Ini 8 Cara Alami Untuk Turunkan Kadar Gula Darah, Ampuh Bebas Diabetes!

Rabu 19 Juni 2024, 14:15 WIB
Ilustrasi Meditasi yang bisa kelola stress ampuh untuk menurunkan kadar gula darah (Sumber : Freepik.com/@nensuria)

Ilustrasi Meditasi yang bisa kelola stress ampuh untuk menurunkan kadar gula darah (Sumber : Freepik.com/@nensuria)

SUKABUMIUPDATE.com - Ketika kadar gula darah naik, maka tubuh kita beresiko terkena penyakit diabetes. Hal ini tentu berbahaya karena bisa terjadi resiko yang juga memperburuk kesehatan tubuh.

Untuk mengontrol kadar gula darah yang tinggi agar bisa turun, maka diperlukan perubahan pada pola hidup sehari-hari yang tepat dan sehat.

Mengutip dari laman Grady Health, ada beberapa cara yang membantu kadar gula darah tinggi bisa turun secara alami. Beberapa cara ini harus diadopsi menjadi gaya hidup sehari-hari agar bisa terhindar dari penyakit diabetes.

Baca Juga: 6 Kebiasaan Ini yang Meningkatkan Lonjakan Gula Darah, Bukan Hanya Makanan Manis!

8 Cara Alami Untuk Menurunkan Kadar Gula Darah

1. Berolahraga Secara Teratur

Olahraga teratur dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin, yang berarti sel-sel tubuh bisa menggunakan gula dalam darah dengan lebih baik, sehingga menurunkan kadar gula darah.

Contoh olahraga yang baik dan efektif antara lain angkat beban, jalan cepat, lari, bersepeda, menari, mendaki gunung, dan berenang.

2. Kelola Asupan Karbohidrat

Tubuh mengubah karbohidrat menjadi gula, kemudian insulin membantu tubuh menggunakan dan menyimpan gula untuk energi. Kita dapat membantu tubuh mengontrol gula darah dengan memantau asupan karbohidrat dan mengatur makanan. Diet rendah karbohidrat bisa mencegah lonjakan gula darah dan dapat memberikan manfaat jangka panjang.

3. Makan Lebih Banyak Serat

Serat memperlambat pencernaan karbohidrat dan penyerapan gula oleh tubuh. Itu berarti, hal ini akan mendorong peningkatan pada kadar gula darah dalam tubuh secara lebih bertahap. Semua jenis serat baik untuk tubuh, namun serat larut paling baik dalam meningkatkan kontrol gula darah.

Diet tinggi serat juga membantu mengelola diabetes tipe 1 dengan membantu tubuh mengatur gula darah. Makanan berserat tinggi antara lain buah, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Baca Juga: Kadar Gula Darah Terkendali, 4 Makanan Manis yang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes

4. Minum Banyak Air Putih

Minum banyak air putih membantu ginjal membuang kelebihan gula. Sebuah penelitian menemukan, bahwa orang yang minum lebih banyak air menurunkan risiko terkena kadar gula darah tinggi.

Perlu diingat, air putih adalah yang terbaik daripada minuman manis. Karena minuman manis dapat meningkatkan gula darah dengan cepat justru lebih banyak lagi.

5. Makanlah dengan Porsi Sedang

Mengontrol porsi membantu mengurangi kalori yang kita makan, yang tentu membantu mempertahankan berat badan sehat. Mengontrol berat badan juga membantu tingkat kadar gula darah yang sehat dan mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2.

6. Kelola Stres

Stres juga mempengaruhi kadar gula darah. Lakukanlah kegiatan sederhana seperti olahraga, teknik relaksasi, dan meditasi dapat membantu mengurangi stres serta kadar gula darah.

7. Tidur yang Cukup

Kebiasaan tidur yang buruk dapat meningkatkan nafsu makan dan menaikkan berat badan, sehingga berpengaruh juga pada kadar gula darah. Kurang tidur meningkatkan kadar kortisol, yaitu kadar yang penting untuk mengatur gula darah dalam tubuh.

Perbaiki kualitas tidur dan jadikan tidur yang baik dan cukup sebagai kebiasaan hidup sehari-hari, agar kadar gula darah bisa terkontrol dengan baik.

Baca Juga: 8 Makanan Lebaran yang Sebaiknya Tidak Dimakan Penderita Gula Darah Tinggi

8. Konsumsi Makanan yang Kaya Kromium dan Magnesium

Kadar gula darah tinggi dikaitkan dengan kekurangan mineral seperti kromium dan magnesium, yang mengatur gula darah. Makanan kaya kromium diantaranya yaitu daging, buah, sayuran, dan kacang-kacangan.

Sementara makanan kaya magnesium yaitu sayuran berdaun hijau gelap, biji labu dan labu, tuna, biji-bijian, coklat hitam, pisang, dan kacang-kacangan.

