjaga pola makan yang seimbang, mengelola stres, cukup tidur, dan aktivitas fisik yang teratur.

Jika hal diatas tadi tidak dilakukan maka akan terjadi lonjakan glukosa. Lonjakan gula darah tidak hanya berasal dari konsumsi makanan manis saja, tetapi juga dari beberapa kebiasaan sehari-hari yang sering dilakukan.

Berikut adalah beberapa kebiasaan yang dapat menyebabkan lonjakan gula darah:

Baca Juga: 12 Alternatif Pengganti Nasi untuk Dimakan Penderita Diabetes, Gula Darah Aman!

1. Pola Makan

Perhatikan apa yang Anda makan karena itu adalah salah satu hal terpenting yang dapat Anda lakukan untuk mengontrol gula darah, yang disebut juga glukosa darah. Pola makan seperti karbohidrat dengan indeks glikemik tinggi dapat membuat lonjakan gula darah.

Pilih karbohidrat yang baik, seperti roti dan sereal gandum utuh, biji-bijian yang belum diolah seperti barley atau quinoa, kacang-kacangan, pasta gandum utuh, nasi merah, buah, yogurt, dan sayuran.

2. Kurang Tidur

Kurang istirahat tidak hanya membuat Anda pusing. Hal ini juga mempengaruhi seberapa baik tubuh Anda dapat mengontrol dan memecah gula darah. Kurang tidur, bahkan untuk satu malam, membuat tubuh Anda menggunakan insulin menjadi kurang efisien. Hal itu bisa membuat gula darah Anda lebih tinggi dari yang seharusnya.

Baca Juga: Pengaruh Terhadap Gula Darah: 3 Tips Memperbaiki Kualitas Tidur Bagi Penderita Diabetes

3. Terlalu Banyak atau Terlalu Sedikit Olahraga

Bahkan olahraga ringan, seperti berjalan kaki atau melakukan pekerjaan rumah ringan, dapat menurunkan gula darah dan meningkatkan respons tubuh terhadap insulin. Penelitian menunjukkan bahwa berjalan kaki 15 menit setelah makan malam dapat membantu menurunkan gula darah.

Bahkan lebih baik lagi ini dapat membantu menahannya hingga 3 jam. Saat Anda berolahraga, tubuh Anda memompa lebih banyak gula ke otot Anda.

Jika Anda kurang bergerak, kadar glukosa Anda bisa meningkat. Terlalu banyak berolahraga juga bisa menimbulkan efek yang sama. Aktivitas berat, seperti angkat beban, atau aktivitas kompetitif, seperti lari, dapat meningkatkan gula darah Anda.

Baca Juga: Kembang Kol dan Gula Darah: 10 Manfaat dan Memasukkannya ke Diet Ramah Diabetes

4. Stres

Saat Anda benar-benar berada di bawah tekanan, tubuh Anda melepaskan hormon seperti kortisol dan adrenalin. Ini adalah respons melawan-atau-lari Anda. Ini mendorong tubuh Anda untuk bertindak seolah sedang diserang.

Tubuh Anda membakar sumber energi yang tersimpan - glukosa dan lemak - untuk menghadapi ancaman tersebut. Ketika Anda menderita diabetes, insulin tidak dapat menembus sel untuk memecah glukosa, dan kadarnya meningkat.

Stres juga bisa menyebabkan gula darah naik secara tidak langsung. Anda mungkin cenderung tidak menjaga diri dengan makan dengan benar, berolahraga, atau minum obat saat Anda stres.

Baca Juga: Begini 7 Cara Menghindari Lonjakan Gula Darah yang Tepat Bagi Penderita Diabetes

5. Merokok

Jika Anda masih sering merokok, Anda meningkatkan peluang terkena diabetes. Jika Anda sudah menderita diabetes, kemungkinan besar Anda akan kesulitan menemukan dosis insulin yang tepat dan mengontrol gula darah. Merokok mempersulit penurunan kadar gula darah.

Kadar gula darah naik dari waktu ke waktu. Namun mengetahui apa yang menyebabkan lonjakan ini dapat membantu Anda mengendalikannya dan menghindari masalah kesehatan di kemudian hari.

6. Dehidrasi

Mengutip laman medicalnewstoday, dehidrasi dapat menyebabkan kadar gula darah seseorang meningkat. Hal ini terjadi ketika air dalam aliran darah mereka berkurang. Dengan demikian, hal ini menghasilkan konsentrasi glukosa yang lebih tinggi dalam darah.

