Konsumsi Banyak Serat, Ini 10 Cara Mencegah Lonjakan Gula Darah Setelah Makan Manis

Kamis 20 Juni 2024, 16:30 WIB
Ilustrasi. Cara Mencegah Lonjakan Gula Darah Setelah Makan Manis (Sumber : Freepik/@freepik)

Ilustrasi. Cara Mencegah Lonjakan Gula Darah Setelah Makan Manis (Sumber : Freepik/@freepik)

SUKABUMIUPDATE.com - Mencegah lonjakan gula darah setelah makan makanan manis adalah penting untuk menjaga kesehatan, terutama bagi penderita diabetes atau mereka yang berisiko tinggi terkena diabetes.

Pasalnya, kadar gula yang tinggi dapat menimbulkan gejala seperti haus, kelelahan, dan sering pergi ke toilet, mempelajari cara mencoba dan mengurangi lonjakan kadar gula setelah makan dapat memberikan perbedaan pada kesehatan dan kesejahteraan Anda secara keseluruhan.

Mengapa orang mengalami lonjakan gula darah setelah makan?

Melansir knowdiabetes.org.uk, saat seseorang mengonsumsi makanan, terutama yang mengandung karbohidrat, wajar jika mereka mengalami lonjakan sementara pada kadar gulanya (sering dikenal sebagai lonjakan pasca-prandial) sebelum insulin yang diproduksi tubuh segera mulai bekerja untuk menurunkan lonjakan tersebut.

Bagi penderita diabetes tipe 1, yang tidak dapat memproduksi insulin sendiri, lonjakan gula darah bisa lebih tinggi dan bertahan lebih lama. Hal ini karena, jenis insulin yang disuntikkan (atau yang disalurkan melalui pompa insulin) memerlukan waktu lebih lama untuk mulai bekerja, dibandingkan dengan insulin yang diproduksi secara alami oleh tubuh seseorang yang tidak menderita diabetes, untuk mengurangi risiko diabetes.

Selain itu, penting untuk diketahui bahwa penderita diabetes tipe 1 mungkin mengalami perubahan pada berbagai enzim pencernaan yang akan menyebabkan pencernaan makanan kita lebih cepat (mengakibatkan glukosa mencapai aliran darah lebih cepat). Hal ini jelas dapat berdampak pada ukuran lonjakan gula darahnya juga.

Baca Juga: Benarkah Daging Merah Bisa Meningkatkan Gula Darah? Simak Penjelasannya!

Maka dari itu, simak beberapa cara untuk mencegah lonjakan gula darah setelah makan manis:

Cara Mencegah Lonjakan Gula Darah Setelah Makan Manis

1. Konsumsi Serat Bersama dengan Makanan Manis

Serat: Mengonsumsi serat bersama dengan makanan manis dapat memperlambat penyerapan gula ke dalam darah. Serat dapat ditemukan dalam sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

Contoh: Makan apel (yang kaya serat) bersama dengan sepotong kecil kue.

2. Pilih Makanan Manis yang Lebih Sehat

Alternatif Gula: Penderita diabetes sebaiknya memilih pemanis alami atau alternatif yang memiliki indeks glikemik rendah seperti stevia atau xylitol.

Buah Segar: Alih-alih makanan penutup yang tinggi gula, pilih buah segar yang juga menyediakan serat dan nutrisi.

3. Perhatikan Porsi Makanan

Kontrol Porsi: Makan dalam porsi kecil untuk mencegah lonjakan besar dalam kadar gula darah. Mengurangi jumlah makanan manis yang dikonsumsi dapat membantu mengelola kadar gula darah.

Baca Juga: 5 Olahan Daging Lebaran yang Sebaiknya Tidak Dimakan Penderita Gula Darah Tinggi

4. Kombinasikan dengan Protein dan Lemak Sehat

Protein dan Lemak Sehat: Mengombinasikan makanan manis dengan protein dan lemak sehat dapat memperlambat penyerapan gula.

