8 Makanan yang Berkhasiat Meredakan Sakit Asam Urat, Langsung Pergi Gak Datang Lagi!

Kamis 20 Juni 2024, 20:00 WIB
Ilustrasi -  Asam urat dapat dicegah dengan beberapa langkah tepat, salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang berkhasiat tinggi. (Sumber : Pixabay.com/@cnick)

Ilustrasi - Asam urat dapat dicegah dengan beberapa langkah tepat, salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang berkhasiat tinggi. (Sumber : Pixabay.com/@cnick)

SUKABUMIUPDATE.com - Asam urat umumnya menyerang satu sendi dalam satu waktu, namun jika tidak diobati, penyakit ini dapat menyerang sendi lainnya. Beberapa gejala paling umum yang terkait dengan asam urat termasuk pembengkakan, nyeri sendi yang menusuk yang menyebabkan peradangan.

Gejala asam urat dapat dikenali dari kemerahan yang biasa terlihat pada jari kaki, pergelangan kaki, jari tangan, pergelangan tangan, dan lutut. Untungnya asam urat dapat diatasi dengan cara-cara alami.

Alam telah menganugerahkan kepada kita bahan-bahan luar biasa yang bekerja secara ajaib dalam meringankan gejala-gejala yang berhubungan dengan asam urat. Dihimpun dari laman netmeds, berikut ada beberapa makanan yang dapat Anda konsumsi untuk meredakan pembengkakan dan nyeri sendi akibat asam urat.

5 Makanan Super Untuk Meredakan Asam Urat

1. Ceri

Kandungan antosianin dan askorbat yang besar dalam ceri memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang kuat sehingga menurunkan risiko serangan asam urat. Sesuai penelitian yang dilakukan oleh Universitas Boston, penderita asam urat yang mengonsumsi buah ceri selama 2 hari memiliki risiko serangan asam urat 35% lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi buah tersebut.

Disarankan mengonsumsi tiga porsi buah ceri atau ekstrak ceri untuk meminimalkan risiko serangan asam urat (satu porsi mengandung 10-12 buah ceri).

2. Pepaya

Kebaikan enzim papain dan chymopapain pada pepaya memiliki efek antiinflamasi yang kuat sehingga membantu meredakan peradangan dan mengurangi pembengkakan pada persendian. Ini juga membantu menghilangkan kelebihan asam urat dari tubuh dengan meningkatkan alkalinitas.

Selain itu, pepaya mengandung antioksidan beta-karoten dan vitamin C yang membantu mengurangi peradangan dan mengurangi rasa sakit dan kemerahan pada persendian.

3. Biji Seledri

Banyaknya nutrisi yang terkandung dalam biji seledri seperti zat besi, mangan, kalsium dan senyawa bioaktif lainnya mendukung penyembuhan asam urat. Senyawa tanaman terkenal luteolin, 3-n-butylphthalide dan beta-selinene dalam seledri mengurangi kadar asam urat dalam darah dan menurunkan produksi oksida nitrat inflamasi yang memperburuk serangan asam urat.

Tambahkan biji seledri ke dalam makanan dalam bentuk jus, ekstrak atau biji-bijian.

4. Jahe

Jahe adalah ramuan serbaguna yang terkenal karena khasiat obat dan kulinernya yang manjur. Efek anti-inflamasi yang kuat dari jahe mengurangi peradangan, pembengkakan dan menurunkan kadar asam urat darah serta memberikan kelonggaran terhadap serangan asam urat.

5. Lemon

Vitamin C dan antioksidan dalam jumlah banyak dalam lemon mengurangi peradangan, memecah timbunan asam urat dalam darah dengan meningkatkan pH urin dan membantu membersihkan asam urat. Anda cukup mengonsumsi jus lemon 2-3 kali sehari untuk meredakan nyeri asam urat.

6. Alpukat

Salah satu buah yang paling padat nutrisi, alpukat kaya akan lemak sehat, Vitamin B6, dan potasium selain mengandung senyawa anti-inflamasi seperti senyawa fenolik, karotenoid, vitamin C dan E. Semua ini efektif dalam mengurangi peradangan dan membatasi asam urat. suar.

7. Kopi

Kopi adalah salah satu cara terbaik untuk mengeluarkan asam urat dari sistem Anda. Asupan kopi berkafein secara teratur dapat membantu menurunkan risiko asam urat.

