5 Langkah Efektif untuk Mengatasi Lonjakan Gula Darah Setelah Makan Siang

Rabu 19 Juni 2024, 14:00 WIB
Ilustrasi minum air putih - Mengelola lonjakan gula darah setelah makan siang memang sangat penting dan menjadi tantangan tersendiri. | (Sumber : Freepik.com)

Ilustrasi minum air putih - Mengelola lonjakan gula darah setelah makan siang memang sangat penting dan menjadi tantangan tersendiri. | (Sumber : Freepik.com)

SUKABUMIUPDATE.com - Mengelola lonjakan gula darah setelah makan siang memang bisa menjadi tantangan tersendiri. Apalagi kadar gula darah tinggi yang dibiarkan dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan komplikasi berbahaya.

Lonjakan gula darah setelah makan bisa terjadi ketika kadar glukosa dalam darah naik secara signifikan. Hal ini dapat menyebabkan berbagai gejala seperti kelelahan, gelisah, dan bahkan pusing.

Untuk mengatasinya, selain pengobatan yang dianjurkan, membuat pilihan yang cermat dan mengikuti kebiasaan sehat juga dapat membantu mengelola diabetes secara efektif.

Baca Juga: 6 Kebiasaan Ini yang Meningkatkan Lonjakan Gula Darah, Bukan Hanya Makanan Manis!

Menurut American Diabetes Association (ADA), penderita diabetes sebaiknya memeriksa kadar gula darahnya sebelum makan dan kemudian mengulanginya setelah 1 atau 2 jam setelah selesai makan. Menyimpan catatan ini selama beberapa waktu dapat membantu Anda memandu makanan mana yang paling baik untuk kadar gula darah Anda.

Penderita diabetes juga bisa melakukan gaya hidup sehat seperti berjalan santai beberapa langkah setelah makan untuk membantu mengelola gula darah.

Dihimpun dari laman hindustantimes, berikut adalah lima langkah perubahan gaya hidup yang dapat membantu mengelola lonjakan gula darah secara efektif:

Baca Juga: 8 Cara Memasak Nasi Bebas Pati untuk Penderita Diabetes Agar Gula Darah Aman

1. Pilih Karbohidrat yang Tepat

Pertama adalah memilih karbohidrat yang tepat sangat penting sekali dalam mengelola lonjakan gula setelah makan siang. Memilih karbohidrat kompleks dengan indeks glikemik (GI) rendah yang dicerna dan diserap lebih lambat menyebabkan peningkatan kadar gula darah.

Biji-bijian utuh, polong-polongan, dan sayuran tidak bertepung adalah pilihan ideal, sedangkan biji-bijian olahan dan makanan manis harus dihindari dengan ketat.

2. Kontrol Porsi Makan

Ahli kesehatan dapat memberikan panduan mengenai ukuran porsi yang tepat, memastikan bahwa makanan seimbang dan disesuaikan dengan kebutuhan penderita diabetes.

Baca Juga: 2 Cara Mudah Membuat Minuman Kayu Manis untuk Menurunkan Kadar Gula Darah

Membagi makanan menjadi porsi yang lebih kecil dan lebih sering sepanjang hari merupakan strategi efektif untuk mengendalikan lonjakan gula darah, terutama setelah makan siang.

Dengan makan porsi kecil, tubuh tidak akan "kewalahan" dalam memproses karbohidrat, sehingga meminimalkan lonjakan gula darah yang drastis. Hal ini penting bagi penderita diabetes dan orang yang ingin menjaga kesehatan metabolisme.

3. Aktivitas Fisik Secara Teratur

Olahraga setiap hari seperti berjalan kaki, bersepeda, dan lari bisa menjadi alat yang ampuh untuk mengelola kadar gula darah secara efektif. Jalan-jalan atau olahraga ringan, terutama setelah makan, bisa sangat bermanfaat dalam mengendalikan kadar gula darah dan mengurangi lonjakannya.

Baca Juga: 7 Cara Makan Nasi Putih Bagi Penderita Diabetes Agar Gula Darah Aman Terkendali

4. Selalu Terhidrasi

Minum air sepanjang hari membantu membuang kelebihan gula dari aliran darah dan dapat membantu mengurangi kemungkinan lonjakan gula. Hindari minuman yang mengandung gula. Air putih, air kelapa, atau minuman tanpa pemanis bisa menjadi pilihan terbaik.

5. Memantau Glukosa Darah Secara Tepat dan Teratur

Memantau kadar gula darah, terutama setelah makan, memang sangat penting. Hal ini membantu kita memahami bagaimana makanan yang kita konsumsi berdampak pada kadar glukosa dalam tubuh.

Dengan memantau gula darah sebelum dan sesudah makan, Anda dapat melihat bagaimana makanan tertentu memengaruhi kadar gula darah Anda. Informasi ini dapat membantu Anda membuat pilihan makanan yang lebih bijak dan menyesuaikan pola makan Anda untuk mengontrol gula darah.