Cara mencegah lonjakan gula darah setelah makan manis ini bisa dengan konsumsi makanan sehat seperti kacang, biji-bijian, yogurt tanpa gula, atau alpukat.

Contoh: Makan segenggam kacang almond bersama dengan sepotong kecil cokelat.

5. Aktivitas Fisik Setelah Makan

Bergerak: Melakukan aktivitas fisik ringan seperti berjalan kaki selama 10-15 menit setelah makan dapat membantu menurunkan kadar gula darah dengan meningkatkan sensitivitas insulin.

Contoh: Jalan kaki santai setelah makan malam yang manis.

6. Hindari Minuman Manis

Minuman Rendah Gula: Minuman manis dapat menyebabkan lonjakan gula darah yang cepat. Pilih air putih, teh tanpa gula, atau minuman rendah kalori lainnya.

Contoh: Hindari soda atau jus buah yang tinggi gula dan pilih air infus dengan irisan buah.

7. Pantau Kadar Gula Darah

Pemantauan: Jika Anda memiliki diabetes, penting untuk secara teratur memantau kadar gula darah Anda untuk memahami bagaimana makanan tertentu mempengaruhinya.

Cara mencegah lonjakan gula darah setelah makan manis ini bisa membantu penderita diabetes menyesuaikan pola makan secara lebih efektif.

Baca Juga: Gaslighting, Pelecehan Emosional Terselubung yang Bisa Menghilangkan Kewarasan

8. Makan Teratur

Jadwal Makan Teratur: Makan secara teratur dan tidak melewatkan waktu makan dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil. Menghindari periode kelaparan yang panjang dapat mencegah lonjakan gula darah ketika Anda akhirnya makan.

Contoh: Makan tiga kali sehari dengan dua atau tiga camilan sehat di antara waktu makan utama.

9. Minum Air Putih yang Cukup

Hidrasi: Minum cukup air putih sepanjang hari dapat membantu ginjal Anda membuang kelebihan gula melalui urin.

Contoh: Selalu membawa botol air dan minum secara teratur.

10. Pilih Karbohidrat Kompleks

Karbohidrat Kompleks: Gantilah karbohidrat sederhana dengan karbohidrat kompleks seperti biji-bijian utuh, quinoa, atau beras merah.

Karbohidrat kompleks dicerna lebih lambat dan menyebabkan lonjakan gula darah yang lebih kecil.

Contoh: Pilih roti gandum utuh daripada roti putih atau nasi merah daripada nasi putih.

Baca Juga: Pelecehan Emosional! 8 Ciri Orang yang Melakukan Gaslighting, Apa Kamu Korbannya?

Dengan mengikuti sederet Cara Mencegah Lonjakan Gula Darah Setelah Makan Manis, Anda dapat lebih baik mengelola kadar gula darah setelah makan makanan manis dan menjaga kesehatan Anda secara keseluruhan.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi02 Juli 2024, 21:11 WIB

Bupati Sukabumi Akan Serahkan Raperda LPj APBD 2023 ke Gubernur untuk Evaluasi

Bupati Sukabumi, Marwan Hamami, mengumumkan bahwa Raperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2023 telah resmi disahkan menjadi Peraturan Daerah (Perda)
Marwan Hamami, Bupati Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Life02 Juli 2024, 21:00 WIB

10 Bahasa Tubuh Wanita yang Diam-diam Menyukaimu, Dia Memendam Rasa!

Bahasa tubuh adalah salah satu cara terbaik untuk memahami perasaan seseorang, dan wanita sering kali menunjukkan melalui tanda-tandanya.
Ilustrasi - Bahasa tubuh adalah salah satu cara terbaik untuk memahami perasaan seseorang, dan wanita sering kali menunjukkan melalui tanda-tandanya. (Sumber : Freepik.com).
Nasional02 Juli 2024, 20:41 WIB

