Bikin Minuman Penurun Hipertensi bersama Dosen, Mahasiswa IPB University dan Ibu-ibu di Nagrak Sukabumi

Selasa 25 Juni 2024, 10:52 WIB
Peserta pelatihan memamerkan produk jus belimbing wortel (jus bewo) di sekretariat KWT Kemuning Desa Nagrak Selatan, Minggu (23/06/2024). (Sumber: istimewa)

Peserta pelatihan memamerkan produk jus belimbing wortel (jus bewo) di sekretariat KWT Kemuning Desa Nagrak Selatan, Minggu (23/06/2024). (Sumber: istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Dosen dan Mahasiswa yang berasal dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) dan Fakultas Kedokteran (FK), serta peneliti dari Pusat Studi Biofarmaka Tropika (TropBRC), IPB University melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PPM) melalui Program Dosen Pulang Kampung (Dos Pulkam) 2024.

Berlangsung 23 Juni 2024, di Desa Nagrak Selatan, Kecamatan Nagrak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Kegiatan ini diikuti oleh 40 peserta yang merupakan anggota Kelompok Wanita Tani (KWT) dari sepuluh desa di Kecamatan Nagrak Kabupaten Sukabumi.

Pelatihan ini merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan Dospulkam yang bertujuan memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada para ibu mengenai cara membuat minuman sehat yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Dalam sesi pelatihan, para peserta mendapatkan pengetahuan mengenai hipertensi dan cara mencegah serta mengatasi hipertensi dari Dosen FK IPB University, dr. Widya Eka Nugraha, M.Si.Med dan dr. Iffa Mutmainah, M.Si.Med. Selanjutnya peserta diajarkan berbagai resep minuman alami yang berbahan dasar tumbuhan lokal yang mudah ditemukan di sekitar mereka.

Selain mendapatkan teori, para peserta juga berkesempatan untuk langsung mempraktekkan pembuatan minuman tersebut di bawah bimbingan dosen dan mahasiswa IPB. Beberapa minuman yang diajarkan termasuk jus bewo (belimbing dan wortel), pasase drink (rebusan pandan, salam, dan sereh), serta es kuwut (es mentimun dan jeruk nipis) yang semuanya dikenal memiliki khasiat menurunkan tekanan darah.

Baca Juga: Mengenal Impetigo: Infeksi Kulit pada Anak, Bunda Wajib Tahu!

Antusias para ibu anggota KWT Kemuning cukup tinggi, Likeu salah satu peserta menegaskan bahwa pelatihan ini sangat bermanfaat. “Saya jadi tahu cara membuat minuman yang bisa membantu mencegah hipertensi secara alami." Peserta lainnya juga mengungkapkan keinginan untuk segera mempraktekkan pengetahuan yang mereka dapatkan di rumah masing-masing.

Dosen Departemen Kimia FMIPA sekaligus peneliti Pusat Studi Biofarmaka Tropika-IPB University, Prof. Dr. Irmanida Batubara, MSi. berharap pelatihan ini dapat berkontribusi positif dalam menjaga kesehatan masyarakat, khususnya hipertensi. “Dengan pengetahuan yang telah diperoleh, diharapkan ibu-ibu KWT dapat mencegah hipertensi baik pada diri, keluarga, maupun lingkungan sekitar," ucapnya.

Sumber: Rilis PPM Dos Pulkam 2024, IPB University

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Life05 Oktober 2024, 16:00 WIB

6 Mitos Masyarakat Sunda yang Sering Dianggap Pamali Jika Dilakukan

Sejak dulu kala, masyarakat Sunda telah mengembangkan beragam kepercayaan dan mitos yang diwariskan dari generasi ke generasi.
Ilustrasi - Sejak dulu kala, masyarakat Sunda telah mengembangkan beragam kepercayaan dan mitos yang diwariskan dari generasi ke generasi. (Sumber : pexels.com/@Kun Fotografi).
Life05 Oktober 2024, 15:00 WIB

