Daun Pepaya dan 7 Manfaat Kesehatannya Seperti Mampu Mengelola Gula Darah

Senin 24 Juni 2024, 09:00 WIB
Sama seperti buahnya, daun pepaya pun memiliki sejumlah manfaat kesehatan. (Sumber : Pexels/BLAXTAR ESSENTIALS)

Sama seperti buahnya, daun pepaya pun memiliki sejumlah manfaat kesehatan. (Sumber : Pexels/BLAXTAR ESSENTIALS)

SUKABUMIUPDATE.com - Pepaya, tumbuh di daerah tropis dan merupakan salah satu buah yang paling banyak digemari. Buah berwarna oranye kekuningan ini kaya akan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan kita. Ia memiliki sifat antibakteri dan hampir seluruh bagian tanamannya dapat dimanfaatkan.

Namun selain buahnya, bagian tanaman pepaya yang paling banyak dikonsumsi adalah daun pepaya. Daun pepaya biasanya dijadikan lalapan untuk menemani makanan seperti sambal.

Daun pepaya mengandung banyak vitamin seperti A, C, E, K dan B. Daun pepaya bisa dijadikan olahan seperti teh, ekstrak, jus dan tablet, yang sering digunakan untuk mengobati penyakit dan meningkatkan kesehatan.

Berikut tujuh manfaat daun pepaya bagi kesehatan dan cara mengolahnya, dihimpun dari laman timesofindia.

1. Dapat Mengobati Gejala Demam Berdarah

Daun pepaya paling sering digunakan untuk mengatasi gejala yang berhubungan dengan demam berdarah. Gejala umum demam berdarah termasuk demam, kelelahan, sakit kepala, mual, ruam kulit, dan muntah.

2. Membantu Menyeimbangkan Kadar Gula Darah

Daun pepaya juga bisa digunakan sebagai obat alami untuk mengobati diabetes untuk menyeimbangkan kadar gula darah. Sebuah studi yang dilakukan pada tikus menemukan bahwa ekstrak daun pepaya kaya akan antioksidan dan efek penurun gula darah.

3. Mendukung Kesehatan Pencernaan

Teh daun pepaya digunakan untuk meringankan gejala pencernaan seperti gas, kembung dan mulas. Daun pepaya mengandung serat yang mendukung kesehatan pencernaan. Ini dapat memecah protein besar menjadi protein dan asam amino yang lebih kecil dan lebih mudah dicerna.

Ini juga membantu dalam mengobati masalah seperti sembelit, mulas dan meringankan gejala pada orang dengan sindrom iritasi usus besar. Temuan ini terbatas pada laporan anekdotal dan tidak ada jaminan bahwa hal itu akan memperbaiki pencernaan Anda, namun tidak ada salahnya mencoba.

4. Memiliki Efek Anti Inflamasi

Daun pepaya digunakan untuk mengobati berbagai kondisi peradangan seperti nyeri otot dan nyeri sendi. Sebuah penelitian menemukan bahwa ekstrak daun pepaya secara signifikan mengurangi peradangan dan pembengkakan pada kaki tikus yang menderita arthritis.

5. Dapat Mendukung Pertumbuhan Rambut

Pengaplikasian daun pepaya pada kulit kepala dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan kesehatan rambut. Namun bukti yang membuktikan hal tersebut sangat terbatas.

Studi menunjukkan bahwa tingginya tingkat stres oksidatif dalam tubuh dapat menyebabkan kerontokan rambut. Oleh karena itu, mengonsumsi makanan kaya antioksidan dapat membantu mengurangi stres oksidatif dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

Daun pepaya memiliki sifat antijamur yang dapat mengendalikan jamur penyebab ketombe bernama Malassezia.

6. Dapat Meningkatkan Kesehatan Kulit

Daun pepaya dikonsumsi secara langsung dan dioleskan pada kulit untuk kulit lembut dan bersih. Ia memiliki enzim pelarut protein yang disebut papain yang berfungsi sebagai pengelupas kulit sehingga membantu menghilangkan debu dan sel kulit mati.

Ini juga membantu mengurangi terjadinya pori-pori tersumbat, rambut tumbuh ke dalam dan jerawat.

7. Memiliki Sifat Anti Kanker

Daun pepaya telah digunakan dalam praktik pengobatan tradisional untuk mencegah dan mengobati jenis kanker tertentu. Namun masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengonfirmasi hal ini.

