Bebas Diabetes Gak Harus Mahal, Anda Cukup Lakukan 7 Gaya Hidup Ini Saja

Jumat 21 Juni 2024, 14:00 WIB
Ilustrasi - Perubahan gaya hidup memang sangat berperan penting dalam mencegah seseorang terkena penyakit diabetes. (Sumber : Freepik.com).

Ilustrasi - Perubahan gaya hidup memang sangat berperan penting dalam mencegah seseorang terkena penyakit diabetes. (Sumber : Freepik.com).

SUKABUMIUPDATE.com - Sebuah penelitian menunjukkan bahwa perubahan gaya hidup dapat mengurangi risiko terkena diabetes hingga setengahnya. Pola makan yang bergizi, manajemen berat badan dan stres, olahraga, dan berhenti merokok dapat mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2.

Meskipun beberapa faktor risiko diabetes, seperti gen, etnis, dan riwayat keluarga, bukanlah hal yang dapat Anda kendalikan atau ubah. Namun faktanya, faktor gaya hidup tertentu memainkan peran penting dalam pengobatan, pengelolaan, dan pencegahan diabetes.

Berikut adalah beberapa perubahan gaya hidup yang dapat Anda lakukan untuk mencegah penyakit diabetes, dihimpun dari laman verywellhealth.

Baca Juga: 5 Langkah Efektif untuk Mengatasi Lonjakan Gula Darah Setelah Makan

Perubahan Gaya Hidup Terbaik untuk Mencegah Diabetes

1. Makanlah Makanan yang Bergizi

Penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan bergizi yang kaya akan tumbuhan dapat mengurangi risiko diabetes. Buah-buahan, sayur-sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian merupakan makanan yang padat nutrisi dan mengenyangkan.

Semuanya mengandung serat pengisi, vitamin, mineral, dan antioksidan yang dapat mengurangi stres oksidatif, yakni faktor yang berkontribusi dalam perkembangan diabetes.

Serat, bagian karbohidrat yang tidak dapat dicerna, membantu Anda tetap kenyang karena dicerna secara perlahan. Pilihlah pati berserat tinggi seperti biji-bijian, umbi-umbian, dan kacang-kacangan, daripada karbohidrat olahan seperti roti putih atau makanan ringan.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Cara Makan yang Meningkatkan Lonjakan Gula Darah

2. Berolahraga Secara Teratur

Olahraga penting untuk kesehatan Anda secara keseluruhan, meningkatkan energi dan suasana hati, serta mengurangi risiko penyakit jantung, obesitas, dan resistensi insulin (diabetes tipe 2).

Ketika sel Anda menolak insulin, glukosa tidak digunakan sebagai energi dan malah menumpuk di darah Anda. Olahraga meningkatkan sensitivitas insulin.

3. Menurunkan Berat Badan

Memiliki berat badan berlebih terutama di bagian tengah tubuh dikaitkan dengan diabetes tipe 2. Jika Anda dapat mempertahankan berat badan yang sehat atau menurunkan 5%-7% berat badan jika Anda kelebihan berat badan, Anda dapat mengurangi risiko diabetes.

Baca Juga: 9 Tanda dan Gejala Peringatan Dini Diabetes Tipe 2, Termasuk Sering Haus

4. Berhenti merokok

Merokok dapat meningkatkan resistensi insulin dan mengurangi aliran darah, sehingga meningkatkan risiko diabetes dan penyakit terkait diabetes lainnya, seperti aterosklerosis , penyakit jantung, dan neuropati.

5. Kelola Stres

Saat Anda merasakan stres emosional atau fisik, tubuh Anda merespons dengan respons melawan-atau-lari untuk mengelola situasi tersebut. Stres tidak menyebabkan diabetes, namun dalam jangka panjang dapat menyebabkan peningkatan kadar hormon stres yang disebut kortisol. Seiring waktu, hormon tersebut dapat mengurangi sekresi insulin.

6. Tidur Tercukupi

Penderita diabetes lebih mungkin mengalami masalah tidur dan orang dengan masalah tidur lebih besar kemungkinannya terkena diabetes. Penelitian menunjukkan bahwa masalah tidur dapat meningkatkan risiko resistensi insulin dan pradiabetes.

Baca Juga: 6 Panduan Makan Karbohidrat Bagi Penderita Diabetes Tanpa Khawatir Lonjakan Gula Darah

Kurang tidur juga dapat mengganggu suasana hati Anda dan dikaitkan dengan peningkatan risiko tekanan darah tinggi , gangguan berat badan, dan melemahnya sistem kekebalan tubuh. Tidur tujuh hingga delapan jam setiap malam dapat mengurangi risiko terkena diabetes.

7. Mengirit dengan Perubahan Besar

Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk melakukan perubahan gaya hidup berkelanjutan dan jangka panjang yang dapat mendukung kesehatan Anda. Salah satu cara untuk menghemat uang untuk makanan dengan berbelanja secara tepat.

