10 Kebiasaan Gaya Hidup Ini Ampuh Mencegah Lonjakan Gula Darah

Rabu 19 Juni 2024, 17:30 WIB
Ilustrasi. Kebiasaan gaya hidup ini wajib diterapkan bagi penderita diabetes untuk mencegah lonjakan gula darah. Sumber: Freepik/freepik

Ilustrasi. Kebiasaan gaya hidup ini wajib diterapkan bagi penderita diabetes untuk mencegah lonjakan gula darah. Sumber: Freepik/freepik

SUKABUMIUPDATE.com - Siapa bilang menderita diabetes adalah akhir dari segalanya? Diabetes jika dikelola baik dengan perubahan gaya hidup yang sesuai, seseorang masih bisa menjalani hidup yang panjang, sehat, dan bahagia.

Namun diabetes merupakan penyakit kronis yang dapat menyebabkan berbagai komplikasi serius jika tidak dikelola dengan baik. Menjaga kadar gula darah dalam kisaran target dapat membantu mencegah komplikasi seperti penyakit jantung, stroke, kerusakan saraf, dan gagal ginjal.

Lalu bagaimana cara mengetahui apakah Anda menderita diabetes?

  • Kadar gula darah puasa (setelah makan) kisaran 99 mg/dL atau lebih rendah adalah normal dan ini berarti Anda berada dalam zona aman dan tidak mengidap diabetes
  • Kadar gula darah puasa ((setelah makan) 100 hingga 125 mg/dL menunjukkan Anda menderita pradiabetes, yang berarti Anda mungkin terkena diabetes di tahun-tahun mendatang dan memerlukan perubahan gaya hidup segera.
  • Kadar gula darah puasa (setelah makan) 126 mg/dL atau lebih tinggi menandakan Anda menderita diabetes dan penyakit ini harus dikelola dengan baik dengan perubahan gaya hidup yang tepat mulai dari pola makan hingga aktivitas fisik.

Baca Juga: 6 Kebiasaan Ini yang Meningkatkan Lonjakan Gula Darah, Bukan Hanya Makanan Manis!

Perubahan Gaya Hidup Bagi Penderita Diabetes

Dihimpun dari laman Hindustantimes, Kepala Ahli Diabetes di Pusat Spesialisasi Diabetes Dr. Mohan berbagi tips kebiasaan gaya hidup bagi mereka yang berjuang dengan masalah gula darah:

1. Pola Makan Sehat

Perubahan gaya hidup penting pertama yang harus dilakukan oleh penderita diabetes adalah pola makannya. Mereka harus mengisi piring mereka dengan makanan rendah GI (Indeks Glikemik) dan menghindari makanan yang dapat meningkatkan kadar gula darah. Dr Mohan mengatakan mengikuti diet sehat dengan banyak sayuran berdaun hijau dan beberapa buah-buahan bisa membantu.

2. Kurangi Karbohidrat

Meskipun karbohidrat merupakan bagian penting dari pola makan seimbang, penderita diabetes harus berhati-hati dengan jumlah dan jenis karbohidrat yang dikonsumsi.

Baca Juga: 5 Langkah Efektif untuk Mengatasi Lonjakan Gula Darah Setelah Makan Siang

Karbohidrat kompleks seperti quinoa, biji-bijian, beras merah, oat harus disertakan dalam makanan penderita diabetes, sambil melewatkan karbohidrat sederhana seperti sereal sarapan, makanan yang dipanggang, jus buah, dll.

Mengonsumsi karbohidrat sederhana dapat menyebabkan lonjakan gula darah dan memakannya lebih banyak dan mengurangi aktivitasnya. aktivitas fisik dapat menyebabkan hiperglikemia. Kurangi jumlah karbohidrat dalam makanan, baik itu nasi, gandum, atau bentuk karbohidrat lainnya.

3. Hindari Makanan dengan Indeks Glikemik Tinggi

Seperti yang harus Anda ketahui bahwa indeks glikemik (GI) adalah sistem penilaian untuk makanan yang mengandung karbohidrat. Makanan dengan GI tinggi adalah makanan yang meningkatkan kadar gula darah Anda dengan cepat.

Baca Juga: 8 Cara Memasak Nasi Bebas Pati untuk Penderita Diabetes Agar Gula Darah Aman

Sedangkan makanan dengan GI rendah adalah makanan yang membantu menstabilkan kadar gula darah Anda. Seperti roti, kentang, nasi putih, cookies mengandung GI tinggi dan harus dihilangkan dari pola makan penderita diabetes.

4. Makan Protein

Protein membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna, yang berarti penyerapan glukosa dalam aliran darah juga lambat. Hal ini memastikan Anda dapat terhindar dari lonjakan gula darah jika Anda menderita diabetes.

5. Lemak Sehat

Diabetes tidak harus menghindari semua lemak. Mereka harus mencari tahu sendiri sumber lemak sehat dan mengonsumsinya secara teratur untuk menstabilkan kadar gula darah. Minyak zaitun murni, alpukat, kacang-kacangan, biji-bijian merupakan sumber lemak sehat.

Baca Juga: 2 Cara Mudah Membuat Minuman Kayu Manis untuk Menurunkan Kadar Gula Darah

6. Olahraga

Jalan kaki, jogging, bersepeda, dan aktivitas fisik lainnya dapat menjaga kesehatan dan gula darah tetap terkendali. Seseorang harus mengembangkan rutinitas olahraga dan berjalan setidaknya 7000 langkah per hari. Namun, lebih dari 10.000 langkah sudah ideal.