7. Konsumsi Kafein Berlebihan

Kafein dapat mempengaruhi sensitivitas insulin dan menyebabkan lonjakan gula darah pada beberapa orang, terutama jika dikonsumsi dalam jumlah besar. Batasi asupan kafein dan pilih minuman tanpa kafein seperti teh herbal atau air.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi28 September 2024, 23:45 WIB

Pagar Tembok Rusak Berat Tertimpa Pohon Tumbang di Cikembar Sukabumi

Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Cikembar, Sudarmat menjelaskan bahwa selain menutup jalan, pohon besar tersebut juga menghantam tembok Armed 13 hingga mengalami kerusakan berat.
Pagar tembok rusak berat tertimpa pohon tumbang di Cikembar Sukabumi | Foto : Istimewa
Food & Travel28 September 2024, 22:31 WIB

Cerita Pantai Amanda Ratu, Wisata Pantai Rasa Tanah Lot Bali di Ciracap Sukabumi

Pantai Amanda Ratu berada di kawasan perkebunan kelapa Citespong, yang dikelola PT. Asabaland. Di areal tersebut terdapat objek wisata dengan julukan sebagai pantai Sukabumi rasa tanah lot, Bali.
Pantai Amanda Ratu, Ciracap Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi28 September 2024, 21:03 WIB

Idap Ganguan Jiwa, Tarsum Pria Ciamis Mutilasi Istri Jalani Rehabilitasi di Sukabumi

Tarsum (51 tahun), pria asal Ciamis yang sempat menggegerkan publik karena membunuh dan memutilasi istrinya, Yanti (44 tahun), kini menjalani rehabilitasi di Sentra Phala Martha, Sukabumi.
Sentra Phala Marta Sukabumi tempat rehabilitasi sosial | Foto : Ibnu Sanubari
Film28 September 2024, 21:00 WIB

Sinopsis Film Sumala, Teror Menyeramkan yang Dialami Suami Istri dari Anaknya

Sumala adalah film bergenre horor yang telah tayang diseluruh bioskop Indonesia pada Kamis, 26 September 2024 dan akan menghadirkan nuansa mencekam kepada penonton.
Sinopsis Film Sumala, Teror Menyeramkan yang Dialami Suami Istri dari Anaknya (Sumber : Instagram/@lunamaya)
Sukabumi28 September 2024, 20:38 WIB

Hari Bakti Karang Taruna ke-64, Kadinsos Sukabumi Bicara Sinergi Pemberdayaan Masyarakat

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sukabumi, Wawan Godawan Saputra menghadiri peringatan Hari Bakti Karang Taruna ke-64, bertempat di Lapang Desa Margaluyu, Kecamatan Sagaranten, Sabtu (28/9/24).
Kepala Dinsos Wawan Gondawan Saputra  dan Ketua Karang Taruna Asep Aripin dalam cara Hari Bakti ke-64 tingkat Kabupaten Sukabumi | Foto : Istimewa
Musik28 September 2024, 20:00 WIB

Maliq & D’essentials akan Menggelar Tur Konser di Indonesia dan Malaysia

Grup musik Maliq & D’essentials akan menggelar tur bertajuk Can Machines Fall In Love? Album Tour di beberapa kota di Indonesia dan di Kuala Lumpur, Malaysia.
Maliq & D’essentials akan Menggelar Tur Konser di Indonesia dan Malaysia (Sumber : Instagram/@maliqmusic)
Film28 September 2024, 19:00 WIB

Buat Nonton Seharian, Daftar Drama dan Variety Show Korea Bulan September di Viu

September ini banyak sekali drama korea maupun variety show dari Korea Selatan yang menarik dan siap tayang di berbagai platform streaming, salah satunya adalah Viu.
Buat Nonton Seharian, Daftar Drama dan Variety Show Korea Bulan September di Viu (Sumber : Instagram/@tving.official)
Nasional28 September 2024, 18:48 WIB

Silaturahmi Kebangsaan Tokoh dan Aktivis di Jakarta Dibubarkan Kelompok Tak Dikenal

Sebuah diskusi dengan tema "Silaturahmi Kebangsaan Diaspora Bersama Tokoh dan Aktivis Nasional" di sebuah hotel kawasan Kemang, Jakarta Selatan, hari ini, Sabtu (28/9/2024), dibubarkan oleh sekelompok orang.
Diskusi tokoh dan aktivis di Jakarta dibubarkan oleh sekelompok orang tak dikenal | Foto : @msaid_didu
Sukabumi28 September 2024, 18:02 WIB

Pohon Tumbang di Cikembar, Lalu Lintas Cibadak-Palabuhanratu Sempat Terhambat

Hujan deras yang mengguyur wilayah Sukabumi sore ini mengakibatkan pohon tumbang di depan Armed 13 Kostrad Sukabumi, tepatnya di Kampung Kebon Jeruk RT 3/10, Desa Sukamulya, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi
Pohon tumbang di Cikembar saat di evakuasi oleh BPBD Kabupaten Sukabumi | Foto : Istimewa
Entertainment28 September 2024, 18:00 WIB

Profil Anggota Girl Grup Secret Number yang Konser di Jakarta Hari Ini

Girl grup Secret Number akan menggelar konser pertama mereka di Indonesia hari ini, Sabtu, 28 September 2024 di di Tennis Indoor, Senayan, Jakarta Pusat.
Profil Anggota Girl Grup Secret Number yang Konser di Jakarta Hari Ini (Sumber : Instagram/@secretnumber.official)