Aman Dari Diabetes, Begini 15 Cara Menurunkan Kadar Gula Darah Secara Alami

Jumat 21 Juni 2024, 12:45 WIB
Ilustrasi Ketahui cara menurunkan kadar gula darah secara alami agar aman dari diabetes (Sumber : Freepik.com/@krakenimages.com)

Ilustrasi Ketahui cara menurunkan kadar gula darah secara alami agar aman dari diabetes (Sumber : Freepik.com/@krakenimages.com)

SUKABUMIUPDATE.com - Banyak orang yang khawatir akan serangan diabetes karena tidak tahu cara mengontrol kadar gula darah, bahkan menurunkannya secara alami.

Sehingga, orang-orang ketergantungan dengan obat tanpa melibatkan pola hidup yang sehat dan benar di kehidupan sehari-hari yang sangat berperan penting terhadap kadar gula darah.

Jika kadar gula darah tidak terkontrol bahkan naik, tentu harus waspada karena akan sangat memungkinkan untuk terserang penyakit diabetes.

Mengutip dari laman health, mengontrol kadar gula darah yang sehat dapat membantu meningkatkan mood atau suasana hati dan tingkat energi di tubuh secara keseluruhan.

Baca Juga: Kenali Jenis Makanan Wajib Dihindari dan Dikonsumsi Bagi Penderita Diabetes

Selain itu, kadar gula darah dengan level yang tinggi, secara kronis juga dapat menyebabkan meningkatnya risiko kesehatan seperti penyakit jantung, kehilangan penglihatan, penyakit ginjal dan risiko penyakit diabetes.

Pada laman yang sama, terdapat informasi tentang cara menurunkan atau menjaga kadar gula darah secara alami yang bisa dilakukan oleh semua orang kalau peduli terhadap kesehatannya.

15 Cara Menurunkan Kadar Gula Darah Secara Alami

1. Makan Karbohidrat di Akhir

Meskipun kadang hal ini perlu dibiasakan setiap kali makan, namun penelitian mengatakan bahwa kalau karbohidrat dikonsumsi terakhir setelah sayur-sayuran maka menghasilkan kadar gula darah yang lebih rendah setelah makan.

2. Gabungkan Lebih Banyak Serat Larut ke dalam Makanan

Serat adalah jenis karbohidrat yang tidak dipecah serta diserap dari usus ke dalam aliran darah. Itu berarti serat dalam makanan yang kaya karbohidrat tidak akan meningkatkan kadar gula darah.

Sementara itu, serat larut (yang larut dalam air) dapat memperlambat pencernaan, itu berarti karbohidrat yang diserap masih memasuki aliran darah lebih lambat. Hal ini dapat meminimalisir terjadinya lonjakan gula darah setelah makan.

3. Cobalah Puasa Intermiten

Puasa intermiten (IF) telah menjadi strategi populer untuk menurunkan berat badan dan manfaat kesehatan lainnya, termasuk pengelolaan kadar gula darah.

Baca Juga: Kadar Gula Darah Terkendali, 4 Makanan Manis yang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes

4. Pilih Biji-bijian Utuh Dibanding Biji-bijian Halus

Menurut penelitian pada tahun 2017 terhadap yang diterbitkan, terdapat analisis secara konsisten yang menemukan bahwa mengkonsumsi biji-bijian bisa mempengaruhi kadar gula darah setelah makan, dibandingkan dengan makanan karbohidrat olahan pada orang sehat.

5. Jalan-jalan Setelah Makan

Melakukan aktivitas fisik sederhana seperti jalan-jalan setelah makan memungkinkan tubuh membakar kalori yang baru saja dikonsumsi dan mendorong pergerakan otot, hal ini membuat kadar gula darah berkurang setelah makan.

6. Latihan Kekuatan

Dalam sebuah studi di tahun 2021, menemukan bahwa hanya satu kali latihan ketahanan sebelum makan secara signifikan dapat mengurangi gula darah, pasca makan terhadap 10 pria yang tidak bergerak dengan obesitas dan pradiabetes.

7. Tambahkan Lebih Banyak Kacang-kacangan ke Menu Diet

Jenis kacang-kacangan kaya akan antioksidan, beberapa vitamin dan mineral penting, serta mengandung kombinasi unik antara protein dan karbohidrat berserat tinggi.