Hacker Bakal Berikan Kunci Enkripsi Pusat Data Nasional yang Diretas

Kelompok hacker, Brain Chiper, yang diduga meretas Pusat Data Nasional (PDNS), membuat pengumuman yang mengejutkan publik. Hal itu diungkap akun perusahaan intelijen siber @stealthmole_int di X.
Brain Chiper, yang diduga peretas Pusat Data Nasional (PDNS), menyebutkan bahwa kunci untuk membuka akses enkripsi PDNS 2 akan diberikan pada Rabu, 3 Juli 2024 | Foto : Ilustrasi
DPRD Kab. Sukabumi02 Juli 2024, 20:06 WIB

Paripurna DPRD Kabupaten Sukabumi Tetapkan Laporan APBD 2023 Menjadi Perda

DPRD Kabupatem Sukabumi, menggelar Rapat Paripurna untuk menetapkan hasil laporan tentang pertanggungjawaban pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2023, menjadi peraturan daerah (Perda).
Rapat Pipurna DPRD Kabupaten Sukabumi tentang pertanggungjawaban pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2023 | Foto : Istimewa
Gadget02 Juli 2024, 20:00 WIB

3 Rekomendasi HP dengan RAM Besar Harga Mulai Rp3 Jutaan Saja!

HP dengan RAM besar memungkinkan Anda untuk menjalankan aplikasi-aplikasi produktivitas dengan lancar dan tanpa hambatan.
Ilustrasi - HP dengan RAM besar memungkinkan Anda untuk menjalankan aplikasi-aplikasi produktivitas dengan lancar dan tanpa hambatan. (Sumber : samsung.com/Mi.co.id).
Nasional02 Juli 2024, 19:05 WIB

Penjambret Beraksi Di Jakarta Ditangkap Di Sukabumi: Ini Kronologi dan Identitasnya

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Ade Ary Syam Indradi mengatakan pihaknya telah menangkap dua penjambret yang beraksi di arena Car Free Day Jalan Sudirman, Jakarta Pusat
Penjambret tertangkap kamera fotografer saat beraksi di car fre day di Sudirman Jakarta | Foto : @zakwanoe di X (Twitter)
Sehat02 Juli 2024, 19:00 WIB

Rebusan Daun Salam untuk Mengobati Asam Urat, Gula Darah dan Kolesterol

Rebusan daun salam dipercaya dapat membantu mengobati berbagai penyakit seperti asam urat, gula darah dan kolesterol.
Ilustrasi - Rebusan daun salam dipercaya dapat membantu mengobati berbagai penyakit seperti asam urat, gula darah dan kolesterol. (Sumber : YouTube/@Classic Bakes).
Sukabumi Memilih02 Juli 2024, 18:18 WIB

Bersaing di Pilbup Sukabumi, Asjap dan Iyos Kompak Hadiri Acara DPP Golkar: Ini Kata Relawan

Bakal calon bupati Sukabumi, Asep Japar dan Iyos Somantri kompak menghadiri acara DPP Partai Golkar, pada Minggu 30 Juni 2024, di Jakarta.
Asep Japar dan Iyos Somantri kompak hadiri acara DPP Partai Golkar | Foto : Istimewa
Life02 Juli 2024, 18:00 WIB

8 Doa-doa Pendek yang Pahalanya Bukan Main! Amalkan Setiap Hari

Doa pendek ini memiliki pahala luar biasa dan bukan main bagi siapapun yang mengamalkannya.
Ilustrasi - Doa pendek ini memiliki pahala luar biasa dan bukan main bagi siapapun yang mengamalkannya. (Sumber : pexels.com/@SERHAT TUĞ)
Sehat02 Juli 2024, 17:30 WIB

5 Sarapan Berprotein Tinggi yang Tidak Bikin Lonjakan Gula Darah Menurut Ahli Gizi

Sarapan sehat dan lezat untuk penderita diabetes agar tidak terjadi lonjakan gula darah. Huzaifa Bukhari
Ilustrasi - Sarapan sehat dan lezat untuk penderita diabetes agar tidak terjadi lonjakan gula darah. (Sumber : pexels.com/@Huzaifa Bukhari).