8. Pisang

Sebagai sumber potasium yang tinggi, pisang rendah purin dan tinggi vitamin C, menjadikannya salah satu sumber makanan ideal jika asam urat Anda tinggi. Mengonsumsi satu buah pisang setiap hari dapat membantu menurunkan asam urat dalam darah, sehingga mengurangi risiko serangan asam urat.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Film06 Juli 2024, 20:00 WIB

5 Rekomendasi Anime Sci-Fi yang Seru dan Layak Ditonton Kembali

Anime Sci-Fi, atau singkatan dari Science Fiction, adalah genre anime yang mengangkat cerita-cerita fiksi ilmiah dengan berbagai macam tema dan subgenre.
Gintama -  Anime Sci-Fi, atau singkatan dari Science Fiction, adalah genre anime yang mengangkat cerita-cerita fiksi ilmiah dengan berbagai macam tema dan subgenre. (Sumber : crunchyroll.com).
Sukabumi Memilih06 Juli 2024, 19:26 WIB

Muraz-Andri Deklarasi Awal Agustus 2024, Koalisi Demokrat Golkar di Pilkada Kota Sukabumi

Pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi, Mohamad Muraz dan Andri Setiawan Hamami, dikabarkan akan mengadakan deklarasi pasangan calon pada awal Agustus 2024
Pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi, Mohamad Muraz dan Andri Setiawan Hamami | Foto : Istimewa
Entertainment06 Juli 2024, 19:00 WIB

Ada D.O EXO, Daftar Idol Kpop dan Aktor Korea yang Ke Indonesia Bulan Juli

Memasuki bulan Juli tentu saja disambut dengan sederet konser dan fanmeeting dari Idol Kpop maupun aktor atau aktris ternama dari Korea Selatan. Promotor Indonesia telah mengumumkan siapa saja yang akan datang kemari di bulan ini
Ada D.O EXO, Daftar Idol Kpop dan Aktor Korea yang Ke Indonesia Bulan Juli (Sumber : Instagram@/bohyunahn, @/d.o.hkyungsoo,@/xodiacofficial)
Sukabumi06 Juli 2024, 18:19 WIB

Goa Gelam Cidolog Sukabumi, Wisata Alam Bebatuan Unik yang Sarat Cerita

Goa Gelam, terletak di Kampung Cimapag, Desa Cikarang, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi, menawarkan keindahan dan keunikan bebatuan alam yang tak biasa
Goa Gelam, terletak di Kampung Karangbentang, Desa Cikarang, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Life06 Juli 2024, 18:00 WIB

Doa Akhir dan Awal Tahun Baru Islam 1446 H, Jangan Lupa Baca!

Doa akhir dan awal tahun baru Islam ini dapat diamalkan dengan tujuan memohon rahmat, perlindungan dan ampunan dari Allah SWT.
Doa akhir dan awal tahun baru Islam ini dapat diamalkan dengan tujuan memohon rahmat, perlindungan dan ampunan dari Allah SWT. | Foto : Pixabay
Musik06 Juli 2024, 17:00 WIB

Lirik Terjemahan Lagu La La La Thats How It Goes Honne, Viral Jadi Backsound

Lagu La La La Thats How It Goes viral di TikTok terutama potongan lirik "La la la, la la la la la, Ooh, ooh, That's how it goes" yang dijadikan backsound video di aplikasi media sosial Instagram.
Ilustrasi. Gitar | Chord Gitar Before You Go Lewis Capaldi, Cover Lagu Galau Malam Minggu (Sumber : pixabay.com/@pvproductions)
Sukabumi06 Juli 2024, 16:09 WIB

Ojek di Parungkuda Sukabumi Ditipu, Anak Korban: Motor Itu Modal Nafkah Keluarga

Motor bebek supra x yang menjadi satu-satunya alat mencari nafkah keluarga hilang, ditipu oleh pelaku curanmor modus minta tolong.
Ilustrasi, Motor milik ojek di Parungkuda Sukabumi hilang ditipu pelaku curanmor (Sumber: istimewa)
Life06 Juli 2024, 16:00 WIB

12 Tips Menghangatkan Hubungan Bersama Pasangan yang Sudah Menikah Belasan Tahun

Luangkan waktu untuk berbicara secara terbuka dan jujur satu sama lain untuk meraih kebahagiaan bersama pasangan.
Ilustrasi. Tips Menghangatkan Hubungan Bersama Pasangan yang Sudah Menikah Belasan Tahun (Sumber : Pexels/JCarter)
Food & Travel06 Juli 2024, 15:22 WIB

Sisi Gelap Wisata di Geopark Ciletuh Sukabumi yang Katanya Tercipta Saat Tuhan Tersenyum

Geopark Ciletuh, sering digambarkan sebagai salah satu mahakarya alam Sukabumi yang "tercipta saat Tuhan tersenyum,".
Sisi gelap obyek wisata di kawasan geopark ciletuh Sukabumi | Foto : Istimewa
Aplikasi06 Juli 2024, 15:00 WIB

30 Link Twibbon Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 H, Cocok Dibagikan di Media Sosial

Penggunaan Twibbon Tahun Baru Islam dapat meningkatkan kesadaran masyarakat, terutama di media sosial, tentang momen penting bagi umat Islam ini.
Penggunaan Twibbon Tahun Baru Islam dapat meningkatkan kesadaran masyarakat, terutama di media sosial, tentang momen penting bagi umat Islam ini. (Sumber : twibbonize.com).