Belilah buah-buahan dan sayuran yang dibekukan yang kepadatan nutrisinya sama dengan yang segar, karena dibekukan pada tingkat kesegaran tertinggi, yang memaksimalkan kandungan vitamin dan mineralnya. Produk ini biasanya lebih murah dibandingkan produk segar dan juga memiliki umur simpan lebih lama.

 

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Food & Travel02 Juli 2024, 13:00 WIB

Simpel! Ini Cara Membuat Air Lemon untuk Menurunkan Berat Badan

Konsumsi air lemon sebagai rutinitas harian, dapat memberikan manfaat kesehatan yang ditawarkannya dan mendukung upaya penurunan berat badan.
Air Jeruk Nipis dan Lemon untuk Menurunkan Berat Badan (Sumber : Pixabay/JillWellington)
Life02 Juli 2024, 12:45 WIB

5 Tanda-tanda Mantan Ngarep Balikan, Kamu Pernah Merasakan?

Tanda mantan yang 'ngarep' balikan adalah perilaku yang sering kali menggambarkan keinginan mereka untuk memulai kembali hubungan yang telah berakhir.
Ilustrasi Tanda Mantan Ngarep Balikan (Sumber : pixabay.com/@clowq22)
Figur02 Juli 2024, 12:36 WIB

Bersama Eni Mulyasari, Ngobrol Viral Paduan Suara dan Lagu Jang yang Sarat Makna

Eni kemudian menceritakan soal lagu yang berjudul ‘Jang’ yang dipilih untuk dinyanyikan pada pentas paduan suara itu.
Banyak warganet memuji Eni Mulyasari, sang dirigen yang dianggap sukses membuat paduan suara SMK Terpadu Yaspida 2 Sukabumi tampil memukau di acara tersebut. (Sumber: SU/Asep Awaludin)
Sehat02 Juli 2024, 12:30 WIB

4 Resep Air Jeruk untuk Menurunkan Berat Badan, Cara Membuatnya Simpel!

Dengan mengonsumsi air jeruk secara bijak sebagai bagian dari diet seimbang, Anda dapat memanfaatkan manfaat kesehatannya dalam mendukung tujuan penurunan berat badan.
Ilustrasi. Air Jeruk untuk Menurunkan Berat Badan (Sumber : Pixabay/PhotoMix)
Life02 Juli 2024, 12:15 WIB

5 Trik Jitu Membangun Lingkungan Kerja yang Nyaman, Yuk Simak

Kondisi lingkungan kerja yang kondusif mempengaruhi suasana hati dan kinerja mereka. Suasana yang tenang dan menyenangkan membuat karyawan merasa nyaman dan tidak tertekan.
Ilustrasi rik Jitu Membangun Lingkungan Kerja yang Nyaman (Sumber : pixabay.com/@nouw22)
Food & Travel02 Juli 2024, 12:14 WIB

Nikmati Kuliner Sunda di Kota Sukabumi! 12 Restoran Menu Tradisional Wajib Dikunjungi

Sukabumi menyuguhkan berbagai pilihan restoran yang memikat bagi pecinta masakan Sunda.
Ilustrasi liwet dan aneka menu khas sunda (Sumber: Pinterest @cookpad.com)
Motor02 Juli 2024, 12:00 WIB

10 Penyebab Motor Injeksi Mati Saat Digas dan Bagaimana Solusi Mengatasinya

Jika motor injeksi Anda tiba-tiba mati saat digas, jangan panik. Segera menepi ke tempat yang aman dan matikan mesin.
Ilustrasi - Jika motor injeksi Anda tiba-tiba mati saat digas, jangan panik. Segera menepi ke tempat yang aman dan matikan mesin. (Sumber : Freepik.com/@marymarkevich)
Aplikasi02 Juli 2024, 11:58 WIB

Perketat Pengamanan Rumah dengan Sensor Motion Berbasis Android

Perancangan sistem kamera pengawas memanfaatkan teknologi wireless yang memungkinkan diakses jarak jauh, dimanapun dan kapanpun oleh pemilik rumah.
Ilustrasi sensor motion (Sumber: freepik)
Food & Travel02 Juli 2024, 11:45 WIB

Pemula Wajib Tahu, 5 Tips Aman Solo Travelling Untuk Liburan Nanti

Tips solo traveling adalah panduan yang sangat berharga bagi mereka yang ingin menjelajahi dunia sendirian tanpa kekhawatiran berlebihan.
Ilustrasi. Tips Liburan Sendirian, Solo Traveling Lebih Tenang! (Sumber : pixabay.com/@OvidiuNegrea)
Sukabumi02 Juli 2024, 11:41 WIB

Hujan Picu Banjir Luapan Sungai Cimunjul di Ciambar Sukabumi, Tiga Rumah Terendam

Tiga rumah terendam banjir luapan Sungai Cimunjul di Ciambar Sukabumi, tiga belas warga terdampak. Bencana alam ini dipicu hujan deras dengan durasi lama.
Kondisi rumah yang terendam banjir luapan Sungai Cimunjul di Ciambar Sukabumi. (Sumber : Istimewa)