Jangan Dulu Dikawinkan! Ini 7 Cara Mengatasi Kucing Betina Birahi

Dengan menerapkan langkah-langkah ini, pemilik kucing dapat membantu mengurangi perilaku dan gejala birahi pada kucing betina.
Dengan menerapkan langkah-langkah ini, pemilik kucing dapat membantu mengurangi perilaku dan gejala birahi pada kucing betina. | Foto: Pixabay/TeamK
Sukabumi05 Oktober 2024, 14:53 WIB

Dibangun! Rutilahu Milik Lansia di Lengkong Sukabumi yang Dihuni Bersama Anak-Cucu

Pemerintah dan kepolisian setempat membangun kembali rumah Emak Juariah.
Rutilahu milik Emak Juariah (75 tahun) di Kampung Cipongpok RT 10/04 Desa Tegallega, Kecamatan Lengkong, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Sukabumi05 Oktober 2024, 13:29 WIB

Kearifan Lokal dan Teknologi: Pelatihan Inovatif untuk Guru SD oleh Kelompok PKM Nusa Putra

Kegiatan ini dipimpin oleh tiga dosen Nusa Putra University.
Pelatihan untuk guru SD oleh kelompok PKM Nusa Putra University. | Foto: Nusa Putra University
Food & Travel05 Oktober 2024, 13:00 WIB

Pendakian Terfavorit: 5 Gunung di Jawa Barat yang Menawarkan Keindahan Alam yang Tak Terlupakan

Banyak gunung di Jawa Barat yang mudah dijangkau dari kota-kota besar seperti Bandung dan Bogor.
Banyak gunung di Jawa Barat yang mudah dijangkau dari kota-kota besar seperti Bandung dan Bogor. (Sumber : Instagram/@kholisohhasanah).
Life05 Oktober 2024, 12:00 WIB

Takut Gagal dan Mudah Menyerah, 10 Ciri Orang yang Rendah Diri

Orang dengan rasa rendah diri sering kali membatasi potensi mereka sendiri, baik dalam hubungan sosial maupun di tempat kerja.
Ilustrasi. Orang dengan rasa rendah diri sering kali membatasi potensi mereka sendiri, baik dalam hubungan sosial maupun di tempat kerja. (Sumber : pixabay.com/@EnginAkyurt)
Nasional05 Oktober 2024, 11:23 WIB

ICW: 174 Anggota DPR 2024-2029 Terindikasi Terhubung dengan Dinasti Politik

Temuan ini merujuk pada jabatan-jabatan oleh para keluarga anggota legislatif.
(Foto Ilustrasi) ICW mengungkap 174 anggota DPR 2024-2029 terindikasi memiliki keterkaitan dengan dinasti politik. | Foto: Istimewa
Motor05 Oktober 2024, 11:00 WIB

5 Tanda Motor Harus Turun Mesin dan Cara Terbaik untuk Menghindarinya

Dengan melakukan perawatan yang baik dan rutin, Anda dapat memperpanjang usia pakai mesin motor dan menghindari biaya perbaikan yang mahal akibat turun mesin.
Dengan melakukan perawatan yang baik dan rutin, Anda dapat memperpanjang usia pakai mesin motor dan menghindari biaya perbaikan yang mahal akibat turun mesin. | (Sumber : Freepik.com/@ pressfoto)
Sukabumi05 Oktober 2024, 10:43 WIB

Dua Rumah Hangus Kebakaran di Ciracap Sukabumi, Penghuni Kini Mengungsi

Kebakaran berawal saat Juhe tiba-tiba melihat api dari atas rumahnya.
Rumah yang kebakaran di Kampung Lembursawah RT 24/06 Desa Ciracap, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Sabtu pagi (5/10/2024). | Foto: Istimewa
Nasional05 Oktober 2024, 10:16 WIB

Soroti Bisnis Militer! Catatan KontraS pada HUT TNI 2024: Reformasi Tak Berjalan

KontraS menyoroti berbagai peristiwa kekerasan dan pelanggaran HAM.
(Foto Ilustrasi) Memperingati HUT TNI ke-79 pada 2024, KontraS meluncurkan Catatan Hari TNI. | Foto: Freepik