7 Makanan Manis Ramah Diabetes, Tidak Menyebabkan Lonjakan Kadar Gula Darah

Senin 24 Juni 2024, 12:15 WIB
Ilustrasi Ada beberapa makanan manis ramah diabetes tidak sebabkan lonjakan gula darah (Sumber : Freepik.com)

Ilustrasi Ada beberapa makanan manis ramah diabetes tidak sebabkan lonjakan gula darah (Sumber : Freepik.com)

SUKABUMIUPDATE.com - Bagi penderita diabetes yang memang gemar makanan manis, pasti sulit untuk menahan keinginan makan makanan manis tetapi harus waspada dengan lonjakan gula darah.

Sebab kebanyakan makanan manis pasti mempengaruhi kadar gula darah. Sehingga penderita diabetes harus memilih dengan benar makanan manis apa yang bisa dikonsumsi tanpa khawatir adanya lonjakan gula darah.

Mengutip dari laman HealthifyMe, menderita diabetes tidak berarti seseorang harus terus menahan diri untuk makan makanan manis dan makanan penutup sepanjang hidupnya, atau bahkan tidak pernah memakannya lagi.

Baca Juga: 7 Cara Makan Nasi Putih Bagi Penderita Diabetes Agar Gula Darah Aman Terkendali

Ada berbagai macam makanan yang bisa dimakan untuk memuaskan keinginan makan manis. Bagian terbaik dari makanan manis ini adalah mereka dapat membantu yang menyukai makanan manis tanpa lonjakan gula darah dengan cepat dan mengkhawatirkan.

Pada laman yang sama, dijelaskan beberapa makanan manis yang bisa dan ramah diabetes karena tidak menyebabkan lonjakan gula darah yang mengkhawatirkan atau terlalu parah.

7 Makanan Manis Ramah Diabetes, Tidak Menyebabkan Lonjakan Gula Darah

1. Buah-buahan

Buah-buahan memiliki rasa yang lezat dan dapat langsung dikonsumsi, sehingga cocok sebagai pengganti makanan penutup. Apalagi di dalam buah-buahan kaya akan kandungan mineral, vitamin, hingga serat makanan. Jadi buah-buahan tidak hanya merupakan makanan penutup yang lezat, tetapi juga baik untuk tubuh.

2. Es Krim Pisang

Pisang merupakan buah kaya serat yang rasanya manis sehingga mampu memenuhi keinginan tubuh akan gula. Bekukan beberapa buah pisang selama satu atau dua jam lalu haluskan dengan sedikit susu rendah lemak atau susu almond hingga halus. Kemudian dibekukan lagi selama sekitar 10-15 menit lalu masukkan ke dalam mangkuk dan nikmati.

3. Kue Buah Gandum Utuh

Kue disukai oleh semua orang dan jika dibuat dengan bahan-bahan segar yang sehat, kue tersebut dapat dinikmati dalam porsi kecil bahkan oleh penderita diabetes. Kuncinya adalah menggunakan gandum utuh, oat, atau quinoa sebagai bahan dasarnya.

Selain itu buah-buahan dan kacang-kacangan dapat ditambahkan untuk serat makanan. Stevia juga bisa digunakan sebagai pemanis jika memang diperlukan.

Perisa vanila dan bubuk coklat polos tidak mempengaruhi kadar gula sehingga penambahannya pada kue akan menjadikannya makanan penutup yang enak tanpa mempengaruhi kadar gula darah.

Baca Juga: Bukan Mainan, Inilah 10 Hal Penting yang Dibutuhkan Setiap Anak Dari Orang Tuanya

4. Cokelat Hitam

Penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi coklat hitam dapat membantu dalam mengatasi diabetes. Antioksidan dalam makanan penutup diabetes ini dapat membantu tubuh menggunakan insulin lebih efisien untuk mengontrol gula darah.

Hasilnya, ini membantu menurunkan kadar gula darah secara alami dan memungkinkan tubuh menggunakan lebih banyak insulin. Saat memilih coklat batangan hitam, pastikan coklat tersebut mengandung setidaknya 70% kakao dan kandungan gula yang terbatas.

5. Makanan Penutup Berbahan Alpukat

Contohnya seperti mousse alpukat yang lezat untuk memuaskan hasrat makan manis. Alpukat kaya akan lemak sehat dan serat makanan sehingga membantu mengontrol kadar gula darah.

Gabungkan alpukat dengan sedikit coklat hitam, sedikit susu atau susu almond, sedikit esens vanila, pemanis alami seperti agave atau stevia atau pemanis buatan dan sedikit garam. Blender hingga halus dan simpan di kulkas sebelum disantap.

6. Makanan Penutup Berbahan Dasar Greek Yogurt

Yoghurt Yunani (Greek Yogurt) adalah makanan penutup yang cocok untuk penderita diabetes. Cara termudah menggunakan Greek Yogurt agar bisa memuaskan keinginan makan manis Anda adalah dengan mengocoknya hingga halus dan menambahkan buah beri serta beberapa kacang ke dalamnya, lalu dinginkan sebentar atau segera konsumsi.

