Sakit Asam Lambung di Pagi Hari: 3 Cara Mengatasinya Agar Tidak Terjadi Lagi

Rabu 19 Juni 2024, 20:00 WIB
Ilustrasi - Asam lambung naik di pagi hari pasti sangat menjengkelkan, tapi Anda dapat mencegahnya dengan cara-cara ini. (Sumber : Freepik.com)

Ilustrasi - Asam lambung naik di pagi hari pasti sangat menjengkelkan, tapi Anda dapat mencegahnya dengan cara-cara ini. (Sumber : Freepik.com)

SUKABUMIUPDATE.com - Bangun dengan perasaan mulas di pagi hari bisa sangat mengkhawatirkan dan tidak nyaman. Meskipun Anda mungkin sudah terbiasa dengan keadaan seperti itu, tapi memulai hari Anda dengan cara yang sama bisa jadi sangat menakutkan.

Untungnya, ada beberapa cara tertentu yang dapat membantu Anda mencegah sakit maag atau asam lambung di pagi hari.

Apa Penyebab Sakit Asam Lambung?

Refluks Asam adalah gejala naiknya asam lambung yang terjadi ketika otot-otot di sekitar bagian bawah kerongkongan menjadi terlalu rileks dan memungkinkan asam lambung keluar ke kerongkongan dan sampai ke mulut.

Baca Juga: 11 Pola Makan dan Gaya Hidup Jangka Panjang untuk Mengatasi GERD dan Asam Lambung

Hal ini menyebabkan rasa sakit mulas yang tidak menyenangkan, yang sering disalah artikan sebagai serangan jantung. Anda mungkin mengalami sakit di perut atau dada, disertai rasa pahit di mulut.

Hal itu juga dapat menyebabkan masalah menelan, perasaan ada sesuatu di tenggorokan, regurgitasi, dan masalah lain yang dapat berlangsung terus-menerus .

Mungkin sedikit mengkhawatirkan jika Anda tiba-tiba terbangun dengan rasa mulas di pagi hari. Untungnya, ada berbagai pengobatan untuk kondisi ini dan setiap individu yang menderita refluks asam dan mulas harus mencari pilihan yang berbeda.

Baca Juga: 7 Langkah Pertolongan Pertama Saat Asam Lambung Naik dan Sangat Menyiksa

Mengapa Kita Menderita Asam Lambung di Pagi Hari?

Ada beberapa penyebab di balik mulas yang Anda alami di pagi hari, dan kondisi ini berbeda dengan refluks asam di siang hari. Episode malam hari atau pagi hari umumnya lebih jarang terjadi tetapi dapat berlangsung lebih lama dan lebih intens.

Perubahan Posisi

Dua alasan utama tersebut terkait dengan perubahan yang terjadi pada tubuh Anda pada malam hari. Pertama, posisi tubuh tegak di siang hari berkontribusi pada pencernaan yang lebih baik dan perut Anda dapat dikosongkan lebih cepat, sehingga mengurangi kemungkinan terjadinya mulas.

Sebaliknya, saat tidur, pencernaan Anda melambat sehingga meningkatkan kemungkinan terjadinya refluks asam. Penting untuk dicatat bahwa tidur selama episode mulas di malam hari dapat menyebabkan mulas yang sangat parah di pagi hari.

Baca Juga: 9 Ramuan Herbal untuk Mengobati GERD dan Asam Lambung, Dijamin Efektif!

Paparan asam yang berkepanjangan juga bisa lebih berbahaya, oleh karena itu sangat penting untuk mengobati atau mencegah sakit asam lambung di pagi hari.

Kurang Air Liur

Kedua, saat Anda mengunyah dan menelan makanan, air liur menetralkan asam lambung, itulah sebabnya sakit maag biasanya lebih ringan di siang hari. Saat Anda tidur, produksi air liur berkurang dan pada tahap tidur nyenyak, aktivitas menelan terhenti sepenuhnya, itulah sebabnya asam yang direfluks dari kerongkongan tidak dinetralkan.

Anda mungkin mencoba mengatasi masalah ini dengan mencoba mendapatkan hidrasi setelah bangun tidur, namun banyak orang mengalami sakit maag setelah minum air di pagi hari.

Baca Juga: 8 Cara Menyembuhkan Asam Lambung dengan Cara Alami dan Sederhana

Jika Anda mengalami masalah yang sama, cobalah minum teh atau bahkan air mineral. Air mineral alami ini sangat kaya akan hidrogen karbonat, yang mengikat asam pada dirinya sendiri, sehingga menetralkan asam lambung.

Cara Mencegah Sakit Asam Lambung di Pagi Hari?

Berikut adalah cara mengatasi sakit asam lambung di pagi hari agar tidak terulang lagi di masa depan, dihimpun dari berbagai sumber.

1. Jangan Makan Sebelum Tidur

Makan kurang dari tiga jam sebelum tidur dapat memperburuk refluks asam dan mulas di pagi hari. Pasalnya, perut Anda akan tetap kenyang saat hendak tidur dan hal ini akan memberikan tekanan lebih besar pada asam lambung yang mudah keluar hingga ke mulut. Pastikan perut Anda sekosong mungkin sebelum berbaring di malam hari.

Baca Juga: 5 Langkah Efektif untuk Mengatasi Lonjakan Gula Darah Setelah Makan Siang

2. Hindari Makanan Pemicu

Makanan dan minuman tertentu dapat memperburuk gejalanya kapan saja, siang hari, dan tentu saja juga di malam hari. Hindari saus tomat, bawang putih, bawang merah, kopi, makanan pedas dan berlemak serta buah jeruk jika Anda menderita sakit maag.