 

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi Memilih02 Juli 2024, 21:51 WIB

Rayu PKS Gabung Koalisi Sulanjana, Fikri Bertemu Sodikin Untuk Pilkada Sukabumi

Tokoh muda yang siap menjadi Bakal calon (Bacalon) Wakil Bupati Sukabumi, Fikri Abdul Aziz  bertemu dengan Ketua DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Sukabumi, M Sodikin.
Bakal Calon Wakil Bupati, Fikri Abdul Aziz dan M. Sodikin saat bertemu membahas Pilkada Sukabumi 2024 | Foto : Sukabumi Update
Sukabumi02 Juli 2024, 21:11 WIB

Bupati Sukabumi Akan Serahkan Raperda LPj APBD 2023 ke Gubernur untuk Evaluasi

Bupati Sukabumi, Marwan Hamami, mengumumkan bahwa Raperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2023 telah resmi disahkan menjadi Peraturan Daerah (Perda)
Marwan Hamami, Bupati Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Life02 Juli 2024, 21:00 WIB

10 Bahasa Tubuh Wanita yang Diam-diam Menyukaimu, Dia Memendam Rasa!

Bahasa tubuh adalah salah satu cara terbaik untuk memahami perasaan seseorang, dan wanita sering kali menunjukkan melalui tanda-tandanya.
Ilustrasi - Bahasa tubuh adalah salah satu cara terbaik untuk memahami perasaan seseorang, dan wanita sering kali menunjukkan melalui tanda-tandanya. (Sumber : Freepik.com).
Nasional02 Juli 2024, 20:41 WIB

Hacker Bakal Berikan Kunci Enkripsi Pusat Data Nasional yang Diretas

Kelompok hacker, Brain Chiper, yang diduga meretas Pusat Data Nasional (PDNS), membuat pengumuman yang mengejutkan publik. Hal itu diungkap akun perusahaan intelijen siber @stealthmole_int di X.
Brain Chiper, yang diduga peretas Pusat Data Nasional (PDNS), menyebutkan bahwa kunci untuk membuka akses enkripsi PDNS 2 akan diberikan pada Rabu, 3 Juli 2024 | Foto : Ilustrasi
DPRD Kab. Sukabumi02 Juli 2024, 20:06 WIB

Paripurna DPRD Kabupaten Sukabumi Tetapkan Laporan APBD 2023 Menjadi Perda

DPRD Kabupatem Sukabumi, menggelar Rapat Paripurna untuk menetapkan hasil laporan tentang pertanggungjawaban pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2023, menjadi peraturan daerah (Perda).
Rapat Pipurna DPRD Kabupaten Sukabumi tentang pertanggungjawaban pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2023 | Foto : Istimewa
Gadget02 Juli 2024, 20:00 WIB

3 Rekomendasi HP dengan RAM Besar Harga Mulai Rp3 Jutaan Saja!

HP dengan RAM besar memungkinkan Anda untuk menjalankan aplikasi-aplikasi produktivitas dengan lancar dan tanpa hambatan.
Ilustrasi - HP dengan RAM besar memungkinkan Anda untuk menjalankan aplikasi-aplikasi produktivitas dengan lancar dan tanpa hambatan. (Sumber : samsung.com/Mi.co.id).
Nasional02 Juli 2024, 19:05 WIB

Penjambret Beraksi Di Jakarta Ditangkap Di Sukabumi: Ini Kronologi dan Identitasnya

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Ade Ary Syam Indradi mengatakan pihaknya telah menangkap dua penjambret yang beraksi di arena Car Free Day Jalan Sudirman, Jakarta Pusat
Penjambret tertangkap kamera fotografer saat beraksi di car fre day di Sudirman Jakarta | Foto : @zakwanoe di X (Twitter)
Sehat02 Juli 2024, 19:00 WIB

Rebusan Daun Salam untuk Mengobati Asam Urat, Gula Darah dan Kolesterol

Rebusan daun salam dipercaya dapat membantu mengobati berbagai penyakit seperti asam urat, gula darah dan kolesterol.
Ilustrasi - Rebusan daun salam dipercaya dapat membantu mengobati berbagai penyakit seperti asam urat, gula darah dan kolesterol. (Sumber : YouTube/@Classic Bakes).
Sukabumi Memilih02 Juli 2024, 18:18 WIB

Bersaing di Pilbup Sukabumi, Asjap dan Iyos Kompak Hadiri Acara DPP Golkar: Ini Kata Relawan

Bakal calon bupati Sukabumi, Asep Japar dan Iyos Somantri kompak menghadiri acara DPP Partai Golkar, pada Minggu 30 Juni 2024, di Jakarta.
Asep Japar dan Iyos Somantri kompak hadiri acara DPP Partai Golkar | Foto : Istimewa
Life02 Juli 2024, 18:00 WIB

8 Doa-doa Pendek yang Pahalanya Bukan Main! Amalkan Setiap Hari

Doa pendek ini memiliki pahala luar biasa dan bukan main bagi siapapun yang mengamalkannya.
Ilustrasi - Doa pendek ini memiliki pahala luar biasa dan bukan main bagi siapapun yang mengamalkannya. (Sumber : pexels.com/@SERHAT TUĞ)