Baca Juga: Kadar Gula Darah Terkendali, 4 Makanan Manis yang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes

7. Makanan Penutup Berbahan Dasar Susu

Smoothie protein efektif dalam dua cara, pertama membantu meningkatkan asupan protein, sehingga cukup bergizi. Kedua, membantu mengurangi kadar gula darah dengan merangsang sekresi insulin.

Menambahkan bahan-bahan seperti protein whey ke insulin memperlambat pengosongan lambung. Ini memungkinkan hati mengeluarkan lebih banyak insulin, yang membantu mengontrol kadar gula darah.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Science01 Juli 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 1 Juli 2024, Cek Dulu Langit di Awal Bulan

Prediksi cuaca hari ini 1 Juli 2024 wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi, Cianjur, Bogor, Bandung dan sekitarnya.
Ilustrasi - Prediksi cuaca hari ini 1 Juli 2024 wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi, Cianjur, Bogor, Bandung  dan sekitarnya.  (Sumber : Freepik.com/@pvproductions)
DPRD Kab. Sukabumi01 Juli 2024, 01:00 WIB

Tinjau Lokasi Banjir di Pabuaran Sukabumi, Paoji Minta Penanganan Serius

Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Sukabumi Paoji Nurjaman tinjau langsung lokasi banjir langganan di Pabuaran.
Paoji (kanan) saat meninjau langsung lokasi banjir di Pabuaran Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi30 Juni 2024, 22:00 WIB

Blak-blakan Warga soal 3 Tahun Proyek Bukit Algoritma di Sukabumi: Gak Ada Aktivitas Apa-apa

Warga blak-blakan bahwa pasca tiga tahun groundbreaking, tak ada aktivitas pembangunan di Proyek Bukit Algoritma di Cikidang Sukabumi.
Salah satu titik pembangunan Bukit Algoritma di Kecamatan Cikidang, Kabupaten Sukabumi. Foto ini diambil pada Sabtu 29 Juni 2024. Tempat ini juga menjadi lokasi groundreaking pada 9 Juni 2021. | Foto: SU/Ilyas
Sukabumi30 Juni 2024, 21:11 WIB

Sempat Dirawat di RS, Rosidin Korban Kebakaran Rumah Panggung di Sukabumi Meninggal

Satu hari dirawat di RS, Rosidin korban kebakaran rumah panggung di Waluran Sukabumi meninggal dunia.
Kebakaran hanguskan rumah panggung di Waluran Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sehat30 Juni 2024, 21:00 WIB

Penting Untuk Penderita Diabetes, Ini 7 Tips Diet Bantu Kelola Kadar Gula Darah

Karena terlalu lama tidak makan dapat menyebabkan penurunan gula darah, ahli diet menyarankan untuk mengonsumsi makanan seimbang setiap empat hingga lima jam agar kadar gula darah lebih stabil.
Ilustrasi. Mengikuti beberapa tips diet diabetes dapat bantu kelola kadar gula darah. Sumber foto : Freepik/@freepik
Life30 Juni 2024, 20:00 WIB

Apa Kamu Bahagia? 25 Pertanyaan Deep Talk dengan Pasangan Anti Mainstream

Percakapan mendalam atau Deep Talk membantu mempererat hubungan, meningkatkan pemahaman satu sama lain, dan membangun kepercayaan yang lebih kuat.
Do'a Nabi Zakariyya untuk Minta Jodoh yang Baik agar Malam Minggu Jomblo Tak Kelabu (Sumber : Freepik)
Sukabumi30 Juni 2024, 19:49 WIB

Sejumlah Rumah Retak Akibat Pergerakan Tanah di Pabuaran Sukabumi, 16 Warga Mengungsi

Data sementara total 8 rumah terdampak pergerakan tanah di Pabuaran Sukabumi.
Kondisi rumah yang terdampak pergerakan tanah di Pabuaran Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sehat30 Juni 2024, 19:30 WIB

6 Alasan Mengapa Makan Pisang Sebelum Olahraga Merupakan Hal Baik, Yuk Lakukan!

Pisang mengandung banyak karbohidrat, yang dibutuhkan untuk melepaskan energi selama aktivitas fisik.
Ilustrasi. Buah. Beberapa alasan makan pisang sebelum olahraga adalah hal yang baik. Sumber foto : Freepik/@freepik
Motor30 Juni 2024, 19:00 WIB

Waspada Berlalu Lintas, Ini 13 Tips Berkendara Aman Saat Hujan Turun!

Saat berkendara di musim hujan hindari genangan air jika memungkinkan. Genangan air dapat menyebabkan aquaplaning, di mana ban kehilangan kontak dengan jalan dan kendaraan menjadi sulit dikendalikan.
Ilustrasi. Waspada Berlalu Lintas, Ini Tips Berkendara Aman Saat Hujan Turun! (Sumber : pixabay.com/@JanMacarol)
Sukabumi30 Juni 2024, 18:46 WIB

28 WNA yang Terdampar di Sukabumi Dibawa Imigrasi ke Lapas Warungkiara

28 WNA diduga imigran gelap diserahkan Polres Sukabumi untuk diperiksa oleh pihak imigrasi.
28 WNA saat digiring petugas untuk memasuki mobil Dalmas untuk dibawa ke Lapas Warungkiara Sukabumi. (Sumber : SU/Ilyas)