Sebuah tinjauan penelitian tahun 2022 menemukan bahwa pada orang dewasa dengan dan tanpa diabetes tipe 2, makan lebih banyak kacang-kacangan mempengaruhi kadar gula darah setelah makan dan regulasi jangka panjang, termasuk nilai HbA1c.

Baca Juga: Simpel, Ini 5 Resep Menu Makan Pagi Ramah Asam Urat dan Cara Membuatnya

8. Makanlah Sarapan Kaya Protein

Bahwa sarapan kaya protein bisa membantu dalam menurunkan kadar gula darah pasca makan sepanjang hari. Karena untuk yang sarapan berprotein tinggi mengalami penurunan gula darah setelah sarapan, makan siang, dan makan malam, daripada yang makan sarapan dengan berprotein rendah.

9. Makan Lebih Banyak Alpukat

Alpukat penuh dengan lemak baik, vitamin, mineral, antioksidan, dan serat. Memasukkan buah ini ke dalam menu makanan sudah terbukti bisa membantu dalam mengatur kadar gula darah di tubuh.

10. Kenakan Monitor Glukosa Berkelanjutan

Monitor glukosa berkelanjutan atau CGM secara tradisional telah digunakan oleh penderita diabetes. Namun alat ini menjadi semakin populer di kalangan pengguna yang hanya ingin memantau dan mengatur kadar gula darah mereka dengan lebih baik.

11. Perbanyak Konsumsi Makanan dan Minuman Fermentasi

Fermentasi adalah konversi karbohidrat menjadi alkohol atau asam organik menggunakan mikroorganisme seperti ragi atau bakteri, dalam kondisi anaerobik. Makanan fermentasi antara lain kefir, kombucha, asinan kubis, tempe, natto, miso, kimchi, dan roti penghuni pertama.

Baca Juga: 8 Makanan Lebaran yang Sebaiknya Tidak Dimakan Penderita Gula Darah Tinggi

12. Kurangi Asupan Gula Tambahan

Gula tambahan adalah gula yang ditambahkan ke produk makanan oleh produsen untuk mempermanisnya, atau gula yang ditambahkan sendiri, seperti mengaduk gula ke dalam kopi atau teh.

13. Kurangi Pengganti Gula

Meskipun pengganti gula tidak langsung meningkatkan kadar gula darah seperti halnya gula tambahan, namun pengganti gula bukanlah alternatif yang baik untuk pengelolaan gula darah jangka panjang atau pengurangan risiko diabetes.

14. Konsumsi Lebih Banyak Vitamin D

Tidak mengonsumsi cukup vitamin D dapat berdampak negatif terhadap regulasi gula darah, dan menurut American Diabetes Association, empat dari 10 orang dewasa mengalami kekurangan vitamin D.

15. Tetap Terhidrasi

Hidrasi yang tepat juga dapat bermanfaat bagi pengaturan gula darah. Dari tinjauan penilitian pada tahun 2021, telah menemukan hubungan terbalik antara asupan air serta risiko diabetes tipe 2, yang berarti menandakan bahwa asupan air dengan kadar lebih tinggi bisa menurunkan risiko.

Baca Juga: Bebas Diabetes, 5 Rutinitas Sehat yang Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah Tinggi

Pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter dan penyedia layanan kesehatan jika ingin mengetahui cara yang lebih tepat untuk menurunkan kadar gula darah Anda.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Life27 Juni 2024, 21:30 WIB

Apakah Overthinking Berbahaya? Ini Risiko yang Bisa Terjadi dan Cara Mengatasinya

Overthinking atau berpikir secara berlebihan bisa berisiko pada kesehatan psikis. Untuk itu simak cara tepat mengatasinya.
Ilustrasi overthinking agar hidup semakin baik (Sumber : Pexels.com/@AndreaPiacquadio)
Life27 Juni 2024, 21:15 WIB