Selain itu, kurangi merokok dan minum alkohol karena keduanya juga merupakan pemicu naiknya asam lambung dan pilihlah pengobatan alami .

3. Sesuaikan Posisi Tidur Anda

Seperti disebutkan diatas, posisi tegak menjadi salah satu alasan orang mengalami sakit maag yang lebih ringan di siang hari. Tentu saja posisi Anda saat tidur tidak bisa sepenuhnya tegak, namun ada baiknya Anda tidur miring karena dapat mengurangi paparan asam.

Jika Anda tidak mungkin tertidur dalam posisi ini, cobalah tidur miring karena ini juga akan memberikan kelegaan yang lebih cepat daripada tidur telentang atau tengkurap.

 

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Life01 Juli 2024, 11:30 WIB

Tantrum! 10 Sikap Anak yang Sulit Diatur Orang Tua dan Solusi Cara Mengatasinya

Konsistensi dalam aturan dan konsekuensi membantu anak yang tidak mau diatur memahami batasan yang jelas.
Ilustrasi. Kenali cara menghadapi anak sulit diatur. (Sumber : Freepik/@freepik)
Aplikasi01 Juli 2024, 11:20 WIB

Pengembangan Teknologi Informasi, Mengolah dan Monitoring Irigasi dengan Sistem IOT

Bentuk inovasi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat saat ini, yaitu sebuah rancangan teknologi yang disebut Smart Irigasi.
Ilustrasi. Rancangan teknologi Smart Irigasi, dapat menjawab tantangan masa kini yang dapat menjadi solusi praktis. (Sumber: istimea)
Sukabumi01 Juli 2024, 11:10 WIB

13 Aduan Diterima Pemkot Sukabumi Lewat E-Lapor Selama Juni 2024

Aduan paling banyak disampaikan untuk DPUTR Kota Sukabumi.
Tampilan sistem layanan aduan Pemkot Sukabumi yang dikelola Dinas Komunikasi dan Informatika. | Foto: Dinas Komunikasi dan Informatika
Life01 Juli 2024, 11:00 WIB

Libur Sekolah di Rumah Aja? Gak Usah Bingung, Lakukan 10 Ide Kegiatan Ini!

Di Sukabumi sendiri, rata-rata waktu liburan sekolah negeri dijadwalkan mulai 1-14 Juli 2024. Artinya, tanggal 15 Juli 2024 anak-anak sudah harus bersekolah seperti biasa.
Ilustrasi. Nonton Film. Libur Sekolah di Rumah Aja? Gak Usah Bingung, Lakukan Ide Kegiatan Ini! (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi01 Juli 2024, 10:32 WIB

Laki-laki Ini Tewas Tergantung di Ciracap Sukabumi, Ditemukan Sang Kakak

Sekitar lima atau enam bulan lalu korban pulang ke alamat asal.
Evakuasi jenazah S (49 tahun) yang ditemukan tewas tergantung di Kampung Karyatani RT 06/02 Desa Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Senin (1/7/2024). | Foto: Istimewa
Life01 Juli 2024, 10:30 WIB

Kunci Hubungan Harmonis & Langgeng, Ini 8 Tips Membuat Pasangan Bahagia

Membangun dan menjaga hubungan yang bahagia membutuhkan komitmen, usaha, dan kesadaran dari kedua belah pihak.
Ilustrasi. pasangan yang bahagia merupakan kunci untuk hubungan yang harmonis dan langgeng. (Sumber : Pexels/AndreFurtado)
Life01 Juli 2024, 10:00 WIB

10 Sikap Ini Bisa Bikin Pasangan Meninggalkanmu, Hindari Jika Tidak Ingin Menyesal!

Ada banyak faktor yang membuat pasangan meninggalkanmu, salah satunya adalah sikap dan perilaku individu.
Ilustrasi - Ada banyak faktor yang membuat pasangan meninggalkanmu, salah satunya adalah sikap dan perilaku individu.  (Sumber : Freepik.com/@Drazen Zigic)
Cek Fakta01 Juli 2024, 09:51 WIB

Kabar Hoaks! Ketua Umum PSSI Erick Thohir Usir Shin Tae-yong

Tidak ada pernyataan yang menyebut Erick Thohir mengusir Shin Tae-yong.
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong. | Foto: PSSI
Life01 Juli 2024, 09:45 WIB

6 Ciri-ciri Workaholic Si Ambil yang Gila Kerja, Kamu Termasuk?

Workaholic mengacu pada seseorang yang memiliki kecanduan bekerja, di mana pekerjaan menjadi prioritas utama dalam hidup mereka hingga mengesampingkan aspek-aspek lain seperti kesehatan, keluarga, dan kehidupan sosial.
Ilustrasi Ciri Workaholic Si Ambil yang Gila Kerja (Sumber : pixabay.com/@veve12)
Sehat01 Juli 2024, 09:30 WIB

PD! Ini 7 Cara Mencegah Perut Buncit Agar Tampil Lebih Percaya Diri

Simak Cara Mencegah Perut Buncit Agar Tampil Lebih Percaya Diri (PD) berikut dan lakukan hingga menjadi kebiasaan sehat!
Ilustrasi. Cara Mengecilkan Perut (Sumber : Pexels/KarolinaKaboompics)