Kita dapat membantu mengontrol kadar gula darah dengan beberapa penyesuaian alami pada gaya hidup dan pola makan sehari-hari. Tentu saja, harus mendiskusikan perubahan tersebut dengan penyedia layanan kesehatan atau dokter terlebih dahulu.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Life02 Juli 2024, 09:15 WIB

12 Cara Mendidik Anak Laki-laki Agar Memiliki Kepribadian Baik & Tanggung Jawab

Inilah Tips Parenting untuk Anda tentang Cara Mendidik Anak Laki-laki Agar Memiliki Kepribadian Baik & Tanggung Jawab.
Ilustrasi. Anak Laki-laki yang Memiliki Kepribadian Baik (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi Memilih02 Juli 2024, 09:09 WIB

Langkah Strategis Ayep Zaki untuk Pemberdayaan Komunitas dengan Dana Abadi

Ayep Zaki, mengambil langkah strategis dalam upayanya untuk memberdayakan masyarakat melalui Program Dana Abadi.
Ayep Zaki menyerahkan dana abadi kepada warga Cikole Kota Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sehat02 Juli 2024, 09:00 WIB

12 Resep Jus Sehat untuk Menurunkan Berat Badan dan Cara Membuatnya

Memasukkan jus ke dalam perjalanan penurunan berat badan Anda dapat memberikan banyak manfaat.
Ilustrasi - Memasukkan jus ke dalam perjalanan penurunan berat badan Anda dapat memberikan banyak manfaat. (Sumber : Freepik.com/@master1305).
Inspirasi02 Juli 2024, 08:45 WIB

Info Loker untuk Lulusan D3 Bidang Manufacturing di Perusahaan Makanan

Berikut Informasi Lowongan Kerja untuk Lulusan D3 Bidang Manufacturing di Perusahaan Makanan
Ilustrasi Karyawan. Info Loker untuk Lulusan D3 Bidang Manufacturing di Perusahaan Makanan | Foto: Pixabay
Sehat02 Juli 2024, 08:00 WIB

Awas Obesitas Tidak Sehat! Ketahui 5 Faktor Resiko Berat Badan Naik Ekstrem

Risiko obesitas sangat serius karena dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan jangka pendek dan jangka panjang.
Ilustrasi. Risiko obesitas sangat serius karena dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan jangka pendek dan jangka panjang. (Sumber : Freepik/jcomp)
Life02 Juli 2024, 07:00 WIB

8 Workout Simpel yang Efektif Membakar Lemak Perut, Cegah Buncit di Rumah Saja!

Termasuk Plank, untuk mencegah dan mengurangi lemak di perut, penting untuk menggabungkan latihan perut dengan latihan kardio dan pola makan yang sehat.
Ilustrasi.  Tahan posisi plank selama 30 detik hingga 1 menit untuk mencegah lemak perut agar tidak buncit. (Sumber : Freepik/freepik)
Food & Travel02 Juli 2024, 06:00 WIB

Resep Vegetable Soup, Cara Membuat Sup Sayuran yang Aman untuk Asam Urat

Dalam mengendalikan asam urat, makanan berprotein tinggi meningkatkan kadar asam urat dalam darah, dan harus dihilangkan dari pola makan.
Ilustrasi. Di masa lalu, pengobatan asam urat mencakup pembatasan pola makan yang ketat. (Sumber : Freepik/freepik)
Science02 Juli 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 2 Juli 2024, Semua Wilayah Potensi Hujan di Siang Hari

Prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat 2 Juli 2024 dimana cuaca hujan di siang hari berpotensi terjadi di berbagai wilayah termasuk Sukabumi dan sekitarnya.
Prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat 2 Juli 2024 dimana cuaca hujan di siang hari berpotensi terjadi di berbagai wilayah termasuk Sukabumi dan sekitarnya. (Sumber : Pixabay.com/@Horacio30)
Sukabumi01 Juli 2024, 22:03 WIB

Idap Tumor Ganas di Wajah, Kakek Asal Parakansalak Sukabumi Butuh Uluran Tangan

Sejak awal tahun 2023, kondisi kesehatan Kakek Madron terus memburuk, membuat aktivitasnya sangat terbatas. Wajahnya mengalami pembengkakan yang semakin membesar
Kakek Madron (69 tahun) warga Parakansalak Sukabumi mengidap tumor ganas di wajah | Foto : Ibnu Sanubari
Food & Travel01 Juli 2024, 21:31 WIB

Mengenal Bakar Tongkang, Tradisi Tionghoa di Bagansiapiapi Riau yang Jadi Event Nasional

Festival Bakar Tongkang di Kota Bagansiapiapi, Rokan Hilir, Riau, tiap tahunnya menyedot puluhan ribu wisatawan, baik lokal dan wisatawan mancanegara.
Prosesi pembakaran replika tongkang di Festival Bakar Tongkang Bagansiapiapi Riau. (Sumber : SU/Denis)