Baca Juga: 5 Alasan Kadar Gula Darah Tidak Mau Turun, Anda Pernah Mengalaminya?

 

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Life01 Juli 2024, 11:30 WIB

Tantrum! 10 Sikap Anak yang Sulit Diatur Orang Tua dan Solusi Cara Mengatasinya

Konsistensi dalam aturan dan konsekuensi membantu anak yang tidak mau diatur memahami batasan yang jelas.
Ilustrasi. Kenali cara menghadapi anak sulit diatur. (Sumber : Freepik/@freepik)
Komputer01 Juli 2024, 11:20 WIB

Pengembangan Teknologi Informasi, Mengolah dan Monitoring Irigasi dengan Sistem IOT

Bentuk inovasi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat saat ini, yaitu sebuah rancangan teknologi yang disebut Smart Irigasi.
Ilustrasi. Rancangan teknologi Smart Irigasi, dapat menjawab tantangan masa kini yang dapat menjadi solusi praktis. (Sumber: istimea)
Sukabumi01 Juli 2024, 11:10 WIB

13 Aduan Diterima Pemkot Sukabumi Lewat E-Lapor Selama Juni 2024

Aduan paling banyak disampaikan untuk DPUTR Kota Sukabumi.
Tampilan sistem layanan aduan Pemkot Sukabumi yang dikelola Dinas Komunikasi dan Informatika. | Foto: Dinas Komunikasi dan Informatika
Life01 Juli 2024, 11:00 WIB

Libur Sekolah di Rumah Aja? Gak Usah Bingung, Lakukan 10 Ide Kegiatan Ini!

Di Sukabumi sendiri, rata-rata waktu liburan sekolah negeri dijadwalkan mulai 1-14 Juli 2024. Artinya, tanggal 15 Juli 2024 anak-anak sudah harus bersekolah seperti biasa.
Ilustrasi. Nonton Film. Libur Sekolah di Rumah Aja? Gak Usah Bingung, Lakukan Ide Kegiatan Ini! (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi01 Juli 2024, 10:32 WIB

Laki-laki Ini Tewas Tergantung di Ciracap Sukabumi, Ditemukan Sang Kakak

Sekitar lima atau enam bulan lalu korban pulang ke alamat asal.
Evakuasi jenazah S (49 tahun) yang ditemukan tewas tergantung di Kampung Karyatani RT 06/02 Desa Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Senin (1/7/2024). | Foto: Istimewa
Life01 Juli 2024, 10:30 WIB

Kunci Hubungan Harmonis & Langgeng, Ini 8 Tips Membuat Pasangan Bahagia

Membangun dan menjaga hubungan yang bahagia membutuhkan komitmen, usaha, dan kesadaran dari kedua belah pihak.
Ilustrasi. pasangan yang bahagia merupakan kunci untuk hubungan yang harmonis dan langgeng. (Sumber : Pexels/AndreFurtado)
Life01 Juli 2024, 10:00 WIB

10 Sikap Ini Bisa Bikin Pasangan Meninggalkanmu, Hindari Jika Tidak Ingin Menyesal!

Ada banyak faktor yang membuat pasangan meninggalkanmu, salah satunya adalah sikap dan perilaku individu.
Ilustrasi - Ada banyak faktor yang membuat pasangan meninggalkanmu, salah satunya adalah sikap dan perilaku individu.  (Sumber : Freepik.com/@Drazen Zigic)
Cek Fakta01 Juli 2024, 09:51 WIB

Kabar Hoaks! Ketua Umum PSSI Erick Thohir Usir Shin Tae-yong

Tidak ada pernyataan yang menyebut Erick Thohir mengusir Shin Tae-yong.
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong. | Foto: PSSI
Life01 Juli 2024, 09:45 WIB

6 Ciri-ciri Workaholic Si Ambil yang Gila Kerja, Kamu Termasuk?

Workaholic mengacu pada seseorang yang memiliki kecanduan bekerja, di mana pekerjaan menjadi prioritas utama dalam hidup mereka hingga mengesampingkan aspek-aspek lain seperti kesehatan, keluarga, dan kehidupan sosial.
Ilustrasi Ciri Workaholic Si Ambil yang Gila Kerja (Sumber : pixabay.com/@veve12)
Sehat01 Juli 2024, 09:30 WIB

PD! Ini 7 Cara Mencegah Perut Buncit Agar Tampil Lebih Percaya Diri

Simak Cara Mencegah Perut Buncit Agar Tampil Lebih Percaya Diri (PD) berikut dan lakukan hingga menjadi kebiasaan sehat!
Ilustrasi. Cara Mengecilkan Perut (Sumber : Pexels/KarolinaKaboompics)