6 Cara Cepat Naik Jabatan di Tempat Kerja, Dijamin Jadi Kepercayaan Atasan

Setiap orang yang bekerja tentu saja menginginkan promosi atau naik jabatan ke yang lebih tinggi. Karena itu, berikut langkah yang bisa dilakukan
Ilustrasi Langkah mudah agar cepat naik jabatan (Sumber : Pexels.com/Alena Darmel)
Nasional27 Juni 2024, 21:12 WIB

Arkadia Digital Media Laporkan Kenaikan Pendapatan 40 Persen di 2023

PT Arkadia Digital Media Tbk mengumumkan kinerja keuangan mereka sepanjang tahun 2023 lalu dalam RUPST, Kamis (27/6/2024).
Jajaran Dewan Komisaris dan Direksi PT Arkadia Digital Media Tbk (DIGI) dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) 2023 di Hotel Aryaduta, Jakarta, Kamis (27/6/2024). (Sumber : Suara.com/Alfian Winanto)
Sukabumi27 Juni 2024, 20:52 WIB

Polisi Ungkap Kronologi Kecelakaan yang Tewaskan Pelantun Alquran di Cidahu Sukabumi

Berikut kronologi kejadian kecelakaan maut yang tewaskan pelantun Alquran di Cidahu Sukabumi menurut polisi.
Ilustrasi kecelakaan sepeda motor di jalan raya | Foto : Pixabay
Life27 Juni 2024, 20:45 WIB

Ingin Lebih Bahagia di Masa Tua? Tinggalkan 5 Kebiasaan Ini agar Hidup Berwarna

Kebiasaan yang perlu ditinggalkan agar hidup bisa lebih bahagia di masa tua, salah satunya masih menggenggam masa lalu.
Ilustrasi bisa bahagia di masa tua ketika meninggalkan kebiasaan buruk (Sumber : Pexels.com/@Andreapiacquadio)
Life27 Juni 2024, 20:30 WIB

3 Bahaya Terlalu Cepat Jatuh Cinta yang Jarang Diketahui, Begini Cara Mengatasinya

Cepat jatuh cinta kepada seseorang sampai buru-buru melanjutkan hubungan rupanya memiliki bahaya yang tidak baik bagi kesehatan cinta.
Ilustrasi Beberapa bahaya orang yang terlalu cepat jatuh cinta kepada seseorang (Sumber : Pexels.com/@Timur Weber)
Keuangan27 Juni 2024, 20:16 WIB

Manfaat Bancassurance, Cara Kerja dan Dasar Hukumnya

Berikut pengertian, manfaat, cara kerja dan dasar hukum Bancassurance.
Ilustrasi Bancassurance. (Sumber : Istimewa)
Sehat27 Juni 2024, 20:15 WIB

Mencegah Penyumbatan Jantung dan Stroke, Inilah 7 Manfaat Chia Seeds Bagi Tubuh

Chia seed atau biji chia berasal dari tanaman Meksiko, dengan nama latin Salvia Hispanica. Mungkin berukuran kecil, tetapi mereka seperti benih yang bisa jadi pahlawan super karena kaya nutrisi bagi jantung dan tubuh.
Ilustrasi Chia seed atau biji chia bermanfaat untuk kesehatan tubuh terutama jantung (Sumber : Freepik.com)
Sehat27 Juni 2024, 20:00 WIB

Sederet Makanan Terbaik untuk Osteoporosis, Tulang Sehat Bebas Nyeri Sendi!

Osteoporosis dapat berkembang tanpa gejala yang jelas sampai terjadi patah tulang, yang biasanya terjadi pada tulang belakang, pinggul, atau pergelangan tangan.
Ilustrasi. Osteoporosis dapat berkembang tanpa gejala yang jelas sampai terjadi patah tulang, yang biasanya terjadi pada tulang belakang, pinggul, atau pergelangan tangan. (Sumber : Pexels/KarolinaKaboompics)
Life27 Juni 2024, 19:45 WIB

7 Tips Makan Malam Untuk Mencegah Penyakit Jantung dan Stroke

Salah satu yang dapat mempengaruhi kesehatan jantung adalah pola makan. Untuk itu, perlu memperhatikan bagaimana makan yang baik agar terhindar dari penyakit jantung dan stroke.
Ilustrasi Beberapa tips makan malam dapat mencegah penyakit jantung dan stroke (Sumber : Freepik.com)