7. Jangan Stres

Peningkatan tingkat stres dapat merusak kadar gula darah Anda. Selain pola makan yang baik, olahraga yang rutin, seseorang juga harus meluangkan waktu untuk Yoga, meditasi dan aktivitas relaksasi lainnya yang dapat mengurangi stres dan ketegangan pada tubuh.

8. Yoga

Yoga baik tidak hanya baik secara fisik tetapi juga membantu mencapai keseimbangan mental dan mencegah diabetes dan kondisi lainnya.

Baca Juga: 7 Cara Makan Nasi Putih Bagi Penderita Diabetes Agar Gula Darah Aman Terkendali

9. Mengecek Kadar Gula Darah Secara Teratur

Lakukan pemeriksaan rutin dengan dokter Anda. Mendiagnosis tahap awal pradiabetes akan membantu memulihkan kondisi dan mencegah perkembangan menjadi diabetes tipe 2.

10. Mengurangi Berat Badan

Jika kelebihan berat badan atau obesitas, cobalah mengurangi berat badan dengan pola makan, olahraga, dan disiplin diri.

 

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat30 Juni 2024, 10:00 WIB

Mengenal Apa Itu Clean Eeating dalam Pola Makan Sehat, Sudah Tahu?

Istilah Clean Eeating dan diet bersih menjadi interpretasi oleh konsumen sekaligus pemasaran produk "bersih" oleh industri makanan yang dapat sangat bervariasi.
Ilustrasi. Clean Eating (Sumber : Pexels/ShameelMukkath)
Nasional30 Juni 2024, 09:58 WIB

Pusat Data Nasional Diretas, PUI Sebut Malapetaka yang Mengancam Integritas Bangsa

Peretasan Pusat Data Nasional ini tidak hanya merugikan PUI sebagai salah satu korban, tetapi juga mengancam integritas dan keamanan data seluruh bangsa.
Ilustrasi. PUI menyoroti peretasan Pusat Data Nasional (PDN). (Sumber : Facebook)
Sukabumi30 Juni 2024, 09:28 WIB

Pernah Makan Korban, Jembatan Rusak di Cireunghas Sukabumi Dikeluhkan Warga

Jembatan rusak di Cireunghas Sukabumi ini dikeluhkan warga karena kondisinya memprihatinkan dan pernah makan korban.
Kondisi jembatan dengan lebar sekitar 60 centimeter serta panjang 15 meter di Kampung Bandang, Rt 12/04, Desa Tegal Panjang, Kecamatan Cireunghas, Kabupaten Sukabumi. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Life30 Juni 2024, 09:00 WIB

9 Sikap Agar Kamu Bisa Berdamai dengan Masa Lalu dan Hidup Bahagia

Semoga tips-tips ini dapat membantu kamu berdamai dengan masa lalu dan menjalani hidup yang lebih bahagia!
Ilustrasi - Semoga tips-tips ini dapat membantu kamu berdamai dengan masa lalu dan menjalani hidup yang lebih bahagia! (Sumber : Freepik.com/@cookie_studio)
Life30 Juni 2024, 08:00 WIB

Public Speaking untuk Pemula Tak Hanya Materi Presentasi, Cek 10 Tips Ini!

Dengan mengikuti tips-tips ini dan terus berlatih, Anda akan semakin percaya diri dan mahir dalam public speaking.
Ilustrasi. Tips Public Speaking untuk Pemula (Sumber : Freepik/wavebreakmedia_micro)
Food & Travel30 Juni 2024, 07:00 WIB

Resep Sandwich Salad Telur Sehat dari Ahli Diet, Bikinnya Cuma 20 Menit!

Sehat! Resep Sandwich Salad Telur ini sudah diulas langsung oleh Ahli Diet Emily Lachtrupp!
Ilustrasi. Resep Sandwich Salad Telur Sehat (Sumber : Pexels/SuzyHazelwood)
Science30 Juni 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 30 Juni 2024, Cek Dulu Yuk Langit Sebelum Keluar Rumah

Prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat 30 Juni 2024 dimana cuaca berawan berpotensi terjadi di berbagai wilayah termasuk Sukabumi dan sekitarnya.
Ilustrasi - Prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat 30 Juni 2024 dimana cuaca berawan berpotensi terjadi di berbagai wilayah termasuk Sukabumi dan sekitarnya. (Sumber : pexels.com/Gabriela Palai)
Sukabumi29 Juni 2024, 23:28 WIB

Warga Dengar Ledakan, Tiang Listrik Ambruk di Cemerlang Sempat Bikin Padam Sukabumi

Ketika peristiwa terjadi, terdengar suara ledakan dibarengi cahaya seperti kilat.
Tiang listrik yang ambruk di Jalan Cemerlang, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi, Sabtu malam (29/6/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin
Sukabumi29 Juni 2024, 23:04 WIB

Longsor Masih Tutup Jalan di Jampangtengah Sukabumi, Ruko Ikut Tertimbun

Longsor ini sepanjang 2 hingga 8 meter, lebar 2 sampai 4 meter, dan tinggi 3 meter.
Ruko yang tertimbun longsor di Kampung Nagrog, Desa Bantaragung, Kecamatan Jampangengah, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (29/6/2024) . | Foto: Istimewa
Life29 Juni 2024, 22:30 WIB

Memberi Tanpa Mengharap, 5 Ciri Wanita yang Benar-Benar Tulus Menurut Psikologi

Wanita yang benar-benar tulus akan menunjukkan sikap dan perilaku ini dalam kehidupan sehari-hari.
Ilustrasi - Wanita yang benar-benar tulus dapat dikenali dari ciri-cirinya. (Sumber : Pexels.com/@Mental Health America)